Fenomena Bitcoin Untuk Keuangan Masa Depan

SEO UNDERCOVER CO ID 74

undercover.co.id Bitcoin adalah cryptocurrency yang dibuat pada tahun 2009 dan Marketplace menyebut pertukaran bitcoin memungkinkan orang untuk membeli atau menjual bitcoin menggunakan mata uang yang berbeda.

Transaksi bitcoin dibuat tanpa perantara – artinya, tidak ada bank! Bitcoin dapat digunakan untuk memesan hotel di Expedia, berbelanja furnitur di Overstock dan membeli game Xbox, dan juga banyak orang memanfaatkannya sebagai salah satu cara untuk melakukan transaksi dalam sistem perdagangan.

Bitcoin dapat digunakan untuk membeli barang secara anonim, selain itu dengan menggunakan bitcoin untuk transaksi pembayaran internasional menjadi lebih mudah dan murah karena bitcoin tidak terikat dengan negara mana pun atau tunduk pada peraturan.

Pemilik usaha kecil kemungkinan besar akan menyukai sistem bitcoin ini karena tidak ada biaya kartu kredit, sedangkan sebagian orang akan membeli bitcoin sebagai investasi karena ada peluang bahwa nilai bitcoin akan naik setiap waktunya seperti nilai satu gram emas.

Membeli Bitcoin

Bitcoin dapat dibeli di Exchange.

Sejak kemunculan bitcoin, marketplace menyebut pertukaran bitcoin memungkinkan orang untuk membeli atau menjual bitcoin menggunakan mata uang yang berbeda.

Coinbase adalah pertukaran terkemuka, bersama dengan Bitstamp dan Bitfinex.

Pernah terjadi suatu kasus di mana bitcoin senilai puluhan juta dolar dicuri dari Bitfinex ketika diretas pada tahun 2016.

Transfer Bitcoin

Orang dapat mengirim bitcoin satu sama lain menggunakan aplikasi seluler atau komputer mereka. Ini serupa dengan mengirim uang tunai secara digital.

Meskipun setiap transaksi bitcoin dicatat dalam log publik, nama pembeli dan penjual tidak pernah diungkapkan – hanya ID dompet mereka saja yang nampak.

Semua itu membuat transaksi pengguna bitcoin bersifat pribadi, itu juga memungkinkan mereka membeli atau menjual apa pun tanpa dengan mudah dapat melacak merkea kembali.

Hal ini pulalah yang menjadi alasan bitcoin menjadi mata uang pilihan beebrapa orang, bahkan oran-orang kurang bertanggung jawab menggunakan bitcoin sebagai kesempatan untuk melakukan transaksi gelap seperti membeli narkoba dan kegiatan terlarang lainnya.

Masa depan Bitcoin yang dipertanyakan

Masa depan bitcoin masih dipertanyakan, tidak ada yang tahu apa yang akan terjadi dengan bitcoindi masa depan.

Sampai detik ini, money.cnn.com menyebut penggunaan bitcoin di sejumlah negara masih diperdebatkan, kecuali Cina, Australia, dan Jepang yang sudah mulai serius membuat aturan penggunaan bitcoin.

Setiap pemerintahan khawatir tentang pelanggaran perpajakan dan kemungkinan sulitnya kontrol mereka atas mata uang bitcoin ini.

Meski demikian, Bitcoin masih eksis di internet dan semakin banyak pengguna bitcoin di dunia ini, sehingga ada kemungkinan bahwa di masa depan orang-orang akan menggunakan bitcoin sebagai alat transaksi menggantikan kedudukan mata uang di dunia.

Bitcoin Wallet

Bitcoin Wallet atau biasa disebut juga dengan nama Dompet Bitcoin adalah program perangkat lunak tempat Bitcoin disimpan.

Agar akurat secara teknis, Bitcoin tidak disimpan di mana saja, ada keyword pribadi untuk setiap alamat Bitcoin yang disimpan dalam Bitcoin Wallet milik orang yang mempunyai saldo.

Bitcoin Wallet memfasilitasi pengiriman dan penerimaan Bitcoin dan memberikan kepemilikan saldo Bitcoin kepada pengguna.

Bitcoin Wallet merupakan dompet digital yang digunakan untuk menyimpan uang digital, memiliki Bitcoin Wallet sangat penting dalam proses mendapatkan bitcoin yang nantinya dapat ditukar menjadi uang dan bisa dibelanjakan.

Bitcoin sama dengan uang tunai digital lainnya dan Bitcoin Wallet sama saja dengan dompet analog lainnya.

Namun alih-alih menyimpan Bitcoin secara harfiah, yang disimpan di dalam bitcoin wallet adalah informasi yang relevan, seperti keyword pribadi yang dapat digunakan untuk mengakses alamat bitcoin untuk melakukan transaksi.

Macam-macam Bitcoin Wallet

Bitcoin Wallet hadir dalam berbagai bentuk seperti desktop, seluler, web, dan perangkat keras adalah empat jenis dompet utama.

Desktop Bitcoin Wallet

Dekstop Bitcoin Wallet dipasang di komputer desktop dan memberikan pengguna kontrol penuh atas dompet.

Dompet desktop memungkinkan pengguna untuk membuat alamat Bitcoin untuk mengirim dan menerima Bitcoin.

Desktop wallet bitcoin juga memungkinkan pengguna untuk menyimpan kunci pribadi.

Beberapa dompet desktop yang dikenal adalah Bitcoin Core, MultiBit, Armory, Hive OS X, Electrum, dan lain-lain.

Ponsel Bitcoin Wallet

Ponsel bitcoin wallet berupa aplikasi berbayar pada Anda, yang dapat melakukan fungsi yang sama dengan desktop bitcoin wallet.

Ponsel bitcoin wallet juga dapat membantu Anda membayar langsung dari ponsel Anda dari mana saja.

Dengan demikian ponsel bitcoin wallet dapat memfasilitasi anda dalam melakukan pembayaran di toko fisik hanya dengan menggunakan “sentuh-untuk-bayar” melalui pemindaian NFC kode QR.

Beberapa ponsel Bitcoin wallet yang terkenal antara lain Hive Android dan Mycelium Bitcoin Wallet.

Ponsel Bitcoin wallet aplikasi umumnya tidak berfungsi pada sistem iOS dan Android.

Dianjurkan sebelum menggunakan ponsel bitcoin wallet, anda harus meneliti terlebih dahulu pilihan sofwater ponsel bitcoin pilihan anda karena ada beberapa perangkat lunak yang malware yang sengaja dipasang menyerupai ponsel bitcoin wallet.

Web bitcoin wallet

Web bitcoin wallet memungkinkan Anda untuk menggunakan Bitcoin dari mana saja, di browser atau seluler manapun.

Pemilihan web bitcoin wallet harus dilakukan dengan hati-hati karena website ini akan menyimpan keyword pribadi Anda secara online.

Coinbase dan Blockchain adalah penyedia dompet web populer.

Perangkat keras bitcoin wallet

Perangkat keras bitcoin wallet sejauh ini adalah jenis Bitcoin wallet yang paling aman, karena menyimpan Bitcoin pada peralatan fisik, umumnya dicolokkan ke komputer melalui port USB.

Perangkat keras bitcoin wallet umumnya kebal terhadap serangan virus dan sangat sedikit kasus pencurian Bitcoin dari perangkat keras bitcoin wallter telah dilaporkan.

Namun sayangnya, perangkat ini adalah satu-satunya Bitcoin wallet yang tidak gratis, harganya berkisar $ 100 hingga $ 200.

Tips menjaga keamanan Bitcoin Wallet

Menjaga keamanan Bitcoin wallet Anda sangat penting karena Bitcoin wallet mewakili target bernilai tinggi bagi para peretas.

Beberapa perlindungan meliputi:

  • Mengenkripsi bitcoin wallet dengan kata sandi yang kuat
  • Memilih opsi penyimpanan secara offline
  •  Sering-sering mencadangkan desktop dan dompet seluler Anda

Bitcoin Mining

Bitcoin Mining diartikan juga sebagai Penambangan Bitcoin adalah proses penambahan catatan transaksi ke buku besar umum Bitcoin dari transaksi atau blockchain sebelumnya.

Buku besar transaksi masa lalu ini disebut rantai blok karena bentuknya menyerupai dengan rantai blok yang berfungsi untuk mengkonfirmasi transaksi ke seluruh jaringan yang telah terjadi.

Penambangan Bitcoin sengaja dirancang untuk menjadi sumber daya intensif dan sulit sehingga jumlah blok yang ditemukan setiap hari oleh penambang tetap stabil.

Blok individual harus berisi bukti kerja agar dianggap valid.

Bukti kerja ini diverifikasi oleh node Bitcoin lainnya setiap kali mereka menerima blok. Bitcoin menggunakan fungsi fungsi hashcash proof-of-work.

Bitcoin node menggunakan rantai blok untuk membedakan transaksi Bitcoin yang sah dari upaya untuk membelanjakan kembali koin yang telah dikeluarkan di tempat lain.

Tujuan Utama Bitcoin Mining

Tujuan utama kegiatan Bitcoin Mining adalah untuk memungkinkan node Bitcoin untuk membedakan transaksi yang aman dan yang merusak.

Penambangan juga berfungsi untuk menyebarluaskan koin baru secara terdesentralisasi serta memotivasi orang untuk memberikan keamanan bagi sistem.

Penambangan Bitcoin disebut demikian karena menyerupai penambangan komoditas lain: ia membutuhkan pengerahan tenaga dan perlahan-lahan membuat mata uang baru tersedia pada tingkat yang menyerupai tingkat di mana komoditas penting di dunia seperti emas yang ditambang dari tanah.

Kesulitan Bitcoin Mining

Kedengarannya melakukan bitcoin mining sangat mudah, sebetulnya tidak jika anda tidak memahaminya, sebab ini berkaitan dengan masalah komputasi yang cukup rumit.

Penambangan Bitcoin blok sulit karena hash SHA-256 dari header blok harus lebih rendah dari atau sama dengan target agar blok dapat diterima oleh jaringan.

Bila mau disederhanakan, dikutip berdasarkan bitcoinmining.com Hash blok harus dimulai dengan sejumlah angka nol.

Probabilitas menghitung hash yang dimulai dengan banyak nol sangat rendah, oleh karena itu banyak hal harus dilakukan.

Untuk menghasilkan hash baru setiap putaran, nilai tambah akan bertambah.

Beberapa informasi yang perlu diketahui terkait dengan kesulitan melakukan bitcoin mining adalah sebagai berikut:

Bitcoin Network Difficulty Metric

Bitcoin Network Difficulty Metric adalah ukuran seberapa sulitnya menemukan blok baru.

Ini seperti permainan game, semakin banyak penambang bergabung dan ingin mendapatkan bitcoin lebih banyak maka tingkat kesulitan pembuatan blok juga akan naik.

The Block Reward

Ketika sebuah blok ditemukan oleh penambang, ia akan mendapatkan hadiah sejumlah bitcoin, yang disetujui oleh semua orang di jaringan dan sebaliknya penambang juga bisa mendapatkan fee dari pengguna yang mengirim transaksi.

Block Chain

Block Chain atau Rantai blok adalah basis data transaksi yang dibagikan oleh semua node yang berpartisipasi dalam sistem berdasarkan protokol Bitcoin.

Salinan lengkap rantai blok mata uang berisi setiap transaksi yang pernah dilakukan dalam mata uang.

Dengan informasi ini, seseorang dapat mengetahui berapa banyak nilai yang dimiliki setiap alamat pada setiap titik dalam setiap record kegiatannya.

Setiap blok berisi hash dari blok sebelumnya yang memiliki efek menciptakan rantai blok dari blok sebelumnya ke blok yang berlaku saat ini.

Setiap blok dijamin akan terhubung dengan blok chain sebelumnya, singkat kata block chain adalah apa yang membuat sistem transaksi bitcoin dapat berjalan.

Cara Kerja Block Chain

Untuk setiap blok pada rantai, hanya ada satu jalur ke blok induk.

Blok mana pun yang akhirnya dimasukkan dalam blok berikutnya akan menjadi bagian dari blok induk atau rantai utama sepanjang apapun blok itu diciptakan.

Ketika klien bitcoin beralih ke yang lain, rantai yang lebih panjang, semua transaksi sah dari blok-blok di dalam rantai yang lebih pendek ditambahkan kembali ke kumpulan transaksi antrian dan akan dimasukkan ke dalam blok lain.

Karena sebuah blok hanya dapat mereferensikan satu blok sebelumnya, mustahil bagi dua rantai bercabang untuk bergabung.

baca juga

    Ethereum

    Ethereum adalah platform komputasi terdistribusi open source, publik, berbasis blockchain, dan sistem operasi yang menampilkan fungsi kontrak cerdas (scripting).

    Ethereum mendukung versi modifikasi konsensus Nakamoto melalui transisi negara berbasis transaksi.

    Ether adalah cryptocurrency yang blockchain-nya dihasilkan oleh platform Ethereum.

    Eter dapat ditransfer antar akun dan digunakan untuk mengkompensasi node penambangan.

    Ethereum menyediakan mesin virtual Turing-complete terdesentralisasi, Ethereum Virtual Machine (EVM), yang dapat menjalankan skrip menggunakan jaringan internasional node publik.

    Ethereum ada sejak akhir tahun 2013 oleh Vitalik Buterin, seorang peneliti dan programmer cryptocurrency.

    Pengembangan didanai oleh crowdsale online yang berlangsung antara Juli dan Agustus 2014.

    Sistem ini mulai diluncurkan pada 30 Juli 2015, dengan 11,9 juta koin “premined” untuk crowdsale.

    Pada tahun 2016, sebagai akibat dari runtuhnya proyek DAO, Ethereum dibagi menjadi dua blockchains terpisah – versi terpisah baru menjadi Ethereum (ETH), dan yang asli dilanjutkan sebagai Ethereum Classic (ETC).

    Kejadian yang laur biasa terjadi pada tahun 2017, Nilai mata uang Ethereum tumbuh lebih dari 13.000 persen.

    Visi Ethereum ialah memungkinkan ethereum memiliki fungsi yang sama dengan uang dan alat pemayaran sah lainnya di mana saja di seluruh dunia, sehingga memungkinkan penggunanya untuk memanfaatkan layanan apapun diseluruh dunia.

    Ethereum juga telah bergulir ke berbagai toko aplikasi yang sudah berafiliasi, mulai dari perbankan hingga aplikasi belanja lainnya.

    Aplikasi ini bergantung pada perusahaan (atau layanan pihak ketiga lainnya) untuk menyimpan informasi kartu kredit Anda, riwayat pembelian dan data pribadi lainnya – di suatu tempat, umumnya di server yang dikontrol oleh pihak ketiga.

    Pilihan aplikasi Anda tentu saja juga diatur oleh pihak ketiga, karena Apple dan Google memelihara dan mengatur (atau dalam beberapa kasus, menyensor) aplikasi spesifik yang dapat Anda unduh.

    Litecoin

    Litecoin atau disingkat dengan LTC atau Ł adalah cryptocurrency peer-to-peer dan proyek perangkat lunak open source yang dirilis di bawah lisensi MIT / X11.

    Penciptaan dan transfer koin didasarkan pada protokol kriptografi open source dan tidak dikelola oleh otoritas pusat.

    Litecoin adalah spin off bitcoin awal atau altcoin, dimulai pada Oktober 2011 yang hampir identik dengan Bitcoin.

    Litecoin dirilis melalui klien open-source di GitHub pada 7 Oktober 2011 oleh Charlie Lee, seorang karyawan Google dan mantan Direktur Teknik di Coinbase.

    Selama bulan November 2013, nilai agregat Litecoin mengalami pertumbuhan besar, mengalami lompatan sebesar 100 persen dalam 24 jam, membuat Litecoin mencapai kapitalisasi pasar $ 1 miliar pada November 2013.

    Berikutnya pada Mei 2017, Litecoin menjadi yang pertama dari 5 teratas, berdasarkan kapitalisasi pasar cryptocurrency untuk mengadopsi Segregated Witness.

    Kemudian pada bulan Mei di tahun yang sama, transaksi Lightning Network pertama diselesaikan melalui Litecoin, mentransfer 0.00000001 LTC dari Zürich ke San Francisco dalam waktu kurang dari satu detik.

    baca juga

      Perbedaan Litcoin Dengan Bitcoin

      Litecoin berbeda dalam beberapa hal dengan Bitcoin, bedanya ialah sebagai berikut:

      • The Litecoin Network bertujuan untuk memproses blok setiap 2,5 menit, lebih cepat daripada yang dilakukan oleh Bitcoin yang rata-rata memakan waktu selama 10 menit.
      • Para pengembang mengklaim bahwa kecepatan ini memungkinkan Litecoin memiliki konfirmasi transaksi yang lebih cepat.
      • Litecoin menggunakan scrypt dalam algoritma proof-of-work-nya, fungsi memori-keras sekuensial yang membutuhkan memori asymptotically lebih dari algoritma yang tidak sulit-memori.
      • Penggunaan Litecoin dari algoritma scrypt, perangkat FPGA dan ASIC yang dibuat untuk menambang Litecoin lebih rumit untuk dibuat dan lebih mahal untuk diproduksi daripada Bitcoin, yang menggunakan SHA-256

      Litecoin, Uang Untuk Generasi Milenial

      Litecoin.com menyebut litecoin adalah uang yang cocok untuk generasi digital yang dekat dengan internet.

      Menurut litecoin.com , generasi millenial akan membutuhkan uang seperti litecoin dan bitcoin lebih banyak daripada mata uang analog.

      Pernyataan ini tentu saja cukup ambisius, namun dilihat dari beberapa fungsi dan cara kerjanya, hal itu menjadi relevan.

      Seperti yang diungkapkan otoritas litecoin melalui website resminya litecoin.com, litecoin adalah mata uang digital open source yang memungkinkan transaksi instan tanpa batas di mana saja di dunia yang didukung oleh infrastruktur, teknologi, dan miliaran dolar dalam perdagangan terkemuka di berbagai macam industri dan likuiditas.

      Singkatnya litcoin adalah media pertukaran yang menghargai kebebasan pribadi dan kebebasan ini dengan menempatkan Anda sebagia pengontrol penuh atas uang anda, tanpa adanya keikutsertaan bank!

      Sebabnya litcoin merintis teknologi lates, termasuk lapisan dua jaringan untuk memastikan terciptanya jaringan kuat, yang digunakan oleh pengguna untuk pengguna dan bebas dari otoritas pusat—merujuk pada aturan bank dunia dan bank nasional masing-masing negara.

      Baca juga

      Litecoin menawarkan cara yang lebih cepat untuk bertransaksi dalam dunia perdagangan tanpa adanya perantara, yang tentu saja diidam-idamkan oleh generasi millenial yang suka dengan hal-hal praktis, meski dinamis namun bisa cepat dan efektif.

      Leave a Reply

      Ad Blocker Detected

      Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker.

      Refresh