Jasa

Undercover.co.id – Facebook memiliki pengguna yang sangat banyak. Selain itu, berbagai fitur dimiliki oleh Facebook.

Pada awalnya, Facebook ini hanya digunakan untuk berkomunikasi saja, namun kini Facebook menjadi bagian dari digital marketing.

Kini Facebook memiliki fitur Marketplace dengan bertujuan menemukan pembeli dan penjual produk dengan nyaman. Orang-orang dapat dengan mudah menemukan apa yang dicari dengan memfilter hasil menurut lokasi, kategori, dan harga.

Facebook Marketplace juga menawarkan cara mudah untuk membantu meningkatkan penemuan merek dan produknya.

Hal ini karena jangkauan dan pengalaman pelanggan yang dipersonalisasi. Sehingga pada Facebook Marketplace menampilkan produk yang relevan bagi konsumen, membantu bisnis anda menemukan pelanggan yang tepat.

Hal ini juga membantu memastikan bahwa produk anda dilihat oleh audiens yang tepat, yang pada akhirnya menghasilkan peningkatan peluang interaksi yang akan mengarah pada pembelian.

Dengan mendaftar di Marketplace, maka anda dapat menjangkau pembeli di tempat mereka sudah berada. Sehingga dapat meningkatkan omset yang anda jual.

Facebook Marketplace
Facebook Marketplace

Produk

Hal yang pertama sebelum memasarkan sebuah produk adalah pastikan produknya sudah ada. Dalam menentukan produk ini sebaiknya melalui riset. Misalnya dengan menjual produk musiman atau produk sehari-hari.

Produk musiman ini seperti produk yang digunakan orang saat musim berubah. Misalnya saat musim dingin, produk yang dapat dijual dan pasti laku adalah jaket, mantel dan lain sebagainya. Sedangkan jika anda akan menjual barang sehari-hari, sangat bagus untuk menjual barang-barang yang menarik dan trendi.

Buat Akun Facebook Marketplace

Stelah menentukan produk, karena anda akan menggunakan Facebook Marketplace sebagai bagian dari strategi pemasaran, pastikan anda mempunyai akun ini. Cara mengatur akun Facebook Marketplace cukup mudah.

Jika Anda memiliki akun Facebook aktif, maka anda sudah memiliki akses ke Facebook Marketplace. Di sisi kiri beranda Facebook, terdapat pilihan Marketplace atau jika tidak ada maka dapat dicari pada bilah pencarian dan itu akan muncul.

Jika tidak memiliki akun Facebook, maka buatlah akau Facebook pribadi terlebih dahulu. Setelah  melakukan pendaftaran, maka akun siap digunakan.

Perlu untuk mengisi beberapa informasi sebagai langkah penting yang akan membuat anda lebih dapat dipercaya di Marketplace.

Orang hanya akan mau membeli pada akun dengan gambar profil dan beberapa informasi pengenal dasar akun yang jelas. Setelah itu, anda dapat mengakses Marketplace.

Facebook Marketplace
Facebook Marketplace

Optimalkan Daftar Item

Setelah mendapatkan produk yang akan dijual dan dapat mengakses Marketplace sekarang anda sudah dapat melakukan penjualan. Optimalkan daftar item ini agar banyak orang yang mau membeli produk anda sampai anda kebanjiran omset.

Pembuatan daftar item ini dapat melaui desktop atau ponsel. Setelah masuk pada bagian Marketplace, maka buat cantuman baru. Setelah itu anda pilih jenis produk yang akan dijual, apakah sebuah barang, kendaraan atau rumah. Agar dapat menaikan omset penjualan maka terdapat beberapa hal yanh perlu dioptimalkan, yaitu sebagai berikut.

Foto Produk

Informasi pertama yang akan diunggah pada item produk adalah foto. Gunakan latar belakang yang bersih dan relevan dengan produk.

Ambil gambar produk dari sudut yang berbeda untuk menunjukkan dengan tepat seperti apa produk itu. Gunakan kamera profesional untuk mengambil gambar HD berkualitas tinggi. Pastikan pencahayaannya bagus dan produk terlihat jelas.

Judul dan Deskripsi

Pastikan judul menggunakan kalimat yang relevan dengan produk. Selain itu, pada bagian keterangan deskripsi harus sesuai dengan gambar yang ditampilkan. Gunakan kata kunci yang relevan untuk meningkatkan SEO.

Hal ini dapat membantu produk tampil lebih menonjol di antara hasil saat pelanggan menelusurinya dengan produk yang serupa.

Semakin detail informasi dan kata kunci yang disertakan, maka semakin besar peluang pelanggan benar-benar melihat produk yang anda jual.

Pada bagian keterangan dapat mengomunikasikan kondisi produk yang dijual, mencatat cacat produk apabila tidak dalam keadaan baru agar dapat diketahui pelanggan dan alasan mengapa anda menjualnya.

Facebook Marketplace
Facebook Marketplace

Tag Produk

Tambahkan banyak tag produk, sebagai istilah pencarian tambahan yang tidak dapat dimasukkan ke dalam judul atau deskripsi. Hal ini tentu saja akan membantu agar produk anda masuk pada pencarian tertatas dibanding produk kompetitornya.

Harga

Facebook Marketplace ini memiliki toko online yang tidak sedikit. Selain itu, produk yang anda jual juga mungkin sam dengan toko yang lain. Oleh karena itu, usahakan untuk menawarkan produk dengan harga yang bersaing. Jangan terlalu murah juga karena selain akan membuat kamu rugi, calon pembeli juga akan merasa ragu dengan kualitas produk yang anda jual.

Metode Pengiriman

Sesuaikan metode pengiriman, yang menjadi pertimbangan adalah pesanan di Facebook Marketplace harus dikirim dalam waktu 3 hari dan diterima dalam waktu 7 hari. Jadi sesuaikan dengan produk yang anda jual, untuk mengatasi masalah apa pun dengan penawaran dan permintaan.

Pastikan anda membuat produk lebih terlihat oleh pelanggan, lebih mungkin untuk diklik, dan lebih mungkin banyak orang yang tertarik terhadap produk yang dijual.

Facebook Marketplace
Facebook Marketplace

Share di Grup

Sebagai bentuk promosi dari produk yang anda jual di Facebook Marketplace, maka produk yang anda jual dapat di share di Grup. Usahakan untuk membagikan ke grup yang relevan dengan produk dan target market yang anda tentukan.

Promo Produk

Agar produk anda terjual dan pengunjung Facebook Marketplace banyak dikunjungi, maka adakan promo produk yang anda jual. Banyak sekali program promo yang dapat digunakan, misalnya buy 1 get 1, potongan harga dan gratis omgkir.

Iklan Facebook

Agar produk memiliki banyak peminat, maka dapat menggunakan layanann iklan berbayar di Facebook. Terdapat beberapa paket yang dapat dipilih, namun gunakan yang sesuai dengan budget yang anda punya.

Perbarui Postingan

Jika produk anda belum terjual padahal telah terdaftar setidaknya selama 7 hari, maka anda dapat memperbarui daftar produk. Hal ini dapat menambah daftar produk anda kembali ke bagian atas.

baca juga

Berkomunikasi Dengan Pembeli

Anda akan menghadapi berbagai macam karakter pelanggan. Apalagi saat menggunakan Facebook Marketplace, tidak sedikit orang akan message anda untuk bertanya seputar produk yang dijual.

Cobalah untuk menjawab pesan sesegera mungkin untuk meningkatkan peluang anda melakukan penjualan. Karena jika tidak membalas pesan dengan cepat, makaditakutkan calon pelanggan tidak jadi membeli di toko anda.

Jika ada pelanggan yang kasar atau marah, maka tetap tenang dan hormat dalam segala situasi. Namun, jika dirasa berlebihan maka abaikan saja pesannya atau blokir mereka.

Saat bernegoisasi tentang harga, dan calon pelanggan meminta harga terendah, maka tolak dengan hormat dan tetap tegas

Itulah beberapa cara untuk menaikan omset penjualan di Facebook Marketplace. Saat akan memulai bisnis, pastikan rencana dan strategi anda sudah matang.

Anda bisa menggunakan fitur dan cara gratis terlebih dahulu untuk memasarkan produk anda sebelum menggunakan layanan iklan berbayar.

Jasa
0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *