Family Mart, Jaringan Waralaba Toko Kelontong dari Jepang

https://www.undercover.co.id – Family Mart, Jaringan Waralaba Toko Kelontong dari Jepang Jaman sekarang, belanja bisa dilakukan di mana saja, tidak perlu repot dengan berpindah-pindah tempat, atau pun kepanasan di dalam pasar yang pengap.

Sudah tersedia supermarket dan swalayan yang sudah menyediakan beragam kebutuhan, seperti sayur, buah-buahan, sampai dengan peralatan rumah tangga, sabun, mesin cuci, peralatan masak, dan lain sebagainya dalam satu tempat.

Konsep swalayan atau supermarket yang menyediakan segalanya dalam satu tempat ini memberikan keuntungan tersendiri bagi masyarakat yang menyukai sistem belanja praktis.

Banyak pelanggan supermarket yang mengakui bahwa belanja di supermarket yang menyediakan segalanya dalam satu tempat ini mempermudah mereka untuk memperoleh kebutuhan dan juga untuk memilih, terkait soal harga yang berbeda dengan pasar tradisional, mereka tidak terlalu mempermasalahkannya.

Keinginan pelanggan yang menginginkan kepraktisan seperti itu membuat pebisnis melihatnya sebagai peluang usaha, sehingga mereka memunculkan beragam toko swalayan yang memberikan kemudahan untuk berbelanja.

 

Family Mart, Waralaba Toko Kelontong

Kemunculan Family Mart dilatarbelakangi oleh hal-hal di atas, di mana pemilik usaha Family Mart ingin memberikan kemudahan berbelanja kepada konsumen. Family Mart merupakan jaringan waralaba toko kelontong (convenience store) yang berbasis di Jepang, berkantor pusat di Gedung Sunshie 60, Higashi Ikebukuro, Toshima-ku, Tokyo.

Waralaba toko kelontong Family Mart pada awalnya didirikan oleh Seiyu, namun pada 1998 kepemilikan itu berubah karena sahamnya dibeli oleh Itochu Group. Sejak Februari 1998, operasional dibawah kebijakan Itochu sebagai pemegang saham terbesar.

Family Mart, sejak berdirinya memiliki slogan khusus, yang berbunyi, “Anata to, Konbini, Famiriimaato,” bila diterjemahkan dalam bahasa inggris, ungkapan tersebut berbunyi, “Family Mart, Where You Are One of the Family”. Di Jepang, nama toko ini populer dengan singkatan Famima.

 

 

Sejarah Singkat Perkembangan Family Mart di Jepang

Seiyu Stores di bawah komando Seiyu Stores mendirikan Family Mart Departement dan membuka toko di empat lokasi, diulai pada Maret 1978. Selanjutnya, untuk mengkoordinasi Family Mart secara khusus, Seiyu Stores mendirikan anak perusahaan FamilyMart Co. Ltd. pada September 1981.

Sejak menjadi anak perusahaan khusus, saham family Mart kemudian mulai diperdagangkan di Bursa Saham Tokyo. Diperdagangkan pertama kali di Bursa Saham Tokyo Seksi Pertama pada Agustus 1989.

Perkembangan yang menggembirakan mulai terjadi pada tahun 2003, di mana Famiy Mart berhasil keluar sebagai jarongan toko kelontong pertama di Jepang yang membuka toko sampai di 10 ribu lokasi di seluruh Asia.

Permulaan Ekspansi Family Mart ke Berbagai Negara

Pergerakan Family Mart sampai di negeri gajah putih, Thailand sejak April 1993. Di negeri gajah putih, Family Mart mendirikan Siam FamilyMart bersama Robinson Department Store Public Co., Ltd., Saha Pathanapibul Public Co., Ltd., dan Itochu (Thailand) Ltd.

Family Mart juga mendirikan FamilyMart dan Homboshoten Co., Ltd. di Kagoshima dan juga mendirikan Minami Kyushu FamilyMart Co., Ltd. pada April 1993. Ekspansi ini tidak akan pernah terjadi jika ide mnedirikan toko kecil Family Mart tidak pernah terjadi.

Dimulai tahun 1972, bagian perencana Seiyu Group memiliki ide untuk mendirikan toko waralaba bernama Family Mart. Ide itu diwujudkan dengan pendirian toko di Sayama, Prefektur Saitama.

Waralaba Family Mart Merambah Asia Tenggara

Perkembangan bisnis Family Mart mencapai seluruh bagian Asia Timur dan Asia Tenggara. Family Mart menjangkau seluruh dunia dengan sistem warabala ini hingga sudah ada lebih dari 20.000 buah jaringan Family Mart yang terbangun di luar negeri sakura.

 

Ekspansi waralaba family mart keluar negaranya, pertama-tama dimulai dari Naha, Okonawa pada Oktober 1987, kemudian beranjak ke Taiwan. Di Taiwan, Family Mart membentuk dirinya dengan membangun rekanan bersama Taiwan Family Mart, pada Agustus 1988.

Di Korea Selatan, Family Mart membangun dan menandatangi kontrak dengan Bokwang FamilyMart Co. Ltd. di Seoul, Korea Selatan pada Juli 1990. Bokwang FamilyMart Co. Ltd. Sebagai salah satu jaringan pengembang Family Mart di nigari ginseng mendapatkan fasilitas berupa pengetahuan operasional convenience store dan mendapatkan hal menggunakan Family Mart.

 

Keberhasilan Family Mart

Keberhasilan family Mart membangun jaringan toko kelontongnya sendiri di seluruh Asia membuat bisnis waralaba toko kelontong seperti ini dilirik oleh pebisnis lainnya. magnet berupa minat masyarakat yang tinggi dengan Family Mart mendatangkan investor ke Family Mart, sehingga mereka dapat membangin Shanghai Family Mart Co. Ltd pada Mei 2004.

FamilyMart juga menjalin kerjasama dengan pihak-pihak asing lainnya seperti Tinghsin (Cayman Islands) Holding Corporation, Taiwan FamilyMart Co., Ltd., Itochu Corporation, and CITIC Trust & Investment Co., Ltd. Tidak hanya di ranah ASIA, Family Mart juga menembus pasar Amerika Serikat dengan terjalinnya kerjasama antara Itochu Corporation and Itochu International Inc. (U.S.A.) untuk mendirikan Famima Corporation (U.S.A.).

Dengan dibukanya toko-toko Family Mart di seluruh dunia, maka jaringan toko Family Mart menjadi sangat besar. Dengan effort kerjanya yang tinggi, Family Mart menjadi waralaba toko kelontong pertama dari negara Jepang yang membangun toko-tokonya lebih banyak di luar negeri daripada di dalam negerinya sendiri.

Family Mart di Indonesia

Tak terkecuali, Indonesia juga menjadi negara distribusi jaringan toko kelontong Family Mart yang basis manajemennya terpusat di Jepang ini. Di Indonesia, Family Mart menjalin kerjasama dengan PT. Fajar Mitra Indah, yang merupakan anak perusahaan Wings Gorup.

Pendirian Family Mart di tengah-tengah masyarakat Indonesia sudah tersebar sampai ke berbagai daerah. Pada tahun 2013, FamilyMart sudah memiliki 6 gerai di Jakarta. Toko pertamanya dibuka di Cibubur, yang kedua di Jalan BUlungan Jakarta Selatan, ketiga dibangun di Pejaten, Jakarta Selatan dan seterusnya, sampai yang keenam dibangun di area Kelapa Gading, Jakarta Utara dan Thamrin Residence Apartment, Jakarta Pusat.

 

baca juga

350 Daftar Waralaba Dan Franchise Mulai Dari 1 Juta sd 1 Milyar

Franchise Bidadari Biru Spa

Baca juga

1000.001 Ide Bisnis UKM Dengan Modal Mulai 100 Ribu

Panduan Bisnis Online Terlengkap

Panduan Lengkap Pecinta Kopi

Investor Bisnis Untuk Kelancaran Usaha Anda

350 Daftar Waralaba Dan Franchise Mulai Dari 1 Juta sd 1 Milyar

Panduan Sukses Bisnis Franchise

50 Daftar Lengkap Virtual Office Di Indonesia

50 Daftar Jasa Kontraktor Indonesia

50 Usaha Rumahan di Indonesia

500 Kisah Pengusaha Sukses

Kenali Daftar 99 Fintech Indonesia

 

 

Family Mart Bagi Orang Indonesia

FamilyMart di Indonesia menjadi toko yang dirancang sebagai percontohan pusat perbelanjaan modern dengan konsep convenience store. Sesuai dengan motto, visi dan misinya yang berupa membangun “Hubungan Kekeluargaan” dan “Maju & Berkembang Bersama”, Family Mart memberikan kemudahan untuk masyarakat yang membutuhkan kebutuhan pangan atau kebutuhan sehari-hari lainnya.

Dengan sistem belanja modern, masyarakat tidak perlu kerepotan untuk mencari barang tertentu. tinggal masuk ke dalam toko kelontong, Anda bisa langsung melihat-lihat kualitas barang.

baca juga 100 Daftar Waralaba Dan Franchise Mulai Dari 1 Juta sd 1 Milyar

Brand CVS No.2 di dunia dengan jumlah toko lebih dari 20.000 yang telah tersebar ke berbagai neagra ini masih terus membuka kerjasama waralaba dengan pihak-pihak yang berminat.

Informasi lebih lanjut bisa langsung mendatangi atua menghubungi:

Store Location

  1. FamilyMart Lapangan Ros

Address Jl. Lapangan Ros Raya No.36F Blok A. Jakarta

  1. FamilyMart Mangga Dua Square

Address Jl. Gunung Sahari Raya No.1, RT.11/RW.6 Pademangan, Kota Jkt Utara, Jakarta

  1. FamilyMart LTC Glodok

Address Jalan Hayam Wuruk No.127, Mangga Besar,

 

Ad Blocker Detected

Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker.

Refresh
error: Content is protected !!