Franchise Socamart

Franchise Socamart , Era digital membuat semua orang membeli kebutuhannya secara online, namun ternyata tidak semua barang atau produk bisa dibeli secara online karena terkendala biaya ongkos kirim yang mahal. Apalagi jika barang yang dibeli memiliki berat yang tidak sedikit.

Untuk barang berukuran di bawah 1 kg memang masih sangat murah biaya ongkirnya, namun bagaimana dengan barang yang memiliki bobot besar sampai 10 kg ke atas? Tentunya akan sangat memberatkan dari segi biaya kirimnya.

Belum lagi jarak yang ditempuh juga menjadi landasan sebuah jasa kirim untuk menetapkan tarif/ biaya kirimnya. Sehingga banyak orang lebih memilih belanja secara offline langsung ke tokonya demi menghindari biaya tambahan dari ongkos kirim yang dirasa lumayan mahal.

Hal inilah yang menjad penyebab mengapa toko, swalayan, bahkan usaha minimarket tidak pernah mati dan terus bertambah setiap tahunnya. Karena memang usaha waralaba minimarket bukan bisnis musiman.

Jika bukan bisnis musiman itu artinya usaha minimarket akan terus dibutuhkan dan bertahan lama. Tak heran jika makin banyak usaha ritel yang berdiri dari tahun ke tahun. Bisnis franchise minimarket sepertinya dianggap suatu bentuk usaha yang menjanjikan di tahun 2022 ini.

Meskipun demikian, Anda harus paham bahwa tidak semua usaha minimarket itu bagus. Jika Anda bingung memilih brand usaha waralaba minimarket yang memberikan keuntungan lebih, Anda bisa melirik Socamart.

Franchise Socamart
Franchise Socamart

Franchise Socamart

Socamart yang berdiri pada tahun 2016 kini telah memiliki outlet sebanyak 160 gerai dengan menawarkan harga kemitraan sebesar 220 – 440 juta.

Di bawah naungan  PT Hydro Perdana Retailindo, Socamart bersama satu brand retail lainnya yakni Sodaqo mulai melebarkan sayap dan merintis usaha waralaba di Indonesia sejak tahun 2016.

Sejak awal berdirinya, Socamart memang sudah memakai konsep bisnis franchise dalam pengembangan perusahaannya.

Socamart menawarkan tiga jenis paket kemitraan kepada investor, yaitu:

  • Paket tipe A Rp 220 juta
  • Paket B Rp 330 juta
  • Paket C Rp 440 juta

Dengan beragam paket kemitraan tersebut, semua investor akan diberikan fasilitas kerjasama kemitraan, training pegawai, instalasi minimarket lengkap mulai dari sistem POS hingga mesin EDC, peralatan toko, baliho minimarket, sistem distribusi dan kasir, komputer, printer, payment point dan produk – produk untuk awal masa grand opening. Sewa tempat usaha dan biaya renovasi tidak termasuk ke dalam biaya kemitraan. Kantor pusat PT. Hydro Perdana Retailindo berlaku sebagai distributor dan mitra usaha hanya memerlukan bangunan atau properti sebagai tempat usahanya.

Paket usaha A, B dan C dibedakan berdasarkan luas tempat usaha serta jenis brand yang dijual dan jumlah produk yang dijual.

  1. Jika luas lokasi antara  20 – 40 meter maka termasuk ke dalam paket kemitraan A
  2. Jika luas lokasi antara  40 – 60 meter maka termasuk ke dalam paket kemitraan B
  3. Jika luas lokasi lebih dari 60 meter maka termasuk ke dalam paket kemitraan C

Adapun ketentuan yang ditetapkan Socamart pada mitranya, yaitu para mitra diperbolehkan menjual produk UMKM di luar produk ritel yang didapatkannya dari pusat, dengan syarat brand yang diperdagangkan tersebut telah dikonfirmasikan ke manajemen terlebih dahulu. Nantinya pihak pusat akan menentukan jumlah dan varian produk yang bisa dijual.

Investasi semua jenis minimarket bentukan PT Hydro boleh dilakukan secara kolaboratif alias patungan. Anda bisa mengajak teman Anda untuk ikut bergabung dalam kerja sama ini. Dengan dibentuk oleh beberapa orang mitra/ investor, cabang outlet Socamart akan mendapatkan jumlah modal yang lebih besar dan perputaran ekonominya akan lebih cepat.

Setiap jenis outlet mitra dengan paket usaha yang berbeda juga mempunyai perbedaan jumlah omzet yang diterima. Estimasi omzet tiap gerai dengan paket kemitaan tipe A bisa mencapai Rp 3 juta per hari. Sedangkan paket kemitraan tipe B mampu memperoleh omzet hingga Rp 5 juta per hari dan paket kemitraan tipe C bisa menghasilkan Rp. 6 juta – Rp 8 juta.

Keistimewaan menjadi mitra bisnis franchise Socamart adalah mitra tidak dipungut biaya royalti. SOP yang dibuat hanyalah mewajibkan mitra untuk mengambil dan memasok barang dagangan dari kantor pusat.    

baca juga

Socamart berencana membuat 500 gerai baru dengan bermitra dengan para investor. Estimasi BEP/ balik modal 15 sampai 27 bulan, laba bersih bulanan Socamart 15 – 20%.

Secara perhitungan kasar jika Anda memilih paket A yang memiliki omzet 3 juta per hari, maka dalam satu bulan omzet yang Anda peroleh adalah sekitar 90 juta. Dan laba bersihnya jika dianggap 20% dari omzet berarti Rp. 18.000.000/ bulan. Sangat menggiurkan bukan?

Hal yang harus diperhatikan mitra untuk mendongkrak omzet penjualan produk adalah dengan memilih lokasi bisnis yang tepat dan strategis. Kemudian pasokan produk harus lancar dan terorganisir dengan baik agar minimarket yang dikelola nantinya juga akan maju.

Pasokan produk primer harus selalu tersedia karena barang – barang tersebut menjadi kebutuhan pokok masyarakat. Pihak mitra yang mengelola cabang Socamart diharapkan bisa tanggap akan kebutuhan konsumen yang berbelanja di tokonya dengan tidak membiarkan adanya stok kosong terlalu lama.

Jika stok persedian barang dirasa tinggal sedikit dan menipis, mitra harus dengan kooperatif mengabarkan pada manajemen untuk melakukan pengiriman barang yang diperlukan. Dengan demikian konsumen akan senang belanja di toko dan menganggap Socamart sebagai toko yang lengkap dan mereka tidak akan pindah ke toko lain.

Dari segi pelayanan, Socamart berkomitmen memuaskan konsumen yang berbelanja di tokonya dengan selalu menyediakan kebutuhan mereka. Sedangkan dari segi investor/ mitra, Socamart juga memberikan keuntungan dan bentuk kerja sama yang fair.

Tanpa biaya royalti, Socamart menyediakan pasokan produk dengan lengkap ke setiap outlet milik mitra. Dukungan penuh untuk operasional dan sistem diberikan kepada mitra oleh pihak dari manajemen pusat.

Sederet kemudahan akan didapatkan oleh mitra dalam mengelola bisnisnya karena disupport oleh manajemen yang telah terorganisir dengan matang. Distribusi produk lancar, stok selalu ada serta harga yang ditawarkan pun cukup murah untuk pembelian produk dari pusat.

Para karyawan juga akan dilatih untuk membantu agar proses pengelolaan di toko berjalan dengan baik dengan diberikan pelatihan menggunakan mesin kasir, memproses pembayaran, menyusun laporan keuangan toko dan belajar bertanggung jawab dalam tata pengelolaan toko.

Sistem ini dibentuk oleh Socamart dan terbukti berhasil selama enam tahun terakhir berkecimpung di dunia ritel dengan menaungi 160 cabang di seluruh Indonesia. Dengan track record yang baik seperti ini Anda perlu mempertimbangkan untuk membuka bisnis franchise minimarket ini.

Jika Anda berminat bermitra dengan Socamart silahkan datang ke alamat kantor pusat PT Hydro Perdana Retailindo Menara 165 Office Tower Lt. 11, Jl. TB. Simatupang Kav. 1, Cilandak Timur, Jakarta Selatan.

Anda bisa juga menghubungi nomor kontak Whatsapp 08161354514 untuk menanyakan perihal kemitraan. Atau bisa juga dengan mengunjungi akun Instagram Socamart dan mengirimi pesa pada pihak manajemen melalui Direct Message.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

×

 

Hello!

SEO Manager Kami Membantu Anda

× SEO Consultation