Franchise Ngikan

Franchise Ngikan , Menapaki dunia usaha memang banyak hal yang perlu dipersiapkan, untuk bisnis franchise, hal yang patut diprioritaskan adalah masalah budget untuk biaya kemitraan.

Meskipun bisnis franchise sudah terkonsep dan semua sudah disediakan oleh manajemen pusatnya, tetap mitra atau investor harus benar – benar memahami bisnis seperti apa yang akan dimasuki dan dikelola.

Di Indonesia banyak bertebaran bisnis franchise dengan ratusan brand yang kebanyakan didominasi oleh produk – produk F&B (Food and Beverage). Hal ini dikarenakan industri kuliner nusantara masih mampu berkembang pesat.

Bisnis franchise di dunia kuliner kedatangan pesaing baru yang potensial bernama Ngikan Yuk. Konsepnya sama seperti ayam geprek, yaitu menyajikan menu dengan sambal pedas nikmat dengan nasi namun berbahan dasar  ikan segar dan berkualitas.

Siapa sangka jika usaha waralaba Ngikan Yuk ini adalah bisnis franchise kuliner yang digagas oleh seorang selebriti instagram terkenal yang diklaim sebagai selebgram dengan tarif endorsement termahal. Dia adalah Rachel Vennya.

Outlet pertama bisnis franchise Ngikan Yuk terletak di Jl. Tebet Utara dalam no. 4 Jakarta Selatan. 

Dulunya Outlet Ngikan Yuk memiliki konsep yang berbeda dengan bisnis franchise lain karena memakai food container sebagai desain gerainya. Dan tidak bisa dine in alias hanya bisa dibungkus lalu dibawa pulang.

Namun sekarang bisnis franchise Ngikan Yuk sudah membuka usahanya dalam bentuk gerai jadi semua orang bisa makan di tempat.

Rachel Vennya bekerja sama dengan PT. Baba Rafi Indonesia yang menaungi brand Kebab Turki Baba Rafi. Jadi bisnis franchise ini satu perusahaan dengan Ngikan Yuk.

Ngikan Yuk dibentuk karena terinspirasi dari hidangan mancanegara fish and chips yang biasanya memakai kentang goreng sebagai pendamping menunya, namun karena mayoritas di Indonesia masyarakat lebih suka makan nasi, maka menu bisnis franchise Ngikan Yuk dimodifikasi dengan nasi dan sambal yang sesuai selera lidah orang Indonesia.

Selain ikan, ada juga udang sebagai produk yang dijual oleh Ngikan Yuk dengan beragam saus seperti Salted Egg, Mentai dan Gochujang.

Bisnis franchise Ngikan Yuk memberikan nama unik pada produk yang mereka jual, seperti Ngikan (menu ikan) dan Ngudang (menu udang).

Bisnis franchise Ngikan Yuk punya cita – cita untuk membangun 100 outlet di tanah air. Pada tahun 2022 ini outlet Ngikan sudah berdiri di kota – kota besar seperti Malang, Jakarta, Surabaya, Sidoarjo, Depok, Bogor, Yogyakarta, Bandung, Solo, Semarang hingga ke daerah Kudus.

Dikarenakan usaha franchise Ngikan Yuk ini membuka sistem waralaba dalam pengembangan bisnisnya, maka kesempatan untuk menginvestasikan dana pada bisnis ini terbuka lebar bagi siapapun.

Usaha franchise Ngikan Yuk memberikan biaya kemitraan bagi investor yang ingin bergabung ke dalam usaha ini dengan nominal Rp. 300 juta.

Terdapat dua sistem franchise yang bisa dipilih oleh mitra saat bergabung dengan kemitraan bisnis waralaba  Ngikan Yuk, yaitu sistem Reguler dan yang kedua, Autopilot.

Dalam program regular sistem usaha waralaba Ngikan Yuk, bisnis langsung dijalankan oleh mitra, jadi mitra ikut terjun langsung mengurus perusahaan cabang tersebut. Sedangkan sistem kemitraan autopilot, semua sistem bisnis dijalankan oleh manajemen pusat Ngikan Yuk dan investor hanya mengambil keuntungan bisnis dengan sistem bagi hasil.

Fasilitas yang akan diperoleh mitra yang bergabung dalam kemitraan regular antara lain:

  • Peralatan pendukung operasional usaha

Mitra yang mengambilreguler akan mendapatkan peralatan sebagai pendukung operasional usaha seperti peralatan dapur untuk memasak beserta perlengkapannya.

Sedangkan mitra autopilot tidak mendapatkan ini semua karena semua proses jalannya usaha diurus oleh manajemen pusat Ngikan Yuk.

  • Budget branding dan marketing

Biaya kemitraan 300 juta yang diinvestasikan oleh mitra sudah termasuk juga ke dalam fasilitas branding produk dan pemasaran outlet Ngikan Yuk milik mitra.

  • Peralatan makan dan bungkus makanan

Selain itu, mitra bisnis franchise Ngikan Yuk juga bakal mendapatkan fasilitas berupa peralatan makan serta kemasan (kardus rice box) di outlet mereka.

Peralatan makan yang dimaksud adalah piring, gelas, garpu, sendok, tempat saus dan juga kemasan bagi pembeli yang membeli untuk dibawa pulang.

  • Persediaan bahan baku awal

Stok untuk bahan baku awal sudah masuk ke dalam biaya kemitraan, namun untuk pembelian suplai bahan kedua dan seterusnya, ada biaya lagi yang perlu dikeluarkan oleh mitra setiap mengambil stok.

  • Manajemen pelatihan untuk karyawan

Pelatihan karyawan juga diberikan oleh manajemen pusat di setiap cabang milik mitra. Ini merupakan fasilitas yang didapatkan sekaligus setelah proses kerja sama ditanda tangani oleh mitra atau investor.

Di bisnis franchise Ngikan Yuk, ada biaya tambahan lain selain biaya kemitraan yang disetorkan saat perjanjian kerja sama, yaitu  biaya royalti sebesar 5 persen jika mitra memilih sistem bisnis yang regular. 

Khusus bagi mitra yang menginvestasikan dananya ke bisnis franchise Ngikan Yuk dan mengambil tipe Autopilot, mereka tidak akan dikenakan tarikan biaya royalti. 

Investor yang sudah menginvestasikan dananya di bisnis franchise Ngikan Yuk dan mengambil sistem autopilot akan mendapatkan dana bagi hasil sesuai dengan kesepakatan dengan manajemen pusat, misalnya sebulan sekali atau tiga bulan sekali, tergantung kesepakatannya dengan manajemen.

Menurut CEO PT. Baba Rafi, dalam sehari mitra bisnis franchise Ngikan Yuk bisa mendapatkan penghasilan brutto atau omzet sampai dengan Rp. 6 juta. Itu berarti jika ditotal dan diperhitungkan kembali antara biaya kemitraan 300 juta dan penghasilan harian yang sekian besarnya, kemungkinan balik modal diperkirakan akan terjadi dalam kurun waktu 1,5 tahun.

Brand Ngikan Yuk gencar melakukan promosi dengan melakukan paid promotion pada selebgram, artis – artis ternama dan para influencer sehingga merk bisnis franchise tersebut lebih mudah dikenal oleh masyarakat luas.

Promosi semacam ini dilakukan oleh tim Ngikan Yuk pusat sehingga mitra di cabang ikut merasakan dampak dari adanya promosi tersebut. Ketika brand semakin dikenal luas oleh masyarakat, maka peluang terjualnya juga akan semakin meningkat.

Otomatis omzet bisnis franchise Ngikan Yuk di cabang milik mitra juga ikut terdampak secara positif. Jika ingin mempromosikan outlet cabang sendiri juga diperbolehkan, namun budget yang dikeluarkan adalah murni milik mitra di cabang.

baca juga

Jika Anda adalah tipikal orang yang malas ribet, Anda bisa bergabung program kemitraan autopilot pada bisnis franchise Ngikan Yuk karena semua operasional usaha akan diurus oleh tim dari perusahaan.

Namun, apabila Anda ingin terjun langsung dan mengelola bisnis franchise Ngikan Yuk secara real di lapangan, lebih baik memilih program yang regular saja. Di sistem regular ini, Anda bisa mengawasi semua jalannya sistem bisnis mulai dari operasional, keuangan hingga kendala di lapangan secara langsung sehingga bisa menemukan solusi yang tepat bagi permasalahan di dalam bisnis yang dikelola sendiri.

Setiap sistem memiliki kelebihan dan kekurangan masing – masing. Jika banyak waktu, memang sistem regular lebih cocok untuk Anda.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

×

 

Hello!

SEO Manager Kami Membantu Anda

× SEO Consultation