Distributor MKP – Packaging Ramah Lingkungan

Distributor MKP – Packaging Ramah Lingkungan

Multikemasplastindo – Dengan dampak pemanasan global yang semakin terlihat, beragam sektor industri mulai berinovasi dan mencari-cari solusi untuk mengurangi dampak tersebut. Salah satu cara yang biasanya dipilih adalah dengan mengganti material packaging menjadi bahan yang mudah terurai atau bisa didaur ulang.

Tips Menerapkan Proses Packaging dan Distribusi yang Ramah Lingkungan

Masalahnya terkadang, bahan material packaging baru yang mudah terurai ini tidak memiliki kualitas yang sama dengan bahan yang digunakan sebelumnya, sehingga mengganti bahan belum tentu merupakan solusi yang tepat. Terlebih terkadang bahan baru ramah lingkungan ini harganya lebih mahal dibandingkan material packaging lain.

Berikut adalah beberapa tips menerapkan proses packaging dan distribusi yang ramah lingkungan tanpa harus mengganti material packaging:

Kurangi ruang penyimpanan

Karena kurang tepatnya prediksi volume produksi, mengakibatkan penumpukan barang di ruang penyimpanan. Jika barang banyak ditumpuk dan tidak segera dikirimkan, packaging barang bisa mengalami kerusakan dan akhirnya tidak digunakan dan dibuang.

Ini tentunya menyia-nyiakan banyak waktu, tenaga, dan energi, ditambah dengan menambah pembuangan limbah ke lingkungan. Solusinya bisa dengan memperhitungkan dengan tepat volume produksi yang diperlukan, sehingga tidak akan ada terlalu banyak barang yang menumpuk di ruang penyimpanan.

Kurangi pembuangan bahan yang tidak perlu

Terkadang, jika terdapat kesalahan dalam proses packaging, bahan material packaging akan rusak dan akhirnya dibuang dan mencemari lingkungan. Untuk menghindarinya bisa dengan menggunakan kembali material tersebut semaksimal mungkin atau mengumpulkannya untuk didaur ulang.

Contohnya seperti beberapa material shrink film atau stretch film yang mudah rusak karena sobek, salah pemasangan, dll. Beberapa material plastic film ini bisa dikumpulkan kembali untuk didaur ulang daripada dibuang dan mencemari lingkungan.

Multikemasplastindo
Multikemasplastindo

Optimalkan design

Terkadang, potensi pencemaran lingkungan tidak hanya datang dari produsen tetapi juga bisa datang dari konsumen yang membuang packaging produk yang sudah tidak terpakai. Karena itulah, penting juga untuk mengoptimalkan design packaging untuk menghindari hal tersebut.

Pilih packaging yang efektif dan tidak berlebihan. Misalnya, hindari penggunaan kardus yang jauh lebih besar dari ukuran produk dan pilih opsi lain seperti shrink wrap yang lebih praktis.

Penggunaan design yang optimal juga bisa mengurangi penggunaan energi, baik dari mesin maupun pekerja, pada saat proses packaging.

baca juga

Maksimalkan ruang pengiriman

Pada saat proses pengiriman barang, maksimalkan penempatan barang sehingga bisa sebanyak mungkin barang dikirim dalam sekali pengiriman. Ini bisa menghindari barang bergerak atau bergeser selama pengiriman, karena posisi barang erat dan stabil, selain itu dapat menghemat biaya pengiriman juga.

Untuk produk-produk yang berukuran besar bisa dipertimbangkan bagaimana caranya untuk dapat memaksimalkan packagingnya. Seperti misalnya, produk lemari yang bisa di-package dalam bentuk terpisah per bagian atau produk tisu yang bisa dibungkus dengan digabungkan menjadi satu.

Teknik pengiriman seperti ini juga bisa menghemat bahan bakar dan mengurangi polusi jika dibandingkan dengan pengiriman yang berkali-kali. Untuk bisa lebih menghemat ruang, packaging produk bisa menggunakan stretch film atau shrink film yang bisa mengamankan dan memaksimalkan ukuran produk dengan baik.

Salah satu yang terkenal menjual distributor produk stretch film dan shrink film berkualitas tinggi dengan harga murah adalah Multi Kemas Plastindo (MKP). Perusahaan ini memiliki banyak jenis pilihan packaging seperti PE, POF, PVC, dan plastic packaging lainnya.

Alamat: Jl. Bahagia Permai 1 No.17. Kec. Buah Batu, Kota Bandung 40286, Jawa Barat

Phone: (022) 751 4190

Leave a Reply

five + sixteen =

Ad Blocker Detected

Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker.

Refresh
error: Content is protected !!