Email Marketing – Cara Efektif Dalam Berpromosi dan Mengembangkan Bisnis

Categories: Tips Bisnis Online
jasa seo

undercover.co.id – Kenalan Dulu Yuk “Email Marketing” Salah satu online channel yang penting adalah Email. Atau lebih dikenal dengan email marketing.  Mengapa harus email? Karena saat ini sebagian besar orang pasti memiliki email.

Email menjadi salah satu perangkat yang sangat dibutuhkan ketika menjalankan internet dengan banyak tujuan seperti mendaftar secara online lewat situs-situs tertentu dan bentuk komunikasi secara cepat dan efektif. Inilah pentingnya keberadaan sebuah email.

Email Marketing merupakan salah satu metode marketing yang bertujuan untuk melakukan promosi atua penawaran terhadap suatu produk atau usaha lainnya dengan menggunakan email sebagai media utama pemasarannya. Penggunaan email marketing menjadi metode yang paling efektif karena setiap orang pasti memiliki email apalagi teknologi yang semakin maju.

Sebenarnya email marketing memiliki potensi yang besar pada suatu perusahan atau usaha-usaha lainnya. Tidakkah anda sadar bahwa untuk bisa promosi lewat media sosial sperti facebook, iinstagram, atau twitter, pasti anda akan disuruh untuk mendaftar terlebih dulu menggunakan email. Hal ini bertujuan agar mereka dapat mengirim email notifikasi atau email marketing terus menerus ke inbox email anda.

Untuk mulai menjalankannya anda harus memiliki daftar alamat email sebanyak mungkin sesuai dengan target pasar yang telah ditentukan.

Anda dapat melakukannya dengnan mengumpulkan secara satu persatu dari para subscriber blog, akses sendiri menggunakan teknik tertentu, atau meminta pada orang yang ahli dibidang tersebut. Namun hal yang perlu diingat bahwa untuk melakukan email marketing tetap memerlukan persetujuan pada pihak pemilik email tersebut.

Baca Jasa Email Marketing Untuk Perusahaan Anda 

Hal ini disebabkan bahwa tergolong privasi yang jika tidak dilakukan benar dapat menyinggung pihak tertentu. Alangkah baiknya jika mengirimkan email marketing bertuju pada target yang tepat pula yang memiliki ketertarikan terhadap apa yang ingin anda sampaikan.

Siapa yang berhak menggunakan email marketing?

Sebenarnya siapa saja berhak menggunakan email marketing. Tidak ada batasan umur ataupun jenis kelamin. Yang penting anda dapat mengerti secara dalam mengenai email marketing itu sendiri. Teknik email marketing sering dijumpai pada para pelaku usaha offline  atau online yang ingin mengembangkan usahanya salah satunya menggunakan teknik email marketing kepada para pelanggannya.

Apa Saja Fungsi Email Marketing?

  1. Jalur komunikasi

Email Marketing berfungsi sebagai jalur komunikasi antara pelaku usaha dengan para pelanggan lama, pelanggan baru, hingga pelanggan potensial yang bermanfaat bagi perkembangan usaha anda kedepannya. Selain itu untuk menghubungi para pelanggan tidak perlu membutuhkan biaya iklan atau melakukan coding untuk newsletter karena Anda bisa membuat email marketing dengan cara manual.

  1. Jangkauan langsung

Adanya email marketing membuat anda bisa menjangkau pelanggan Anda secara personal. Anda dapat menjalin hubungan yang lebih erat serta mengetahui segala saran yang bisa diberikan oleh pelanggan anda untuk perkembangan usaha anda kedepannya.

Email Marketing – Cara Efektif Dalam Berpromosi dan Mengembangkan Bisnis Selain itu, anda dapat meningkatkan kinerja marketing anda terutama bagi pelanggan lama atau merekrut pelangan-pelanggan yang potensial.

Baca Juga Cara Berpromosi Online Lengkap Untuk Meningkatkan Omzet BIsnis Anda

Adanya  email marketing membuat anda dapat menjangkau pelanggan anda dimanapun berada bahkan hingga pelosok daerah sekalipun. Pengiriman email marketing secara wajar dapat menjadi bagian dari rutinitas pelanggan Anda.

  1. Pemberitahuan informasi

Bagi perusahaan atau instansi, metode email marketing sangatlah penting. Email marketing dianggap sebagai sarana informasi mengenai status atau segala berita terbaru dari perusahaan tersebut. Contohnya saja mengenai informasi terbaru dari jenis iklan adsense yang bisa anda maksimalkan penggunaannya.

  1. Saling berkelanjutan

Adanya email marketing membantu anda memasarkan produk-produk anda secara berkelanjutan bahkan bisa dilakukan otomatisasi. Tugas anda hanyalah membuat beberapa sales letter yang menarik serta mengatur kapan surat-surat tersebut dikirim, atau membalas surat-surat yang telah masuk.

Kemudian tugas autoresponder nantinya adalah mengirim surat sebagaimana yang sudah anda setting waktunya. Jadi, anda hanya perlu satu kali saja untuk mengatur, setelahnya autorespoder akan mengirimkannya berkali-kali sesuai settingan yang telah ditentukan.

Apa Saja yang Bisa Dikirimkan?

Email marketing dapat digunakan oleh marketer untuk mengirimkan banyak hal seperi:

  • Berita yang terkait dengan produk atau jasa yang bisa ditawarkan
  • Pengumuman
  • Promosi
  • Press Release
  • Kartu Ucapan Hari Raya
  • Undangan Event
  • Dan sebagainya

Apa Saja Hal yang Perlu Diperhatikan?

Hal yang perlu diperhatikan pada metode email marketing adalah jumlah pendaftar atau subscribers. Jadi sebenarnya metode email  marketing mengenal dua istilah penting, antara lain Open Rate serta Click Rate.

Open Rate adalah tingkat terbukanya email yang dikirim, dihitung dengan cara membagi jumlah email yang telah dibuka oleh subscribers dibagi dengan jumlah email yang dikirimkan. Sedangkan Click Rate adalah tingkat di-kliknya tombol atau link yang ada pada email yang telah dikirimkan. Caranya dihitung dengan membagi jumlah klik dan jumlah email yang dikirimkan.

Hal  lain yang harus diperhatikan pada email marketing adalah jangan pernah kecewakan pelanggan anda lewat email yang anda kirimkan. Anda harus bisa memastikan bahwa para pelanggan tersebut mendapatkan keuntungan dari email-email tersebut.

Jangan sampai pelanggan hanya mendaftar untuk mendapatkan email dengan isi atau content yang tidaklah relevan atau tidak sesuai dengan yang diharapkan. Oleh karena itu, content dari email marketing harus diperhatikan secara teliti.Email Marketing – Cara Efektif Dalam Berpromosi dan Mengembangkan Bisnis

sumber Foto: www aetic es

jasa seo

Your Thoughts