Hasil Karya Kerajinan Tangan Kain Tenun Lampung Alternatif Bisnis Home Decor

https://www.zowhy.com – Hasil Karya Kerajinan Tangan Kain Tenun Lampung Alternatif Bisnis Home Decor |  Kerajinan tangan adalah satu dari demikian banyak type usaha yang ada di Indonesia. Tetapi Anda butuh menyimak apabila usaha kerajinan tangan nyatanya dapat buka satu kesempatan usaha baru. Salah nya ialah dekorasi tempat tinggal atau umum dimaksud home decor.

Usaha home decor sekarang ini memanglah belum banyak dikerjakan oleh beberapa pelaku usaha. Walau sebenarnya omzet yang didapat dari usaha ini cukup tidak kecil. Hal semacam ini disadari oleh Erna Lestari, satu diantara pelaku usaha yang menekuni usaha ini.

Dengan brand Erna’s Gallery, ia coba membagikan rahasia keberhasilan usaha home decor pada Anda. Usaha home decor ini telah ia jalani mulai sejak lama serta sekarang ini mempunyai pelanggan tetaplah dengan omzet sampai beberapa ratus juta rupiah.

Baca juga Cara Berpromosi Yang Efektif

  1.  Membership Premium Undercover
  2.  Layanan Bisnis Online Lengkap

“Saya sih tak dapat menguraikan bebrapa bagaimana. Namun yang tentu banyak kesempatan dari usaha ini. Tiap-tiap usaha tentu mempunyai kesempatan usaha yang tidak sama, ”
Erna’s Gallery mempunyai bermacam product home decor yang dapat Anda tentukan. Pada product home decor yang dihasilkannya, Erna berniat memberi kesan unik, seperti pemakaian unsur etnik yang dinilai sebagai ciri-ciri paling utama produknya.

Hasil Karya Kerajinan Tangan Kain Tenun Lampung Alternatif Bisnis Home Decor

Ia mengungkap umumnya product home decor kepunyaannya memakai batik tradisional seperti motif kawung yang dimodifikasi jadi runner. Beberapa produk yang telah dihasilkan serta di tawarkan pada customer (pelanggan) yaitu bantal, runner, selimut, tutup galon, dan sebagainya.

Baca juga : sejam-bersama-anne-avantie-sang-jenius-trend-setter-fashion-kebaya-di-indonesia/

“Yang terang tentang aksesori interior seperti sarung bantal, badcover, table runner, sarung bantal tidak besar dan sebagainya, ” imbuhnya.

Arti dari home decor di sini yaitu Erna coba lengkapi perlengkapan rumah tangga yang ada didalam ruang tempat tinggal Anda dengan sedikt balutan fashion. Hingga sesudah dikerjakan home decor, tampilan ruang tempat tinggal Anda tak akan monoton namun mempunyai topik serta ciri khas nuansa jenis spesifik.

Erna berniat memakai rencana wayang serta motif batik tradisional pada balutan fashion home decor. Wayang serta batik berniat diambil lantaran di rasa telah cukup di kenal. Diluar itu menyatakan segi etnik dari product Erna’s Gallery.

“Pertama (kesannya) unik, menginginkan melestarikan budaya Indonesia. Yang pasti dapet materialnya gampang, tak sulit, tak bergantung dengan kondisi luar. Saya tak mengharuskan berbahan batik, yang utama berbahan lokal serta indonesia banget yang saya olah, ” katanya.

Supaya lebih tampak beda, Erna berniat menjahit semua product home decor dengan memakai tangan beberapa pengrajin. Kesannya supaya lebih handmade serta akhirnya lebih rapi dan memuaskan customer. Erna juga terima home decor yang dipesan sesuai sama jenis yang dikehendaki customer.

Hasil Karya Kerajinan Tangan Kain Tenun Lampung Alternatif Bisnis Home Decor

“Bedanya diliat dari ciri khas jahitannya itu lantaran semuanya product yang saya bikin di buat dengan bahan tenun. Konsumen saya katakan pelaksanaannya rapi. Diluar itu dapat juga costum design, ” tuturnya.

Sesaat untuk harga yang di tawarkan, dihitung dari product home decor per item. Erna membanderol harga dari mulai Rp 60 ribu sampai Rp 3 juta. Harga itu pastinya semakin lebih mahal lagi apabila design sesuai sama hasrat pelanggan.

Baca juga : pebisnis-wanita-super-ini-sukses-dengan-pameran-usaha/

“ (Harga nya) dari Rp 60 ribu-an hingga Rp 3 jutaan itu untuk badcover, ” sebutnya.

Sehari-hari Erna sering melayani beragam keinginan dari beberapa pelanggannya. Erna aktif pasarkan product home decor kepunyaannya lewat sosial media Facebook, ikuti pameran serta satu gerai kepunyaannya di Sarinah Thamrin.
Hasil Karya Kerajinan Tangan Kain Tenun Lampung Alternatif Bisnis Home Decor Tiap-tiap bln. Erna dapat memperoleh omzet Rp 15 juta. Omzet yang didapat dapat tambah lebih tidak kecil apabila ia ikuti pameran berskala nasional seperti Inacraft. Sesaat untuk modal ia sekalipun tak keluarkan lantaran awalannya cuma beberapa cobalah serta cuma menginginkan menyalurkan hoby menjahit.

“Biasa memperoleh sekitaran Rp 10-15 juta/bln.. Namun bila untuk turut pameran seperti Inacraft dapat tembus beberapa ratus juta, ” ucapnya.

Baca juga : keindahan-mutiara-membuat-wanita-ini-menjadi-pebisnis-sukses-karena-hobby/

Lantaran masihlah tidak sering pelaku usaha yang mengerjakan usaha ini, Erna optimis usahanya akan tumbuh serta berkembang lebih tidak kecil lagi. Ia juga selalu lakukan inovasi supaya product home decor kepunyaannya tak terus-terusan mempunyai rencana cuma batik serta wayang.

“Ya lantaran familiar, beberapa orang yang mencari beberapa barang interior ini, ” tandasnya

 Kerajinan Khas Lampung, Kain Tenun Berkualitas Export Tinggi

 

Indonesia adalah negara yang mempunyai banyak kebudayaan. Satu diantara hasil karya tradisional dari beragam daerah di Indonesia yang paling di kenal yaitu kain tenun.

Terkecuali dapat digunakan serta jadi bahan koleksi, kain tenun nyatanya dapat jadi kesempatan usaha yang mengundang selera. Tak yakin? Hal semacam ini yang cobalah disibakkan Yanti Farida (59), yang memiliki usaha Yanti Art & Craft.

 

Baca juga cara efektif berpromo via

  1. Email marketing
  2. SEO Google
  3. Artikel Review

Klik Untuk info lengkap

 

Yanti sudah lama tekuni usaha penjualan kain tenun khas Lampung. Saat ini, usaha yang ditempuh mulai sejak th. 1988 ini sudah mempunyai banyak pelanggan (customer). Diluar itu, Yanti saat ini memperoleh pemasukan teratur tiap-tiap bulannya sebesar Rp 50 juta, bahkan juga dapat lebih.

Hasil Karya Kerajinan Tangan Kain Tenun Lampung Alternatif Bisnis Home Decor

“Usaha ini mengenai product tenun Lampung, sulam Lampung serta baju spesial kain Lampung, kain tapis, ” kata Yanti

Yanti menjelaskan kain tenun yang ia jual di buat segera dengan tangan (handmade) oleh beberapa pengrajin hingga berkesan unik serta langka. Tak heran apabila sistem pembuatan kain tenun memerlukan saat yang cukup lama. Namun keuntungannya, kain tenun yang di buat Yanti diburu serta disukai banyaknya kelompok, bukan sekedar didalam negeri namun juga dari luar negeri.

“Bedanya itu bila tenun mereka kan digambar dahulu lalu di buat cetakannya selalu ditenun. Bila kain tenun Lampung itu kita buat dahulu sistem kainnya kemudian baru kita gambar serta disulam satu-satu. Makan saat begitu lama, ” katanya.

Baca juga : startegy-bisnis-batik-adifta-bersaudara-mampu-tembus-omzet-ratusan-juta/

Menurut Yanti, product kain tenun khas Lampung tetaplah jadi primadona untuk calon konsumen. Terkecuali berbentuk kain tenun, Yanti coba mendesain kain tenun khas Lampung berbentuk baju. Nyatanya langkah ini direspon positif dari calon konsumen.

Hasil Karya Kerajinan Tangan Kain Tenun Lampung Alternatif Bisnis Home Decor

“Macam-macam, ada kain tenun, tapis serta baju, ” sebutnya.

Lantaran ditangani semuanya dengan tangan, harga yang di tawarkan Yanti cukup mahal. Seperti product kain tenun, Yanti membanderol harga Rp 500 ribu/potong untuk kwalitas standard serta Rp 10 juta/potong untuk kwalitas premium. Sesaat untuk product baju, harga nya sekitar pada Rp 400 ribu/potong untuk kwalitas standard serta Rp 1 juta/potong untuk kwalitas premium.

Baca juga : sharing-pengusaha-umkm-sukses-go-international-ke-jepang-eropa-dan-rusia/

“Harganya bergantung design, kepadatan serta kehalusan, ” ucapnya.

Dari penjualan kain tenun serta baju kain tenun, Yanti teratur memperoleh omzet rata-rata Rp 50 juta per bln.. Omzetnya akan jadi tambah apabila ia ikuti pameran.

“Kalau tak turut pameran sekitaran Rp 50 juta/bln.. Bila turut pameran ya diatas Rp 50 juta, ” imbuhnya.

Anda yang menginginkan mengawali usaha seperti ini, menurut Yanti sediakan modal yang jumlahnya banyak. Modal itu dipakai untuk beli peralatan tenun serta bahan baku produksi seperti benang serta kain sampai membayar gaji beberapa pengrajin.

Diluar itu, Anda dapat pula mempersiapkan satu tempat gallery/workshop penjualan. Tempat itu bukan sekedar dipakai sebagai tempat penjualan kain tenun. Galleri/workshop diperlukan supaya beberapa calon konsumen dapat lihat segera aktivitas beberapa pengrajin dalam menghasilkan kain tenun khas Lampung.

Nah untuk yang mempunyai modal pas-pasan, Anda tak perlu ribet buka gerai atau workshop untuk pasarkan product. Cukup pakai sosial media seperti Facebook atau Instagram.

Baca juga : hobby-budidaya-ikan-hias-mas-koki-menjadi-bisnis-beromzet-jutaan/

“Penjulan saya lewat on-line shop serta group whatsapp. Mereka juga beli ada yang segera ke tempat workshop, ada yang beli ke pameran, ” tuturnya.

Usaha penjualan kain tenun khas Lampung diyakin Yanti akan selalu tumbuh dari th. ke th.. Seandainya perekonomian Indonesia stabil hingga memperkuat daya beli orang-orang.

“Peluang pasar untuk tenun Lampung begitu terbuka, walau belum banyak yang tahu namun sesudah tahu banyak ketertarikan serta pesan kain tenun kita. Kita mengharapkan ekonomi Indonesia tetaplah stabil, ” tutup Yanti. Hasil Karya Kerajinan Tangan Kain Tenun Lampung Alternatif Bisnis Home Decor

Ad Blocker Detected

Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker.

Refresh
error: Content is protected !!