Hak Kekayaan Intelektual dan Pebagiannya

Apakah definisi yang tepat untuk mendeskripsikan tentang Hak Kekayaan Intelektual?

Hak Kekayaan Intelektual atau Intellectual Property Rights merupakan buah pemikiran atas terciptanya sebuah inovasi berupa produk maupun proses yang benar-benar original dan terbaru yang dapat dimanfaatkan oleh banyak orang.

Direktorat Jenderal Hak Kekayaan Intelektual membagi Hak Kekayaan Intelektual itu sendiri kepada dua kategori yaitu hak cipta dan hak kekayaan industri.

Apa yang membedakan hak cipta dan hak kekayaan industri?

Tidak semua orang mengerti tentang perbedaan kedua hak tersebut, lebih lagi bagi mereka yang bukan berasal dari kalangan bisnis.

Untuk lebih mengetahui perbedaannya, marilah menyimak ulasan berikut ini.

Hak Cipta

Hak Cipta adalah bentuk hak yang paling lazim didengar.

Hak Cipta atau copyright adalah hak ekslusif dan hak moral dalam menggandakan, mengadopsi, menerbitkan, aransemen, adaptasi, menerjemahkan, transformasi, pertunjukan, hingga penyewaan sebuah karya.

Hak Cipta diberlakukan tanpa adanya batasan waktu atau hak moral dan diberlakukan selama yang bersangkutan masih hidup atau hak ekslusif.

Hak Cipta merupakan bentuk perlindungan terhadap karya tulis, kuliah, ceramah, pidato, musik, drama, lagu, alat peraga, karya seni rupa, pantomim, tari, arsitektur, perwayangan, koreografi, ilmu pendidikan dan pengetahuan, peta, potret, video, program komputer, data, dan sinematografi.

Hak Kekayaan Industri

Hak kekayaan industri terbagi atas empat kategori yaitu hak merek, hak paten, rahasia dagang, dan desain industri.

  1. Hak Merek

Hak merek termasuk pada hak ekslusif yang juga melindungi nama, gambar, kata, figur, huruf, dan  kombinasi dalam hal untuk membedakan penjualanan jasa atau barang.

Hak Merek dibedakan atas tiga kategori yaitu merek jasa, merek dagang, dan merek kolektif.

  • Merek jasa adalah lambang suatu jasa yang diperdagangkan.
  • Merek dagang adalah lambang suatu hal yang diperdagangkan.
  • Merek kolektif adalah merek yang dipergunakan untuk perdagangan jasa atau barang sebagai pembeda dengan bisnis lainnya.

Merek dagang berlaku selama sepuluh tahun, namun dapat diberlakukan perpanjangan.

Merek dagang yang telah vakum dalam jangka tiga tahun berturut-turut akan dihapus secara permanen.

Hak Paten

Hak paten adalah jenis hak ekslusif suatu pihak terhadap penemuan atau teknologi terbaru.

Hak paten di sini bisa langsung diajukan oleh pemilik invensi atau pihak yang mendapatkan izin dalam mempergunakan invensi tersebut.

Perlu diingat bahwa invensi atau penemuan yang dipatenkan adalah berupa teknologi atau pemecahan masalah yang dapat dipergunakan oleh beragam industri dalam lingkup tertentu.

Hak paten diberlakukan dalam kurun waktu dua puluh tahun dan setelahnya adalah milik umum dan dapat dipergunakan secara bebas.

baca juga

Editor’s Choices

1000 Ide Bisnis UKM Modal Kecil

Daftar 600 Bisnis Franchise

800 Jenis usaha yang menjanjikan Dengan Modal Kecil

Panduan Bisnis Franchise

500 Master Franchise

Rahasia Dagang

Rahasia dagang berisi tentang informasi perdagangan yang tidak diekspos secara meluas atau diketahui hanya bagi pihak tertentu.

Rahasia dagang memiliki nilai ekonomi yang bermanfaat bagi keberlangsungan bisnis dan tidak diizinkan dalam penggunaan secara massive.

Rahasia dagang diberlakukan tidak berbatas waktu.

Terdapat beberapa kategori atas perlindungan rahasia dagang yaitu metode pengolahan, metode produksi, skema penjualanan, dan segala hal yang terkait dalam proses perdagangan.

Desain Industri

Desain industri merupakan suatu bentuk dari komposisi atau konfigurasi dari kombinasi elemen yang mampu menciptakan dua atau tiga dimensi pada karya yang menciptakan nilai estetika.

Desain industri dapat diberikan kepada pihak yang dipercayai atau memakainya sendiri untuk kebutuhan industri.

baca juga

    Terdapat beberapa lingkup desain industri yang dapat dikategorikan sebagai hak kekayaan industri yaitu bentuk desain atau konfigurasi dan diberlakukan selama sepuluh tahun.

    Itulah ulasan mengenai hak kekayaan intelektual dan pembagiannya. Ternyata, jenis-jenis HKI tersebut sangat beragam sesuai dengan lapangan industrinya.

    Ad Blocker Detected

    Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker.

    Refresh
    error: Content is protected !!