Email Marketing Untuk Meningkatkan Rangking SEO

undercover.co.id – 7 Cara Memanfaatkan Email Marketing Untuk Meningkatkan Rangking SEO , Email marketing saat ini menjadi alat yang paling efektif untuk memasarkan bisnis online. Cara ini juga mampu menjangkau calon pembeli yang lebih potensial. Selain itu, memanfaatkan email marketing juga memiliki konversi yang lebih bagus jika dibandingkan dengan media sosial lainnya.

Berbisnis di era sekarang tentunya akan memberikan banyak kemudahan. Terlepas dari itu tentunya juga harus memaksimalkan penggunaan SEO. Memanfaatkan email marketing merupakan salah satu trik pemasaran yang paling mudah untuk diterapkan dan cocok untuk pebisnis baru.

Dalam memasarkan produk melalui email marketing memiliki keberhasilan yang lebih maksimal jika dibandingkan dengan sosial media. Namun hingga saat ini masih banyak orang yang jarang menggunakannya. Beberapa pebisnis di era sekarang juga beranggapan bahwa menggunakan email marketing sudah menjadi hal yang kuno.

Akan tetapi, dari banyaknya fakta seputar email marketing untuk bisnis, salah satunya menyebutkan bahwa 91% konsumen selalu melakukan pengecekan terhadap email mereka. Tentunya hal ini menjadi kesempatan untuk memaksimalkan platform ini.

Email marketing merupakan salah satu teknik marketing yang akan memudahkan pebisnis online untuk melakukan pendekatan kepada konsumen.

Email marketing ini nantinya akan dikirimkan langsung kepada calon pelanggan maupun yang sudah menjadi pelanggan. Poin yang paling penting dalam memasarkan produk melalui email marketing adalah dengan memaksimalkan SEO agar website Anda nantinya berada di halaman utama mesin pencari.

Email Marketing Untuk Meningkatkan Rangking SEO
Email Marketing Untuk Meningkatkan Rangking SEO

Bagaimana cara memanfaatkan email marketing untuk meningkatkan SEO?

Email marketing dan SEO adalah kedua poin penting yang akan membantu meningkatkan bisnis atau perusahaan. Jika dilihat sekarang ini memang banyak perusahaan yang menggunakan cara ini untuk memudahkan dalam promosi. Seiring berjalannya waktu, akhirnya banyak pebisnis baru yang juga menggunakan cara ini untuk meningkatkan bisnisnya.

Bagaimana cara memanfaatkan email marketing?

1.Personalisasi Konten Email

Pemasaran melalui email sekilas memang terlihat mudah karena hanya mengirimkan email. Namun jika Anda tidak melakukan personalisasi pada konten email, maka hasilnya kurang maksimal. Anda bisa melakukan personalisasi berdasarkan target yang Anda inginkan.

Cara ini akan memudahkan Anda dalam memaksimalkan konten email agar lebih tepat sasaran. Semakin spesifik yang ditargetkan maka akan memudahkan mesin pencari dalam melakukan optimasi.

2.Sertakan tautan media sosial pada email

Menautkan link media sosial pada email merupakan cara yang tidak boleh Anda lewatkan. Pasalnya sekarang ini banyak pengguna media sosial yang juga memanfaatkan fitur tersebut untuk pencarian informasi. Dengan menautkan link di media sosial tentunya akan memudahkan orang-orang dalam menemukan website Anda. Hingga kini, promosi melaluoi media sosial masih memiliki petensi yang bagus untuk meningkatkan bisnis Anda.

3.Gunakan CTA

CTA (Call To Action) memang sangat penting ketika melakukan promosi. Hal ini sama ketika Anda membuat meta deskripsi pada website. Email yang mengandung CTA akan semakin meningkatkan branding. Cara ini terkadang seringkali dilupakan dan akhirnya email yang dikirimakn hanya akan sia-sia saja.

Dalam memaksimalkan email marketing, Anda bisa meletakkan CTA pada bagian subject email. Hal ini karena subject email menjadi bagain penting yang akan membuat seseorang melanjutkan membaca atau hanya skip saja.

Jika Anda berhasil menempatkan CTA, kemungkinan besar target Anda akan meneruskan email tersebut kepada beberapa orang yang dikenalnya. Pemanfaatan email marketing memang lebih efektif sehingga semakin membantu berkembangnya bisnis online. Ini juga akan membantu meningkatkan lalu lintas website Anda.

4.Memaksimalkan pembuatan konten

Dalam membuat konten untuk email sebaiknya disesuaikan dengan target yang telah ditentukan. Dengan begitu akan meningkatkan peluang mereka untuk merespon dengan baik. Untuk memudahkan dalam optimasi terhadap mesin pencari, maka Anda wajib menyertakan kata kunci saat membuat konten email.

Memaksimalkan konten juga akan membantu Anda dalam mengelompokkan daftar email yang lebih efektif. Cara ini juga diyakini dapat meningkatkan jangkauan konten Anda sekaligus memberikan backlink secara alami yang nantinya akan meningkatkan lalu lintas dan profil pada mesin pencari.

Email Marketing Untuk Meningkatkan Rangking SEO
Email Marketing Untuk Meningkatkan Rangking SEO

5.Melakukan Retention Email

Retention email akan sangat membantu dalam meningkatkan bisnis Anda. Ini merupakan salah satu cara yang dikirimkan kepada pelanggan lama. Tujuannnya agar pelanggan lama Anda tetap terhubung dengan bisnis Anda.

Email ini bisa berisi tentang tawaran produk baru yang kemungkinan juga memiliki daya tarik bagi pelanggan lama Anda. Retention email seperti ini juga merupakan pendekatan paling unik yang masih dilakukan di era sekarang ini.

Menggunakan cara ini juga berbeda dengan cara promosi lainnya. Anda tidak langsung menawarkan produk tetapi diselingi dengan berbagai informasi penting yang harus diketahui oleh pelanggan. Anggap saja sebagai pemanasan meski nantinya Anda juga akan mengirimkan promosi. Pelanggan juga tidak terganggu dengan adanya email masuk jika Anda memberikan selingan terlebih dahulu.

6.Meminta ulasan

Meminta ulasan atau review akan sangat penting untuk meningkatkan bisnis Anda. Ulasan juga merupakan salah satu faktor penting dalam optimasi SEO.

Umumnya, para pebisnis yang masih baru akan meminta berbagai ulasan dari pelanggan karena sangat penting untuk menaikkan traffict. Tak hanya penting untuk SEO, ulasan juga memiliki tingkat kepercayaan paling penting dalam memenangkan kepercayaan konsumen.

Semakin banyak ulasan pada bisnis Anda, maka semakin besar peluang untuk mendapatkan pelanggan baru. Untuk mendapatkan ulasan yang bagus, maka Anda juga harus meningkatkan pelayanan. Mereka yang telah memberikan ulasan biasanya juga akan mencari produk Anda dengan menggunakan kata kunci yang relevan sehingga membantu Anda menempati peringkat lebih bagus di mesin pencari.

baca juga

7.Memanfaatkan Plugin Email Marketing

Plugin tentunya dapat membantu website terdeteksi oleh SEO . Tersedia beberapa plugin email marketing yang harus Anda coba. Dengan memanfaatkan plugin ini akan membantu meningkatkan lead dan memudahkan dalam membuat campaign.

Bagi Anda yang menggunakan CMS WordPress dalam berbisnis tentunya akan lebih mudah dalam menginstalnya. Selain itu, pemasaran juga akan lebih meningkat jika dibandingkan dengan mereka yang tidak memanfaatkan plugin email.

Email marketing memang tidak memberikan dampak langsung terhadap SEO. Namun secara bertahap mampu meningkatkan bisnis lebih berkembang di masa depan. Website Anda nantinya juga akan lebih mudah dijangkau. Banyak pebisnis online yang mengandalkan cara ini karena sangat efektif untuk ke depannya.

Dengan memanfaatkan email marketing, para pengusaha atau pebisnis baru akan selalu terhubung dengan pelanggan dan calon pelanggan. Meski begitu, Anda juga harus memikirkan kapan harus mengirimkan email kepada pelanggan. Hindari terlalu sering mengirimkan email karena hanya akan terkesan spam yang akhirnya tidak terbaca.

Email marketing juga tidak hanya membantu Anda dalam memasarkan bisnis yang sedang Anda jalankan tetapi juga menjalin hubungan baik antara Anda dengan pelanggan yang tentunya berlangsung di jangka panjang. Itulah cara mudah memanfaatkan email marketing dan meningkatkan rangking SEO yang tujuannya adalah agar website Anda berada di halaman utama mesin pencari.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!