Franchise Pandu Express

Franchise Pandu Express , Bisnis franchise jasa pengiriman di Indonesia memang sudah ada banyak sekali namun ada pemain lama yang secara rekam jejak dan pengalaman yang sudah mumpuni karena telah berhasil bertahan dan melewati gempuran krisis ekonomi yang elanda tanah air seperti pada saat masa pandemi lalu.

Salah satu ekspedisi yang sudah menjadi pemain lama di dunia bisnis franchise jasa pengiriman adalah Pandu Express, usaha waralaba ini didirikan pada tahun 2014 dan sudah melakukan penetrasi pasar ke sektor UMKM, e-commerce atau marketplace dan pasar mikro.

Pandu Express membuka kerja sama kemitraan dengan bisnis franhise-nya dengan siapa saja yang ingin memakai nama brand Pandu Express sebagai nama usahanya. Usaha waralaba jasa ekpedisi ini berencana akan membuka 500 gerai di seluruh tanah air.

Franchise Pandu Express

Pandu Express berada di bawah manajemen PT. Pandu Siwi Sentosa yang berlokasi di Jl. Raya Bekasi Timur Km. 18 No. 30, Jakarta, Indonesia.

Saat ini mitra cabang Pandu Express sudah ada 250 outlet dengan total penghasilan Rp. 336 miliar. Target pertumbuhan di tahun 2016 lalu adalah sebesar 15 – 20% atau sebesar Rp 386,4 miliar – Rp 403,2 miliar.

Pandu Express masih membuka kesempatan untuk membangun kerja sama kemitraan yang memiliki dua konsep bisnis, calon mitra dapat memilih dua konsep yang berbeda. Konsep pertama dengan membangun gerai sendiri dan cara kedua dengan mencar investor.

Ekspedisi satu ini menargetkan untuk membangun outlet Pandu Express milik pusat sebesar  10%, karena target jumlah cabang ada 500 gerai, maka 10 persennya yakni 50 outletnya wajib milik kantor pusat sendiri. Sedangkan 450 di antaranya adalah milik franchisee atau mitra yang menanamkan modalnya dengan sistem waralaba.

Untuk mitra yang membangun kerja sama dengan Pandu Express haruslah memenuhi beberapa persyaratan sebagai berikut:

  • Mitra dikenakan biaya admnistrasi Rp. 2.000.000 sampai Rp. 10.000.000 tergantung dari lokasi agen.
  • Ada biaya uang jaminan kemitraan senilai Rp. 2.000.000 yang dibayarkan di awal dan nanti akan dikembalikan setelah kontrak kerja sama berakhir.
  • Mitra berhak mendapatkan komisi sebesar 27% dari omzet yang dihasilkan dalam satu bulan.

Untuk bergabung dengan kemitraan bisnis franchise Pandu Express, Anda perlu mengetahui terlebih dahulu bahwa usaha waralaba ini memiliki beberapa paket sistem yang berbeda – beda, Anda bisa melihat jenisnya di bawah  ini:

  1. Paket Premium, Rp. 10 juta (Sepuluh Juta Rupiah) , Bagi Hasil 27%
  2. Paket Regular A, Rp. 5 juta (Lima Juta Rupiah), Bagi Hasil 27%
  3. Paket Regular B, 2 juta (Dua Juta Rupiah), Bagi Hasil 27%

Setiap paket kemitraan di atas akan mendapatkan beberapa fasilitas dari Pandu Express berupa:

– Spanduk Layanan / Produk

– Roller/X-Banner Pandu Express

– Timbangan Meja (100kg)

– Cutting Sticker dinding kaca luar Pandu Express

– Kartu Nama Outlet

Khusus untuk paket premium akan mendapatkan tambahan fasilitas berupa:

-Meja Pandu Express Outlet atau Printer+Tablet

– Neonsign 2 muka ukuran 60 x 90 cm (tanpa tiang)

– Layanan Regular Pickup

– Seragam – PEO/Agen

– Poster Layanan / Produk

Persyaratan administrasi sebelum membuka agen Pandu Express antara lain:

  1. Mendownload formulir pendaftaran di website di www.panduexpress.com
  2. Fotocopy KTP, NPWP, surat keterangan domisili usaha, pas foto penanggung jawab ukuran 4×6
  3. Fotocopy Akte Pendirian Perusahaan yang telah disahkan Departemen Kehakiman
  4. Fotocopy SIUP
  5. Foto tempat usaha dan denah atau peta lokasi
  6. Surat Pernyataan tidak terikat dengan pihak lain yang bergerak di bidang ekspedisi yang telah dibubuhi tanda tanga di atas materai 6000
  7. Penandatanganan MOU atau nota kesepahaman untuk masa percobaan usaha dalam kurun waktu 3 bulan
  8. Wajib menggunakan aplikasi bawaan perusahaan yakni eConnote Pandu Express.

Demi menjaga kualitas dan kredibilitas perusahaan, Pandu express memiliki beberapa ketentuan terkait dengan lokasi dan sumber daya manusia yang dipekerjakan di outletnya, yaitu:

  1. Lokasi strategis dan bisa dilalui kendaraan dengan dua rah serta punya alaman yang cukup untukparkir kendaraan roda empat
  2. Bagian depan gerai dilengkapi dengan pintu kaca dan ada conter untuk resepsionis serta ruangan di dalam untuk barang – barang
  3. Ada satu orang pegawai di counter dengan pendidikan SMA
  4. Karyawan yang dipekerjakan harus memiliki sertifikasi lulus training dari Pandu Express
  5. Pegawai diharuskan memakai Seragam dan ID Card Agen saat bekerja
  6. Pegawai juga wajib bisa mengendarai kendaraan baik itu motor ataupun mobil demi kepentingan pengantaran barang ke kantor pusat Pandu Express di kota masing-masing dan untuk melakukan pick up paket ke lokasi customer.

Kelengkapan lain yang perlu dipenuhi oleh mitra Pandu express adalah peralatan dan perlengkapan yang memadai, seperti spesifikasi perangkat yang dipakai untuk operasional, dimana minimal ada satu set PC  Komputer yang minimal punya  Tipe Prosesor  Pentium Dual Core, RAM  1 GB, Hard Disk HDD: 250 GB,  Sistem Operasi  Windows 7.

Ada  1  unit Printer Laser Jet dan sudah difasilitasi dengan akses internet yang mumpuni demi kelancaran pemrosesan data antar cabang, selalu menyediakan kertas HVS 80 gram untuk pencetakan eConnote, ada fixed line telepone minimal satu buah.

Pandu Express memiliki target penjualan yang didasarkan pada letak lokasi usaha milik cabang dimana untuk wilayah Jabodetabek memiliki jumlah yang lebih besar dbandingkan area lainnya. Dalam 6 bulan masa percobaan, mitra di wilayah Jabodetabek wajib memiliki target penjualan sebesar 5 juta per bulan dan untuk wilayah Pulau Jawa minimal 3 juta sedangkan untuk di luar Jawa minimal 2 juta.

Setelah kerja sama berjalan satu tahun, akan ada evaluasi dari pusat mengenai kinerja mitra Pandu Express di masing – masing darah. Jika kinerjanya dirasa memuaskan, maka usaha ekspedisi masih bisa dilanjutkan, jika tidak maka akan ada peninjauan ulang apakah kerja sama masih akan diteruskan atau dihentikan saja.

baca juga

Memang peraturan di Pandu Express lebih ketat dibandingkan bisnis franchise ekspedisi lainnya. Hal ini untuk menjaga kualitas agen agar tetap profesional, sebab setiap mitra dan pelayanan di outletnya memepertaruhkan nama baik Pandu Express.

Dengan adanya kontrol yang ketat akan layanannya menjadi bukti bahwa Pandu Express serius menjaga nama baik perusahaan dengan selalu menjalankan prosedur dan SOP yang ada. Sehingga kendala dan hal – hal di luar prediksi dapat diminimalisir potensi kejadiannya.

Hal ini adalah bentuk komitmen dari Pandu Express yang ingin memberikan pelayanan terbaik bagi setiap konsumennya.

Bagi Anda yang berniat menjadi mitra Pandu Express, bisa mencari informasi terlebih dahulu melalui telepon, faksimilie website hingga emailnya yang tercantum di bawah ini:

Website : www.pandulogistics.com

Phone : +62 (021) 461 6007 (Hunting)

HOTLINE : 3000-9000

Fax : +62 (021) 461 6008, +62 (021) 468 25702

Email : infopss@pandulogistics.com

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

×

 

Hello!

SEO Manager Kami Membantu Anda

× SEO Consultation