undercover.co.idMenjelajahi Keindahan Alam di Forest Walk Baksil Bandung , Tren wisata alam di Kota Bandung mempunyai daya tarik tersendiri yang membuat para wisatawan rela menempuh jarak berkilo-kilo meter untuk dapat menikmati berbagai fasilitas yang ditawarkan.  Jenis objek wisata yang tersedia di kota Bandung saat ini semakin banyak dan bervariasi.

Seiring tingginya intensitas pembangunan infrastruktur pariwisata di kota Bandung, mendorong pemerintah daerah melakukan berbagai upaya untuk menjaga keseimbangan ekologi alam.  Salah satunya dengan menciptakan banyak ruang terbuka hijau, diantaranya dengan pembuatan beberapa taman tematik di tengah kota.

Beberapa tahun belakangan ini pemerintah kota Bandung menciptakan ruang terbuka hijau di tengah kota dengan mengusung berbagai tema taman yang menarik.  Taman yang di buat di pusat kota ini selain sebagai sarana reakreasi bagi masyarakat juga mempunyai banyak manfaat bagi lingkungan,  diantaranya membantu proses penyerapan karbondioksida (C02) dan sebagai area resapan air.

Dari sekian banyak ruang terbuka hijau yang ada di kota Bandung,  yang paling menarik perhatian saat ini adalah “Forest Walk Babakan Siliwangi”.  Hutan alam di tengah kota ini merupakan ruang terbuka hijau yang dapat dinikmati oleh masyarakat luas.

image size-full">
Forest Walk Baksil Bandung

Menjelajah Hutan alami di Tengah kota Bandung

Forest Walk Babakan Siliwangi (Baksil)  diresmikan pada tahun 2018 dengan anggaran yang cukup fantastis.  Namun hal ini dilakukan pemerintah daerah kota Bandung sebagai upaya memenuhi kewajiban pengadaan 30 persen ruang terbuka hijau (RTH) di wilayah kota Bandung.

Berbeda dari ruang terbuka hijau lainnya yang sudah lebih dahulu di bangun dengan berbagai konsep dan ide kreatif, Forest Walk Baksil memanfaatkan lahan warisan alami yang sudah ada sejak zaman Belanda.  Tidak heran mengapa lingkungan alam disekitar Baksil sejak lama telah dikomersialisasi, seperti Kebun Binatang yang berlokasi di daerah Tamansari dan Pemandian alami Cihampelas.

Hutan rimbun alami di Kawasan Baksil dikembangkan dengan konsep modern, yang menghilangkan stigma hutan sebagai area yang tidak terjamah oleh aktivitas manusia, menjadi hutan kota yang dapat dikunjungi dan dijelajahi oleh masyarakat luas di Kota Bandung. 

Dibangunnya Forest Walk merupakan sarana untuk memudahkan para penikmat suasana alam untuk dapat berinteraksi dengan alam dan dapat dimanfaatkan sebagai track berolahraga santai (jogging), berekreasi, atau berswafoto.

image size-full">
Forest Walk Baksil Bandung

Forest Walk Baksil terpanjang di Asia Tenggara

Berdiri di atas lahan seluas 3,8 hektar ruang terbuka hijau Baksil diklaim sebagai salah satu Forest Walk terpanjang di Asia Tenggara.  Kealamian alam berpadu dengan lirih suara berbagai fauna yang ada di dalamnya membuat hutan di tengah kota ini menarik untuk disambangi.

Pembangunan forest walk ini ditengarai telah menerapkan konsep internasional yang digunakan oleh beberapa negara di seluruh dunia.  Forest Walk merupakan salah satu cara yang digunakan oleh manusia untuk dapat bersentuhan secara langsung dengan alam, tanpa merusak sumber daya alami hutan itu sendiri.

Rencananya Forest Walk ini akan terkoneksi dengan objek wisata Cihampelas Skywalk yang sudah terlebih dahulu hadir di Kota Bandung.  Cihampelas skywalk sendiri merupakan “wajah baru” dari objek wisata fashion legendaris yang terkenal sejak lama di kota Bandung. 

Wacana ini cukup menarik mengingat akan terdapat banyak objek wisata akan yang dapat ditelusuri dengan terhubungnya Forest Walk dengan Skywalk Cihampelas di masa mendatang.  

image size-full">
Forest Walk Baksil Bandung

Sarana dan Fasilitas di Forest Walk Baksil

Jembatan gantung terbentang sepanjang 2,3 kilometer di tengah hutan kota Baksil, dengan ketinggian 2 meter di atas permukaan tanah dan jalur lintasan selebar 1,5 meter, lantainya terbuat dari kayu dengan pagar di sisi kanan dan kiri nya untuk menjamin keselamatan pengguna.

Untuk tetap menjaga ekosistem hutan dan tidak melakukan perubahan struktur alami dari tumbuhan yang ada di lingkungan Baksil, maka jalur lintasan jembatan gantung di buat berbelok-belok menyesuaikan dengan tata letak pepohonon dan kontur tanah.

Di sekitaran Forest Walk terdapat space yang menyediakan beberapa kursi nyaman yang terbuat dari kayu permanen dengan model berundak yang dapat dirubah fungsi menjadi meja makan.

Selain itu terdapat juga  meja panjang minimalis yang menempel pada pagar. 

Di area ini pengunjung dapat beristirahat setelah berjalan mengintari area hutan.  Tersedia beberapa kios makanan ringan bagi pengunjung yang ingin mengisi perut sebelum kembali melanjutkan petualangan di Forest Walk. 

Walaupun berada ditengah hutan belantara namun pengunjung tidak perlu khawatir kehilangan koneksi internet, karena di hutan ini di tersedia fasilitas free wifi, itulah sebabnya tempat ini ramai dipadati mahasiswa karena lokasi Forest Walk yang dikelilingi beberapa kampus besar seperti ITB, UNPAD dan UNPAR, sehingga banyak mahasiswa yang berkunjung ke lokasi ini untuk berdiskusi kelompok dan mengerjakan tugas.   

Jalur Forest walk acapkali digunakan sebagai jogging track bagi para pencinta olahraga.  Suasana alami hutan dengan udara yang sejuk membuat beberapa orang memilih jogging di area ini.  Walaupun tidak jauh dari Forest Walk terdapat sarana olahraga lengkap milik Kampus ITB yang juga ramai dikunjungi masyarakat untuk berolahraga.

Bagi pengunjung yang datang dengan menggunakan kendaraan pribadi tidak perlu khawatir karena Forest Walk Baksil memiliki fasilitas lahan parkir yang cukup luas.  Disampaing fasilitas lainnya seperti toilet umum dan mushola yang juga tersedia ini hutan kota ini. 

image size-full">
Forest Walk Baksil Bandung

Menyediakan Banyak Spot Foto Bernuasa alam

Dari sekian banyak objek wisata alam dan taman ruang terbuka hijau yang ada di kota Bandung, Forest Walk Baksil merupakan satu-satunya area yang menyajikan kondisi alami alam sebagai komoditas wisata.  Tidak banyak komponen alam yang mengalami perubahan atau pembaharuan.  Namun pemerintah daerah menginisiasi untuk dapat memperindah kondisi Baksil menjadi lingkungan menjadi suatu lokasi yang nyaman untuk dikunjungi.

Terbukti keberadaan Forest Walk Baksil berhasil menarik perhatian banyak pengunjung baik berasal masyarakat Bandung sendiri maupun para pendatang dari luar kota Bandung.  Pendar cahaya matahari yang menyelusup dari sela pepohonan rindang  dan pemandangan bunga-bunga warna-warni yang indah merupakan objek foto yang instagramable.   

Sebagian pengunjung memilih berswafoto di jalur forest walk yang memanjang dengan rimbun pepohonan di bebeberapa sisinya.  Beberapa lainnya mengabadikan suasana pemandangan landscape kota Bandung yang terlihat indah dari ketinggian.

baca juga

    Akses dan Akomodasi menuju Forest Walk Baksil

    Forest Walk Baksil berada di Jl. Tamansari No. 90 Lb. Siliwangi, Kecamatan Coblong, Kota Bandung.  Lokasi ini  merupakan salah satu wilayah strategis di kota Bandung sehingga mudah diakses oleh masyarakat.  Pengunjung dapat memilih akses melalui jalan Dago ataupun jalan Ganesa untuk sampai ke Forest Walk Baksil.

    Bagi pengunjung yang berasal dari luar kota tidak perlu khawatir karena fasilitas akomodasi di sekitar Forest Walk cukup lengkap  dari mulai sarana penginapan seperti hotel ataupun wisma sampai sentra belanja fashion dan kuliner khas Bandung di Cihampelas dan Dago.

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.

    You May Also Like
    Read More

    Wisata Sejarah di Kota Bandung

    bandungadvertiser.com Selain dikenal dengan tempat-tempat wisata yang semakin hits, ternyata Bandung juga masih menyimpan beberapa tempat bersejarah loh.…