Dodol Garut Picnic : Oleh-oleh Khas Istimewa yang Melegenda

Jika mendengar kata dodol, apa yang kali pertama muncul di pikiran Anda? Rerata orang Indonesia akan menjawab “Garut”.
Kota bagian daerah Jawa Barat tersebut memang terkenal sebagai produsen dodol, camilan hasil olahan santan kelapa dan gula merah.
Banyak sekali pengusaha dodol dan toko yang menjual dodol di Garut. Karena  banyaknya, Garut disebut sebagai Kota Dodol-nya Indonesia.
Namun, di antara banyaknya merk dodol yang ada di Garut, ada satu merk yang mendominasi pasar dodol di Garut. Namanya, Dodol Picnic.
 
 

Legenda Kuliner Dodol Picnic di Indonesia

 
Dodol adalah snack atau camilan yang terbuat dari santan kelapa, gula merah, tepung ketan, gula pasir, dan garam. Butuh waktu yang lama dan bahan berkualitas untuk membuat dodol yang benar-benar enak.
Dodol yang enak, memiliki rasa yang manis dan gurih sehingga disukai banyak orang.
Namun, seiring dengan perkembangan zaman dan perkembangan selera masyarakat, dodol mengalami inovasi rasa. Dodol yang awalnya hanya terasa gurih dan manis, sekarang berkembang dengan adanya penambahan rasa buah-buahan.
Di Indonesia, dodol yang terkenal enak dan terjamin kenikmatannya ada di Garut. Salah satu merk dodol yang dikenal banyak orang adalah Dodol Picnic. Dodol yang dibuat sejak puluhan tahun tersebut memiliki sejarah yang panjang.
Bermula dari H. Iton Damiri, yang melihat peluang usaha memproduksi dodol di Garut. Ia mulai membuat dodol pada 1949 dengan skala home industry.
Dalam menjalankan usahanya tersebut ia hanya memiliki lima pegawai. Distribusinya pun masih terbatas, yaitu di area Garut saja. Merk pertama dodol rumahan tersbeut bukan Picnic, melainkan Halimah. Pada 1950, merk dodol lainnya pun diproduksi, yiatu Fatimah.
Tidak lama, pabrik produksi dodol milik H. Iton Damiri berpindah, dari Jalan Gunung Payung ke Jalan Ciledug. Untuk mengembangkan usahanya, ia pun melakukan banyak inovasi dan pembenahan, mulai dari kualitas bahan, pengemasan produk, hingga perluasan area distribusi hingga ke kota-kota besar di Jawa.
Usaha yang dimulai dari skala rumahan tersebut berkembang pesat. Hingga pada 1957, H. Iton Damiri mengajak adiknya, Aam Mawardi, untuk bekerja sama.
Perusahaan produsen dodol dengan nama Herlinah  pun lahir. Merk dagang yang awalnya Halimah, Purnama, dan Fatimah pun diganti menjadi Picnic.
Dodol Picnic tercatat menjadi merk dagang resmi pada 14 Juli 1959. Pengemasannya pun diperbarui dengan menggunakan kertas duplek dan dikemas dalam ukuran 200 gr, 500 gr, dan 1000 gr.
Desain kemasannya pun sederhana yaitu dengan background putih, bergaris biru, dan disertai gambar buah-buahan. Di masa itu, inovasi rasa buah-buahan sudah ada pada Dodol Picnic.
Semakin lama, Dodol Picnic semakin berkembang hingga mampu meluas ke luar Jawa pada 1969. Akibat perkembangan yang luar biasa tersebut, banyak pengusaha produsen dodol yang bermunculan di Garut.
Hal tersebut membuat persaingan bisnis dodol menjadi sangat ketat, termasuk persaingan tidak sehat yang merugikan perusahaan H. Iton Damiri.
Beberapa produsen dodol tersebut, ada yang meniru pengemasan Dodol Picnic. Untuk mengatasi kendala akibat persaingan yang tidak sehat, perusahaan Dodol Picnic melakukan desain ulang kemasan pada 1973. Desain baru tersebut dibuat dengan latar warna merah bit dan bergambar buah-buahan.
Dari waktu ke waktu, jumlah produksi Dodol Picnic terus meningkat, hingga membutuhkan pabrik dodol yang lebih besar. Pada 1979, didirikanlah parbik baru yang lebih besar di atas lahan seluas 5000 m2 yang terletak di Jalan Pasundan No. 102.
Beberapa tahun kemudian, tepatnya pada 1986, perusahaan yang awalnya berstatus perseorangan berubah menjadi perusahaan dengan badan hukum perseroan terbatas yang bernama PT Herlinah Cipta Pratama.
Pada 2000, puncak kepemimpinan mengalami regenerasi. Generasi kedua yang melanjutkan perusahaan dodol tersebut adalah Ato Hermanto.
Di tangannya, banyak upaya perbaikan dan perubahan yang dilakukan untuk mengembangkan perusahaan, mulai dari sistem produksi, manajemen perusahaan, pengembangan produk, diversifikasi produk, sistem distribusi, hingga pengembangan sumber daya manusia sebagai tenaga kerja perusahaan.
Dengan upaya-upaya tersebut, PT Herlinah Cipta Pratama kini berhasil mempekerjakan 230 orang dengan klasifikasi keahlian dan pendidikan.
Selain itu, jumlah produksinya pun meningkat hingga 4 – 6 ton per hari untuk area distribusi seluruh kota besar di Indonesia.
Dalam waktu lebih dari setengah abad, PT Herlinah Cipta Pratama berhasil mendapatkan berbagai penghargaan di bidang industri dodol.
Perhargaan yang diterima tersebut di antaranya ialah: Penghargaan Upakarti pada 1990, Penghargaan Siddhakarya untuk bidang produktivitas pada 1995, Penghargaan Paramakarya di bidang produktivitas pada 1996,
Penghargaan Indonesia Development Citra Award pada 1998 – 1999, Asian Best Economic Executive Award pada 2004, dan berbagai penghargaan lainnya.
 
 
baca juga
Dibalik Sukses Bisnis Penerbit Stilleto Book
1000.001 Ide Bisnis UKM Dengan Modal Mulai 100 Ribu
Rahasia Sukses Mendirikan Bisnis UKM
 
 
Bagaimana? Menarik, bukan?
Dodol Picnic menjadi satu di antara beberapa produk lokal Indonesia yang bertahan hingga puluhan tahun dan terkenal di luar negeri. Dari sejarahnya, Dodol Picnic mengalami begitu banyak perubahan dan perkembangan, mulai dari rasa hingga proses distribusi.
Rasa dodol yang awalnya hanya manis gurih, ditambah dengan rasa buah dan menciptakan rasa baru yang unik dan disukai banyak orang. Kemasan produk yang awalnya polos dan pernah ditiru, kini menjadi semakin berwarna. Proses distribusi yang dulu hanya di wilayah Garut saja, berkembang ke seluruh kota besar di Indonesia.
Kini, Dodol Picnic tidak hanya terkenal di Indonesia saja. Setiap ada wisatawan asing yang berkunjung ke Garut, hampir selalu membawa oleh-oleh Dodol Picnic.
Di samping itu, Dodol Picnic juga melayani pemesanan di luar Indonesia secara online melalui situs jual beli Amazon. Dengan popularitas yang tinggi itu, Dodol Picnic sudah menjadi produk tradisional dengan potensi dan nilai jual yang tinggi.
 
 
Jika Anda berkunjung ke Garut, Anda bisa membeli Dodol Picnic sekaligus melihat proses pembuatannya secara langsung. Harga yang diberikan pun terjangkau yaitu  mulai Rp 21. 000,- dengan varian rasa dan pengemasan yang beragam. Terdapat empat varian produk Dodol Picnic yang ditawarkan,
 
yakni Dodol Picnic Classic (Dodol Picnic Classic dan Dodol Picnic Classic Baru), Dodol Picnic Special Aneka Rasa (Dodol Picnic Special  Aneka Rasa, Dodol Picnic Special Gift Aneka Rasa, dan Dodol Picnic Special Gift Sachet Aneka Rasa), Dodol Piknik Special Aneka Buah (Dodol Picnic Special  Aneka Buah, Dodol Picnic Special Gift Aneka Buah, dan Dodol Picnic Special Gift Sachet Aneka Buah), dan Dodol Picnic Curah (Dodol Picnic Classic Curah, Dodol Picnic Aneka Rasa Curah, Dodol Picnic Aneka Buah Curah, dan Dodol Picnic AB dan AR Curah All Varian).
 
 
Tidak sempat ke Garut? Jika Anda berada di luar Garut dan ingin mencoba Dodol Picnic, Anda tidak perlu khawatir. Dodol Picnic kini sudah bisa dibeli secara online melalui market place seperti bukalapak, shopee, hingga tokopedia. Atau, Anda ingin memesan langsung dari distributor resminya? Anda bisa menghubungi kontak berikut ini untuk sekadar bertanya atau memesan Dodol Picnic.
Telepon: 08112035689
Pn BB: 5462B585
Whatsappi: 08112035689
Website: www.dodolpicnicgarut.com
Email: sales@dodolpicnicgarut.com

Ad Blocker Detected

Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker.

Refresh
error: Content is protected !!