Hamparan Batu – Batu Eksotik Di Stone Garden Geopark Bandung

Hamparan Batu – Batu Eksotik Di Stone Garden Geopark Bandung

Bandung tak pernah kehabisan cerita dengan tempat-tempat wisatanya yang keren. Selalu ada cerita baru dengan tujuan wisata yang menarik di setiap masanya. Bandung selalu berhasil menarik para wisatawan baik dalam negeri maupun luar negeri untuk datang kembali mengunjungi kota nan ramah ini.

Nah, kali ini kita akan berkenalan lagi dengan salah satu tempat tujuan wisata yang saat ini sedang hits di kota kembang ini. Nama tempat itu adalah Stone Garden Geopark. Stone Garden ini merupakan hamparan bebatuan dengan bentuk batu yang beragam, unik, dan artistik dengan ukuran dari yang kecil  sampai dengan ukuran yang sangat besar.

 

Lokasi Stone Garden Geopark

Stone Garden Geopark terletak di Kampung Grimulya, Desa Gunung Masigit,  Kecamatan Padalarang Kabupaten Bandung. Namun tempat ini juga sering disebut Stone Garden Cipatat karena lokasinya yang berdekatan dengan kecamatan Cipatat. Stone Garden Geopark ini berada pada ketinggian 70  meter di atas permukaan laut.

Menurut para ahli dulunya tempat ini adalah gunung dasar laut dangkal yang sudah berusia sekitar 27 juta tahun. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya temuan  fosil  binatang koral di tempat ini dan juga adanya batu – batu berongga  mirip seperti karang.  Dalam waktu jutaan tahun tersebut, koral – koral ini pun akhirnya mengeras dan membentuk batuan gamping. Batuan – batuan gamping inilah yang sekarang dapat kita lihat di Stone Garden Geopark ini.

Rute menuju Stone Garden Geopark

Akses perjalanan menuju ke tempat ini tidaklah susah. Jika kita mengendarai sepeda motor dan berangkat dari kota Bandung, ambillah jalan ke arah Kota Baru Parahyangan. Dari situ kita lurus terus menuju kea rah Cianjur. Lalu kita mengambil  jalan yang menuju Jalan Raya Cipatat (kamu bisa menjadikan pusat oleh –oleh Roti Unyil sebagai patokan) dan dari situ kita akan bertemu dengan gerbang Goa Pawon dan Stone Garden di  kanan jalan.

Jika kita menggunakan mobil, kita masuk ke Tol Purbaleunyi dan keluar di Tol Padalarang yang mengarah ke Cianjur. Dari sana kamu bisa memperhatikan dengan pelan gapura yang bertuliskan Goa Pawon dan Stone Garden di  kanan jalan.

Keindahan Stone Garden Geopark

Bagi kamu pecinta fotografi, tempat ini bisa menjadi pilihan Anda untuk  menambah foto-foto eksotismu. Stone Garden Geopark ini menyajikan keindahan alamiah dengan batu – batu kapur tidak beraturan  yang sangat eksotik. Panorama di tempat ini semakin indah dengan bukit –bukit kapurnya dan pepohonan di sekitar Stone Garden ini.

Dari puncak bukit dari Stone Garden Geopark ini  kita akan disuguhi dengan hamparan pertanian milik masyarakat sekitar, Gunung Masigit, dan pabrik – pabrik pasir serta kendaraan yang berlalu lalang di jalan raya yang terlihat jauh dari puncak Stone Garden ini. Di bawah langit yang bersih dan terasa lebih dekat ini bisa menarik kita sebentar dari penatnya kota dan penatnya aktivitas harian kita.

Hoiyaaaa…..di tempat ini sudah ada beberapa yang menjadikannya sebagai latar foto untuk prawedding mereka loo… Jadi jika teman-teman saat ini sedang bingung untuk mencari tempat pengambilan foto prawedding, Stone Garden ini bisa menjadi pilihanmu dengan  latar bebatuan yang unik dan perbukitan batu kapur yang sangat fotogenik. Saya yakin hasil foto prawedding mu tidak akan kalah dengan pengambilan foto di luar negeri hehe.

Tiket Masuk dan Jadwal Kunjungan

Stone Garden Geopark buka setiap hari dari pukul 06.00 – 17.00 WIB.

Harga tiket masuk adalah:

  • Jika kita masuk dari pintu masuk Goa Pawon, maka kita harus membayar Rp 6.000,- per orangnya, tarif parkir motor Rp 5.000,- dan tarif parkir mobil sebesar Rp 10.000,-
  • Jika kita masuk dari pintu langsung ke Stone Garden, maka kita harus membayar Rp 3.000,- per orangnya, tarif parkir motor Rp 5.000,- dan tarif parkir mobil sebesar Rp 10.000,-

 

Tips berwisata ke Stone Garden Geopark

  1. Usahakan pergi ke tempat ini di pagi atau sore hari untuk menghindari terik matahari. Kalaupun di siang hari, jangan lupa untuk memakai baju lengan panjang, membawa payung atau topi, dan kondisi tubuh sehat.
  2. Usahakan untuk membawa kendaraan pribadi ke tempat ini, mengingat fasilitas transportasi umum yang masih susah di tempat ini ada baiknya kita membawa kendaraan pribadi.
  3. Gunakan sepatu atau alas kaki untuk outdoor untuk kenyamanmu menyusuri Stone Garden ini.
  4. Bawalah air minum, selain karena perjalanannya yang cukup melelahkan juga karena di puncak Stone Garden ini tidak ada ditemui warung yang menjual makanan dan minuman
  5. Terakhir, jangan membuang sampah sembarangan

 

 

Stone Garden ini terletak tepat  di atas Goa Pawon. Di Tempat ini bisa menjadi  wisata edukatif yang mengenalkan Anda dengan peninggalan dari manusia purba .  Dalam Goa Pawon ini kita bisa melihat replika tulang manusia purba. Katanya sih manusia purba yang ditemukan di tempat ini adalah nenek moyangnya masyarakat Sunda.

Jadi jangan lupa untuk berkunjung ke Goa Pawon juga yaaa….

 

Ad Blocker Detected

Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker.

Refresh
error: Content is protected !!