jasa seo dan internet marketing
jasa seo dan internet marketing
Published On: Tue, Mar 7th, 2017

Etika Bisnis UKM Yang Harus Diketahui Pelaku Usaha

Undercover.co.id – Etika Bisnis UKM Yang Harus Diketahui Pelaku Usaha. Bisnis merupakan satu dari sekian banyak usaha yang dijalankan masyarakat. Sebagai orang yang menjalankan pekerjaan sendiri, bekerja sama dan juga membuat relasi atau koneksi tersendiri tentu anda harus memiliki aturan dan hal yang dianggap pantas dalam bekerja khususnya berbisnis. Untuk itu etika bisnis sangatlah penting dan diperlukan.

Apa Itu Etika Bisnis ?

Hasil gambar untuk etika bisnis UKM

Secara sederhana yang dimaksud dengan Etika Bisnis adalah cara-cara untuk melakukan kegiatan bisnis, yang mencakup seluruh aspek yang berkaitan dengan individu, perusahaan, industri dan juga masyarakat. Kesemuanya ini mencakup bagaimana kita menjalankan bisnis secara adil, sesuai dengan hukum yang berlaku, dan tidak tergantung pada kedudukan individu ataupun perusahaan di masyarakat. Etika bisnis lebih luas dari ketentuan yang diatur oleh hukum, bahkan merupakan standar yang lebih tinggi dibandingkan standar minimal ketentuan hukum, karena dalam kegiatan bisnis seringkali kita temukan wilayah abu-abu yang tidak diatur oleh ketentuan hukum.

Prinsip Etika Bisnis dalam UKM

Hasil gambar untuk etika bisnis UKM

  1. Kemandirian

Prinsip ini mensyaratkan agar perusahaan dikelola secara profesional tanpa ada benturan kepentingan dan tanpa tekanan atau intervensi dari pihak manapun yang tidak sesuai dengan peraturan-peraturan yang berlaku. Dengan kata lain, prinsip ini menuntut bertindak secara mandiri sesuai peran dan fungsi yang dimilikinya tanpa ada tekanan. Terutama jika UKM karena bersifat mandiri dan berdiri sendiri.

baca juga : Wirausaha Muda Mandiri dan Faktor x

2. Tanggung Jawab

Bentuk pertanggung jawaban perusahaan adalah kepatuhan perusahaan terhadap peraturan yang berlaku, diantaranya; masalah pajak, hubungan industrial, kesehatan dan keselamatan kerja, perlindungan lingkungan hidup, memelihara lingkungan bisnis yang kondusif bersama masyarakat dan sebagainya. Terutama jika anda memiliki UKM yang mempekerjakan karyawan, anda sebagai atasan harus bisa mengendalikan tanggung jawab bisnis anda.

3. Pengendalian Diri

Bentuk pertanggung jawaban perusahaan adalah kepatuhan perusahaan terhadap peraturan yang berlaku, diantaranya; masalah pajak, hubungan industrial, kesehatan dan keselamatan kerja, perlindungan lingkungan hidup, memelihara lingkungan bisnis yang kondusif bersama masyarakat dan sebagainya.

4. Persaingan Harus Sehat

Ciptakan persaingan yang sehat untuk meningkatkan kualitas bisnis Anda. Jangan pernah bersaing dengan tujuan mematikan bisnis pelaku bisnis lain. Anda harus bisa menjalin kerja sama dengan pebisnis dari berbagai bidang usaha dan golongan.

baca juga : Inilah Tren Bisnis Kue yang Siap Menghangatkan Persaingan Bakery Business

Jenis Etika Bisnis dalam UKM Antara Lain ?

Hasil gambar untuk etika bisnis UKM

Ada dua macam etika yang harus kita pahami bersama dalam menentukan baik dan buruknya perilaku manusia, yaitu:

  1. ETIKA DESKRIPTIF, yaitu etika yang berusaha meneropong secara kritis dan rasional sikap dan prilaku manusia dan apa yang dikerjar oleh manusia dalam hidup ini sebagai suatu yang bernilai. Etika deskriptif memberikan fakta sebagai dasar untuk mengambil keputusan tentang perilaku/sikap yang akan diambil.
  2. ETIKA NORMATIF, yaitu etika yang berusaha menetapkan berbagai sikap dan pola prilaku ideal yang seharusnya dimiliki oleh manusia dalam hidup ini sebagai sesuatu yang bernilai. Etika normatif memberi penilaian sekaligus memberi norma

baca juga : Bisnis Konvensional Bisa Kok Bangun Brand yang Kuat! Ini 3 Strategi Konten yang Engaging

Pages: 1 2

jasa seo dan internet marketing

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

jasa seo dan internet marketing
Protected by Copyscape
Pin It