Google Cloud Platform

jasa seo semarang
Jasa

Undercover.co.id – Dari namanya mungkin kita sudah akan berkesimpulan bahwa Google Cloud Platfortm (GCP) adalah layanan cloud computing yang disediakan oleh google.

GCP ini berjalan di atas infrastruktur yang sama dengan yang digunakan oleh Google untuk berbagai produk internalnya, seperti Google Search, YouTube dan Gmail.

Selain dengan alat-alat manajemen tentunya,  GCP dalam hal ini juga  menyediakan serangkaian layanan cloud modular termasuk komputasi, penyimpanan data, Analisis data dan machine learning

Untuk mendapatkan setiap layanan dari GCP ini, pelanggan perlu melakukan registrasi yang membutuhkan detail kartu kredit atau rekening bank.

GCP dalam perkembangannya telah menjadi platform yang mampu menyediakan layanan infrastruktur, layanan Platform, dan juga  lingkungan komputasi tanpa server.

Bahkan pada bulan April 2008, Google meluncurkan mesin aplikasi, platform pengembangan dan juga hosting aplikasi berbasis web di pusat data yang dikelola Google.

Sejak meluncurkan mesin apliksi tersebut, Google menambahkan beberapa layanan platform ke cloud. Dan GCP adalah bagian dari itu.

Selain GCP ada juga infrastruktur dari cloud tersebut , G Suite yang merupakan versi enterprise dari Android dan Chrome

Kemudian termasuk juga dalam hal ini adalah Antarmuka pemrograman aplikasi untuk machine learning dan layanan pemetaan perusahaan.

Free Trial $300

Tawaran yang paling menarik dari GCP di bandingkan dengan penyedia cloud lainnya adalah GCP memberikan free trial kepada para pengguna selama 90 hari .

Free trial tersebut jika diuangkan adalah sebesar $300. Bahkan trial tersebut diberikan tanpa batasan jenis produk.

Produk free trial GCP ini bisa dijadikan sebagai hosting website gratis selama 90 hari oleh para pengguna.

Jika tagihan sudah lebih dari US$300, pengguna baru akan membayar sesuai dengan paket yang dipilih

baca juga

rekomendasi web hosting terbaik

Bila ingi menggunakan VPS dari GCP tapi anda tidak paham , bisa cek jasa maintenance server VPS

Google Cloud Platform
Google Cloud Platform

Banyaknya Produk Google Cloud Platform

Seperti yang sedikit disinggung di atas terkait produk yang disediakan GCP. Dalam hal ini lebih detail bahwa GCP memang memiliki banyak sekali produk dan layanan yang ditawarkan kepada pelanggan.

Semua produk GCP tersebut secara fungsional dibagi menjadi Compute, Storage, Networking, Stack Driver, Tools, Big Data, dan Artificial Intelligence.

Layanan Komputasi Pada GCP

Layanan komputasi dari GCP memiliki banyak keunggulan dan juga beberapa layanan turunan yang dapat dinikmati oleh para pengguna.

  1. App Engine, yaitu platform yang menyediakan layanan untuk menyebarkan apkikasi dengan bahasa  Java, PHP, Node.js, Python, C#, .Net, Ruby dan aplikasi-aplikasi Go.
  • Compute Engine merupakan  layanan infrastuktur yang berguna untuk menjalankan Microsoft Windows dan Linux virtual machines.
  • Kubernetes Engine merupakan wadah dari berbagai layanan berbasis Kubernetes.
  • Cloud Functions merupakan Functions as a Service (FaaS) yang berguna untuk menjalankan kode berbasis event yang menggunakan Node.js.

Layanan Storage Pada GCP

Kemudian untuk layanan storage ini GCP memiliki berbagai layanan turunan, antara lain:

  1. Cloud Storage merupakan penyimpanan objek dengan caching edge terintegrasi untuk menyimpan data yang tidak terstruktur.
  • Cloud SQL merupakan layanan database berdasarkan MySQL dan PostgreSQL.
  • Cloud BigTable, selain SQL juga terdapat layanan database NoSQL yang dikelola.
  • Cloud Spanner yaitu layanan basis data relasional yang horizontal, skalabel, dan sangat konsisten.
  • Cloud Datastore yang menyediakan NoSQL database untuk aplikasi web dan seluler.
  • Penyimpanan Disk merupakan layanan Blok Persisten untuk mesin virtual Compute Engine.
  • Cloud MemoryStore merupakan penyimpanan data di memori yang dikelola berdasarkan Redis.

Google Cloud Platform Penyedia Layanan Networking Paling Lengkap

GCP boleh dikatakan adalam merupakan platform penyedia layanan Networking paling lengkap. Dari mulai VPC sampai Cloud DNS deisediakan oleh GCP. Berikut detailnya:

  1. VPC atau Virtual Private Cloud merupakan layanan yang berguna untuk mengelola jaringan sumber daya cloud yang ditentukan oleh perangkat lunak.
  • Cloud Load Balancing merupakan layanan yang desediakan untuk melakukan penyeimbangan lalu lintas aplikasi
  • Cloud Armor layanan yang memberikan pelanggan Firewall aplikasi berbasis website dan berguna untuk melindungi beban kerja dari serangan DDos.
  • Cloud CDN merupakan Jaringan Pengiriman Konten berdasarkan titik tepi kehadiran yang terdistribusi secara global melalui GCP
  • Cloud Interconnect yaitu layanan yang berguna untuk menghubungkan pusat data dengan GCP
  • Cloud DNS yaitu sebuah layanan DNS otoritatif yang berjalan di infrastruktur yang sama denganGoogle.

Sejumlah layanan Lain dari GCP

Selain layanan di atas, berikut adalah secara detail layanan dari GCP yang bisa dinikmati oleh para pengguna:

Big Data, terdiri dari BigQuery, Cloud Dataflow, Cloud Dataproc, Cloud Composer, Cloud Datalab, Cloud Dataprep, Cloud Pub / Sub dan yang terakhir adalah Cloud Data Studio

Artificial Intelligence Cloud, yang memiliki beberapa layanan yaitu Cloud AutoML, Cloud TPU, Cloud Machine Learning Engine, Cloud Job Discovery, Dialogflow Enterprise, dan Cloud Natural Language

Selain itu jug ada Cloud Speech-to-Text, Cloud Text-to-Speech, Cloud Translation API, Cloud Vision API serta ada juga, Cloud Video Intelligence yang mampu melakukan  Analisis video layanan berdasarkan Machine Learning.

Kemudian untuk layanan management tools GCP memiliki Stackdriver, Cloud Deployment Manager, Cloud Console, Cloud Shell, Cloud Console Mobile App serta cloud API.

Berkaitan dengan Identitas dan Keamanan, GCP memberikan berbagai pilihan layanan yang bisa digunakan oleh para pengguna.

Layanan-layanan tersebut berupa Cloud Identity, Layanan Cloud IAM, Cloud Identity-Aware Proxy, kemudian ada juga layanan API Pencegahan Kehilangan Data Cloud serta Security Key Enforcement.

Tidak hanya itu ada juga Layanan Pengelolaan Kunci Cloud, Cloud Resource Manager, Pusat Perintah Keamanan Cloud dan juga Cloud Security Scanner.

Google Cloud Platform juga menyediakan layanan Internet Of Thing yang terdiri dari Cloud IoT Core, dan Cloud IoT Edge.

Selanjutnya untuk platform API yang disediakan oleh GCP antara lain adalah Platform Maps-API, Apigee API Platform, Monetisasi API, Portal Pengembang, dan juga Analisis API

Ada juga Apigee Sense dan Cloud Endpoints yang merupakan proxy berbasis NGINX untuk menerapkan dan mengelola API.

baca juga

    Harga yang Harus dikeluarkan untuk GCP

    Tidak seperti halnya layanan cloud lainnya GCP menggunakan sistem harga yang sedikit rumit karena seringkali berubah-ubah setiap bulannya.

    Jadi tidak ada peket-paket yang disediakan dan tinggal pakai seperti pada host/cloud compute lainnya. 

    Komponen-komponen yang ditagih dalam pembayaran biasanya akan terdiri dari CPU, HDD, Traffic, Cloud DNS, dan Snapshot.

    Meskipun demikian GCP seringkali juga memberikan diskon untuk pemakaian CPU simultan (compute engine sustained usage discount).

    Jadi biaya yang harus dikeluarkan tidak hanya berdasarkan CPU, tetapi juga berdasarkan pemakain data lainnya. Sehingga hal ini bisa membuat biaya bulanannya naik turun.

    Meskipun demikian rincian detail dari biaya yang harus pengguna keluarkan akan tercantum dalam billing, di menu billing juga dicantumkan biaya bulan berjalan disertai prediksi (forcasted) untuk biaya akhir bulan.

    GCP dalam hal ini juga menyediakan GCP Calculator yang berguna  untuk menghitung estimasi biaya pemakaian produknya.

    Melalui fitur tersebut pengguna dapat memilih kira-kira produk mana yang masih masuk dalam hitungan budget.

    Jasa

    Leave a Reply

    error: Content is protected !!