Daftar 100 Bisnis UKM Sukses Dengan Modal Kecil

Categories: Bisnis UMKM

undercover.co.id | Daftar 100 Bisnis UKM ini dapat dipraktekan langsung dan juga tanpa mmodal yang besar, kesuksesan dengan inspirasi usaha yang sudah terbukti sukses ini , dapat memabntu anda yang ingin berbisnis dengna skala UKM atau kecil agar dapat segera memulai bisnis dan mengembangkan nya menjadi besar serta bisnis yang sukses

Usaha Unik Parabola Dari Alat Masak di Gorontalo

Akses informasi yang luas telah menjadi kebutuhan pokok bagi kita. Internet bukan satu-satunya sumber informasi yang menyediakan akses tersebut. Seringkali siaran televisi digunakan untuk melengkapi internet sebagai sumber informasi. Hal itu disebabkan ada beberapa berita yang lebih cepat update di televisi daripada di Internet.

Untuk itu kita memerlukan televisi dengan kualitas gambar yang bagus yang juga dapat menonton siaran televisi luar negeri agar kita tidak ketinggalan berita yang up-to –date. Demi mewujudkan hal itu, normalnya kita harus berlangganan televisi kabel atau melihat live streaming di Internet.

Biaya yang mahal dan tagihan setiap bulan, membuat kita enggan untuk berlangganan tv kabel. Melihat siaran luar negeri melalui Live streaming di internet, juga menjadi masalah tersendiri pasalnya layananan live streaming menyedot kuota internet yang tidak sedikit dan membuat segala aktivitas browsing menjadi lambat. .

Sebenarnya teknologi tv kabel merupakan teknologi yang sangat membantu untuk melihat siaran tv luar negeri. Apalagi sekarang banyak perusahaan tv kabel yang bermunculan dan bersaing secara harga. Bahkan sekarang dialan-jalan banyak sekali perusahaan tv kabel yang memasang sales dan marketingnya untuk menawarkan jasa tv kabel secara gratis selama satu bulan. Meskipun gratis, kebanyakan orang justru tidak tertarik dan malah menganggapnya hanya akal-akalan dari pengusaha tv kabel.

Usaha Unik Parabola Dari Alat Masak di Gorontalo  Jika masalah utamanya adalah biaya langganan tv kabel perbulan, jangan khawatir lagi masalah tersebut. Anak-anak kreatif bangsa telah menemukan solusinya dengan membuat sendiri parabola yang dapat menjangkau siaran televisi hingga 1000 chanel tanpa berlangganan perbulan. Mereka juga melayani jasa pembuatan parabola bagi para customer yang menginginkan fasilitas siaran internasional tanpa harus mengeluarkan biaya bulanan.

Berikut adalah sepak terjang beberapa pebisnis parabola yang berhasil mengelola bisnisnya dengan baik.

 

One Parabola

Hobi melihat film box office dari kecil, membuat pak bobi yang lulusan smk jurusan elektro, berpikir keras memutar otaknya untuk mendapatkan siaran film box office secara gratis di rumahnya. Hal itu dilakukan Pak Dodi, karena penghasilan pak dodi tidak cukup untuk membayar iuran bulanan tv kabel, untuk memuaskan hobinya.

Berbekal pengetahuan komponen elektronik yang didapatnya ketika smk, pak bobi berinisiatif untuk membuat antena parabola sendiri. Pak Bobi mengunakan lempengan aluminium sebagai bahan baku utama, untuk merakit antena parabola miliknya. Setelah beberapa kali trial-error, akhirnya pak bobi berhasil menemukan formula merakit parabola.

Lempengan aluminium dibentuk setengah lingkaran kemudian dibawahnya dipasang tongkat besi sepanjang 2 meter sebagai penyangga. Setelah semuanya jadi, barulah parabola dipasang ke atas rumah layaknya antena parabola pada umumnya. Luar biasa ternyata parabola buatan pak bobi ini tanpa disangka-sangka dapat menangkap 250 channel luar negeri, lebih banyak dibandingkan dengan tv kabel berbayar.

Setelah berhasil memuaskan hobinya, pak bobi berencana memproduksi masal parabola rancangannya untuk dilempar ke pasar. Berbekal uang Rp 1.000.000, Bobi bersama kelima kawannya sepakat untuk mendirikan bisnis parabola tanpa iuran. Pak Bobi membranding produknya dengan merek One Parabola.

One Parabola memberi pelayanan purna jual secara gratis seperti instalasi parabola, service parabola, dan pelayanan purna jual lainnya. Paket parabola yang ditawarkan ada dua macam yaitu parabola siaran lokal yang dibandrol dengan harga Rp 1.200.000 dan parabola siaran internasional Rp 1.400.000.

Saat ini one parabola menggunakan media internet sebagai satu-satunya tools marketing untuk memasarkan produknya. Rumah produksi One Parabola berada di Semarang, Jawa Tengah.

Wajan Bolic

Wajan yang berfungsi sebagai alat masak didapur, telah disulap menjadi antena parabola penguat sinyal oleh siswa-siswi smk di Gorontalo. Antena parabola ini memiliki ukuran yang jauh lebih kecil dari pada parabola biasanya. Siswa-siswi di Gorontalo ini menamai produk mereka wajan Bolic. Bahan bakun utama dari wajan bolic adalah wajan, paralon, dan aluminium foil

Wajan Bolic memiliki fungsi sebagai penguat sinyal modem internet, memperluas pencarian sinyal wifi dengan jarak yang lebih jauh hingga 9 km, dan memperjernih gambar di saluran televisi . Wajan bolic telah memenangkan penghargaan dalam kompetisi lomba science dan technology tingkat propinsi yang diadakan di di gorontola pada tahun 2011.

Untuk pemasaran offline, Wajan bolic hanya dipasarkan di daerah gorontalo dan sekitarnya. Wajan Bolic dapat menjangkau pengiriman di seluruh daerah di Indonesia bagi customer yang memesan melalui online. Harga Wajan bolic hanya Rp 200.000 perunit jauh l;ebih murah dibandingkan dengan harga antena grid yang perunitnya mencapai Rp 5.000.000.

Suatu hari Wahyu yang merupakan salah satu pembuat karya ilmiah wajan bolic, mendapatkan komplain dari beberapa pelanggannnya. Pelanggannnya mengatakan bahwa jaringan internet tidak dapat dijangkau dengan luas seperti yang dijanjikan

Akhirnya wahyu bersama pendiri wajan bolic yang lain, langsung mendatangi costomer yang bersangkutan untuk membetulkan wajan bolicnya sampai benar-benar baik. Kini wajan bolic menjadi hak intelertual karya bangsa yang telah dipatenkan wahyu. Setiap hari ada 20 unit wajan bolic yang terjual ke selurh Indonesia, Usaha Unik Parabola Dari Alat Masak di Gorontalo.

Usaha Kreatif dari Jok Boncengan Anak Sepeda Motor

Selama ini kita sering melihat adanya orang tua yang membonceng beberapa anak sekaligus pada sepeda motor. Mereka selalu menempatkan anak mereka pada bagian depan. Anak yang berada dibagian depan, otomatis akan berpegangan pada stang sepeda motor. Sebenarnya jika dilihat dari segi keamanan tindakan ini sangatlah tidak benar. Jika orang tua mengerem motornya secara mendadak, anak bisa terlompat keluar dari sepeda motor.

Orang tua lambat laun mulai sadar akan hal ini. Tidak memiliki kemampuan untuk membeli mobil, membuat orang tua harus berpikir kreatif agar lebih aman dalam membonceng anaknya di Sepeda Motor. Beberapa orang tua mulai ke tukang las untuk memasang jok boncengan anak dibagian depan sepeda motor mereka.

 

Resiko dari memasang jok boncengan anak dengan mengelasnya adalah jok boncengan akan bersifat permanen dan selalu terpasang pada sepeda motor. Jika kita sedang ada keperluan lain seperti membawa galon atau mengangkut beras, tentunya akan mengalami kesulitan. Banyak orang tua yang mencari jok   boncengan anak yang bersifat fleksibel dipasaran tapi tidak ada satupun toko otomotif dan bengkel sepeda motor yang menjualnya di waktu itu.

Melihat animo masyarakat yang begitu besar akan kebutuhan jok boncengan anak yang fleksibel, beberapa orang mulai memanfaatkan momen ini menjadi peluang bisnis. Beberapa pengusaha dadakan beramai-ramai memproduksi jok boncengan anak fleksibel untuk sepeda motor. Bahkan mereka rela berhutang demi memulai bisnis ini

Usaha Kreatif dari Jok Boncengan Anak Sepeda Motor Setiap pengusaha memiliki ciri khas masing-masing dalam memproduksi jok boncengan anak sepeda motor ini. Harga per-unitnya berkisar antara Rp 35.000 sampai Rp 250.000 . Bentuk dan macam jok boncengan anak ini pun beragam bentuknya ada yang menggunakan sabuk pengaman, ada yang dipasang dibelakang, ada yang khusus untuk sepeda motor matic dan lain sebagainya.

Berikut adalah sepak terjang dari beberapa brand jok boncengan anak sepeda motor. Kita akan mengulas dari harga, jenis barang, omset dan strategi bisnis mereka dalam memasarkan barangnya hingga sampai ke tangan konsumen.

Berbagai Produsen dan Supplier untuk Usaha Kreatif Product

Kiddy jok

Kiddy jok dipasang dibagian depan jok utama sepeda motor. Jok boncengan motor yang satu ini adalah jok yang cukup compatible, jok ini dapat dilipat dan dipasang dengan mudah di beberapa jenis sepeda motor diantaranya Suprax, Supra x 125, scoopy, kharisma, vario, beat. Kiddy jok mempunyai motif hitam polos. Kiddy jok dijual dengan harga Rp 165.000 per unit. Kiddy jok diproduksi oleh Pak ronny yang juga berprofesi sebagai tukang service sepeda motor.

Saat ini kiddy jok memiki volume penjualan sebesar 65 unit per bulan. Omset pak ronny dalam satu bulan adalah Rp 10. 725.000. Pak Ronny mengaku memulai modal kiddy jok dengan Rp 2.000.000. Saluran penjualan Pak ronny dalam memasarkan kiddy jok diantaranya di toko sperpat dan onderdil sepeda motor, di beberapa sorum sepeda motor dekat rumah, di bengkel-bengkel sepeda motor, di tempat pencucian sepeda motor, di pasar-pasar malam, dan di Internet.

 

Kidzjock

Sama dengan kiddy joc, jock ini dipasang didepan jok utama sepeda motor. Kidzjock mempunyai motif gambar kartun pada joknya seperti naruto, spongebob, dan upin-ipin. Secara tampilan kidzjock lebih menarik anak-anak daripada orangtuanya. Jika dipasang pada sepeda motor tentunya design kiddy lebih elegan karena mempunyai motif seperti jok utama daripada kidzjock yang mempunyai gambar kartun.

Secara harga, Kidzjock jauh lebih murah daripada kiddy jock. Harga kidzjock perunit dibandrol dengan Rp 75.000 sampai Rp 125.000 tergantung jenis sepeda motor. Kidzjock dapat dipasang dan dilepas dengan menggunakan baut yang terkait pada sepeda motor.

Kidzjock dapat dipasang di hampir seluruh sepeda motor bebek. Kidzjock tidak compatible sama sekali untuk jenis sepeda motor matic Saat ini pemasaran kidzjock hanya di internet saja. Volume penjuan kidzjock hinggat saat ini mencapai 45 unit perbulan. Pemilk brand kidzjock mengaku memulai usahanya dengan modal Rp 5.000.000

 Boncenger

Boncenger adalah jok boncengan yang dipasang dibelakang seperti sandaran. Tujuan dari jok boncengan ini adalah menjaga anak agar tidak jatuh ketika dibonceng dibelakang oleh orang tuanya. Boncenger termasuk jok boncengan yang paling mahal dibandingkan dengan brand jok boncengan yang lainnya.

Harga boncenger perunitnya mencapi Rp 300.000. Boncenger compatible dipasang di sepeda motor manapun. Saat ini penjualan Boncenger mencapai Rp 10.000.000 sampai Rp 15.000.000 perbulan. Pemiliknya mengaku memulai usaha boncenger ini dengan modal Rp 7.000.000. Boncenger saat ini dipasarkan di bengkel-bengkel didekat rumah produksi dan internet.

Beltcylcle

Beltcycle bukanlah jok boncengan sepeda motor seperti tiga brand diatas. Beltjock merupakan safety belt yang dikenakan orang tua ketika membonceng anaknya dengan melilitkan anaknya pada beltjock itu ditubuh orang tuanya. Beltjock mempunyai penjualan Rp 15.000.000 perbulan. Harga beltjock perunit Rp 65000 sampai Rp 75.000. Pemiliknya mengaku memulai beltjock dengan modal Rp 500.000. Beltjock dipasarkan di Internet dengan sistem keagenan.  Bagaimana tertarik menjadi salah satu reseller dari jok boncengan anak diatas?. Atau anda ingin buat brand sendiri, Usaha Kreatif dari Jok Boncengan Anak Sepeda Motor

Usaha Kreatif dari Buku dan Jam Bekas

Scrap Book ide untuk menciptakan usaha memang bisa datang dari mana saja termasuk dari sekitar kita. Di surabaya, seorang wanita berhasil menciptakan peluang usaha dengan memanfaatkan benda-benda tak berharga menjadi sebuah karya seni scrapbook. Scrapbook inilah media baru untuk menyimpan kenangan berupa album atau pigora dengan foto dan beberapa tempelan pernik didalamnya. Seni memorabilia ini populer dibeberapa negara sejak awal tahun 2000 hingga kini. Kreasi scrapbook terus berkembang termasuk ditanah air

Usaha Scrap book milik gloria bertema daur ulang, memorabilia gloria seratus persen terbuat dari barang-barang tak terpakai, Perempuan ini mencipta dan membuat scrap book sejak dua tahun lalu.

 

Awalnya Gloria hanya berniat sebagai bentuk pemanfaatan barang bekas dengan cara yang kreatif dan modern. Sekarang mindset orang scrap book itu mahal butuh uang ratusan ribu jadi harus bisa berpikir sekreatif mungkin untuk memanfaatkan apa yang ada disekitar kita untuk bikin sesuatu yang lebih kreatif.

Bahan Baku Untuk Usaha Kreatif Scrapbook

berasal dari sekitar rumah seperti majalah bekas perca-perca sisa sampai sampah plastik berbekal seni dan ketekunan, gloria kemudian merangkai semua menjadi media serupa pigora nah peminatnya tinggal menambah pernik atau foto sesuai kebutuhan. Pelanggan juga bisa memesan scrap book ,dengan tema khusus. Atau membawa material yang sesuai keinginan untuk kemudian dirangkaikan . Pembuatan scrapbook minimal memakan waktu 2 jam, tergantung jenis dan banyaknya bahan serta tingkat kesulitan. .

Harga scrap book daur ulang mulai dari Rp 100.000 perbuah . Gloria memasarkannya lewat internet dan pameran. Sehari Gloria menerima 20 pesanan customize scrap book dan dapat menjual scrap book yang telah dibuat di galerynya hingga mencapai 23 exemplar perhari. Kini omset Gloria perbulan mencapai Rp 15.000.000 dan membukukan keuntungan bersih perbulan Rp 6.000.000

 Tali Jam Dengan Sentuhan Karya Seni Tinggi

Memulai usaha tidak selamanya dengan modal besar. Kita juga bisa memulainya dengan modal kecil, salah satunya dengan memanfaatkan barang bekas untuk menekan modal usaha . Kalau begitu kita juga harus kreatif supaya menghasilkan karya dari barang yang sudah tidak terpakai lagi. Hal ini dilakukan oleh seorang pengusaha wanita di tangerang banten. Dia bisa membuat tali jam putus yang tidak terpakai menjadi terlihat menarik lagi .

Tali jam anda putus? Jangan dibuang karena masih bisa digunakan dengan sentuhan ide kreatif. Tali jam bekas bisa terlihat menarik dengan teknik anyaman tali atau makreme. . Macrame adalah teknik menyimpul benang untuk menjadi beragam aksesoris, teknik menyimpul benang ini sudah ada sejak abad 13 di eropa timur, Di Indonesia Indah Ariani mencoba menerapkan teknik macrameini pada bisnis yang digelutinya. Wanita berusia 26 tahun ini , menekuni usahanya dirumah di kawasan cisaura banten.

Latar belakang

Berawal dari Hobi Indah Ariani yang gonta gonti pakai jam. Ia ingin memakai jam tapi yang banyak warnanya, kemudian ia mencoba pakai rantai sebagai tali jam rasanya tidak enak dan tidak nyaman dikulit. Jadi dari situ terpikirlah Ia untuk membuat tali jam dari rumah macrame karena motifnya banyak dan memiliki warna – warni juga. Asriani menggunakan beberapa bahan untuk membuat tali-tali jam cantik ini seperti benang polyester aneka warna papan atau kertas duplex sebagai alas penjepit serta korek api.

Cara membuat tali jam macrame yaitu potong benang dengan ukuran 120 cm untuk tali panjang dan 60 cm untuk tali pendek lipat benang menjadi dua . Simpulkan benang pada batang besi jam . Agar tidak goyang ketika disimpul, selipkan jam pada papan penjepit, setelah itu simpul benang sesuai dengan model yang diinginkan, teknik dasar membuat macrame yaitu simpul double half note , setelah benang disimpul sampai habis, bakar ujung benang. Tak perlu waktu lama untuk membuat tali jam menggunakan teknik macrame

 

Indah memulai usahanya sejak 2010 awalnya wanita lulusan design grafis ini membuat kalung macrame . Ia sempat mengunggah hasil kreasinya di situs jejaring sosial dan mendapat respon yang positif . Sejak saat itu lah ia menekuni bisnisnya dengan ragam kreasi macrame, karya-karya cantik indah sempat dilirik pebisnis asal jepang, Tahun 2010 Indah mengirimkan produk macrame buatannya ke negeri sakura namun diluar itu produk macrame indah jug banyak dilirik konsumen dalam negeri, Usaha Kreatif dari Buku dan Jam Bekas

 

Arlita salah satu konsumen Indah mengatakan alasan membeli tali jam ditempat indah salah satunya karena warna produk indah lucu-lucu, unik, simple, dan memiliki cita rasa seni yang sangat tinggi. Indah memulai usahanya dengan modal Rp 1.000.000 dan kini ia menjual produk macrame buatannya seharga Rp 28.000 hingga Rp 280.000 per buah. Dalam sebulan indah bisa dapat untung hingga Rp 7.000.000

DJM Art: Bisnis Tanpa Office Di Era Digital

Era digital membuka segala kemungkinan, termasuk perubahan perilaku dalam berbisnis. Lebih ekstrim, perubahan pebisnis modern ini bahkan menabrak sistem konvensional. Dan hasilnya sungguh luar biasa. Salah satunya yang dilakukan Dwi Jawa Majapahit disingkat DJM Art, sebuah gerai aksesoris yang telah merambah pasar nasional hingga internasional. Anda mungkin tidak pernah terbayangkan, jika DJM Art dijalankan oleh seorang pengusaha muda asal kota kecil di Jawa Timur, Mojokerto, bernama Sofrul Mukhlis.

 

DJM Art mengkhususkan diri dalam jual-beli sekaligus memperoduksi manik-manik (beads)  yang kini digandrungi fashion internasional. Sedangkan untuk pasar lokal, beads produksi DJM Art banyak digunakan sebagai kelengkapan adat. Tidak heran jika pasar Toraja dan Kalimantan menjadi customer tetapnya. Sementara untuk pasar luar negeri telah merambah ke Malaysia dan Brunai serta beberapa negara Asia lainnya.

 

Ada yang menarik dari konsep bisnis DJM Art, yakni bisnis tanpa office. Kemudahan teknologi informasi memungkinkan seorang pebisnis melakukan promosi, memperkuat brand, bahkan memilih segmen calon buyer-nya. Dalam rentang waktu relatif singkat, sekitar lima tahun, DJM Art telah mampu menjadi pemain handal dalam e-comers dan menjadi ikon brand manik-manik berkelas.

 

4 Hal Penting Dalam Melaksanankan Bisnis Digital

Ada empat hal penting dalam menjalankan bisnis berbasis teknologi informasi atau internet. Empat hal tersebut adalah fokus, segmented, brand empowering, dan support client. Jika keempatnya dijalankan secara simultan dan berkesinambungan maka hasil diluar dugaan akan tercapai.

 

  1. Setiap bisnis membutuhkan fokus artinya mustahil seorang pebisnis akan mampu melihat potensi nilai jualnya manakala tidak fokus pada produk serta knowledge produknya. Maka menentukan fokus adalah hal sangat fundamental ketika memulai berbisnis.
  2. Berikutnya menentukan segmen pasar. DJM Art cukup cerdas memilih produk yang timeless, yakni aksesoris. Manik-manik menurut informasi hanya dimiliki oleh dua negara sebagai rujukan, yakni Indonesia dan India.

 

Dari dua negara tersebut, manik-manik menyebar hingga ke seluruh penjuru dunia. Pilihan produk ini sangat menguntungkan manakala DJM Art juga mampu memproduksi sendiri. Manik-manik telah memiliki segmen pasar tersendiri, mulai komunitas adat tertentu hingga untuk desain (fashion). Terbukti, hingga kini, DJM Art menjadi supplay sejumlah desainer di Jakarta bahkan Paris.

 

  1. Empowering Brand

 

Setelah memiliki segmen yang jelas, maka penguatan brand perlu dilakukan. Empowering brand menjadi aktivitas wajib para pebisnis. DJM Art melakukan dengan cara yang sederhana yang mungkin tidak terbayangkan, yakni hanya mengandalkan media sosial (facebook, twitter, instagram). Oleh karena itu, sebagai pebisnis muda, Sofrul Mukhlis, owner DJM Art seringkali mengatakan office-nya hanya dalam genggaman, yakni smartphone.

 

Dalam melakukan promos, launching produk aksesoris terbaru, hingga komunikasi dengan calon buyer, cukup dilakukan melalui fitur yang ada dalam situs jejaring sosial tersebut. Cukup sederhana!

 

  1. Terakhir, membangun chemistry dengan calon buyer atau client manjadi sangat penting. Karena produk yang ditawarkan DJM Art bernuansa seni dan bukan barang massif, maka menjaga intensitas komunikasi dalam rangka teris men-support calon pembeli menjad9i sangat penting. Semua cukup dilakukan melalui media sosial hingga pada transaksi dan proses pengiriman barang dilakukan melalui jasa pengiriman barang.

 

Hanya dengan melakukan empat hal tersebut, kini omset DJM Art yang dioperasikan dari kota Mojokerto dan Jombang (sebagai tempat workshop), Jawa Timur itu telah mencapai puluhan juta setiap minggunya.

Bahkan pada menjelang momentum tertentu, terkait adat di sejumlah wilayah di Toraja dan Kalimantan, manik-manik menjadi barang wajib. Dengan demikian pesanan pun melonjak drastis hingga ratusan juta.

Ingat! Semua dilakukan hanya dengan mengandalkan smartphone. Jika ditanya DJM Art memang gerai online yang tidak memiliki kantor layaknya bisnis konvensional. Sehingga penghematan anggaran (sewa kantor, listrik, air, dan sebagainya) tidak perlu dipikirkan lagi.

Pelajaran menariknya adalah kita semua dapat melakukan seperti yang dilakukan pemuda energik, Sofrul Mukhlis ini. Memang saat ini, banyak yang melakukan bisnis menggunakan jejaring sosial. Namun pernahkah terpikir untuk mempertajam empat hal yang terurai singkat di atas?

 

Model bisnis konvensional kini semakin ditinggalkan. Infrastruktur kantor menyedot anggaran yang tidak kecil, oleh karena itu pilihan ‘bisnis tanpa office’ menjadi trend di masa depan. Jika Anda telah mencobanya, janganlah hanya sekedar posting produk tetapi lakukan riset segmen pasar, penguatan branding, dan dekati client dengan cara santun dan bersahabat.

Usaha Menyenangkan Bayi Omzet pun Meroket

Fokus Fokus Fokus , Itulah falsafah dari George Soros bapak Investor Dunia. Prinsip itu juga menjadi patokan bagi pebisnis yang menjalankan usahanya. Jangan kita melakukan banyak usaha jika kita tidak fokus dalam melakukankannnya. Berbisnis haruslah mempunyai patokan dasar dan rencana yang jelas untuk mengeksekusi keputusan-keputusan yang harus dibuat dengan cepat.

Jika kita tahu tentang banyak bisnis tapi hanya kulit luarnya saja, yang terjadi adalah kita akan kesulitan pada pertengahan bisnis itu. Bisnis yang sukses adalah bisnis yang dibangun dengan dasar memenuhi kebutuhan (need). Ketika kita memikirkan need yang harus kita penuhi pada suatu segmen konsumen tertentu, otomatis bisnis yang akan kita buat, memiliki kemungkinan keberhasilan yang cukup besar.

Usaha Menyenangkan Bayi Omzet pun Meroket

Fokus terhadap salah satu bisnis tertentu juga menyadarkan kita tentang arti kedisiplinan. Jika kita lengah sedikit maka investasi tenaga, uang, dan pikiran yang kita curahkan bisa hilang seketika. Mencari segmen khusus untuk dipenuhi kebutuhannya juga menjadi faktor yang sangat penting.

Usaha Menggiurkan dari Perlengkapan Bayi

Bisnis yang menggrab market nich atau relung pasar mempunyai potensi tumbuh yang sangat besar dari pada kita melirik bisnis reguler. Namun banyak pengusaha yang tidak percaya diri ketika harus bermain di Bisnis yang menggrab relung pasar ini. Pasar yang digarap dan konsumen yang dibidik memang memiliki populasi yang sedikit tapi kebutuhan mereka akan suatu barang tertentu bersifat continue.

Pada artikel kali ini, kita akan mengulas bisnis berbasis melayani relung pasar atau nich market yaitu bisnis perlengkapan bayi.

Perlengkapan bayi terdiri dari perlengkapan mandi, pakaian, perlengkapan popok, perlengkapan produk setelah mandi, perlengkapan makanan, perlengkapan alat gendong dan perlengkapan tidur Dari banyaknya item perlegkapan bayi tersebut, pebisnis yang sangat serius untuk mengembangkannya justru hanya memilih satu item bisnis perlengkapan bayi yang akan dijalankan.

Usaha Menyenangkan Bayi Omzet pun Meroket  ,  Karena pebisnis menilai dari sisi kemudahan mendapatkan bahan baku dan kemudahan maintenance. Contoh nyatanya adalah Pak AMA. Pada mulanya pak ama menjalankan bisnis dengan menjadi reseller produk perlengkapan mandi untuk bayi dan perlengkapan makan untuk bayi. Dua bulan pertama dalam menjalankan bisnisnya , Pak ama mengakui dapat menghandle kedua item bisnis perlengkapan bayi tersebut.

Namun memasuki bulan ke tiga, Pak ama baru merasakan dampak dari memecah fokus untuk melayani dua market perlengkapan bayi. Ketika Pak Ama mulai kebanjiran order, pak ama merasa kesulitan untuk memenuhi perlengkapan mandi dan perlengkapan makan, karena lokasi kedua supplier Pak Ama sangat jauh sedangkan Pak Ama menjalankan bisnisnya dengan cara delivery order. Pak Ama mengambil sendiri barang dagangannnya ke tempat supplier setelah itu baru mengantarkannnya ke rumah pelanggannnya yang memesan.

Seperti kita ketahui sebelumnya, karena kedua supplier pak ama berjauhan maka banyak pesanan dari customer yang terlambat dikirimkan, dan karena tidak direspon dengan cepat oleh pak ama yang juga sedang sibuk melayani customer lain, maka customer yang sudah memesan barang membatalkan secara sepihak barang yang telah dibelinya.

Usaha Menyenangkan Bayi Omzet pun Meroket

Otomatis Pak Ama menerima kerugian yang cukup besar dari peristiwa itu, karena keterlambatan pengiriman telah terjadi selama lima belas kali berturut-turut dan barang yang sudah dipesan, juga dibatalkan lima belas kali berturut-turut. Jumlah Angka customer yang membatalkan sama persis dengan jumlah customer yang barangnya telat dikirimkan. Oleh karena itu Pak ama langsung memutuskan untuk melayani satu segmen perlengkapan bayi saja yaitu perlengkapan bayi untuk mandi.

Pak Ama mengatakan bahwa sebetulnya tidaklah masalah untuk menjual semua item perlengkapan bayi, asalkan memiliki toko sendiri yang cukup besar dan memiliki supplier yang mau menstock barang sampai ditoko perlengkapan bayi yang dimiliki. Tapi jika kekuatan modal sangat terbatas, pilihlah untuk mendistriibusikan barang perlengkapan bayi dengan cara delivery order dan hanya menjual satu item perlengkapan bayi saja.

Fokus Bisnis Dengan Product Premium

Pak Ama juga mengatakan, sejak ia hanya menjadi reseller pada perlengkapan mandi untuk bayi, keuntungannnya justru berlipat hingga tiga kali dari biasanya ketika menjual dua item perlengkapan bayi. Kesan yang dimiliki oleh customer ketika ada penjual yang hanya menjual satu item barang saja, adalah barang yang dijual memiliki kualitas premium dan perusahaan pembuat produk sangat mempunyai fokus yang tinggi dan memiliki kepedulian tinggi untuk menghasilkan barang dengan kondisi baik

Perlengkapan mandi untuk bayi yag dijual Pak Ama, memiliki range harga antara Rp 15.000 hingga Rp 50.000 per unitnya. Barang-barangnya meliputi sabun, baby oil, shampo oil, mainan bebek, handuk, sikat badan dan perlengkapan mandi bayi lainnya.

Profesi utama pak ama adalah sebagai guru bahasa inggris di salah satu playgroup yang ada di daerah kemang jakarta. Kini penghasilan pak ama dari menjual perlengkapan mandi bayi, perbulannnya mencapai Rp 3.000.000, yatu senilai 50% dari gaji yang diterima sebagai guru playgroup. Bagaimana masih takut untuk menggarap ladang bisnis di Nich Market Usaha Menyenangkan Bayi Omzet pun Meroket

 

Bisnis Jasa Penitipan Anak Untuk Ibu Yang Super Aktif

Apakah Anda bingung dengan kegiatan yang banyak sekali membuang waktu di rumah? Bagi ibu-ibu rumah tangga, hal ini akan sangat sering ditemui bahwa banyak sekali diantara mereka yang hanya menonton tv dan bergosip ketika pekerjaan rumah telah selesai mereka kerjakan.

Padahal banyak sekali kegiatan yang seharusnya lebih bermanfaat bagi mereka yang mampu menjadikan waktu mereka lebih bermanfaat. Ada satu hal yang dapat mereka lakukan terutama bagi mereka yang belum memiliki momongan. Hal tersebut adalah membuka usaha penitipan anak di rumah.

jasa penitipan anak

Bagi ibu-ibu rumah tangga super aktif seperti Anda, janganlah khawatir karena berikut ini adalah tips yang akan mampu memotivasi Anda untuk berani membuka usaha seperti ini. Pertama-tama, Anda harus benar-benar memperhatikan tentang posisi rumah Anda. Jika posisi rumah Anda sudah strategis, Anda langsung saja membuka usaha semacam ini. Sebagai penjelasannya, posisi strategis yang dimaksud adalah dimana lingkungan Anda memang benar-benar mendukung usaha ini.

Potensi Income dari Bisnis Penitipan Anak

Bisnis Jasa Penitipan Anak Untuk Ibu Yang Super Aktif  , Apabila di lingkungan Anda memang terdapat banyak anak-anak yang akan dititipkan di rumah Anda nantinya, maka Anda harus berani untuk membukanya. Kemudian, tarif yang akan Anda pasang haruslah yang standar saja. Namun, boleh juga memberikan promo terlebih dahulu dengan tujuan menarik tetangga Anda untuk menitipkan anak mereka di rumah Anda. Promo yang dimaksud dapat berupa potongan harga di awal pendaftaran.

Anda pun dapat pula meminta bantuan kepada teman-teman Anda untuk menjaga anak-anak yang dititipkan tersebut. Disini, mereka akan sangat membantu beban yang harus Anda tanggung. Selain itu, Anda harus benar-benar memperhatikan setiap anak dan orang tua yang menitipkan anak mereka.

Hal ini dikarenakan dengan semakin eratnya hubungan Anda dengan mereka, maka mereka akan semakin percaya dengan Anda. Lalu, mereka bisa saja merekomendasikan usaha yang Anda buka ini kepada temannya yang lain.

Tips tambahan untuk lebih meningkatkan mutu pelayanan usaha penitipan anak :

Tips disini sebagian besar membutuhkan modal yang tidak sedikit namun jika anda sudah yakin akan prospek peluang usaha penitipan anak ini maka tidak ada salahnya anda mengikuti tips beriku ini:

jasa penitipan anak

  1. Renovasi lokasi rumah yang digunakan untuk tempat bermain dengan desain yang disukai oleh anak-anak, misalnya warna warni, gambar yang disertai pesan-pesan moral
  2. Pastikan pendamping/asisten anda benar-benar memegang anak tidak terlalu banyak sehingga tidak ada anak yang merasa terabaikan.
  3. Apakah anda mau jika menyediakan layanan antar jemput ASI? jika YA, maka ini adalah nilai tambah dari usaha penitipan anak milik anda. Tentunya bagi ibu-ibu muda akan senang sekali jika ada layanan tersebut. Tentunya ini harus disesuaikan dengan lokasi.
  4. Sediakan fasilitas webcam kamera, saat ini kita bisa menginstal tools melalui handphone/blackberry. Sehingga aktivitas anak-anak bisa dilihat oleh orang tuanya. Ini adalah sebuah terobosan yang sangat bermanfaat sehingga customer anda benar-benar mendapatkan manfaat dari usaha penitipan anak milik anda

Asumsi Modal Untuk Memulai Usaha Penitipan Anak

Untuk memulai usaha penitipan anak memang membutuhkan modal yang cukup besar karena kita harus mengubag interior ruang bermain anak, menambah CCTV kamera, membeli beberapa permainan anak, meja, kursi, boks bayi, lalu Sarana prasarana kantor, komputer, Modal awal yang dibutuhkan berkisar 20-50 juta rupiah.

Bagaimana dengan analisa pemasukan/pendapatan dari usaha penitipan anak ini? Kita bisa ambil dari jasa usaha penitipan anak balita/batita secara bulanan dengan paket per jam (minimal 3 jam) atau 6 jam atau paket harian (8 jam-10 jam)

Paling tidak target pemasukan kotor untuk usaha penitipan anak adalah 7-10 juta/bulan. Itu artinya jika kita memberikan biaya keanggotaan dan juga jasa bulanan minimal @ Rp. 500.000 maka setidaknya target jumlah customer kita sedikitnya ada 20 orang. Kita bisa mendapatkan keuntungan bersih sampai dengan 40% dari omset.

Di satu sisi, menjadi wanita karier akan membuat ekonomi keluarga menjadi lebih mapan dan ilmu yang didapat dibangku pendidikan terasa tidak sia-sia. Namun, di sisi lain, para wanita karier kerap gamang dengan kesibukan kerja mereka karena membuat mereka tidak memiliki banyak waktu untuk keluarga dan mengasuh anak-anak yang masih kecil. Meninggalkan anak yang masih balita di rumah hanya dengan seorang asisten rumah tangga menjadi hal yang cukup menggelisahkan bagi banyak wanita, Bisnis Jasa Penitipan Anak Untuk Ibu Yang Super Aktif.

Mereka selalu dibayangi ketakutan akan hal-hal buruk yang mungkin terjadi, seperti penculikan, penganiayaan, anak ditelantarkan, atau anak diajak melakukan kegiatan yang kurang baik, seperti menonton tayangan TV untuk dewasa sepanjang hari. Ketimbang menghadapi risiko tidak diinginkan yang mungkin terjadi, menitipkan anak di tempat penitipan anak yang terpercaya kemudian menjadi pilihan banyak wanita yang sibuk bekerja.

Hal terbaik dalam metode promosi ini adalah word of mouth, karena itu kualitas dari pelayanan usaha jasa penitipan anak yang sedang Anda bangun haruslah menjadi prioritas utama. Dengan demikian Anda akan mendapatkan pelanggan loyal.

jasa

Your Thoughts