Empat Strategi Agar Brand Activation Sukses

undercover.co.id Dalam dunia pemasaran yang terus berubah, brand activation telah menjadi kunci utama untuk memikat dan mempertahankan kesetiaan pelanggan. Mengulas brand activation dengan mengambil contoh merek fesyen global, UNIQLO dan menemukan empat strategi yang telah mengantarkan brand asal Jepang itu pada kesuksesan.

1. Personalisasi

Sebelum memulai rencana brand activation, penting untuk benar-benar mengenal dengan baik siapa audiens yang ditarget. Pahami usia mereka, minat, perilaku, dan masalah yang ingin diatasi. UNIQLO melakukannya dengan cemerlang. Merek tersebut mengkategorikan produk mereka untuk berbagai tipe pelanggan. Dengan memahami kebutuhan dan masalah yang dihadapi oleh setiap kelompok, UNIQLO menyesuaikan pemasaran agar terasa lebih personal. Personalisasi bukan hanya soal penyesuaian, tetapi juga tentang membuat audiens merasa benar-benar memahami mereka. 

2. Bangun Koneksi Emosional untuk Mendorong Perhatian Audiens

Membuat kampanye yang membangkitkan perasaan dan sejalan dengan nilai-nilai brand adalah kunci. UNIQLO melakukannya dengan cara menunjukkan bagaimana produk UNIQLO cocok dalam berbagai aspek kehidupan.

Flanel adalah salah satu produk terlaris UNIQLO yang dikenal karena fleksibilitas dan kenyamanannya. UNIQLO secara efektif mengkomunikasikannya melalui kampanye “Live Life in Flannel” menekankan bahwa audiens dapat merasakan setiap momen dalam hidup dengan mengenakan flanel. Video promosi menampilkan orang yang berpartisipasi dalam berbagai aktivitas dengan mengenakan flanel, menciptakan citra yang bisa dirasakan dan menginspirasi. Penggunaan aktor Indonesia juga meningkatkan relevansi dengan audiens. 

3. Konsistensi di Seluruh Kanal

Menjaga konsistensi identitas brand di semua tempat di mana brand mencapai audiens adalah suatu keharusan. Baik itu di televisi, toko fisik, online, atau media sosial, konsistensi membantu orang mengenali dan mempercayai brand. UNIQLO mencapainya dengan mengikuti aturan brand yang konsisten dalam semua komunikasinya. UNIQLO mempromosikan produk mereka di berbagai channel, mulai dari Google dan Facebook hingga TikTok dan Twitter/X. UNIQLO juga mengingatkan audiens tentang toko fisik mereka, menghubungkan pengalaman berbelanja online dan offline. Pesannya sederhana: brand message yang jelas di banyak tempat adalah strategi yang sukses.

4. Cross-Data Measurements: Strategi Unggul dalam Era Digital

Di era digital saat ini, teknologi memainkan peran penting dalam brand activation. UNIQLO memanfaatkan analitika data untuk memperkuat usaha mereka. UNIQLO mengumpulkan dan menganalisis data dari berbagai sumber, seperti statistik situs, angka penjualan, dan tren industri. Ini membantu UNIQLO memahami apa yang terjadi saat ini dan bagaimana perilaku audiens, yang memungkinkan membuat keputusan cerdas untuk meningkatkan kinerja. 

Singkatnya, brand activation melampaui sekadar exposure brand namun juga melibatkan hubungan yang tulus dengan audiens. Personalisasi, pesan yang konsisten di berbagai saluran, emosi yang tercipta, dan wawasan yang didasarkan pada data adalah pilar strategi brand activation yang sukses ala UNIQLO. Ketika memulai perjalanan brand activation, ambilah inspirasi dari strategi ini untuk menciptakan dampak yang berkesan pada audiens dan mengangkat merek ke tingkat yang lebih tinggi.

Sebelum memulai rencana brand activation, penting untuk benar-benar mengenal dengan baik siapa audiens yang ditarget.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

×

 

Hello!

SEO Manager Kami Membantu Anda

× SEO Consultation