jasa seo dan internet marketing
Published On: Thu, Feb 26th, 2015

Eka Tjipta Widjaja Jadi Kolongmerat Modal ijazah SD

jasa seo dan internet marketing

Eka Tjipta Widjaja Jadi Kolongmerat Modal ijazah SD  | Jika Andrie Wongso adalah motivator lulusan SD di Indonesia, maka profil pengusaha satu ini adalah kolongmerat lulusan SD Indonesia. Benar semua pasti pernah dengar tentang Eka Tjipta Widjaja sekalipun hanya mendengar nama. Jika anda ingin mengenal lebih dekat siapa sebenarnya Eka Tjipta Widjaja dan bagaimana perjalanan karir beliau hingga akhirnya menjadi seorang kolongmerat? Simak ulasannya berikut ini.

Siapa Eka Tjipta Widjaja

Sekalipun lahir di Coan Ciu, Hokian, China namun Eka Tjipta Widjaja berkebangsaan Indonesia. Benar, Eka Tjipta Widjaja lahir di negeri kungfu tersebut pada hari Rabu, 3 Oktober 91 tahun yang lalu, alias tahun 1923. Nama kecil atau nama Cina Eka Tjipta Widjaja  adalah oei Ek Tjhong. Eka Tjipta Widjaja saat ini merupakan pemilik yang juga merupakan founder dari Perusahaan Sinar Mas Group. Sekalipun begitu, Eka Tjipta Widjaja hanya mengenyam sekolah dasar saja.
Eka Tjipta Widjaja memang lahir dari keluarga yang sangat-sangat miskin. Pada umurnya yang masih 9 tahun, Eka Tjipta Widjaja diajak oleh ibunya berlayar selama tujuh hari tujuh malam ke tanah air, Indonesia. Tepatnya ke Kota Makassar, kota dimana ayahnya telah pindah lebih dulu. Saat itu mereka hanya membawa uang 150 dolar, uang tersebut juga merupakan pinjaman dari seorang rentenir.

Sesampainya di Kota Makassar, Eka Tjipta Widjaja membantu ayahnya di sebuah toko kecil. Dua tahun setelah itu, utang yang mereka pinjam dari rentenir dibayar lunas berkat kerja keras mereka bekerja di toko, selain itu toko bapaknyapun semakin maju. Lepas itu, Eka meminta ijin untuk masuk sekolah tetapu beliau tidak mau masuk di kelas satu. Terang saja beliau tak mau masuk kelas satu karena umurnya tergolong sudah tua jika dibanding anak-anak lain yang duduk di bangku kelas satu.

Bca Juga Pengusaha sukses lainnya
Namun disayangkan selepas beliau menamatkan sekolah dasar, beliau tak dapat melanjutkan ke sekolah menengah. Lagi-lagi karena masalah ekonomi. Namun hal tersebut tak menyurutkan semangatnya. Dari saat itu beliau selalu bekerja keras hingga akhirnya pada tahun 1962 beliau mendirikan Sinar Mas Group dan menjadi kolongmerat seperti saat ini.

eka tjipta widjadja 2

eka tjipta widjadja 2

Perjalanan Karir Hingga Menjadi Kolongmerat

Selepas beliau menyadari tak bisa melanjutkan sekolah, beliau mulai meneguhkan hatinya untuk berjualan. Beliau berjualan berbagai macam barang seperti permen, biskuit, serta aneka barang dagangan toko ayahnya. Beliau berkeliling di seluruh sudut kota Makassar dengan sepeda dan mulai menjajakan dagangannya door to door. Usaha beliaupun menunjukkan hasil yang lumayan baik berkat keuletan dan ketekunannya.
Menginjak usia 15 tahun, Beliau mulai berfikir mencari produk lain untuk dijual, beliau mencari pemasok kembang gula dan biskuit. Namun, kebanyakan pemasok tidak mempercayainya. Para pemasok meminta pembayaran di awal. Dan hanya selang dua bulan, saat harga beras masih 3-4 sen tiap kilonya, beliau sudah mendapat keuntungan sebesar Rp. 20.

jasa seo dan internet marketing

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>