Doctor Barber , Bisnis Cukur Modern

Halo saya Ojan. dari Doctor Barber,. saya manager di sini. sekalian jadi barberman di sini juga. Nama Doctor itu. kita lebih ke spesialis. kan rata-rata kalau dokter dia spesialis penyakit,. nah bedanya Doctor Barber itu lebih ke. masalah rambut, mau konsul, ke kita.

Dia kalau Asia itu cenderung. istilahnya rambut padi. Kalau panjang dia jatuh, kalau pendek dia berdiri. Kalau orang bule dia lebih ngikut,. biar sependek apapun dia lebih ngikut.

Customer itu kita bisa anggap dengan pasien. Kalau Doctor Barber yang bikin unik itu. kita lebih edukasi sama customer. Contohnya kan misal customer tanya,.

“Bang Bro,. kenapa sih kalo di barber itu,. hairstylenya lebih rapi dibanding di rumah pas pulang?”. Nah kita lebih edukasi,. “Kalau kau memang orang pekerja,. kau minimal di rumah itu punya sisir. hair dryer sama pomade.”.

Kita lebih ke edukasi cara sisir yang benar,. cara parting yang benar kalau di rumah. Paling segitu. Saya paling aneh sama customer yang sering. bawa foto bule ke barber. Itu sudah, aduh. Maka saya bilang,. “Bro saya bukan pesulap bro. Kau bawa fotonya Beckham,. sedangkan model rambutmu sama bentuk tengkorak kepalamu. sudah beda jauh.”

Customer Doctor Barber itu. semua kalangan sih sudah masuk di sini. Mau dari orang kantoran, pelajar, mahasiswa,. tapi lebih banyak. ke suporter PSM. Di sini tuh. bukan cuma pemain PSM yang bisa datang,.

kadang-kadang kalau kayak musim lalu. lagi musim-musim liga bergulir,. kadang-kadang ada tim-tim away datang ke sini. Dan satu di sini,. pemain PSM kita kasih free.

Ya kenapa bilang free. ya itu bentuk support saya. untuk kecintaan ke klub PSM Makassar. Beda-beda sih,. beda pemain beda karakter. Kayak seumpamanya Marc Klok. dia lebih sering ke. hairstyle slicked back,. kayak Zulkifli Syukur. lebih ke spiky.

Terus pemain asing lainnya kayak WIljan Pluim. lebih ke Jar Head. Dia kalau Asia itu cenderung istilahnya. rambut padi. Kalau panjang dia jatuh, kalau pendek dia berdiri.

baca juga

    Kalau orang bule dia lebih ngikut,. biar sependek apapun dia lebih ngikut. Kita ada namanya fade,. itu fade tingkat yang paling tipis. Tergantung orang bisa minta fadenya 0 kayak. pemain PSM Marc Klok dia lebih minta. fadenya dari 0. Nah kita bikin gradasi dari 0,. naik ke 0,5,. 0,5 ke 1. Sama bikin gradasi,. ya kayak menggambar. ada bayangan-bayangan, shading-shadingnya.

    Sekarang itu. kalau di dunia barber. ya kalau ndak bisa saingan kualitas ya saingan harga. Cari yang semurah-murahnya,. padahal bukan itu. Kita ini seniman cukur. bukan pure tukang cukur. Kita lebih pentingkan kualitas dulu,. baru uang.

    Karena kalau kualitas bagus, uang datang sendiri. Bedakan kalau. tempat cukur biasa sudah tau cuman uang,. jadi pengennya cepat cepat cepat cepat. Nah itu belum tentu customernya balik lagi. Kita sekarang cari yang customer. kita lebih edukasi supaya dia balik lagi ke tempat kita,. seperti itu sih.

    Kalau di sini rata-rata per hari itu. 30-40 (kepala), standar itu weekend. Kalau hari biasa sekitar ya 25-30 sih. Peran Moka ya penting sekali. buat Doctor Barber sih dari. perhitungan kepala,. pembagian insentif per capster. per bulan itu lebih sering membantu,. sama paling membantu itu kalau pomade. Kayak pengeluaran,. pemasukan pomade,. sama yang mau distok,. yang mana mau keluar,. mau beli-beli yang lain. semua lebih tertata rapi kalau pakai , Peran paling penting buat kita itu.

    bagusnya setiap datang customer. itu di daftar namanya,. nomer teleponnya itu jadi database. Jadi kita bisa kalau misalkan. nggak tau kalau pindah tempat. itu database sudah terkumpul semua. Kita bisa SMS, entah itu ada promo. hari apa, hari raya itu. lebih membantu ya databasenya. Karena dunia cukur itu. memang database paling penting. karena kita nggak tahu ke depannya bagaimana.

    baca juga

    Kalau usaha barber itu. yang penting itu ya kuncinya fokus. Fokus sama itu bidangmu. Karena saya lebih patokan. misalkan pemikirannya orang bule. Orang bule kan begitu,. dia kalau satu kerjaan ya itu jalanmu.

    Mau jadi montir mobil,. ya dia jadi montir mobil sampai sukses,. mau jadi tukang batu ya jadi tukang batu sampai sukses. Bedakan sama kita karakternya,. baru pintar satu,. mau lagi melangkah yang satu,. melangkah yang satu.

    Ujung-ujungnya. pikirannya terpecah, jadi ndak fokus. Kalau saya gitu sih,. fokus sama bidang.

    Leave a Reply

    four × one =

    Ad Blocker Detected

    Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker.

    Refresh
    error: Content is protected !!