Digital Marketing Untuk Bisnis Jasa

undercover.co.idManfaat dan Tips Berjualan Via Digital Marketing Untuk Bisnis Jasa , Memulai bisnis berbasis jasa atau layanan memerlukan pendekatan yang berbeda dari meluncurkan bisnis berbasis produk misal bisnis penjualan nomor rumah akrilik .

Meski bisnis jasa cenderung lebih mudah untuk memulai dan menjalankan, namun lebih sulit dinavigasi dalam hal penetapan harga dan persaingan dibanding dengan bisnis produk.

Apa itu Bisnis Jasa?

Secara umum, bisnis jasa merupakan aktivitas yang dirancang untuk membantu dan mendukung kliennya dalam area spesifik bisnis atau kehidupan pribadi mereka. Jika sebuah bisnis tidak menjual barang fisik atau digital untuk dibeli dan digunakan oleh pelanggan, kemungkinan besar itu adalah bisnis jasa.

Contoh Bisnis Jasa

Bisnis jasa memiliki berbagai macam, terdapat beberapa contoh bisnis jasa yaitu.

  1. Jasa kesehatan, seperti dokter, terapis fisik dan lain sebagainya.
  2. Jasa perawatan pribadi, seperti penata rambut, terapis pijat dan lain sebagainya.
  3. Jasa perbaikan dan pemeliharaan rumah, seperti tukang listrik, tukang las dan lain sebagainya.
  4. Layanan pengantaran, seperti supir pengiriman, kurir dan lain sebagainya.
  5. Layanan keuangan, seperti manajer kekayaan, penasihat keuangan, bankir investasi dan lain sebagainya.
  6. Layanan profesional, seperti akuntan, pengacara, pemasar dan lain sebagainya.
  7. Jasa search engine optimization profesional Untuk perusahaan
image size-full">Digital Marketing Untuk Bisnis Jasa
Digital Marketing Untuk Bisnis Jasa

Cara Membangun Bisnis Jasa

Pastikan Ide Jasa Anda Dibutuhkan

Langkah pertama yang perlu anda lakukan adalah riset dengan cermat mengenai ide dan kebutuhan akan jasa atau layanan anda dalam basis pasar.

Sehingga anda perlu melakukan riset pasar sehingga tahu berapa banyak orang yang kemungkinan akan tertarik dengan layanan anda dan apa yang ditawarkan pesaing anda, dan bagaimana anda dapat menonjolkan diri.

Anda bisa melakukan riset dengan menelusuri media sosial dan atur Google Trends untuk tetap mendapatkan informasi terbaru tentang bagaimana konsumen target mendiskusikan ide jasa anda dan apa yang membuat mereka tidak senang dengan layanan yang tersedia saat ini.

Lakukan wawancara dengan audiens target anda untuk mempelajari lebih lanjut tentang kebutuhan orang-orang.

Uji Ide Bisnis Jasa

Setelah memiliki rencana yang solid untuk bisnis baru, Anda pasti ingin menguji ide tersebut. Anda dapat memulai bisnis jasa ini tanpa menjadikannya satu-satunya sumber penghasilan anda.

Banyak pengusaha memulai dengan mengerjakan ide bisnis baru mereka secara paruh waktu atau sebagai pekerja lepas.

Anda dapat mulai membangun basis jasa sambil tetap mempertahankan pekerjaan tetap anda.

Tetapkan tujuan untuk bisnis baru jasa ini sebagai sumber pendapatan dan pencapaian anda apabila nanti berhenti dari pekerjaan tetap anda. Sehingga tujuan ini dapat membuat anda tetap termotivasi dan bergerak maju.

Digital Marketing Untuk Bisnis Jasa
Digital Marketing Untuk Bisnis Jasa

Membuat Rencana Bisnis

Rencana bisnis dapat membuat perbedaan antara keberhasilan atau kegagalan bisnis baru. Dengan rencana bisnis akan membantu anda dalam mengatur pemikiran dan ide bisnis yang akan dijalankan. Anda akan merekam riset pasar, audiens target, ide anda untuk terlibat dengan audiens target, dan bagaimana anda berharap untuk mendatangkan pelanggan baru.

Anda juga dapat menguraikan tujuan dan pencapaian bisnis jasa. Oleh karena itu, pastikan anda memiliki rencana bisnis untuk jasa yang akan anda tawarkan. Rencana bisnis ini misalnya ide jasa yang akan ditawarkan, target market anda, anggaran yang dibutuhkan sampai harga untuk jasa yang ditawarkan.

Membuat Anggaran

Meskipun bisnis jasa umumnya memiliki biaya awal yang lebih sedikit daripada bisnis berbasis produk, namun pendanaan bukanlah hal yang dapat dihindari. Oleh karena itu, tentukan jenis pendanaan yang paling sesuai dengan tujuan dan ukuran organisasi anda.

Masukkan penggunaan dana dalam rencana bisnis, termasuk rencana untuk membayar kembali pinjaman (apabila hasil pinjaman). Buatlah daftar pengeluaran yang diperlukan untuk menjalankan bisnis jasa tersebut.

Buat anggaran yang membantu anda untuk meminimalkan pengeluaran selama tahun-tahun awal yang menantang dalam menjalankan bisnis jasa ini. Anda perlu mengetahui berapa banyak uang yang dihabiskan langsung untuk bisnis dan berapa banyak yang anda butuhkan untuk menghidupi diri sendiri.

Belanjakan apa yang diperlukan dan simpan sisanya untuk membantu anda meluncurkan bisnis baru dengan sukses. Selain itu, luangkan waktu untuk mempelajari lebih lanjut tentang strategi penetapan harga yang efektif jangan menetapkan harga terlalu rendah atau terlalu tinggi.

Dapatkan Izin, Lisensi dan Sertifikasi Apabila Diperlukan

Saat mulai menyiapkan bisnis jasa, harus memverifikasi bahwa anda memiliki izin, lisensi, atau sertifikasi yang tepat yang memungkinkan anda beroperasi di wilayah yang anda pilih. Misalnya, penata rambut yang ingin membuka salon kemungkinan akan memerlukan izin operasi bisnis salon.

Tips Berjualan Via Instagram Untuk Bisnis Jasa

Setelah anda membangun bisnis, saatnya telah tiba untuk mempromosikan jasa anda dan menarik klien potensial ke organisasi anda. Banyak pengusaha di bisnis jasa merasa paling mudah untuk memulai dengan koneksi mereka sendiri.

Selain itu, juga dapat melalui platform digital untuk memasarkan bisnis jasa yang anda tawarkan seperti melalui Instagram. Terdapat beberapa tips berjualan via instagram untuk bisnis jasa, yaitu.

Digital Marketing Untuk Bisnis Jasa
Digital Marketing Untuk Bisnis Jasa

Konten Visual yang Menarik

Konten visual berfungsi dengan baik di media sosial apalagi instagram yang memang mengutamakan konten visual seperti foto dan video. Konten visual menonjol saat orang menggulir di Instagram, sehingga mereka cenderung melihatnya dan terlibat dengannya.

Konten foto ini bisa anda gunakan untuk menginformasikan seputar jasa yang anda tawarkan. Sedangkan konten video sangat ideal untuk menarik perhatian orang serta menyampaikan kepribadian dan semangat anda kepada pelanggan.  Buat video yang menarik dan didorong oleh narasi untuk mendapatkan reaksi terbaik.

Buat Kalender

Kurangnya pengaturan dalam memposting konten di Instagram dapat menyebabkan posting berulang atau jeda kehadiran. Oleh karena itu, membuat kalender konten media sosial dapat membantu menghindari kesalahan tersebut dan menghasilkan posting yang lebih efektif.

Kalender konten juga membantu dalam membuat tujuan dan melacak kemajuan strategi anda. Untuk membuat kalender konten, gunakan kalender  dan rencanakan posting anda terlebih dahulu, lengkap dengan tagar, tautan, gambar, dan konten lainnya.

Maksimalkan Fitur Instagram

Agar anda dapat menjalin hubungan dengan pengikut anda di Instagram. Maka anda perlu memaksimalkan fitur instagram. Misalnya anda dapat mengajukan pertanyaan melalui story instagram, anda juga dapat menampilkan testimoni jasa yang anda tawarkan dibagian sorotan cerita.

Dorong Keterlibatan

Instagram saat ini tidak digunakan untuk bersenang-senang saja. Namun, bisnis juga harus interaktif. Sehingga anda perlu mendorong interaksi dalam konten yang anda buat.

Posting konten yang ingin dibaca orang dan ajukan pertanyaan kepada pengikut anda. Jika ada komentar pengikut anda maka dapat membalasnya. Audiens anda dapat membantu mengetahui apa yang mungkin mereka sukai, melalui fitur pertanyaan di instagram.

baca juga

Jangan Promosi Berlebihan

Salah satu hal yang sering terjadi pada bisnis adalah memperlakukan Instagram terlalu mirip dengan iklan biasa. Anda tidak ingin secara terang-terangan mempromosikan bisnis jasa di setiap posting. Anda perlu membuat konten yang benar-benar akan dinikmati dan ingin dilihat orang.

Beberapa pemasar menggunakan aturan satu dalam tujuh, yang mengatakan bahwa untuk setiap satu pos promosi langsung, enam lainnya harus berbasis konten.

Di enam pos lainnya ini, anda dapat berbagi artikel, mengomentari peristiwa terkini, atau mengajukan pertanyaan yang relevan dengan jasa yang anda tawarkan. Tidak harus sepenuhnya menghindari menyebutkan merek anda di postingan ini, namun hanya berhati-hati untuk tidak menjual terlalu berlebihan.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!