E-commerce ‘Zalora’

Undercover.co.id – Bisnis online di Indonesia kini menjamur, berbagai merk dagang dan jenis bisnis online sudah ada di berbagai tempat dan daerah.

Bahkan bisnis online terkadang tidak hanya berpusat di Jakarta melainkan di berbagai daerah terpencil di Indonesia yang sulit dijangkau. Untuk itu, salah satunya bisnis online seperti e-commerce berkembang pesat di jaman urban seperti ini.

E-commerce merupakan bisnis online yang bergerak di bidang jual beli dengan menghimpun banyak produsen dan konsumen, sehingga e-commerce banyak dipilih dan berkembang di Indonesia.


Salah satunya adalah Zalora. Zalora adalah salah satu e-commerce yang bergerak di bidang fashion atau mode baik wanita ataupun pria.

Banyak masyarakat yang sudah mengenal Zalora untuk berbisnis dan berbelanja fashion dengan aman dan cepat. Selain itu, banyak juga yang sudah mempercayakan bisnis penjualan pakaian dan mode lainnya dengan Zalora.

Sejarah Zalora


Dengan berbagai merk pakaian dari Indonesia ataupun luar negeri, Zalora menghimpun semua merk dan jenis mode untuk dijual dan menyediakannya sesuai kebutuhan.

Situs web ini didirikan tahun 2012 di Indonesia oleh Catherine Sutjahyo yang merupakan anak dari Zalora group se-Asia, selain di Indonesia Zalora juga terdapat di luar negeri.


Zalora sendiri merupakan anak perusahaan dari situs belanja Zalando Online. Zalando merupakan proyek dari Rocket Internet, namun PT. Fashion Eservices Indonesia yang menaungi Zalora di Indonesia.

Layanan yang diluncurkan pada tanggal 16 april 2014 merupakan layanan baru yang diberi nama marketplace, layanan ini menghimpun 3 negara yaitu Indonesia, Filipina, dan Vietnam.


Fakta-Fakta tentang Zalora


• Zalora dikunjungi hampir 3,5 juta pengunjung website
• Musim perayaan merupakan musim yang banyak dan paling laris untuk dibeli dan menjual barang
• Hari libur seperti cuti, minggu dan hari libur besar dilakukan biasanya untuk mempromosikan sejumlah barang
• Pembelian zalora dilakukan oleh lebih dari 50% wanita dan sisanya pria
• Zalora biasanya menciptakan produk private yang merupakan produk paling laku dengan ‘looklike produk branded’
• Growth zalora sudah berhasil menaikan jumlah pelanggan bertambah 200% tiap tahunnya.
Kelebihan Zalora

Untuk pelanggan yang membeli di Zalora, situs ini menyediakan pembelian barang Zalora dengan ongkos kirim gratis ke seluruh Indonesia dengan pengembalian barang jika anda tidak merasa puas dengan produk yang ditawarkan oleh Zalora. Selain itu, jika anda berbelanja di Zalora maka akan lebih mudah dengan sistem navigasi, semua tuntunan sangat jelas dan tidak menyulitkan sehingga anda nyaman berbelanja.

Selain itu tampilan website di Zalora cukup menarik perhatian sehingga keinginan berbelanja semakin ada. Untuk situsnya sendiri, semua sudah dikategorikan sesuai dengan jenisnya sehingga tidak lagi berantakan dan lebih mudah untuk berbelanja. Jika anda khawatir dengan pilihan warnanya, tentunya bukan jadi masalah karena selain jenis pakaian, Zalora juga menyediakan warna yang bermacam-macam untuk jenis-jenis mode dan fashionnya.

Untuk jenis pembayaran Zalora menyediakan pembayaran cash of delivery atau bisa saja langsung bayar dan bertemu pembeli dan penjualnya, sehingga bagi anda yang merasa takut tertipu maka sistem inilah yang paling baik dan aman.

Kekurangan Zalora


Untuk berbelanja di Zalora, dibutuhkan koneksi yang lancar dan stabil. Karena penggunaan situs yang banyak mengandung gambar resolusi tinggi menyebabkan kita harus siap sedia kuota. Selain itu jika anda tidak memiliki koneksi baik maka anda tidak bisa melihat situs ini dengan baik.

Jika anda melakukan scrolling down ke bawah untuk melihat situs ini anda pasti menemukan banyak pilihan, padahal sebelumnya sudah di golongkan berdasarkan jenis dan pengelompokan lewat navigasi, sehingga iklan di halaman beranda Zalora merupakan hal yang agak cukup membingungkan. Untuk itu, ada baiknya jika anda belum pernah berbelanja di e-commerce besar untuk selalu mengikuti navigasi saja, tidak usah melihat di beranda. Karena akan menyulitkan anda tentunya.

baca juga

    Fasilitas utama yang banyak digunakan di Zalora


    Ada beberapa fasilitas utama yang banyak digunakan oleh konsumen yang menggunakan Zalora, diantaranya :

    1. Penggunaan sistem COD
    Penggunaan sistem COD ini sungguh menguntungkan konsumen, namun cukup merugikan perusahaan. Karena pembayaran langsung tanpa menguntungkan situs, menyebabkan perusahaan menjadi merugi. Padahal sistem COD dan pembayaran via website tidak akan merusak dan menyusahkan konsumen, namun masih banyak orang yang lebih percaya dengan sistem COD atau bayar ditempat ini.

    2. Adanya pengembalian barang
    Pentingnya memilah barang yang akan dibeli merupakan peraturan utama dalam berbelanja, agar tidak salah barang. Namun bagaimana jika online ? jika berbeda dengan produk yang ditampilkan di internet. Untuk zalora sendiri mereka menawarkan adanya fasilitas refund atau pengembalian barang jika tidak sesuai. Untuk itu, banyak yang merasa tidak khawatir, jika barang tidak sesuai dengan produk atau bayangan konsumen maka dapat dikembalikan. Namun pengembalian diutamakan jika barang tidak sesuai atau mengalami kecacatan.

    3. Biaya ongkos kirim gratis
    Biaya ongkos kirim memang cukup memakan uang dan waktu kembali. Dibandingkan membeli langsung maka ongkos kirim memang menerima resiko lebih lagi, namun dengan kenyamanan barang akan sampai di tempat anda. Tetapi Zalora menyediakan adanya fasilitas gratis ongkos kirim ke seluruh Indonesia, sehingga anda yang jauh di ujung Indonesia tidak perlu khawatir.



    Leave a Reply

    seventeen + fifteen =

    Ad Blocker Detected

    Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker.

    Refresh
    error: Content is protected !!