Desain Situs Net – Kegunaan versus Aksesibilitas

Desain Situs Net – Kegunaan versus Aksesibilitas

Kesalahan besar yang dilakukan banyak orang adalah mengacaukan kegunaan dengan aksesibilitas. Tidak hanya keduanya yang sangat berbeda, tetapi kecenderungan yang satu dianggap kurang penting dari yang lain. Meski keduanya harus dianggap serius, memang benar bahwa banyak cita-cita seputar aksesibilitas masih berlaku untuk kegunaan dan sebaliknya.

Mengoptimalkan kegunaan situs akan membantu membuatnya lebih mudah diakses, atau setidaknya memberikan kerangka yang lebih baik untuk dikembangkan. Jika audiens Anda yang lebih luas menganggap situs tersebut sulit digunakan, hampir pasti akan menjadi masalah bagi mereka yang memiliki keterbatasan atau kesulitan belajar. Dengan cara yang sama, tingkat pertimbangan yang digunakan untuk menangani aksesibilitas sama validnya dengan kegunaan.

Mengutamakan Pengguna

Jika Anda menanggalkan semua hal mewah dari desain Net, halaman pada akhirnya dibuat untuk digunakan orang. Lupakan menampilkan setiap gimmick Flash yang dapat Anda kumpulkan dari repertoar Anda atau membombardir browser orang dengan gambar penghilang bandwidth, dan Anda pergi dengan memberikan layanan pengiriman konten terbaik yang dapat Anda tawarkan. Bahkan sebelum Anda mulai merumuskan ide atau mulai berpikir untuk menjalankan Dreamweaver, Anda harus sudah memahami dengan jelas bahwa kegunaan adalah tentang mengutamakan kebutuhan pengguna. Ingatlah bahwa mendesain apa pun mulai dari sepatu hingga situs dinilai berdasarkan kinerja produk akhir.

Ini kemudian akan membantu Anda melakukan salah satu tahapan terpenting dalam sebagian besar proses desain dan terutama rekayasa perangkat lunak: perolehan persyaratan. Kebanyakan agensi media baru yang profesional sudah terbiasa dengan prosedur ini, dan akan menggunakannya untuk membangun pemahaman yang stabil tentang apa yang diharapkan pengguna untuk dilihat, dengan keberhasilan proyek bergantung pada pemenuhannya. Apakah Anda ditugaskan untuk membuat situs untuk klien tertentu atau berharap untuk meluncurkan sesuatu yang akan menarik lalu lintas secara lebih langsung, itu akan menjadi latihan penting untuk mengetahui apa harapan pengguna akhir.

Persyaratan Elicitation

Poin utama yang perlu diingat tentang memahami persyaratan pengguna adalah Anda tidak mungkin membuatnya terlihat pertama kali. Ini berarti bahwa aliran komunikasi yang konsisten selama proses desain sangat penting untuk sedekat mungkin dengan harapan mereka. Berbicara dengan pengguna, merekam apa yang mereka katakan dan mencoba menjelaskan dengan tepat apa yang mereka maksud adalah satu-satunya cara yang pasti untuk memenuhi kebutuhan mereka.

Penting juga untuk diingat bahwa orang yang Anda rancang belum tentu mengetahui jenis ‘bahasa pengembang’ yang mungkin Anda sukai. Di sinilah produksi diagram grafis atau studi kasus deskriptif dapat digunakan secara efektif untuk menggambarkan bagaimana Anda melihat proyek berjalan. Diagram alur navigasi, contoh peta situs, dan mungkin diagram alur information untuk solusi eCommerce adalah cara yang baik untuk menyajikan data yang kompleks tanpa membingungkan orang lain dengan jargon teknis.
Demikian pula, tidak ada alasan mengapa arah bersama untuk cara elemen visible tidak dapat dicapai dengan maket halaman. Gambar digital datar dari kemungkinan desain template dapat ditampilkan dan diteliti, sebelum periode pembuatan prototipe elemen halaman, antarmuka, dan struktur navigasi yang lebih canggih dilakukan.

Bantuan Profesional

jika Anda tidak terlalu tertarik untuk melakukan studi kegunaan yang tersebar luas sendiri, atau mungkin menyadari bahwa itu tidak layak, Anda selalu dapat mengandalkan layanan orang lain.

Konsultan profesional atau agensi spesialis adalah hal yang umum, dan menawarkan berbagai solusi lengkap yang mencakup semua proses utama. Biasanya mereka juga akan memberikan evaluasi awal pada situs Anda untuk memastikan apakah situs Anda benar-benar memerlukan penanganan kegunaan penuh, dan cara terbaik untuk mengejar semuanya. kemudian benar-benar turun untuk mengidentifikasi kebutuhan dan tujuan apa yang memotivasi situs Net, atau menetapkan apa yang diharapkan untuk dicapai. Hal ini dapat mengarah pada analisis rinci tentang apa demografis goal nantinya, sehingga penampang kelompok audiens dapat dipelajari.

Sampel ‘pengguna biasa’ biasanya akan diminta untuk menghadiri sesi pengujian yang akan mengamati peserta saat mereka menjelajahi situs. Ini dapat berkisar dari sekadar meminta mereka untuk menavigasi konten secara bebas untuk jangka waktu tertentu, hingga menetapkan tugas dan skenario tertentu kepada mereka.

Meskipun didorong untuk ‘berpikir keras’ setiap saat, umpan balik mereka dipantau dan direkam baik oleh perangkat lunak pelacakan yang canggih atau dengan video. Desainer didorong untuk mengikuti sesi dan mendengar bagaimana pengguna memandang situs, dan mungkin perbaikan apa pun yang mungkin mereka sarankan. Di akhir sesi, semua peserta diminta untuk menyampaikan kesan keseluruhan mereka terhadap situs selama sesi wawancara menyeluruh. Semua temuan kemudian dikompilasi menjadi laporan terperinci yang akan menjadi dasar untuk setiap revisi desain di masa mendatang dan proyek baru yang muncul dari temuan tersebut.

Melakukan Survei Pengguna

Saat mengumpulkan sampel pengguna Anda bukanlah opsi yang realistis, ada cara lain untuk mendapatkan masukan. Banyak situs akan menyertakan alamat electronic mail atau formulir kontak sehingga pengunjung dapat menyampaikan pemikiran mereka, tetapi ini tidak memastikan bahwa Anda akan menerima tanggapan berharga yang Anda inginkan. Akan lebih bermanfaat jika menyediakan kuesioner elektronik yang akan mengukur opini pengguna secara lebih efektif.

Menggunakan program spesialis akan memungkinkan Anda untuk mempublikasikan survei interaktif canggih dengan cepat dan mudah. Manfaatnya di sini adalah bahwa hasil dapat dicatat ke server sebelum analisis statistik yang lebih rinci dapat diproses dan diinterpretasikan saat melakukan perbaikan praktis. Ada beberapa solusi perangkat lunak siap pakai yang akan melakukan evaluasi jarak jauh atas tindakan pengguna saat terjadi secara actual time. Pendekatan semacam ini harus diketahui secara jelas oleh pengunjung sebelum mereka berpartisipasi, karena melacak perilaku mereka secara terselubung akan membahayakan space tindakan perlindungan information, dan tentu saja mengakibatkan ketidakpercayaan jika ditemukan.

Namun, beberapa information menarik yang berkaitan dengan space situs atau antarmuka sebenarnya akan terungkap dari cara orang yang berbeda mendekati konten. Hanya dengan melacak jalur tautan atau aktivitas kursor, Anda akan dapat memastikan bagaimana navigasi dirasakan, dan mungkin seberapa efektif papan penunjuk visible seperti menu, tombol, dan jangkar dalam mengarahkan tindakan audiens Anda.

Ini memberikan salah satu gambaran persepsi pengguna yang paling benar, karena subjek cenderung berperilaku seperti biasanya saat menjelajahi Net dengan santai. Ketika berada dalam kondisi ‘lab’ yang lebih ketat, mereka mungkin merasa tertekan oleh lingkungan atau kehadiran penguji, atau merasa sadar akan waktu yang mereka luangkan untuk tampil. Ini juga akan berdampak buruk jika mereka diharapkan menggunakan perangkat keras, periferal, sistem operasi, atau perangkat lunak penjelajahan yang mungkin tidak mereka kenal.

Dengan membuat penilaian tentang bagaimana pengunjung biasa berinteraksi dengan situs di rumah tempat kerja mereka sendiri, ini akan membantu untuk membedakan bagaimana tarif pengguna pemula atau berpengalaman tanpa gangguan apa pun.

Leave a Reply

nineteen − 10 =

Ad Blocker Detected

Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker.

Refresh
error: Content is protected !!