Jasa

undercover.co.id/ – Gojek Vs Grab , Dengan perkembangan zaman yang sudah semakin canggih pada tahun ke tahun juga membawa banyak perubahan yang memberikan manfaat bagi kehidupan manusia.

Perkembangan yang termasuk adalah perkembangan dalam bidang teknologi dalam segala bidang.

Perkembangan teknologi tersebut sangat bermanfaat dan banyak memberikan manfaat kepada kita. Salah satu manfaat yang bisa dirasakan berkat kemajuan teknologi tersebut diantaranya adalah terciptanya suatu perusahaan Startup yang bergerak dalam bidang ojek online.

Terciptanya suatu perusahaan Startup dalam bidang ojek online ini banyak memberikan kemudahan dan manfaat yang sangat banyak kepada penggunanya. Beberapa perusahaan startup yang bergerak dalam bidang transportasi yang terkenal diantaranya ada Gojek dan Grab.

Baik Gojek dan Grab keduanya merupakan hasil dari perusahaan startup yang bergerak dalam bidang ojek online.

Gojek Vs Grab

Gojek Dan Grab ?

Gojek

Gojek merupakan salah satu perusahaan startup yang berasal dari Indonesia yang masuk dalam top 20 startup terbaik di dunia yang berasal dari Asia Tenggara. Gojek sendiri merupakan perusahaan yang didirikan pada tahun 2010 di Indonesia dan sudah berkembang luas di Indonesia.

Gojek sendiri sudah sangat terkenal di Indonesia dan sudah digunakan hampir oleh seluruh rakyat Indonesia berkat kemudahan yang diberikannya. Perusahaan startup ini menyediakan layanannya dalam bentuk aplikasi yang bisa ditautkan pada penggunaan Android dan iOS.

Sosok dibalik pendiri aplikasi Gojek ini adalah Nadiem Makarim yang sekarang menjabat sebagai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia loh. Salah satu fakta dari Gojek yang menakjubkan adalah hanya dalam waktu 10 tahun perusahaan rintisan ini sudah mampu memikat hati seluruh rakyat Indonesia.

Gojek Vs Grab

Grab

Grab merupakan perusahaan startup yang berasal dari Singapura dengan fungsi utama dan warna aplikasi yang sama-sama berwarna hijau namun aplikasi ini menawarkan keunggulannya sendiri.

Awal pembentukan dari perusahaan rintisan ini ternyata didirikan dengan nama Grabtaxi sekitar tahun 2012 dan bertahan dengan nama tersebut hingga tahun 2016. Grab ini sudah terkenal hingga ke semua negara-negara Asia Tenggara termasuk di Indonesia sendiri.

Grab sendiri didirikan oleh Anthony Tan dan Tan Hooi Ling yang pada awalnya mengantongi pendanaan seri A yang mencapai 10 juta dollar AS. Dan fakta unik dari perintisan perusahaan startup ini adalah mengakuisisi Uber pada 26 Maret 2018 yang dianggap sebagai kesepakatan besar di Asia Tenggara.

Karena fungsi utama aplikasi yang hampir sama dengan warna utama yang sama juga sehingga membuat pengguna terkadang bingung untuk menggunakan aplikasi transportasi mana yang sebaiknya digunakan. Untuk itu berikut kami sajikan beberapa perbandingan diantara kedua aplikasi ini sebgaai bahan pertimbanganmu.

Gojek Vs Grab

Perbandingan Aplikasi Gojek Dan Grab

Baik aplikasi Gojek dan Grab walaupun memiliki background warna hijau yang sama dan sama-sama bergerak dalam bidang transportasi namun ada beberapa perbedaan diantara kedua aplikasi beda negara ini.

Salah satu perbedaan dari kedua aplikasi ini adalah perbedaan fitur-fitur yang disediakan dalam aplikasi. Berikut perbedaan fitur dari aplikasi Gojek dan Grab yang harus kamu ketahui sebelum menggunakannya :

Perbandingan fitur layanan yang diberikan

Pada aplikasi Gojek banyak menyediakan fitur layanan lainnya yang berbeda dari layanan utamanya seperti Gojek, Gofod, Gocar, dan Gomart.

Didalam aplikasi Gojek terdapat fitur pelayanan lainnya yang lebih seru dan menarik untuk dicoba seperti layanan GoMed, GoMassage, GoClean, GoFitness, GoMall, GoGames, GoShop, GoPulsa, GoBox, GoInvestasi, dan GoBlueBird.

Sedangkan pada aplikasi Grab fitur layanan yang diberikan juga cukup banyak selain dari fitur pelayanan utamanya seperti layanan Makanan, Mart, Express, Jastip, dan Paket Diskon.

Jika dilihat dari segi fitur pelayanan yang diberikan maka aplikasi Gojek jauh lebih unggul dibandingkan aplikasi Grab yang jumlah layanannya masih lebih sedikit dibandingkan aplikasi Gojek.

Pada aplikasi Gojek fitur layanan yang diberikan sangat banyak dan bervariasi yang dapat digunakan kapanpun sesuai kebutuhan penggunanya.

Perbandingan negara asal aplikasi

Aplikasi Gojek sendiri didirikan oleh salah satu tokoh penting dari Indonesia yaitu Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia yaitu Nadiem Makarim yang sudah pasti aplikasi ini diciptakan dan berasal dari negara Indonesia.

Sedangkan aplikasi Grab pada awalnya terletak di Malaysia namun dipindahkan ke  kantor pusat mereka di Singapura yang diciptkan pada tahun 2012. Sosok penting dibalik terciptanya perusahaan startup yang bergerak dalam bidang transportasi ini adalah Anthony Tan.

jika dilihat dari negara asalnya maka aplikasi Gojek seharusnya lebih diunggulkan dan banyak dipakai oleh masyarakat Indonesia karena bukankah lebih bagus memakai produk dalam negeri sendiri dibandingkan produk asal luar negeri lain.

Perbandingan tampilan awal pada aplikasi

Pada tampilan awal aplikasi Gojek diwarnai dengan koundercover.co.id/nasi warna biru dan putih dengan tampilan fitur-fiturnya terletak dibagian bawah tampilan awal.

Sedangkan pada aplikasi grab tampilan awal diwarnai dengan warna putih dengan tampilan keseluruhan fiturnya langsung tersedia pada tampilan awal yang kita buka. Dengan tampilan ini maka memudahkan pengguna untuk dapat menggunakan aplikasi ini dengan baik.

Jika dilihat dari perbedaan tampilan yang disediakan dari kedua aplikasi ini maka tentunya pengguna akan lebih mudah dalam meggunakan jenis tampilan seperti yang disediakan dalam aplikasi Grab.

Karena dengan jenis tampilan ini maka pengguna akan mudah mencari fitur yang ingin digunakan dengan mudah dan langsung dapat digunakan tanpa harus menekan ikon lainnya.

Perbandingan ukuran aplikasi

Aplikasi Gojek sendiri drancang dengan ukuran aplikasi sebesar 68 MB dan dapat digunakan pada perangkat tautan seperti Android dan iOS. Aplikasi Gojek sendiri selalu melakukan pembaruan terhadap fitur-fitur terbaru yang disediakan dalam aplikasinya.

Sedangkan pada aplikasi Grab disediakan dengan ukuran aplikasi sebesar 159 MB yang berukuran jauh lebih besar dibandingkan aplikasi Gojek. Aplikasi ini juga selalu melakukan pembaruan terkini terhadap fitur-fitur dan tampilan yang disediakan dalam aplikasi.

Jika dilihat dari besarnya ukuran aplikasi maka aplikasi Gojek lebih diuntungkan untuk menjadi pertimbangan pengguna untuk menggunakannya. Sebab aplikasi Gojek hanya menyediakan ukuran dibawah 100 MB yang tentunya bisa menghemat ruang penyimpanan perangkat tautan penggunanya.

Perbandingan rating aplikasi

Rating aplikasi Gojek jika dilihat dari penggunaan android di play store maka aplikasi Gojek mendapatkan rating sebesar 4,5 yang sudah termasuk dalam kategori baik dan bagus untuk digunakan.

Sedangkan aplikasi Grab jika dilihat dari rating penggunaan pada perangkat Android maka aplikasi ini mendapatan rating sebesar 4,6 yang jauh lebih tinggi dibandingkan rating penggunaan pada aplikasi Grab.

Jika dilihat dari rating yang tertera pada play store maka aplikasi Grab lebih unggul sedikit dibandingkan aplikasi Gojek sehingga kamu dapat mempertimbangkan untuk menggunakan Grab jika dilihat pada rating yang tersedia dalam play store.

Namun tidak ada salahnya juga jika kamu ingin mencoba menggunakan aplikasi Gojek yang juga memiliki rating yang bagus dan memiliki selisih nilai yang sedikit dari aplikasi Grab.

baca juga

Perbandingan tarif nilai perjalanan

Aplikasi Gojek sendiri memasang tarif perjalanan sebesar Rp 10.000,00 per 6 kilometernya. Sedangkan pada aplikasi Grab memasang tarif sebesar Rp 12.000,00 per 5 kilometernya yang jauh lebih mahal dibandingkan aplikasi Gojek.

Maka jika dilihat dari segi tarif perjalanan yang diberikan maka menggunakan aplikasi Gojek lebih diuntungkan karena tariff perjalanan yang lebih murah dibandingkan tariff perjalanan pada aplikasi Grab.

Perbandingan kedua aplikasi di atas menjelaskan bahwa kedua aplikasi tersebut sama-sama memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Baik aplikasi Gojek maupun Grab keduanya merupakan aplikasi yang bergerak dalam bidang transportasi yang sama-sama memiliki ciri khasnya  masing-masing. Pengguna bebas memilih untuk menggunakan jenis aplikasi yang mana sesuai keinginan dan kebutuhannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.