undercover.co.id – Gaya Hidup Berbelanja Online ,  Mungkin beberapa diantara kita memilih untuk tidak berbelanja online shop, selain karena kurangnya kepercayaan, kita tidak mengerti bagaimana cara bertransaksi di online shop dan lain-lain.

Namun, terkadang kita harus mengakui bahwa barang-barang online shop terlihat lebih menarik dan menggirukan. Era modern ini, online shop atau belanja melalui online semakin marak.

Pasalnya online shop memang lebih mudah dilakukan dan dapat diakses dimana saja, selama fasilitas gadget dan internet mendukung.

Produk yang ditawarkan Oleh Bisnis Online



Selain itu online shop kini sudah mulai menjual berbagai macam jenis, tidak hanya pakaian atau makanan, bahkan elektronik, aksesoris hingga kendaraan bermotor dan bermobil, dan barang berharga lainnya.

Namun kelemahan dari online shop adalah harus besar tingkat kepercayaan pembeli kepada penjual, maupun sebaliknya karena maraknya penipuan yang dilakukan.

Pengetahuan akan dunia bisnis online , Bagi pembeli atau penjual yang baru memasuki dunia per-onlinean banyak istilah-istilah yang digunakan ketika transaksi yang harus dimengerti.

Agar tidak terjadi kesalahan yang berakibat penipuan dan kesalahpahaman, maka bahasa-bahasa ini harus dipelajari ketika kita menjadi penjual atau pembeli dalam online shop.

Jika kita bertanya kembali mengenai istilah itu, biasanya untuk penjual atau pembeli yang jujur akan menjelaskan maksud dari istilah tersebut, namun tak jarang mereka juga lebih memilih untuk meninggalkan kita dan membatalkan transaksi bahkan sampai menipu.

Berikut istilah yang sering digunakan agar kita tidak terjebak atau mengalami kesalahan dalam transaksi :

1. Reseller

Mungkin beberapa dari kita sering mendengar kata reseller. Reseller adalah penjual yang menjadi kepanjangan dari penjual pusat distributor.

Biasanya reseller ini bisa disebut agen kecil, atau anak buah dari penjual pusat. Reseller mengambil barang-barang dari pusat, dengan arti lain bahwa penjual tersebut bukan merupakan toko distributor atau pembuat langsung, melainkan tangan kedua, ketiga dan seterusnya.

2. Owner

Owner merupakan bahasa inggris dari pemilik. Owner dalam online shop dapat diartikan pemilik toko maupun pemilik dari seluruh jualan yang ditawarkannya. Owner sendiri memiliki akun khusus atau kontak khusus untuk dihubungi. Biasanya reseller juga bisa disebut owner.

3. Dropship

Pasti para online sejati atau yang baru pemula sering mendengar kata dropship. Nah untuk para pembaca yang mungkin asing, dropship diistilahkan untuk barang yang dijual, namun tidak ada di penjual agen jika yang menawarkan barang merupakan penjual agen/ reseller, melainkan terdapat di toko pusat.

Biasanya dropship barang dikirim langsung dari pusat ke konsumen, namun pengiriman mengatasnamakan penjual yang menawarkan, bukan yang mengirimkan jika konsumen berhubungan atau bertransaksi dengan penjual non pusat tersebut.

Keuntungan dari dropship adalah, penjual tidak harus memegang barang/dagangan yang ditawarkan, namun mendapatkan keuntungan dengan nama toko yang berhasil menjual produk. Kerugian dari dropship adalah besarnya penipuan dan ketidaksesuaian barang dengan foto/gambar yang ditawarkan.

4. Refund

Dalam online shop, terkadang tidak selalu berjalan mulus. Ada kalanya ketika transaksi sudah dilaksanakan maka barang yang dibeli habis atau tidak sesuai dengan yang diinginkan, maka istilah refund akan segera terdengar.

Refund adalah pembatalan transaksi dengan pengembalian uang sesuai dengan perjanjian, dengan syarat order barang pun batal dan tidak akan sampai kerumah.

Selain itu refund biasanya terjadi dalam online shop melalui transfer bank atau berupa pulsa, dikarenakan penjual tidak bisa memenuhi order pembeli. Refund terkadang menjadi agak sulit jika penjual memang kurang kompetitif.

Bisnis Afiliasi Online

cara memulai program bisnis afiliasi d indonesia memang sudah lama dilakukan, afiliasi ini akan mendapatkan komisi dari pejualan yang dilakukan, product dari berbagai penyedia afiliasi di indonesia dan dunia , situsreferensi.com salah satu yang menyediakan informasi lengkap tentang afiliasi ini

Kelemahan Belanja Online

Pertama Keraguan dari masyarakat jelas ini didapatkan karena saat ini telah marak para pengguna bisnis online yang menggunakan bisnisnya untuk alasan penipuan semata.

Sehingga banyak para masyarakat yang curiga serta waspada ataupun ragu dari bisnis online yang dijalankan. Dengan ini, produk yang diciptakan pun akan ikut diragukan oleh para masyarkat sekitar.

Kedua ada juga kelemahan yang terdapat pada jasa pengiriman barang. Terkadang suatu jasa pengiriman barang tidak melayani pengiriman barang di lokasi ataupun daerah-daerah tertentu.

Ini akan sangat menjadi kendala bagi para pebisnis online yang memang mempunyai pelanggan dari daerah yang tidak tercantum di daerah jasa pengiriman barang namun harus mengirim barang secepatnya. Hal seperti ini yang sering ditakuti oleh hampir semua kalangan pebisnis online besar.

Selanjutnya adanya waktu antara pembayaran dan pengiriman produk. Selain itu berbelanja online tidak dapat mencoba produk sebelum membelinya. Banyak orang suka mencoba-coba sebelum pembayaran.

Terakhir kemungkinan kerusakan produk saat pengiriman tidak dapat dibatalkan. Jika produk yang diterima rusak maka bisa memakan waktu beberapa hari untuk penggantian atau perusahaan tidak dapat mengganti sama sekali.

Tak dapat dipisahkan

baca juga

undercover.co.id

Website Cuma 100 Ribu

Pembuatan Website Profesional

Jasa Seo Profesional dan Terpercaya

Jasa Sosial Media Maintenance

semenjak media sosial ramai, gaya hidup sedikit demi sedikit berubah. Yang marak adalah bisnis atau belanja online. Dengan menggunakan toko secara online. Berbelanja online yang ditampilkan bukan hanya foto asli, terkadang ditambah foto orang lain beserta contoh.

Untuk promosi biasanya pemilik toko akan rajin berteriak alias memporomosikan dagangan nya melalui media sosial. Cara ini juga yang membuat banyak masyarakat Indonesia tergiur dengan belanja online, dan sering melakukan online. Penjualan dan masyarakat yang kecanduan tak pernah dipisahkan, sehingga gaya hidup berbelanja online merupakan salah satu kebutuhan dari berbagai lapisan masyarakat pada jaman sekarang.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You May Also Like

SEO ON PAGE

undercover.co.id/ , SEO ON PAGE , Panduan Lengkap untuk SEO On-Page Website Bisnis Anda, Panduan Lengkap untuk memperbaiki…