EAT

SEO UNDERCOVER CO ID 55

undercover.co.id Untuk sesaat, ingatlah saat sebelum Internet dan mesin pencari ada. Apa yang Anda lakukan jika Anda sedang membutuhkan informasi tertentu?

Dalam kebanyakan kasus, kita memulai mencari sumber terpercaya untuk memasok informasi yang dibutuhkan.

Katakanlah Anda ingin tahu perbedaan antara Teori Relativitas Umum dan Teori Einstein.

Sebelum ada internet, mungkin Anda dapat bertanya kepada teman Anda, tetapi tentu jika Anda tahu bahwa teman Anda adalah seorang ahli fisika, seorang guru sains, atau paling tidak pernah membaca dengan baik tentang topik tersebut.

Selain itu, Anda bisa pergi ke perpustakaan dan meminta pustakawan untuk merekomendasikan buku terbaik tentang relativitas. Dalam kasus tersebut, Anda membuat keputusan tentang otoritas.

Anda tahu semakin Anda dekat koneksi sumber informasi pengetahuan fisika yang mendalam, semakin besar kemungkinan Anda mendapatkan jawaban yang baik.

Dengan kata lain, Anda menginginkan jawaban yang paling otoritatif, yang akan datang dari sumber yang paling otoritatif.

Contoh lagi, katakanlah Anda mencari mencari mesin cuci baru. Sebelum Anda menjelajah web, Anda mungkin telah menengok ulasan konsumen.

Atau Anda mungkin sudah bertanya kepada teman atau tetangga apakah mereka senang dengan merek tertentu.

Begitu jelas bahwa internet akan menjadi gudang utama untuk pengetahuan manusia, kebutuhan akan mesin pencari sudah jelas.

Mesin pencari membantu menghubungkan kita dengan sumber-sumber resmi untuk pertanyaan dan kebutuhan kita, baik itu blog profesor fisika atau ulasan mesin cui oleh pengguna sungguhan.

Mesin pencari modern menggunakan algoritma yang kompleks untuk menemukan, membaca, dan memastikan aktualitas halaman web. Mereka kemudian dapat mencocokkan halaman-halaman itu dengan permintaan pencarian informasi yang dikandungnya.

Dengan kata lain, mesin pencari berusaha menemukan sumber yang paling otoritatif (dan relevan) yang cocok dengan kueri. Untuk setiap kueri yang diberikan, biasanya ada banyak halaman hebat yang berpotensi memenuhi kueri itu.

Pengguna mengharapkan mesin pencari sebagai seorang pustakawan yang berpengetahuan dan mengarahkan mereka ke halaman terbaik untuk kueri.

Maka, itulah penilaian otoritas relatif untuk topik permintaan semua halaman yang mungkin, jadi mesin pencari harus dapat menilai relevansi dan otoritas itu dalam skala besar.

Expertise, Authoritativeness and Trustworthiness

Expertise, Authoritativeness and Trustworthiness

EAT atau dalam bahasa indonesia diartiakan sebagai

Keahlian – Authority – dan Kepercayaan

faktor penting untuk seo

Bagaimana Mesin Pencari Mengevaluasi Otoritas

Pada kenyataannya, mesin pencari modern seperti Google menggunakan ratusan faktor atau sinyal ketika mengevaluasi otoritas dan relevansi halaman web, tetapi kami dapat memilahnya menjadi dua kategori utama:

  • Konten (relevansi).
  • Tautan (otoritas kutipan eksternal).

Pertama, mesin pencari harus membaca dan menganalisis konten aktual dan fitur lainnya pada halaman. Dari sini, mesin mengaitkan topik yang relevan dengan halaman.

Pada awalnya, penilaian halaman hanya sebatas pada itu saja, tetapi sekarang mesin pencari jauh lebih canggih untuk dapat menganalisis bahasa halaman, struktur dan fitur lainnya untuk menentukan hal-hal seperti seberapa lengkap halaman membahas topik dan seberapa bermanfaatnya untuk pengunjung.

Setelah mesin pencari memahami halaman tersebut dan menambahkannya ke dalam indeksnya, mesin pencari akan beralih ke sinyal eksternal yang membantu memvalidasi dan mengukur tingkat otoritas halaman untuk topik apa pun.

Sejak penemuan PageRank oleh pendiri Google Larry Page dan Sergey Brin, tautan telah menjadi sinyal utama yang digunakan untuk penilaian tersebut. Mesin pencari menggunakan tautan seperti halnya kita saat memperlakukan kutipan ilmiah.

Semakin banyak makalah ilmiah yang relevan dengan dokumen sumber yang mengutipnya, maka semakin baik bukan? Otoritas relatif dan kepercayaan dari masing-masing sumber mengutip juga ikut berperan.

Kita akan membahas lebih mendalam tentang bagaimana mesin pencari menggunakan konten dan tautan untuk menilai otoritas, serta apa yang perlu Anda lakukan untuk mendapatkan otoritas tersebut untuk situs Anda sendiri.

baca juga

Mengapa Tautan ?

Inovasi besar yang menjadikan Google mesin pencari dominan dalam waktu singkat adalah bahwa ia menggunakan analisis tautan di web sebagai faktor peringkat.

Ini dimulai dengan sebuah makalah yang ditulis oleh Larry Page dan Sergey Brin yang disebut Anatomi Mesin Pencari Web Skala Besar Hiperteksual.

Informasi penting di balik makalah ini adalah bahwa web dibangun berdasarkan gagasan dokumen yang saling terhubung satu sama lain melalui tautan.

Melewati PageRank

Sebagian besar dari algoritma Google awal didasarkan pada konsep PageRank, sistem untuk mengevaluasi halaman mana yang paling penting berdasarkan penilaian tautan yang mereka terima.

Jadi halaman yang memiliki tautan paling berharga dalam jumlah besar akan memiliki PageRank yang lebih tinggi, dan pada prinsipnya akan cenderung mendapat peringkat yang lebih tinggi dalam hasil pencarian daripada halaman lain tanpa skor PageRank yang setinggi itu.

Ketika suatu halaman terhubung ke halaman lain, ia akan melewatkan sebagian dari PageRank-nya ke halaman yang ditautkan. Dengan demikian, halaman tersebut mengumpulkan lebih banyak PageRank berdasarkan jumlah dan kualitas tautan yang mereka terima

Tidak Semua Tautan Diciptakan Sama

Apakah lebih banyak tautan lebih baik? Mungkin itu benar secara teori, tetapi sebenarnya jauh lebih rumit dari itu.

Skor PageRank berkisar dari nilai dasar 1 hingga nilai yang cenderung melebihi triliunan. Halaman PageRank yang lebih tinggi dapat memiliki lebih banyak PageRank untuk dilewati daripada halaman PageRank yang lebih rendah.

Bahkan, tautan dari satu halaman dapat dengan mudah bernilai lebih dari satu juta kali tautan dari halaman lain. Mari kita gunakan intuisi kita sejenak.

Bayangkan Anda memiliki halaman yang menjual buku, dan ia mendapat dua tautan.

Yang satu dari toko buku tidak terkenal, dan yang lainnya dari toko buku terkenal. Cukup jelas mana yang Anda nilai lebih bukan? Sebagai pengguna, kami menyadari bahwa toko buku terkenal memiliki kewenangan lebih besar.

Ternyata, web juga mengenali ini, dan toko buku terkenal memiliki profil tautan yang jauh lebih kuat (dan PageRank lebih tinggi) daripada situs lain yang terlibat dalam penjualan buku namun tidak terkenal.

Sebagai hasilnya, ia memiliki PageRank yang jauh lebih tinggi, dan dapat memberikan lebih banyak PageRank ke halaman-halaman yang terhubung dengannya.

Penting untuk dicatat bahwa algoritma Google telah berevolusi jauh dari PageRank asli.

Cara tautan dievaluasi telah berubah secara signifikan

Kami akan membahas peran relevansi di bagian selanjutnya.

baca juga

http://undercover.co.id/nap-ux/

Peran Relevansi

Anda harus relevan dengan topik yang diberikan. Jika Anda memiliki halaman tentang Tupperware, tidak masalah berapa banyak tautan yang Anda dapatkan.

Ini mendefinisikan batasan pada kekuatan tautan sebagai faktor peringkat, dan ini menunjukkan bagaimana relevansi juga berdampak pada nilai tautan.

Singkatnya relevansi halaman yang menghubungkan, dan situs yang menghubungkan, berdampak pada seberapa berharganya suatu tautan. Google Tidak Mempublikasikan PageRank Jadi

Apa yang Dapat Anda Lakukan?

Dulu Google bisa digunakan untuk membuat versi PageRank terlihat oleh pengguna Toolbar Google, tetapi mereka tidak lagi melakukannya. Sebagai gantinya, banyak profesional SEO menggunakan metrik pihak ketiga, seperti:

  • Otoritas Domain dan Otoritas Halaman dari Moz.
  • Citation Flow dan Trust Flow dari Majestic.
  • Peringkat Domain dan Peringkat URL dari Ahrefs.

Masing-masing metrik ini melakukan pekerjaan dengan baik untuk membantu Anda mengevaluasi manfaat halaman dan menawarkan perkiraan kerja untuk berapa banyak PageRank yang harus dilewati.

Namun, Anda harus memahami bahwa hasil ini hanyalah perkiraan rekayasa ulang tentang cara Google melihat domain atau halaman, dan bukan representasi PageRank yang sebenarnya.

Penting juga untuk menyadari bahwa tidak ada alat di atas yang dapat menyediakan gambar lengkap dari semua tautan di web.

Tidak seperti Google, alat-alat ini tidak memiliki infrastruktur yang diperlukan untuk merayapi seluruh web, jadi mereka fokus untuk menemukan sampel tautan yang signifikan ke situs atau halaman tertentu.

Peran Anchor Text

Anchor text adalah aspek lain dari tautan yang penting bagi Google. Anchor teks membantu Google mengkonfirmasi tentang konten di halaman yang menerima tautan.

Misalnya, jika anchor teks adalah frase “Seo agency jakarta ” dan halaman memiliki konten pada topik itu, anchor teks ditambah tautan bertindak sebagai konfirmasi lebih lanjut bahwa halaman tersebut adalah tentang topik itu.

Dengan demikian tautan bertindak untuk mengevaluasi relevansi dan otoritas laman. Namun, berhati-hatilah, karena Anda tidak boleh secara agresif mendapatkan tautan ke laman Anda yang semuanya menggunakan frasa kunci utama Anda sebagai anchor teks.

Google juga bisa mencari tanda-tanda bahwa Anda secara manual memanipulasi tautan untuk keperluan SEO. Salah satu indikator paling sederhana adalah jika anchor text Anda terlihat dimanipulasi secara manual.

Konsep Kepercayaan

Anda mungkin sudah banyak mendengar tentang peran kepercayaan dalam peringkat pencarian dan dalam mengevaluasi kualitas tautan.

Pada bulan April 2018, Google diberikan paten terkait dengan evaluasi kelayakan tautan. Tetapi keberadaan paten yang diberikan tidak berarti itu digunakan dalam praktik, namun, untuk tujuan Anda sendiri.

Jika Anda ingin menilai kepercayaan situs menggunakan sumber tautan, menggunakan konsep tautan tepercaya bukanlah ide yang buruk. Jika mereka melakukan salah satu dari hal berikut, maka itu mungkin bukan sumber yang baik untuk tautan:

  • Menjual tautan ke orang lain.
  • Memiliki konten yang kurang dari bagus.
  • Tidak terlihat memiliki reputasi.

Dasar-dasar Dari Earning & Link Menarik

Sekarang Anda tahu bahwa mendapatkan tautan ke situs Anda sangat penting untuk kesuksesan SEO, sekarang saatnya untuk mulai menyusun rencana untuk mendapatkannya.

Kunci kesuksesan adalah memahami bahwa Google ingin seluruh proses ini menjadi holistik.

Google secara aktif mencegah, dan dalam beberapa kasus menghukum, skema untuk mendapatkan tautan dengan cara buatan atau manipulasi. Ini berarti praktik tertentu dipandang buruk oleh Google, seperti:

  • Membeli tautan untuk keperluan SEO. Pergi ke forum dan blog dan menambahkan komentar dengan tautan kembali ke situs Anda.
  • Meretas situs orang
  • Mendistribusikan infografis atau widget berkualitas buruk yang menyertakan tautan kembali ke halaman Anda.
  • Menawarkan kode diskon atau program afiliasi sebagai cara untuk mendapatkan tautan.
  • Dan, banyak skema lain di mana tautan yang dihasilkan bersifat buatan.

Apa yang benar-benar diinginkan Google adalah agar Anda membuat situs web yang fantastis, dan mempromosikannya secara efektif. Jadi bagaimana Anda melakukannya?

Tautan Siapa?

Wawasan kunci pertama adalah untuk memahami siapa yang mungkin menautkan ke konten yang Anda buat. Mereka adalah orang-orang yang menulis di situs media, atau memiliki blog, dan yang mungkin menambahkan tautan ke situs Anda.

Ada juga sumber tautan lainnya, seperti situs yang berorientasi lokal, seperti surat kabar lokal. Anda mungkin juga menemukan beberapa peluang dengan perguruan tinggi atau universitas jika mereka memiliki halaman yang berhubungan dengan beberapa hal yang Anda lakukan di ruang pasar Anda.

Buat Konten Ahli

Sekarang kita tahu siapa yang berpotensi menautkan. Langkah selanjutnya adalah membuat konten yang ingin mereka tautkan. Masalahnya, sangat mudah bagi mereka untuk menemukan konten yang lebih baik dari milik Anda.

Cara terbaik untuk mengatasi kenyataan itu adalah dengan membuat konten ahli. Jika Anda bisa melakukan ini, peluang Anda untuk membuat orang lain terhubung dengan Anda meningkat.

Orang ingin menjadi bagian dari berbagi konten ahli dengan teman dan pengikut mereka secara online.

Dan, jika mereka menulis di situs media atau di blog, beberapa dari mereka juga ingin menulis tentang itu.

Jika Anda ingin ini berdampak besar pada SEO Anda, maka mulailah berpikir tentang membuat “Konten Elite” atau “Konten 10x” yaitu konten yang 10 kali lebih baik daripada apa pun yang telah dipublikasikan pada topik sebelumnya.

Ini adalah konten yang membuat Anda dipandang sebagai pelopor dalam berpikir. Dan ini adalah jenis konten terbaik yang dibuat untuk meningkatkan reputasi, visibilitas, dan SEO online Anda.

Kepercayaan & Hubungan

Jika orang tidak mempercayai Anda, maka kemajuan akan jauh lebih lambat. Penting untuk disadari bahwa pasar apa pun mewakili ekosistem. Jika Anda hanya melihat diri sendiri, orang akan lambat mendukung Anda. Sebagai gantinya, temukan cara untuk masuk pada ekosistem.

  • Membantu orang lain di media sosial.
  • Menanggapi komentar di umpan media sosial Anda, dan pada posting yang Anda terbitkan.
  • Pergi ke konferensi dan buat presentasi yang sepenuhnya non-komersial yang menginformasikan audiens tentang topik yang diminati pasar Anda.
  • Pergi ke acara lokal dan bagikan saran dan nasihat.
  • Menjadi anggota komunitas yang aktif dan berkontribusi dan secara aktif berbagi saran dan kontribusi cerdas dari orang lain.

Jika Anda membagikan dan menautkan ke konten hebat yang diterbitkan orang lain, kemungkinan mereka akan membagikan dan menautkan ke konten Anda juga akan meningkat.

Penerbitan di Situs Pihak Ketiga

Menerbitkan konten di situs pihak ketiga atau guest bloging juga bisa menjadi hal yang cerdas untuk dilakukan.

Pertimbangkan untuk mencoba mendapatkan kolom di situs media utama yang mencakup ceruk pasar Anda. Ini tentunya akan berkontribusi pada reputasi Anda sebagai seorang ahli dan membantu reputasi dan visibilitas Anda.

Juga, sebagian besar situs media akan memberi Anda tautan atribusi di bagian bawah setiap artikel, atau mereka akan memberi Anda halaman bio penulis yang menautkan kembali ke halaman Anda juga.

Jenis artikel yang ini bisa sangat berharga dalam mendorong manfaat SEO. Namun tetap fokus pada situs-situs target potensial.

Peran Media Sosial

Jika Anda dapat memanfaatkan media sosial dengan maksimal, Anda dapat mengekspos konten Anda ke banyak orang.

Jika Anda melakukannya melalui interaksi positif dengan komunitas Anda, termasuk influencer yang sudah ada sebelumnya dalam komunitas, Anda memiliki peluang kuat untuk mendapatkan hasil yang baik.

Mendapatkan hasil yang baik dari media sosial tergantung pada pembuatan jenis konten yang tepat.

Influencer

Influencer dapat memengaruhi pelanggan Anda. Jadi media sosial dapat membantu menyediakan visibilitas untuk konten Anda, berpotensi menghasilkan tautan, dan ini akan berjalan lebih cepat jika influencer terlibat dalam membagikan konten Anda.

Setelah itu semua mulai terjadi, pertumbuhan reputasi, visibilitas, dan tautan Anda akan semakin cepat. Membuat influencer tertarik membagikan konten Anda sangat bergantung pada:

  • Kepercayaan dan hubungan yang Anda bangun dengan mereka.
  • Kesediaan Anda untuk membagikan / menautkan ke barang-barang mereka.
  • Kualitas konten yang Anda buat.


Membangun Rencana Pemasaran Konten

Yang terakhir, buatlah rencana nyata untuk pemasaran konten Anda. Jangan tiba-tiba mulai melakukan banyak hal dengan acak.

Luangkan waktu untuk mempelajari apa yang dilakukan pesaing Anda sehingga Anda dapat menginvestasikan upaya pemasaran konten Anda dengan cara yang cenderung memberikan ROI yang solid.

Salah satu pendekatan untuk melakukan itu adalah dengan menarik profil backlink mereka menggunakan Link Explorer, Majestic, dan Ahrefs.

Dengan informasi ini, Anda dapat melihat jenis tautan apa yang telah mereka peroleh dan kemudian berdasarkan nomor itu, Anda jadi tahu tautan apa yang Anda butuhkan untuk mengalahkannya.

Luangkan waktu untuk melakukan latihan ini dan juga untuk memetakan tautan mana yang mengarah ke halaman mana di situs pesaing, dan berapa peringkat setiap halaman.

Selain itu, pelajari rencana konten pesaing. Pelajari apa yang mereka lakukan dan pertimbangkan dengan hati-hati apa yang dapat Anda lakukan namun secara berbeda. Ini adalah investasi waktu yang akan Anda dihabiskan dengan sangat baik.

Satukan Segalanya

Cara mesin pencari menciptakan dan mempertahankan kebahagiaan adalah dengan memberikan hasil terbaik yang memuaskan pertanyaan atau kebutuhan pengguna.

Untuk membuat pengguna senang, mesin pencari harus dapat memahami dan mengukur otoritas relatif halaman web untuk topik yang mereka liput. Ketika Anda membuat konten yang sangat berguna (menarik atau menghibur) bagi pengunjung Anda telah memperoleh otoritas.

Mesin pencari bekerja keras untuk terus meningkatkan kemampuannya dalam mencocokkan pencarian manusia dengan otoritas yang dapat dipercaya.

Seperti yang kami jelaskan di atas, konten berkualitas seperti itu adalah kunci untuk mendapatkan jenis tautan yang memastikan mesin pencari Anda mendapat peringkat tinggi untuk pencarian yang relevan.

Itu bisa berupa konten di situs Anda yang ingin ditautkan oleh orang lain atau konten yang ingin dipublikasikan oleh situs berkualitas lain, dengan tautan yang sesuai kembali ke situs Anda. Ingat apa yang kami katakan di atas dan perlakukan SEO Anda sebagai bagian dari ekosistem:

  • Sajikan audiens Anda.
  • Bangun hubungan (terutama dengan influencer).
  • Tingkatkan reputasi merek Anda.

Berfokus pada tiga pilar SEO ini yaitu otoritas, relevansi dan kepercayaan akan meningkatkan peluang untuk konten Anda dan membuat pendapatan tautan lebih mudah.

Ad Blocker Detected

Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker.

Refresh