Eka Tjipta Widjaja Jadi Kolongmerat Modal ijazah SD

https://www.undercover.co.id- Jika Andrie Wongso adalah motivator lulusan SD di Indonesia, maka profil pengusaha satu ini adalah kolongmerat lulusan SD Indonesia. Benar semua pasti pernah dengar tentang Eka Tjipta Widjaja sekalipun hanya mendengar nama. Jika anda ingin mengenal lebih dekat siapa sebenarnya Eka Tjipta Widjaja dan bagaimana perjalanan karir beliau hingga akhirnya menjadi seorang kolongmerat? Simak ulasannya berikut ini.

Siapa Eka Tjipta Widjaja

Sekalipun lahir di Coan Ciu, Hokian, China namun Eka Tjipta Widjaja berkebangsaan Indonesia. Benar, Eka Tjipta Widjaja lahir di negeri kungfu tersebut pada hari Rabu, 3 Oktober 91 tahun yang lalu, alias tahun 1923. Nama kecil atau nama Cina Eka Tjipta Widjaja  adalah oei Ek Tjhong. Eka Tjipta Widjaja saat ini merupakan pemilik yang juga merupakan founder dari Perusahaan Sinar Mas Group. Sekalipun begitu, Eka Tjipta Widjaja hanya mengenyam sekolah dasar saja.
Eka Tjipta Widjaja memang lahir dari keluarga yang sangat-sangat miskin. Pada umurnya yang masih 9 tahun, Eka Tjipta Widjaja diajak oleh ibunya berlayar selama tujuh hari tujuh malam ke tanah air, Indonesia. Tepatnya ke Kota Makassar, kota dimana ayahnya telah pindah lebih dulu. Saat itu mereka hanya membawa uang 150 dolar, uang tersebut juga merupakan pinjaman dari seorang rentenir.

Sesampainya di Kota Makassar, Eka Tjipta Widjaja membantu ayahnya di sebuah toko kecil. Dua tahun setelah itu, utang yang mereka pinjam dari rentenir dibayar lunas berkat kerja keras mereka bekerja di toko, selain itu toko bapaknyapun semakin maju. Lepas itu, Eka meminta ijin untuk masuk sekolah tetapu beliau tidak mau masuk di kelas satu. Terang saja beliau tak mau masuk kelas satu karena umurnya tergolong sudah tua jika dibanding anak-anak lain yang duduk di bangku kelas satu.

Bca Juga Pengusaha sukses lainnya
Namun disayangkan selepas beliau menamatkan sekolah dasar, beliau tak dapat melanjutkan ke sekolah menengah. Lagi-lagi karena masalah ekonomi. Namun hal tersebut tak menyurutkan semangatnya. Dari saat itu beliau selalu bekerja keras hingga akhirnya pada tahun 1962 beliau mendirikan Sinar Mas Group dan menjadi kolongmerat seperti saat ini.

eka tjipta widjadja 2

Perjalanan Karir Hingga Menjadi Kolongmerat

Selepas beliau menyadari tak bisa melanjutkan sekolah, beliau mulai meneguhkan hatinya untuk berjualan. Beliau berjualan berbagai macam barang seperti permen, biskuit, serta aneka barang dagangan toko ayahnya. Beliau berkeliling di seluruh sudut kota Makassar dengan sepeda dan mulai menjajakan dagangannya door to door. Usaha beliaupun menunjukkan hasil yang lumayan baik berkat keuletan dan ketekunannya.
Menginjak usia 15 tahun, Beliau mulai berfikir mencari produk lain untuk dijual, beliau mencari pemasok kembang gula dan biskuit. Namun, kebanyakan pemasok tidak mempercayainya. Para pemasok meminta pembayaran di awal. Dan hanya selang dua bulan, saat harga beras masih 3-4 sen tiap kilonya, beliau sudah mendapat keuntungan sebesar Rp. 20.

Baca Macam Bisnis lainnya

Eka Tjipta Widjaja Jadi Kolongmerat Modal ijazah SD   Perjuangannya tidak hanya berhenti disana, saat usahanya mulai berjalan lancar, Indonesia diserbu Jepang, pun begitu pula dengan Kota Makasar. Dan bisnisnyapun porak poranda tak tersisa, tabungannyapun ludes untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Namun beliau tak putusa asa, beliau mulai berusaha lagi. Dan takdir membawanya ke pangkalan perahu Paotere.

Disana terdapat tumpukan terigu, semen, gula. Beliaupun langsung tanggap untuk membangun usaha penjualan minuman dan makanan. Para pekerja tentara Jepang tersebut merupakan pangsa pasarnya. Walau tujuan awal beliau disana tidak murni berjualan tetapi meminta izin mengangkat barang-barang yang sudah tak terpakai dari tangan penjajah saat itu. Dan berhasil. Beliau lantas menjual barang-barang tersebut. Halamannya menjadi gudang lahan bisnisnya. Tidak berhenti disana, tetapi perjuangan bisnis Eka Tjipta Widjaja terus berlanjut hingga sesukses sekarang.
Saking suksenya, Eka Tjipta Widjaja mendapat penghargaan juga pengakuan dari banyak instansi. Penghargaannya antara lain adalah predikat orang terkaya kedua Indonesia tahun 2010 versi Globe Asia, Hero of Philantrophy versi Forbes Asia, Konglomerat Indonesia terbesar ke-3 hingga 2007, Satya Lencana Pembangunan No 048/TK/1995 dari Presiden Soeharto, Direktur Terbaik menurut majalah Money, dan juga Doktor Honoris Causa dari Pittsburg University AS, dalam bidang bisnis.

sinar mas

Tentang Sinar Mas Group

Sinar Mas Group yang didirikan oleh Eka Tjipta Widjaja bergerak diberbagai unit bisnis. Unit bisnis tersebut antara lain adalah sebagai berikut.

Pulp dan Kertas

Unit usaha ini dumulai pada tahun 1974 ditandai dengan berdirinya PT Tjiwi Kimia yang semula hanya memproduksi bahan kimia sebagai industri kertas. Namun lambat laun, perusahaan tersebut juga mulai memproduksi kertas. Fokus awal yang ditarjetkan hanya untuk mendukung pengembangan kemampuan industri nasional serta peningkatan investasi. Hingga akhirnya lambat laun Sinar Mas mulai mengakuisisi beberapa perusahaan lain seperti Indah Kiat serta Pindo Deli.

Agribisnis dan Makanan

Di bidang usaha agribisnis dan makanan ini diawali dengan pendirian Pabrik Bitung Manado Oil Ltd. di tahun 1968. Awalnya dikenal dalam produksi minyak goreng dan kopra, namun akhirnya hanya diperkuat pada produksi minyak goreng.
Tahun 1980, seluruh fasilitas produksi milik Sinar Mas telah mampu memproduksi minyak goreng berbahan dasar sawit. Perkebunan kelapa sawit yang telah dirintis sebelumnya dijadikan sebagai pilar utama divisi agribisnis dan makanan ini.
Berbagai macam sertifikasi, termasuk Akreditasi dari Hazard Analysis Critical Control Point (HACCP) membantu beragam produk menjangkau pasar karena lebih dipercaya untuk menjadi pilihan utama para konsumen. Dan belakangan, Sinar Mas menambah dua perusahaan lagi, yakni Sayang Heulang di Bandung dan Mulyorejo di Surabaya untuk memperkuat lini produksi.

Baca Juga

  1. 17 Teknik Closing Siap Meledakan Omzet anda
  2. 100 Daftar Waralaba Dan Franchise Mulai Dari 1 Juta sd 1 Milyar

Jasa Keuangan

Memprediksi pergerakan peluang usaha atau bisnis di Indonesia membuat Sinar Mas turut serta memberikan dukungan fitur keuangan untuk meningkatkan daya saing.
Tahun 1982, Sinar Mas mengakuisisi sebuah bank. Dan lepas tahun tersebut, Sinar Mas secara bertahap memperkuat serta melakukan diversifikasi layanan jasa keuangan yang telah ada. Hingga kini, Sinar Mas tidak hanya berkecimpung di dunia perbankan, namun juga multifinance, asuransi, pasar modal, teknologi informasi hingga sistem keamanan.

Pengembang dan Real Estate

Di bidang pengembang dan real estate ini Sinar Mas membangun berbagai macam properti seperti pengembangan beragam rumah tinggal, apartemen, pusat perbelanjaan, hotel, gedung perkantoran, lokasi industri dan kota mandiri. Berdirinya Duta Pertiwi pada tahun 1988 menjadi momentum perluasan usaha Sinar Mas di bidang pengembang dan real estate ini.

Telekomunikasi

Di bidang telekomunikasi, Sinar Mas mengembangkan PT Smartfren Telecom, Tbk. Yang merupakan salah satu operator penyedia jasa telekomunikasi di Indonesia. Operator ini berbasis CDMA yang memiliki cakupan jaringan CDMA EV-DO yang terluas di Indonesia. Prestasinya, smartfren merupakan operator telekomunikasi pertama di dunia yang menyediakan layanan CDMA EV-DO Rev. B dan operator CDMA pertama yang menyediakan layanan Blackberry. Smartfrenpun terus bergerak mengikuti perkebangan teknologi tanah air, termasuk juga adanya android.
Nah masih gak berani jajal dunia bisnis? Kalau lulusan sekolah dasar aja bisa menjadi kolongmerat dengan memiliki berbagai macam bisnis, bagaimana dengan anda, malu sama Eka Tjipta Widjaja Jadi Kolongmerat Modal ijazah SD 

Leave a Reply

2 × 2 =

Ad Blocker Detected

Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker.

Refresh
error: Content is protected !!