Cara Mengoptimalkan Daftar Google My Business Secara Lengkap

SEO UNDERCOVER CO ID 71
Jasa

Untuk mencapai kesuksesan pemasaran digital dengan memanfaatkan strategi berbasis lokasi, sebagian besar profesional SEO yang berpengalaman memulai di tempat yang sama yaitu membuat daftar Google Bisnisku. Kita para pebisnis memang diuntungkan dengan layanan ini karena Google Bisnisku (GMB) merupakan alat gratis dari Google yang membantu pemilik bisnis mengelola keberadaan mereka secara online di seluruh mesin pencari.

Fitur-fitur seperti hasil Pencarian Lokal Google berisi tentang daftar bisnis terdekat dan banyak informasi terkait yang diperlukan untuk menemukan bisnis tertentu (misalnya, alamat, jam buka, kategori, ulasan). Oleh karena itu, tidak lelah untuk mengingatkan akan perlunya daftar GMB untuk bisnis baru maupun yang sudah mapan. Grafik Pengetahuan Google juga menggunakan informasi dari Google Bisnisku yang terverifikasi untuk membantu menghasilkan detail untuk basis data bisnis dan entitas terkait yang relevan dengan pencarian tertentu.

Setelah daftar baru di GMB dibuat, lokasi Google Maps Ansa kemudian dibuat dan disinkronkan dengan Pencarian Google alami untuk akses mudah dan kemampuan pencarian. Hal ini tentu membantu sebagian besar pencarian alami yang berasal dari Google (sekitar 90 persen untuk pangsa pasar mesin pencari di seluruh dunia). Ini juga menggambarkan lebih jauh dari fungsi dan daftar GMB itu sendiri.

Jika Anda masih bingung, maka jangan khawatir karena Anda dapat menggunakan panduan ini untuk memastikan Anda menyelesaikan daftar Google Bisnisku dengan benar. Tujuannya adalah untuk mengoptimalkan semua aspek dari alat ini agar mendapatkan hasil maksimal dari bisnis Anda di Google dan platform pihak ketiga yang menggunakan Google Maps API yang menghasilkan informasi lokasi untuk pengguna.

Hal Dasar yang Harus Anda Ketahui Dari Google Bisnisku (GMB)

Jika pemasaran digital merupakan hal baru bagi Anda dan bisnis Anda, ada beberapa poin dasar yang harus Anda ketahui untuk memastikan Anda sepenuhnya memahami Google Bisnisku (GMB) dan fungsi yang ditawarkannya.

  • Menggunakan Google Bisnisku tidak dipungut biaya alias gratis.
  • Mendaftar GMB bukan berarti akan menggantikan situs web bisnis Anda.

Google Bisnisku fungsinya adalah melengkapi situs web Anda yang ada dengan memberikan bisnis Anda identitas publik dan masuk dalam daftar di Google, yang notabene merupakan mesin pencari paling populer di dunia. Keuntungannya, informasi yang Anda berikan tentang bisnis Anda di GMB dapat muncul di Google Search, Google Maps, dan di Google+.

Hal ini juga berlaku untuk Anda yang sebelumnya sudah pernah menggunakan alat Google tertentu untuk melengkapi bisnis Anda, atau bisnis Anda telah beroperasi untuk sementara waktu, kemungkinan bisnis Anda sudah terdaftar di Google Bisnisku. Banyak sekali fitur GMb yang bisa membantu bisnis Anda lebih dikenal orang. Google Places untuk Bisnis dan Dasboard Halaman Google+ adalah cara terbaik untuk mengelola informasi bisnis Anda sebelumnya.


Memulai Daftar Google My Business Anda

Langkah pertama untuk mengaktifkan dan menjalankan listing Google Bisnisku adalah benar-benar melakukan pencarian Google untuk memastikan bahwa bisnis Anda belum memiliki daftar GMB. Mengapa? Ini untuk menghindari Anda memiliki akun ganda yang akan membingungkan Google nantinya. Jika bisnis Anda sudah dijalankan beberapa tahun atau lebih, kemungkinan besar bisnis Anda sudah memiliki daftar GMB dan Anda hanya perlu mengklaimnya.

Setelah berhasil diklaim, Anda dapat mengelola informasi yang ada di dalamnya dan mengupdate dengan informasi baru Anda saat ini. Jadi pastikan dahulu apakah di Anda sudah memiliki akun GMB atau belum. Caranya adalah dengan buka halaman Google Bisnisku untuk menambahkan dan mengklaim daftar GMB. Kemudian masukkan informasi bisnis Anda yang paling penting (nama dan alamat bisnis) untuk memastikan bisnis Anda tidak memiliki daftar yang perlu Anda klaim.

Jika bisnis Anda sudah ada dalam daftar, GMB akan memberi tahu Anda. GMB juga akan memberi tahu Anda bahwa orang lain sudah mengklaim bisnis Anda. Jika itu terjadi, ikuti langkah-langkah ini.

  • Isi kotak input yang tersisa dengan detail bisnis Anda, memastikan semuanya akurat dan secara tata bahasa benar (nama bisnis Anda menggunakan huruf kapital, nama jalan, dll.).
  • Pastikan untuk menemukan kategori relevan terbaik untuk bisnis Anda (ada banyak variasi untuk dipilih).

Opsi terakhir yang tercantum adalah menanyakan apakah bisnis yang dibuat tersebut mengirimkan barang atau jasa kepada pelanggan dari lokasi mereka. Informasi ini sangat penting bagi banyak bisnis yang beroperasi jauh dari kantor pusatnya, bisnis rumahan atau bisnis pelayanan (layanan kebersihan, perusahaan konstruksi, pengendalian hama, layanan rumah, dll.)

Tambah atau Edit Detail Bisnis Area Layanan

Ada beberapa langkah untuk menambah atau mengubah detail area layanan Anda, yaitu.

  • Masuk ke Google Bisnisku (Google My Business) dan pastikan Anda menggunakan “tampilan kartu (card view)”
  • Jika belum menggunakan tampilan tersebut, beralihlah ke tampilan kartu dengan mengklik ikon kartu di sisi kanan atas lokasi Anda.
  • Pilih daftar yang ingin Anda kelola dan klik “Kelola lokasi.”
  • Klik Info dari Menu.
  • Klik bagian “Alamat”.
  • Di jendela yang muncul, pilih “Ya” di sebelah “Saya mengirimkan barang dan jasa ke pelanggan saya di lokasi mereka.”
  • Masukkan informasi area layanan Anda. Anda dapat mengatur area layanan Anda berdasarkan kode ZIP atau kota tempat Anda melayani, atau di area tertentu di sekitar lokasi Anda. Pilih kotak di sebelah “Saya melayani pelanggan di alamat bisnis saya” jika Anda ingin alamat lengkap Anda muncul di Google dan Anda dapat menerima pelanggan selama jam yang ditentukan.
  • Klik Terapkan untuk menyimpan perubahan Anda.

Memverifikasi Daftar Google My Business Anda

Setelah Anda mengirimkan informasi bisnis dan area layanan Anda (jika ada), langkah selanjutnya adalah memverifikasi listing Anda. Ini sangat penting untuk visibilitas dan kinerja akun bisnis Anda. Anda bisa memverifikasi daftar Anda melalui surat. Dengan melakukan itu, Google akan tahu alamat yang disediakan sebagai alamat bisnis Anda. Jika tidak, Anda juga bisa memverifikasi akun GMB Anda dengan menerima email di sana.

Dengan memverifikasi daftar GMB, bisa membantu Google menyingkirkan daftar palsu yang hanya akan menyesatkan pengguna sehingga menurunkan kualitas Google Search dan Maps, di antara alat-alat lainnya. Penting untuk Anda diketahui bahwa Google tidak akan menampilkan bisnis Anda sampai bisnis diverifikasi.

Anda juga tidak akan mendapat akses wawasan halaman/informasi analitis atau ulasan bisnis apa pun. Untuk verifikasi biasanya memakan waktu kurang lebih satu minggu, di mana Google akan mengirimkan kepada Anda sebuah kode verifikasi yang dikirim melalui pos, setelah Anda terima, Anda masukkan kode verifikasi yang terlampir ke akun GMB dan bisnis Anda secara resmi akan langsung aktif.

Menerbitkan Daftar Google Bisnisku Anda

Di Google My Business Anda dapat menggunakan semua tawaran sumber daya agar bisa mendapatkan hasil maksimal dari lokasi bisnis Anda. Berikut ini beberapa kiat dasar namun penting untuk mengoptimalkan GMB Anda.

Masukkan Data Lengkap untuk GMB Anda

Hasil pencarian lokal didapatkan dari hasil yang paling relevan dalam pencarian. Sementara itu, bisnis yang memiliki informasi yang paling detail dan akurat akan lebih mudah disajikan dalam pencarian. Pastikan GMB Anda berkomunikasi dengan pelanggan potensial tentang bisnis Anda, di mana tempatnya, dan bagaimana mereka dapat memperoleh barang dan/atau jasa yang ditawarkan bisnis Anda.

Kelola & Tanggapi Ulasan Pelanggan Anda

Berinteraksi dengan pelanggan dengan menanggapi ulasan mereka akan memberikan kesan bahwa bisnis Anda menghargai pelanggannya dan memperhatikan umpan balik yang mereka berikan tentang bisnis kita. Ulasan positif tidak hanya akan menimbulkan efek positif pada pelanggan potensial lainnya ketika mencari tahu bisnis Anda, namun mereka juga meningkatkan visibilitas bisnis Anda dalam hasil pencarian. Dorong pelanggan untuk meninggalkan umpan balik dengan membuat tautan yang dapat mereka klik untuk menulis ulasan untuk bisnis Anda.

Cantumkan Foto untuk Daftar Google My Business Anda

Bagian yang paling penting dalam menggambarkan akun GMB Anda jelas adalah dengan mencantumkan foto profil. Hal ini karena jika akun GMB Anda tidak ada gambarnya maka eksposur yang akan Anda dapatkan juga tidak banyak, sebaliknya jika akun GMB Anda memiliki foto profil bagus maka akan memiliki dampak lebih besar.

  • Foto profil bisnis Anda sebaiknya jangan logo merek itu sendiri, tetapi dari sesuatu yang menarik dan mencakup merek, apa kepanjangannya, dan/atau apa yang ditawarkannya. Selain itu, jenis gambar lain yang harus ditambahkan ke daftar GMB Anda adalah:
  • Gambar logo: Google merekomendasikan perusahaan menggunakan logo mereka untuk membantu pelanggan mengidentifikasi bisnis Anda dengan gambar berukuran persegi.
  • Foto sampul: Foto sampul harus benar-benar menampilkan kepribadian merek Anda. Ini adalah foto besar yang ditampilkan di bagian atas halaman Google+, biasanya gambarnya akan terpotong agar sesuai dengan rasio aspek 16: 9.

Foto tambahan Lainnya: menambahkan berbagai jenis foto yang berhubungan dengan bisnis Anda juga penting. Hal ini untuk menambah keyakinan terhadal pertimbangan pelanggan saat membuat keputusan pembelian.

Foto-foto ini akan berbeda dan tergantung pada jenis bisnis yang Anda kelola. Foto-foto ini dapat mencakup barang dan/atau jasa yang ditawarkan bisnis Anda, staf bisnis yang bekerja dan/atau membantu pelanggan, interior dan eksterior bisnis, serta foto umum lainnya yang merangkum bisnis. Semua foto harus mengikuti peraturan dari Google yaitu:

  • Format: JPG atau PNG
  • Ukuran: Antara 10KB dan 5MB
  • Resolusi minimum: tinggi 720px, lebar 720px
  • Kualitas: Foto harus fokus dan cukup terang, dan tidak ngeblur dan jangan menggunakan filter yang berlebihan.
  • Gambar harus mewakili kenyataan.

Memantau Insight Daftar Google My Business Anda

Selama beberapa tahun terakhir, Google telah membuat langkah luar biasa dengan data analitik yang tersedia untuk daftar Google My Business yang disebut dengan Insights. Google menawarkan bisnis dengan cara berbeda dan untuk memahami bagaimana pelanggan berinteraksi dengan daftar bisnis, termasuk:

  • Bagaimana pelanggan menemukan listing Anda.
  • Di mana pelanggan menemukan Anda di Google.
  • Tindakan pelanggan.
  • Permintaan arah lokasi.
  • Panggilan telepon.
  • Foto.


Bagaimana Pelanggan Menemukan Akun Google My Business Anda

Bagian ini akan menunjukkan bagaimana pelanggan bisa menemukan Anda dalam pencarian “Langsung” (mereka mencari nama atau alamat bisnis Anda) dan pencarian “Penemuan” (mereka mencari kategori, produk, atau layanan yang Anda tawarkan, dan akun GMB Anda akan muncul ). Bagian ini akan tercantum pada laporan:

  • Total pencarian.
  • Pencarian langsung.
  • Pencarian penemuan.

Di mana Pelanggan Menemukan Anda di Google

Bagian ini akan menunjukkan berapa banyak pelanggan yang menemukan Anda melalui Google Search atau Google Maps. Di samping “Listing pada Pencarian” dan “Listing di Maps”. Anda dapat melihat jumlah tampilan yang diterima listing Anda dari setiap produk dalam jangka waktu yang Anda pilih. Anda bisa melihatnya dengan cara letakkan kursor Anda di atas segmen grafik yang sesuai pada hari yang Anda minati. Bagian ini memiliki informasi berikut:

  • Total tampilan
  • Tampilan pencarian
  • Tampilan peta

Tindakan Pelanggan

Bagian ini akan menunjukkan apa yang dilakukan pelanggan setelah mereka menemukan akun GMB Anda di Google. “Tindakan total” memberikan jenis tindakan total yang dilakukan pelanggan pada cantuman Anda:

  • Mengunjungi situs web Anda
  • Meminta petunjuk arah
  • Menghubungi Anda

Menampilkan foto

Label berikut ini juga tersedia sebagai laporan di bagian Insight ini:

  • Total action
  • Tindakan terhadap situs web
  • Tindakan pada petunjuk arah
  • Tindakan panggilan telepon

Permintaan Pada Petunjuk Arah

Bagian dari Insight ini menggunakan peta untuk menunjukkan di mana orang-orang menanyakan arah ke bisnis Anda. Lokasi bisnis Anda diidentifikasi pada peta dan beberapa tempat paling umum yang Anda minta untuk mengarahkan ke bisnis Anda.

Panggilan Telepon

Bagian ini menunjukkan kapan dan seberapa sering pelanggan mengklik panggilan telepon bisnis Anda melalui daftar Anda di Google. Di bagian atas bagian, “Total panggilan” memberikan jumlah total panggilan telepon untuk kerangka waktu yang dipilih. Grafik memberikan kemampuan untuk melihat tren melalui panggilan telepon baik dalam beberapa hari atau dalam seminggu. Ini memungkinkan pemasar dan operator bisnis mengetahui kapan pelanggan kemungkinan besar akan menelepon setelah melihat daftar GMB Anda.

baca juga


Undercover.co.id Services

Panduan Bisnis Affiliasi

Website Cuma 50 Ribu

Pembuatan Website Profesional

Jasa Seo Profesional dan Terpercaya 

Jasa Sosial Media Maintenance



Foto

Yang terakhir GMB memungkinkan Anda untuk memeriksa seberapa sering foto bisnis Anda dilihat dengan grafik “Tampilan foto” dan grafik “Jumlah foto”. Ada juga garis pada grafik yang membandingkan data foto bisnis Anda dengan data foto untuk bisnis lain yang serupa dengan Anda. Bagian komponen pelaporan ini mencakup insight untuk:

  • Total foto pemilik
  • Tampilan foto pemilik
  • Total foto pelanggan
  • Tampilan foto pelanggan
Jasa
error: Content is protected !!