EMCO, Brand Produk Cat Lokal Berusia Setengah Abad

Bagaimana Menjelaskan Otoritas Domain ke Non SEO

https://www.undercover.co.id – Desain interior yang bagus dan menarik tidak bisa terlepas dari pengaruh warna ornamen di dalamnya terutama untuk warna cat dinding, baik untuk bangunan fasilitas publik, rumah, hingga bangunan komersial seperti hotel atau kafe.

Beberapa orang bahkan secara rutin mengganti warna cat dinding untuk sekadar mengubah suasana atau menciptakan kesan baru yang lebih baik. Faktanya, dominasi warna yang ada pada sebuah ruangan hingga bangunan bisa memengaruhi seseorang yang berada di dalamnya secara psikologis.

Karena itu, banyak orang yang dengan hati-hati memilih warna untuk bangunannya hingga dominasi ornamen atau hiasan dalam ruangan. Tidak hanya memiliki warna yang bisa memberikan kesan dan pengaruh positif, melainkan juga berkualitas agar bisa tahan lama dan tidak mudah rusak. Di Indonesia, banyak pilihan merk cat yang sudah ada sejak puluhan tahun lalu dan dipercaya kualitasnya hingga menjadi produk nasional. Salah satunya adalah cat EMCO.

Usia EMCO Lebih dari 60 Tahun

EMCO adalah produk yang diproduksi oleh Mataram Paint. EMCO telah dipercaya sebagai cat berkualitas selama lebih dari enam puluh tahun. Secara spesifik, EMCO adalah produk yang melapisi sekaligus melindungi permukaan kayu dan besi. Dengan menggunakan EMCO perabotan dan ornamen interior atau eksterior berbahan kayu milik Anda bisa terlindungi dari rayap, keropos, dan kerusakan lainnya, sedangkan untuk yang berbahan besi bisa terlindungi dari karat hingga pengelupasan yang bisa merusak.

EMCO memiliki banyak varian dengan fungsi dan kegunaan yang berbeda. Beberapa varian dari EMCO adalah EMCO Lux (cat kayu), EMCO Thinner B, EMCO Thinner A Special Super High Gloss, dan  EMCO Primer Kayu dan Besi. Produk EMCO tersebut digunakan untuk pengencer untuk memberi efek glossy dan cepat kering, pengencer cat jenis tertentu, untuk menutupi pori-pori kayu dan melindungi besi dari korosi, hingga untuk memberi warna yang mengkilap dan tahan terhadap segala cuaca.

Di balik ketenaran EMCO, Mataram Paint sebagai produsen EMCO memiliki kisah sejarah yang penting untuk Anda ketahui. Sejarah bisnis Mataram Paint juga bisa menjadi pembelajaran bagi Anda yang ingin menggeluti dunia wirausaha.

Awal Perusahaan Cat Mataram Paint

Mataram Paint Co., Ltd. atau yang biasa disebut Mataram Paint, adalah perusahaan lokal yang berdiri sejak pasca kemerdekaan Indonesia, tepatnya pada 1950. Mataram Paint dibangun oleh dua orang sahabat, yaitu Njoo Ting Sioe dan Sumantri Sudirodarmodjo.

Njoo Ting Sioe dulunya bekerja di perusahaan cat Belanda sebagai kepala produksi. Ketika Belanda menyerah, Njoo Ting Sioe kembali ke tanah air. Ia kemudian bersama Sumantri Sudirodarmodjo mendirikan pabrik cat bernama NV Paberik Tjat. Di masa pendiriannya, kondisi sosial dan ekonomi Indonesia belum stabil, dan masih dengan nama Republik Indonesia Serikat (RIS).

Pabrik pertama milik NV Paberik Tjat berdiri di lahan seluas 100 m2 yang berlokasi di Jalan Dinoyo Surabaya, Jawa Timur. Ketika itu, Njoo dan Sumantri hanya mengoperasikan satu mesin di pabriknya dengan dibantu oleh beberapa karyawan saja. Mereka memasarkan berbagai produk cat seperti cat terpal, cat monil, pernis, dan cat semprot (duco).

Beberapa tahun kemudian, keduanya mengubah nama perusahaan, yang awalnya bernama NV Paberik Tjat menjadi Mataram Paint Co. Ltd. dan dengan menggunakan merk dagang EMCO. Nama Mataram dipilih karena mengandung makna filosofis.

Awal Nama EMCO dari Mataram

Mataram dikenal sebagai kerajaan besar di daerah tenggara Yogyakarta yang memiliki wilayah kekuasaan yang luas hingga ke luar Jawa. Merk dagang EMCO berasal dari pelafalan hhuruf  M (Mataram) dan C (Company). Makan dibalik pemilihan nama perusahaan tersebut diabadikan melalui logo produk yaitu ksatria berbaju zirah dengan warna kemasan produk merah menyala.

Agar lebih fokus dalam pengembangan efisiensi kualitas produk, Mataram Paint secara khusus hanya memproduksi cat kayu, cat besi, dan pengencer sekaligus pelapis cat (thinner).

Ketika kondisi sosial dan ekonomi Indonesia mulai stabil, Mataram Paint semakin berkembang hingga menjadi ikon Surabaya. Mataram Paint menjadi bukti adanya perjuangan masyarakat Indonesia untuk bertahan dan memulai hidup baru secara mandiri setelah terlepas dari belenggu Belanda.

Mataram Paint juga berhasil mempertahankan eksistensinya hingga generasi ketiga. Meski sudah berganti kepemimpinan, Mataram Paint tetap merawat dan menjaga nilai sejarah perusahaan dengan mempertahankan lokasi pabrik pertama dan menyimpan serta merawat mesinmesin yang kali pertama digunakan untuk proses produksi.

Menjadi Cagar Alam Diresmikan Oleh Pemerintah Surabaya

Karena kontribusinya dalam membangun perekonomian, bangunan pabrik Mataram Paint diresmikan menjadi cagar budaya. Peresmian tersebut dilakukan oleh Pemerintah Kota Surabaya pada 2015. Dari dulu hingga sekarang pun, EMCO masih terus berperan dalam merawat dan menjaga bangunan-bangunan di Surabaya dan Indonesia.

Selayaknya produk lokal, EMCO dan Mataram Paint menjadi cermin dari keberhasilan yang didapatkan dari berbagai upaya dan kesungguhan. Kualitas produk EMCO menjadi alasan yang membuat masyarakat tetap percaya dan selalu memilih EMCO. Upaya untuk selalu memberikan produk berkualitas dan kepuasan pada konsumenlah yang membawa EMCO menjadi produk perusahaan lokal yang berumur panjang.

Di tangan generasi ketiga, yakni Pangkey dan Iwan Kusmarwanto, EMCO terus berkembang. Perkembangan tersebut membawa perubahan positif hingga berhasil membuat Mataram Paint diakui oleh banyak pihak. Mataram Paint mendapat berbagai prestasi sebagai bentuk penghargaan terhadap eksistensi dan keberhasilannya, di antaranya yaitu Rekor Bisnis oleh Harian Seputar Indonesia dan Tera Foundation pada 2011, Top Brand pada 2016, Indonesia Living Legend Brand, Indonesia Original Brand, dan Digital Popular Brand dari Majalah Swa.

baca juga

    Pengembangan Product Mataram Paint

    Sekarang, Mataram Paint mulai mengembangkan produk cat dengan membuat cat tembok interior. Dengan merk dagang Ren”O”tex, Mataram Paint memproduksi cat tembok interior dengan dua tampilan, yakni Ren”O”tex Satin untuk tampilan halus yang berkilap sedang, dan Ren”O”tex Impression untuk tampilan pastel yang matte. Keduanya sudah beredar luas di pasaran dan bisa dengan mudah Anda dapatkan di toko penyedia bahan bangunan terdekat.

    Selain produk baru, Mataram Paint juga mengembangkan pelayanan terhadap konsumen. Mataram Pain menyediakan website khusus untuk promosi produk dan pelayanan konsumen, yaitu di www.matarampaint.com.

    Anda bisa melihat produk-produk Mataram Paint sekaligus mengetahui keterangan produk hingga cara penggunaan produk di situs tersebut. Melalui situs yang sama, Mataram Paint juga melayani konsultasi pengecatan, mulai dari memperhitungkan banyaknya cat yang digunakan, biaya yang harus dikeluarkan, hingga pemilihan warna yang tepat berdasarkan keinginan Anda.

    Anda juga bisa menghubungi dan berkomunikasi dengan mengunjungi blog perusahaan distributor produk Mataram Paint.

    Jika Anda ingin melihat galeri dan perkembangan terbaru Mataram Paint, Anda tidak harus pergi ke Surabaya. Mataram Paint memiliki akun social media mulai dari path, youtube, facebook, twitter, hingga instagram yang bisa Anda akses kapanpun.

    Menarik, bukan?



    Leave a Reply

    3 + twenty =

    Ad Blocker Detected

    Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker.

    Refresh
    error: Content is protected !!