Digital Ocean

SEO UNDERCOVER CO ID
Jasa

Undercover.co.id – Digital Ocean adalah merupakan penyedia cloud infrastructure dari Amerika. Memiliki kantor pusat di New York dan saat ini sudah memiliki pusat data di seluruh dunia.

Perusahaan ini memiliki nama besar di dunia server yang memiliki servis utama sebagai penyedia infrastruktur berbasis cloud.

Melalui server berbasis cloud ini Digital Ocean telah membantu dalam menyebarkan dan mengupayakan sebuah aplikasi agar dapat berjalan secara bersamaan di banyak komputer.

Perusahaan ini pada tahun 2020 lalu mendapatkan peringkat ketiga didunia sebagai penyedia hosting terbesar dan paling banyak digunakan.

baca rekomendasi web hosting dunia , Dapatkan Juga Free $100 dari Digital Ocean

Sejarah Singkat Digital Ocean

Ben dan Moisey Uretskys yang merupakan pendiri ServerStack yang merupakan bisnis pengelolaan hosting pada tahun 2003 tergerak untuk membuat sebuah produk baru.

Produk tersebut ingin menggabungkan antara web hosting dengan server virtual. Kemudian Uretskys bersaudara melakukan riset pasar terkait layanan tersebut.

Setelah melakukan berbagai riset ternyata Uretskys bersaudara menemukan fakta bahwa perusahaan hosting biasanya lebih menargetkan klien dengan skala enterprise.

Mereka sadar masih banyak celah pasar untuk itu, terutama untuk pasar kewirausahaan yang di kebanyakan dibuat dan dijalankan langsung oleh para pengembang perangkat lunak.

Kemudian baru pada tahun 2011 akhirnya Uretskys berdasarkan  hasil risetnya tersebut membangun Digital Ocean yang menyediakan cloud server dan hosting untuk para pengembang perangkat lunak.

Kemudian pada tahun 2012, Ben dan Moisey Uretskys mulai bertemu dan berkenalan dengan Mitch Wainer yang nantinya akan menjadi salah satu tim pendiri dari Digital Ocean ini.

Pada Januari tahun tersebut pula perusahaan yang diinisiasi oleh Ben dan Moisey Uretskys meluncurkan produk beta mereka.

Selain Mitch Wainer dan Uretskys bersaudara, pada tahun pertengahan 2012 Digital Ocean juga memiliki tim yang terdiri Jeff Carr dan Alec Hartman.

Tidak berselang lama, masih pada tahun yang sama yaitu tahun 2012, Digital Ocean diterima sebagai  TechStars 2012’s startup accelerator di Boulder, Colorado.

Atas alasan tersebut akhirnya para pendiri pindah ke Boulder, Colorado untuk mengerjakan project yang telah mereka inisiasi.

Perkembangan Digital Ocean

Pada perjalanan selanjutnya Digital Ocean banyak mengalami perkembangan hingga saat ini telah menjadi salah satu perusahaan raksasa dan memiliki cabang di berbagai negara di dunia.

  • Program akselerator berakhir pada Agustus 2012 dan perusahaan selama beberapa bulan telah mendaftarkan 400 pelanggan dan meluncurkan sekitar 10000 Instans server cloud.
  • Januari 2013, Digital Ocean menjadi perusahaan cloud-hosting pertama yang menawarkan mesin virtual berbasis SSD
  • Desember 2013, Digital Ocean membuka pusat data pertamanya di Eropa yang terletak di Amsterdam
  •  Akhir Desember 2013, Netcraft mencatat bahwa Digital Ocean adalah layanan hosting cloud dengan pertumbuhan tercepat di dunia
  • Selama 2014, perusahaan melanjutkan ekspansinya dengan membuka pusat data baru di Singapura dan London
  • Mei 2015, Digital Ocean menjadi penyedia hosting terbesar kedua di dunia menurut laporan Netcraft
  • Selama 2015 perusahaan ini berkembang lebih jauh dengan membangun pusat data di Toronto , Kanada  dan Frankfurt, Jerman.
  • Kemudian pada tahun 2016 melanjutkan ekspansi ke Bangalore, India
  • Januari 2018 memperkenalkan paket mesin virtual (Droplet) atau dikenal dengan VPS (Virtual Private Server)
  • Mei 2018 meluncurkan layanan berbasis kubernetes.
  • Juni 2018 Mark Templeton, mantan CEO Citrix , menggantikan co-founder Ben Uretsky sebagai CEO perusahaan. 
  • Selang setahun kemudian, yaitu pada Juli 2019, Yancey Spruill, mantan CFO dan COO SendGrid (sesama perusahaan Techstars), menggantikan Templeton sebagai CEO. 
  • Desember 2020, perusahaan sudah memiliki 13 pusat data di berbagai belahan dunia.

Para Pemimpin di Digital Ocean

Saat ini, Digital Ocean selain dipimpin oleh Yancey Spruill sebagai CEO, juga terdapat eksekutif lainnya. Yaitu:

  • Carly Brantz, menjabat Direktur Pemasaran
  • Barry Cooks, menjabat Direktur Teknologi
  • Lysa Dahlin, menjabat Chief People Officer
  • Jeff Giannetti, menjabat Kepala Bagian Pelanggan
  • Alan Shapiro, menjabat Penasihat Umum
  • Bill Sorenson, menjabat Direktur Keuangan
Digital Ocean
Digital Ocean

 VPS Digital Ocean dan Kelebihannya

Digital Ocean menawarkan Virtual Private Server (VPS) atau dinamakan dengan Droplet.

Virtual private server ini merupakan layanan yang berada di tengah-tengah, yaitu antara dedicated server dan shared server.

Keuntungan menggunakan layanan ini adalah harga yang harus dikeluarkan tidak begitu mahal, tetapi secara kualitas sangat dapat diandalkan sebagai dedicated server.

 VPS ini tidak memerlukan adanya server fisik. Hal ini dikarenakan VPS ini menggunakan  teknologi virtualisasi mesin.

Selain itu, VPS ini juga bisa digunakan bersama-sama dengan user lainnya. Tetapi tetap memberikan batas antar user sehingga tak saling mengganggu.

 Ada beberapa keuntungan dalam VPS yang disediakan Digital Ocean:

  • Menggunakan KVM sebagai hypervisor
  • Komputasi yang mudah, cepat, dan fleksibel
  • Spin up mesin virtual hanya dalam 55 detik
  • Konfigurasi dasar, tujuan umum, optimalisasi CPU atau optimalisasi memori memberikan fleksibilitas untuk membuat, menguji dan mengembangkan aplikasi
  • 99.99% uptime SLA, Global availability, Menerapkan distribusi standar, A1-Click App, atau custom image

Kendali Penuh Hosting, Server dan Script Pengguna

Kita dapat memiliki kendali penuh terhadap VPS ini karena kita dapat menggunakan space virtual pada VPS untuk berbagai kebutuhan

Kita juga memiliki kotrol penuh terhadap hosting. Kita bebas menggunakan OS apapun mulai mulai dari Fedora, Debian, CentOS, Ubuntu, dan sebagainya.

Selain itu, dengan VPS dari Digital Ocean ini kita juga bisa menggunakan software atau script apa pun sesuka hati misalnya Java, Php, CMS yang berbeda, atau WordPress.

Bahkan kita dapat merestart server yang kita miliki kapanpun sesuai dengan kebutuhan dan keinginan kita. Tidak hanya merestart server kita juga bisa menonaktifkannya kapanpun.

Memiliki Performa dan Kecepatan Bagus

Penggunaan VPS ini memiliki perbedaan yang sangat besar dibandingkan ketika menggunakan shared hosting. VPS Hosting milik digital ocean ini memiliki performa dan kinerja yang lebih cepat.

Performa website ini sangat penting karena kenyamanan pengunjung website sangat ditentukan dari kecepatan dari website tersebut.

Jika website sangat lambat pasti pengunjung akan meninggalkan website tersebut. Untuk itu, kecepatan performa suatu website juga berpengaruh untuk meningkatkan SEO.

Dengan performa yang bagus dan cepat, tentu website kita akan lebih berpeluang memiliki traffic yang tinggi.

Kubernetes Untuk Startup Kita

Pengelolaah Kubernetes dirancang untuk pengguna yang memiliki atau ingin membangun startup dan juga bisnis kecil.

Harganya sangat murah  mulai dari $ 10 per bulan, sudah dapat digunakan untuk melakukan scale up dengan fitur free control plane dan juga bandwidth yang murah.

Kubernetes Digital Ocen secaa ringkas memiliki kelebihan:

  • Control plane gratis
  • Release lebih cepat
  • Scale automatically
  • Increase availability
  • Application portability

Kubernetes dirancang khusus  untuk para pengembang dan operator, dengan menyediakan dan menerapkan cluster Kubernetes ke tingkat produksi dalam hitungan menit

Produktivitas

Mengembangkan dan melakukan pengulangan lebih cepat dengan penerapan aplikasi yang mudah, pembaruan rilis dan pengelolaan aplikasi serta layanan.

Efisiensi sumber daya

Kubernetes mengetahui sumber daya komputasi, memori, dan penyimpanan yang dibutuhkan setiap aplikasi.

Yaitu dengan melakukan penjadwalan secara instan di seluruh kluster untuk memaksimalkan efisiensi sumber daya.

Sederhanakan operasi

Kubernetes membantu untuk mengotomatiskan penerapan aplikasi, pemantauan, instance replication, penjadwalan cluster, dan rilis aplikasi yang mudah.

High availability

Kubernetes secara rutin memeriksa performa aplikasi untuk mendeteksi dan mengganti instance yang tidak responsif.

Scalability

Kita dapat menggunakan Kubernetes Horizontal Pod Autoscaler untuk menambahkan instance layanan aplikasi sesuai dengan kebutuhan untuk memenuhi permintaan.

Portability

Aplikasi yang diletakkan pada Kubernetes Digital Ocean dapat berjalan di mana saja yang didukung Kubernetes.

Hal ini membuat aplikasi tersebut mudah untuk diterapkan di seluruh lingkungan dan cloud

App Platform: Dapatkan Aplikasi Lebih Mudah

Digital Ocean juga memiliki produk Platform Aplikasi. Platform ini dan membuat, menerapkan dan menskalakan aplikasi dengan cepat menggunakan solusi yang sederhana dan terkelola sepenuhnya.

Digital Ocean akan menangani infrastruktur, runtime aplikasi, dan dependensi, sehingga pelanggan dapat memasukkan kode ke produksi hanya dengan beberapa klik.

Harganya mulai dari mulai dari $ 5 / bulan. Hal ini sudah support untuk Node.js, Python, Django, Go, PHP, Laravel, React, Ruby, Ruby on Rails, Gatsby, Hugo, container images, static sites.

Sangat skalabel dan juga tanpa manajemen infrastruktur.

Memberikan solusi sepenuhnya

Melalui produk Digital Ocean ini pengguna dapat menggunakan pengalaman yang sederhana, intuitif, dan kaya visual untuk membuat, menerapkan, mengelola, dan menskalakan aplikasi dengan cepat.

Pengguna dapat mengamankan aplikasi secara otomatis. Digital Ocean akan membuat, mengelola, dan memperbarui sertifikat SSL pengguna dan juga melindungi aplikasi Pengguna dari serangan DDoS.

Pengguna dapat lebih fokus pada hal yang paling penting yaitu membuat aplikasi yang luar biasa.

Digital Ocean akan menyediakan dan mengelola infrastruktur, sistem operasi, database, runtime aplikasi, dan dependensi lainnya.

Produktivity

Seperti yang sudah diulas di atas Digital Ocean mendukung bahasa dan Framework populer seperti Node.js, Python, Django, Go, PHP, Laravel, React, Ruby, Ruby on Rails, Gatsby, Hugo, dan situs statis.

Jika pengguna punya aplikasi dengan bahasa lainnya cukup berikan  container image yang dibuat sebelumnya dan Platform Aplikasi Digital Ocean akan menerapkannya untuk para pengguna.

Pengguna dapat melakukan Deploy kode langsung dari GitHub dan repositori GitLab. Dapat menerapkan ulang aplikasi secara otomatis saat pengguna mendorong pembaruan ke source code

Pengguna dapat menjalankan kode dengan sedikit atau tanpa penyesuaian.

Platform Aplikasi menggunakan standar cloud native terbuka dan secara otomatis menganalisis kode pengguna, membuat container, dan menjalankannya di cluster Kubernetes.

Scale up aplikasi tanpa biaya

Menjamin biaya yang dikeluarkan akan rendah dan dengan mudah mengoptimalkan sumber daya dan biaya saat pengguna menskalakan aplikasi.

Digital Ocean mempermudah mengontrol biaya yang harus pengguna keluarkan dengan menjalankan Platform Aplikasi pada infrastruktur Digital Ocean.

Platform ini juga membantu menskalakan secara horizontal atau vertikal untuk menangani lonjakan lalu lintas yang direncanakan atau tidak direncanakan.

Selain itu juga dapat memaksimalkan ketersediaan dengan penerapan zero downtime.

Aplikasi pengguna tetap tersedia tidak hanya saat pengguna memperbesar atau memperkecil aplikasi tersebut, tetapi juga saat pengguna meluncurkan perubahan baru.

baca juga

    Paket starter mulai dengan harga $ 0 / bulan.

    Pengguna dalam hal ini dapat membangun dan menerapkan 3 situs statis secara gratis. Setiap situs statis tambahan akan dikenai biaya $ 3 / bln.

    Paket tersebut menyediakan:

    • Build static sites
    • Deployment dar GitHub, GitLab
    • Automatic HTTPS
    • Dapat menggunakan custom domain
    • Global CDN
    • DDoS mitigation
    • Anggota tim tidak terbatas
    • Outbound transfer – 1GiB per aplikasi
    • Build minutes – 100/bulan

    Paket basic dengan harga mulai dari $5 / bulan.

    Dengan paket ini pengguna dapat membuat prototype dari aplikasi yang dibuat. Selain itu paket ini juga menyediakan:

    • Build static sites
    • Bangun dan terapkan aplikasi secara dinamis (melalui node.js, Python, Ruby dll)
    • Deployment dar GitHub, GitLab
    • Automatic HTTPS
    • Dapat menggunakan custom domain
    • Global CDN
    • DDoS mitigation
    • Anggota tim tidak terbatas
    • Aplication metric – setiap jam
    • CPU – digunakan bersama
    • Auto OS patching
    • Vertical scaling
    • Outbound transfer – 40GiB per aplikasi
    • Build minutes – 400/bulan

    Paket profesional dengan harga mulai dari $12 / bulan.

    Dengan paket ini pengguna dapat mmenerapkan aplikasi produksi. Selain itu paket ini juga menyediakan:

    • Build static sites
    • Bangun dan terapkan aplikasi secara dinamis (melalui node.js, Python, Ruby dll)
    • Deployment dar GitHub, GitLab
    • Automatic HTTPS
    • Dapat menggunakan custom domain
    • Global CDN
    • DDoS mitigation
    • Anggota tim tidak terbatas
    • Aplication metric – setiap menit
    • CPU – shared & dedicated
    • Auto OS patching
    • Vertical scaling
    • Outbound transfer – 100 GiB per aplikasi
    • Build minutes – 1000/bulan

    Hosting Database Tanpa Harus Khawatir

    Digital Ocean juga dapat menangani administrasi database. Sehingga pengguna juga dapat menggunakan layanan ini dan menyerahkan kerumitan administrasi database kepada digital ocean.

    Digital Ocean akan menangani hal tersebut mulai dari penyiapan, pencadangan, dan pembaruan, sehingga pengguna dapat fokus pada pembuatan aplikasi.

    Keuntungan yang di dapatkan adalah:

    • Harga terjangkau mulai dari $ 15 / bln
    • Database dapat dikelola sepenuhnya
    • Support MySQL, Redis, & PostgreSQL
    • Sangat skalabel
    • Backup harian gratis
    • Pengalihan otomatis

    Beberapa keuntungan lain yang dapat dinikmati oleh para pengguna adalah:

    1. Tidak perlu khawatir dalam melakukan setup dan maintenance

    Dengan layanan ini pengguna dapat meluncurkan cluster database hanya dengan beberapa klik, lalu dapat mengaksesnya melalui UI atau API Digital Ocean  yang disederhanakan.

    Pengguna tidak akan khawatir dalam melakukan setup dan pemeliharaan database, karena akan dibantu oleh digital ocean.

    • End-to-end security

    Database berjalan di jaringan pribadi akun pengguna, yang memisahkan komunikasi di tingkat akun atau tim.

    Permintaan melalui internet publik masih dapat mencapai database pengguna, tetapi hanya jika pengguna memasukkan sumber masukan tertentu ke daftar putih.

    Data juga dienkripsi saat transit dan saat istirahat

    • Performa cepat dan andal

    Database dikelola dan berjalan di perangkat keras dan juga penyimpanan SSD level enterprise, sehingga pengguna akan menikmati performa dari databse yang sangat cepat.

    • Pengalihan otomatis

    Jika terjadi kegagalan dalam pengelolaan database, maka penanganan data akan dialihkan secara otomatis ke node standby untuk meminimalkan waktu henti.

    Space Object Storage

    Digital Ocean menyediakan layanan Space Object Storage yang memungkinkan pengguna mengirimkan dan menyimpan konten dalam jumlah besar.

    Penyimpanan ini kompatibel dengan S3 dengan CDN Internal yang membantu pengguna membuat scalup dengan mudah, handal dan terjangkau

    Keuntungan dari layanan ini adalah:

    • Harga yang terjangkau dan dapat diprediksi
    • Hanya dengan harga  $5 / bulan
    • Penyimpanan 250 GB
    • 1 TB transfer keluar
    • Unggahan tak terbatas
    • Ruang Tak Terbatas
    Jasa

    Leave a Reply

    error: Content is protected !!