Donat Mie Goreng, Racikan Australia

 undercover.co.id- Mie instant menjadi salah satu makanan sejuta umat di Indonesia. Harganya terjangkau, pengolahan mudah dan cepat, serta mengenyangkan. Itulah kenapa mi instant selalu menjadi pilihan utama.
 
Apalagi mie goreng dari Indomie. Rasanya nikmat dan unik, sehingga banyak penggemarnya. Tidak hanya dari dalam negeri, tapi juga dari luar negeri, loh. Indomie sudah terkenal di berbagai negara tetangga, seperti Malaysia, Australia, Jepang, China sampai Arab Saudi.
 
Tapi, baru-baru ini warganet Indonesia dikejutkan dengan sebuah makanan yang viral di Sydney, Australia. Makanan tersebut adalah sebuah donat, dari produsen donat ternama di negeri kangguru, Donut Papi.
 
Tahu apa yang mengejutkan? Tentu saja, bahan utama dari donat tersebut adalah mie goreng Indomie.
 

Bisnis Mie Donut Viral juga di Jakarta

 
Makanan ini mendadak viral ketika akun instagram Donut Papi mempromosikan makanan satu ini lewat instastory. Bahkan, sempat dibelah untuk menunjukkan bahwa bagian dalamnnya memang mie goreng Indomie.
 
Untuk menambah kesan kuat dari Indomie, bahkan “bungkus” makanan ini juga kemasan Indomie yang dipotong dua. Ternyata, memang makanan satu ini adalah hasil kerja sama antara Donut Papi dan Indomie Australia.
 
Tidak butuh waktu lama, makanan satu ini langsung viral, termasuk di seluruh dunia. Hasilnya, makanan ini menjadi salah satu makanan yang terkenal dari Sidney ke seluruh dunia, termasuk ke Indonesia.
 
Sayangnya, belum diketahui secara pasti berapa harga donat mie goreng ini dijual di Australia.
 
Setelah di Sidney, makanan satu ini akhirnya tiba juga di Indonesia. Mulai tanggal 24 Mei sampai tanggal 27 Mei 2018 ini, sebuah kafe di Jakarta juga menjual donat unik berbahan mi goreng Indomi ini.
 
Penyajiannya juga unik, sama seperti penyajian di Australia, yakni menggunakan bungkus asli mi goreng Indomie. Bungkus yang dipotong ini juga ingin menunjukkan bahwa bahan dari donat ini memang Indomie.
 
Harganya juga terjangkau, pada awal dijual harganya Rp 10.000. Selanjutnya, dijual seharga normal yakni Rp 16.000.
 
Pada hari pertama dibuka, ternyata banjir pembeli. Mulai dari orang yang datang ke lokasi, sampai ojek online yang datang membeli pesanan.
 
Banyak warganet yang kemudian mem-posting foto makanan yang baru dibelinya tersebut ke dunia maya. Hasilnya, donat mie goreng ini kembali menjadi lebih viral. Bahkan, sempat menjadi trending topic di berbagai akun media sosial.
 
Meskipun demikian, donat unik satu ini dijual terbatas loh. Bahkan, waktu penjualannya hanya 3 hari, yakni mulai tanggal 25 sampai tanggal 27 Mei 2018.
 
Begitu juga di salah satu cafe di Jakarta. Penjualannya hanya dilakukan sekitar 4 hari, tepatnya dari tanggal 24 sampai tanggal 27 Mei 2018.
 
Jadi, hanya sedikit saja yang kebagian mencicipi makanan unik satu ini. Sayang sekali, yah.
 
Sampai saat ini, belum ada informasi apa alasannya makanan tersebut hanya dirilis terbatas. Namun, alasan pembuatan donat unik tersebut adalah karena penggemar donat di Donut Papi, rata-rata juga penggemar Indomie. Wah, Indomie sangat ternama di Australia, yah.
 
 
baca juga Franchise Cheese Tea
Baca juga
Editor’s Choice
350 Daftar Waralaba Dan Franchise Mulai Dari 1 Juta sd 1 Milyar
1000.001 Ide Bisnis UKM Dengan Modal Mulai 100 Ribu
Panduan Bisnis Online Terlengkap
 

Cara Membuat Mie Goreng Donat

 
Tidak lama berselang, akun Instagram @linagui.kitchen langsung mengunggah resep membuat mie goreng donat tersebut. Ternyata membuatnya cukup gampang, loh.
 
Pertama, Anda bisa menyiapkan 1 bungkus Indomie Goreng, 1 lembar smoke beef, 1 butir telur, tepung bumbu secukupnya dan tepung roti secukupnya.
 
Cara membuatnya, pertama masak dulu Indomie seperti pada umumnya, sekalian dengan bumbu-bumbunya. Lalu, smoke beef segera dipotong kecilkecil. Bila sulit menemukan smoke beef, Anda bisa menukaranya dengan sosis, atau bahkan keju sesuai selera.
 
Kemudian, siapkan loyang Chiffon mini untuk membentuk donatnya. Kemudian, olesi loyang dengan minyak atau mentega. Ditambah lagi, kocok 1 butir telur dan tuangkan setengahnya ke mie yang sudah Anda buat dan dicampurkan dengan sosis tadi.
 
Masukkan mie yang sudah dicampur dengan smoke beef dan setengah dari telur yang sudah dikocok. Jangan lupa padatkan dulu agar bentuknya lebih sempurna di dalam Loyang chiffon tersebut. Anda juga bisa menggunakan Loyang atau apapun yang lainnya, selama bisa membentuk mie goreng ini menjadi bulat dan berbentuk donat.
 
Kemudian, kukus sampai mengeras. Setelah itu, lepaskan mie goreng tersebut dari Loyang. Maka bentuknya akan seperti donat yang bulat sempurna.
 
Setelah dikukus, segera balurkan dengan tepung bumbu. Setelah sempurna, celupkan ke kocokan telur, dan segera balurkan ke tepung roti.
 
Terakhir, tinggal digoreng sampai berwarna kekuning. Sekarang, donat mi goreng sudah bisa disajikan. Rasanya mungkin tidak manis seperti donat biasanya. Tapi, gurih dan nikmatnya mie goreng Indomie tentu sangat terasa sekali, bukan?
 

Ingin Berbisnis Donat Mie Goreng?

 
Tentunya, berbekal nama brandnya yang sedang booming, Anda bisa menjadikan donat goreng sebagai bisnis sampingan Anda. Bagaimana prospek dan peluangnya?
 
Berikut kita akan berikan prediksi penghasilan Anda berjualan Donat Mie Goreng.
baca juga Info Bisnis Travel
 

Modal bahan Untuk Donut Mie

 
Untuk satu donat mi goreng dibutuhkan 1 bungkus mie goreng. Misalnya Anda hanya mampu menjual 40 buah donat mie goreng perhari, maka Anda membutuhkan 1 dus (isi 40) mi dalam satu hari.
 
Selain itu, untuk 40 donat goreng tersebut, Anda membutuhkan setidaknya 200 gram tepung bumbu, 200 gram tepung roti dan 40 butir telur.
 
Dengan demikian, berikut prediksi modal bahan untuk 40 buah donat mie goreng.
 
– 1 dus mie goreng: Rp 88.000
– 40 butir telur (2,5 kg): Rp 50.000
– 200 gram tepung bumbu: Rp 10.000
– 200 gram tepung roti: Rp 20.000
TOTAL = Rp 168.000/ 40 buah. Atau sekitar Rp 4.200 per buah.
 

Operasional

 
Untuk operasional tentu Anda memerlukan karyawan yang digaji Rp 700.000 sampai Rp 1.500.000 per bulan. Tidak hanya itu, Anda juga memerlukan dana sewa tempat yang bila dihitung perbulan kemungkinan berkisar di angka Rp 500.000 – Rp 1.000.000 per bulan.
 
Bila ditambah dengan keperluan listrik, penyajian dan sebagainya untuk sebulan Anda memerlukan total sebesar :
 
Gaji pegawai+sewa tempat+keperluan lain
Rp 1.500.000+Rp 1.000.000+Rp 800.000
= Rp 3.300.000
 

Perhitungan Laba

 
Bila Anda hanya mampu menjual sekitar 40 buah per hari, dan hanya berjualan misalnya sekitar 25 hari sebulan. Sedangkan satu donat mie goreng Anda jual seharga Rp 10.000 maka ini perhitungannya:
 

Pendapatan

 
40 donat x 10.000 x 25 = Rp 10.000.000
 

Pengeluaran

 
Modal bahan 40 x 4.200 x 25= Rp 4.200.000
Operasional Rp 3.300.000
Total Rp 7.500.000.
 
Laba bersih
 
Rp 10.000.000 – Rp 7.500.000
= Rp 2.500.000
 
Dengan demikian, per bulannya Anda bisa mendapatkan Rp 2.500.000. Dengan catatan, Anda hanya menjual sebanyak 40 buah sehari, serta hanya berjualan 25 hari selama sebulan.
 
Bila Anda berjualan selama 30 hari dan menjual lebih dari 40 buah seharinya, tentu pendapatan Anda akan jauh lebih besar.
 
Jadi, tertarik untuk ikut membuka usaha Donat Mie Goreng sendiri? Yuk, dicoba.

Ad Blocker Detected

Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker.

Refresh
error: Content is protected !!