Digital Marketing Untuk Bisnis Interior Desain

https://undercover.co.id – Digital Marketing Untuk Bisnis Interior Desain – Desain interior merupakan bidang yang saat ini sedang berkembang dan juga cocok bagi anda yang ingin menjalankan bisnis dari rumah.

Interior desain biasanya melibatkan konversi ruang perumahan atau komersial yang pada mulanya kosong menjadi rumah atau kantor yang melibatkan kreativitas, estetika dan efisiensi. Seorang desainer interior juga fituntut untuk mengikuti perkembangan zaman yang berhubungan dengan tren yang sedang berkembang.

Jenis Layanan Bisnis Interior Desain

Saat anda memutuskan untuk berbisnis interior desain, maka anda harus mengetahui jenis layanan yang akan anda jalankan. Terdapat beberapa jenis layanan bisnis interior desain, yaitu sebagai berikut.

  1. Desain interior tradisional, yang merupakan desain interior paling umum  yang menawarkan desain interior full house.
  2. Desain ulang interior, merupakan bisnis yang menggunakan furnitur dan aksesori milik klien dengan menata ulang dan memberikan tampilan yang berbeda pada ruangan. Jadi layanan ini tidak membeli furnitur dan dekorasi untuk klien.
  3. Penyelenggara profesional, merupakan layanan untuk menyesuaikan sistem pengarsipan dan penyimpanan untuk kebutuhan khusus setiap klien.
  4. Restorasu, merupakan layanan desain yang juga disebut konservasionis yaitu mengkhususkan diri dalam mencari aksesori dan bahan antik yang digunakan dalam proyek.
  5. Konsultasi desain, merupakan layanan yanh menawarkan saran desain kepada klien dan menjual perabotan dan produk kepada klien untuk mencapai gaya dan tampilan tertentu.
image size-full">
Digital Marketing Untuk Bisnis Interior Desain

Cara Memulai Bisnis Interior Desain

  1. Tentukan Layanan Apa yang Akan Anda Tawarkan

Hal pertama yang anda rencanakan adalah jenis layanan yang akan anda tawarkan. Sebagai seorang desainer interior, anda harus memastikan bahwa anda tidak mengambil lebih dari yang dapat Anda tangani. Anda harus membuatnya jelas sejak awal, misalnya anda hanya ingin mendesain dapur & kamar mandi.

  • Ciptakan Merek untuk Bisnis Interior Desain Anda

Merek mungkin merupakan bagian terpenting dari bisnis anda. Melalui merek perlu mendefinisikan dengan jelas siapa anda, layanan apa yang anda kerjakan sehingga dapat dikenali. Ada beberapa bagian yang membentuk merek anda mulai dari nama bisnis, domain, dan logo.

Dalam pembuatan nama bisnis anda itu harus menarik, dan perlu mencerminkan pekerjaan Anda. Setelah memastikan tidak ada orang lain yang menggunakan nama yang sama, maka dapat mendaftarkannya. Pastikan memiliki semua lisensi yang diwajibkan oleh undang-undang untuk memulai bisnis interior desain agar anda tidak mengalami masalah di kemudian hari.

  • Investasi Awal Perlu Diatur

Ketika melihat memulai bisnis interior desain, jumlah investasi awal perlu dipertimbangkan dan jumlahnya perlu diatur. Investasi awal ini diperlukan untuk memulai dan menjalankan bisnis interior desain. Bahkan jika seseorang hanya ingin melakukan investasi awal yang kecil, penganggaran untuk biaya dasar tetap harus dilakukan.

  • Kantor Perlu Dibentuk

Ukuran kantor yang dibutuhkan untuk bisnis interior desain akan bervariasi sesuai dengan ukuran tim dan anggaran. Tidak perlu menyewa kantor di daerah kota yang mahal anda memilih untuk mendesain ruang kantor minimalis untuk menekan biaya.

image size-full">
Digital Marketing Untuk Bisnis Interior Desain
  • Bangun Portofolio

Saat pertama kali memulai bisnis desain interior, mungkin anda belum memiliki portofolio, namun tidak apa-apa. Di awal karir anda tidak perlu portofolio besar. Misalnya dengan sertakan gambar ruang sendiri dalam portofolio anda.

  • Tentukan Tarif Anda

Terdapat berbagai jenis tarif seperti tarif per jam, persentase biaya keseluruhan tarif tetap atau biaya per kaki persegi. Setelah anda memutuskan bagaimana anda menentukan tarif bagi klien, anda perlu menulis perjanjian dan meminta klien menandatangani kontrak desain interior untuk menyegel kesepakatan.

Cara Mengembangkan Bisnis Interior Desain

  1. Membangun Hubungan Dengan Pemasok dan Kontraktor

Salah satu hal paling cerdas untuk mengembangkan bisnis interior desain adalah membangun hubungan baik dengan pemasok dan kontraktor.

Sehingga anda dapat memiliki koneksi dengan orang-orang yang dapat diandalkan yang akan memberikan apa yang anda minta dengan tepat waktu. Selain itu, semakin banyak orang yang dikenal akan semakin banyak koneksi yang anda miliki dalam industri ini.

  • Tim yang Baik Perlu Dibentuk Bersama

Penting untuk membentuk tim yang baik, agar bisnis adapat berhasil dan terus mempertahankan kesuksesan.

Misalnya ketika datang untuk menyelesaikan proyek desain interior secara turnkey, maka tim yang cukup besar diperlukan untuk menangani semuanya. Sehingga penting untuk memiliki tim yang seimbang yang memiliki berbagai keterampilan untuk dapat menangani berbagai proyek interior desain.

  • Hadiri Acara Dagang Di Kota Anda

Saat ini, acara perdagangan adalah platform terbaik untuk memberikan eksposur bisnis interior desain di kota Anda. Jadi pastikan untuk menghadiri semua pameran dagang interior desain dan daftarkan kehadiran anda setiap kali ada acara yang terjadi. Temui pakar industri dan dapatkan ide/saran terbaik mereka untuk pertumbuhan bisnis anda.

Digital Marketing Untuk Bisnis Interior Desain
  • Letakkan Bisnis Anda Secara Online

Saat ini, semua orang menggunakan platform online seperti pencarian google atau mesin pencari lokal lainnya untuk mengidentifikasi desainer/dekorator interior terbaik di pasar dan memeriksa informasi seperti harga, layanan yang ditawarkan, ulasan. Oleh karena itu, buatlah situs web sendiri dan cobalah untuk memulai branding atau pemasaran online untuk bisnis Anda.

Manfaat dan Tips Berjualan Via Situs Web Untuk Bisnis Interior Desain

Membangun situs web untuk bisnis interior desain merupakan bagian langkah dari mempromosikan bisnis. Dengan mendapatkan banyak kunjungan ke situs web maka bisnis yang dijalankan berpeluang memiliki banyak pelanggan.

Terdapayt beberapa tips dalam membangun situs web untuk bisnis interior desain yang dijalankan, yaitu sebagai berikut.

  1. Daftarkan Nama Domain dan Web Hosting

Hal pertama yang harus anda lakukan adalah mempunyai situs website terlebih dahulu. Oleh karena itu buatlah akun dengan mendaftarkan nama domain sebagai alamat situs web anda, dan web hosting yang merupakan tempat untuk menyimpan semua data website. Web hosting ini perlu dimiliki karena, jika tidak maka website anda tidak akan ada sehingga nama domain juga tidak akan memiliki tujuan.

  • Instal WordPress

Setelah mendaftar nama domain dan web hosting selanjutnya adalah menginstal WordPress. WordPress merupakan sebuah platform yang digunakan dalam pembuatan website sehinga memiliki peranan penting. Jika tidak menggunakan WordPress, anda juga bisa menggunakan platform lain yang memiliki fungsi sama untuk membuat website.

Digital Marketing Untuk Bisnis Interior Desain
  • Mendesain Situs Web

Sebagai tempat untuk mempromosikan bisnis anda, maka situs web harus dibuat dengan sebaik mungkin. Selain tampilan desain harus bagus, namun juga memiliki fungsi yang ramah pengguna agar mudah dijalankan oleh calon pelanggan anda.

  • Profil yang Jelas

Website ini seperti rumah atau toko jika dijalankan pada bisnis offline, oleh karena itu harus memiliki profil yang jelas. Anda harus memberikan informasi yang tepat kepada publik. Misalnya dengan mencantumkan nama dan logo perusahaan, tempat bisnis, info kontak, layanan dan lain sebagainya.

  • Kualitas Konten

Anda akan menampilkan hasil desain interior sebagai konten dalam situs web. Tampilkan foto dan video yang menarik secara visual. Kemudian beri deskripsi yang ringkas dan jelas, untuk memudahkan calon pelanggan memahami apa yang dijelaskan. Jangan lupa untuk mencantumkan harga.

Tidak hanya memperhatikan aspek visual atau tampilannya saja, namun juga harus menentukan kualitas informasi bisnis yang dijalankan. Setelah mendapatkan pelanggan pertama, minta testimoni kepada mereka dan cantumkan dalam situs web anda.

  • Optimalkan Situs Web

Dalam mengoptimalkan situs web, tidak bisa terlepas dari SEO (Search Engine Optimization). Agar situs web anda memiliki visibilitas yang meningkat di mesin telusur maka anda harus riset kata kunci SEO yang berkaitan dengan interior desain.

Gunakan juga analisis hasil pencarian google untuk membantu mengetahui kata kunci interior desain yang sering dicari atau diinginkan google.

Untuk meningkatkan traffic situs web maka anda dapat meminta teman dan keluarga untuk membagikan situs web anda. Selain itu, cantumkan situs web anda pada semua media sosial anda atau juga menggunakan iklan berbayar jika budget memungkinkan.

baca juga

    Membangun dan menyempurnakan situs web akan memakan waktu cukup lama. Oleh karena itu, jangan terburu-buru dan jangan mulai mempromosikan situs web jika tidak lengkap.

    Situs web juga merupakan cerminan anda sebagai seorang interior desain, oleh karena itu perlu dipersiapkan dengan matang.

    Jika anda tidak memiliki pengalaman membangun situs web, maka dapat mempekerjakan seseorang untuk melakukan pekerjaan itu. Jika memiliki budgtet yang tidak memungkinkan maka dapat melakukannya sendiri dengan menonton video tutorial.

    Leave a Comment

    Your email address will not be published.

    error: Content is protected !!