Published On: Wed, Feb 18th, 2015

Hermawan Kertajaya The Founder Markplus Inc

Hermawan Kertajaya The Founder Markplus Inc | Hermawan Kertajaya. Nama yang begitu tersohor dikalangan pengusaha dan pebisnis, bukan hanya di Indonesia, tetapi juga di luar negeri. Boleh dikatakan bahwa Hermawan Kertajaya adalah seorang bapak marketing Indonesia. Benar, beliau merupakan pendiri dari Markplus Inc yang sangat tersohor di kalangan pengusaha dan pembisnis di tanah air. Jurus marketing jitunya patut kita pelajari bersama agar kita dapat mengembangkan bisnis kita.

Siapa Hermawan Kertajaya

Hermawan Kertajaya disebut-sebut sebagai pakar pemasaran di tanah air Indonesia. Lelaki kelahiran Surabaya 18 Nopember 1947 tersebut merupakan keturunan tionghoa yang saat itu bisa dikatakan miskin yang tinggal di kawasan pecinan, Kapasan Gang IV (dekat Jembatan Merah). Hermawan Kertajaya dikenal sebagai anak yang cerdas.

Sekalipun lahir di keluarga miskin, ayahnya yang saat itu merupakan pegawai BUMN mengajarkan pada anak-anaknya untuk tidak mengambil yang bukan haknya. Beruntung karena kecerdasan yang dimiliki, Hermawan Kertajaya menggunakannya sebagai senjata memperoleh uang. Yaitu dengan membuka les privat.
Selepas SMA, Hermawan Kertajaya yang notabene anak pandai masuk kuliah di kampus teknik ternama di Kota Surabaya, Institut Teknologi Sepuluh Nopember. Namun, beliau merasa tidak sreg dengan mata kuliahnya, lantaran tidak berbakat di bidang teknik. Saat itu beliau mengambil jurusan teknik elektro. Pada akhirnya, kuliahnya harus berakhir dengan drop out.
Lepas drop out tidak menjadikan Hermawan Kertajaya patah arang. Dengan kepiawaiannya di bidang matematika dan fisika, beliau menjadi guru di SMAK St. Louis Surabaya. Dan dengan gaya mengajarnya yang bagus, tak heran bila para siswa sangat menyukai beliau. Hermawan Kertajaya menjadi guru favorit pilihan siswa. Bukan tanpa alasan, memang menurut beliau, beliau selalu berusaha membuat materi menjadi lebih mudah dipahami oleh siswa. Namun karena tidak memiliki gelar sarjana, beliau harus meninggalkan SMAK St. Louis Surabaya.

hermawan kertajaya

hermawan kertajaya

Hermawan Kertajaya The Founder Markplus Inc , Setelah itu beliau kuliah di Fakultas Ekonomi Universitas Udayana. Tak banyak diceritakan bagaimana beliau pindah ke bali. Beliau kemudian dengan cepat menyelesaikan kuliahnya. Dan dengan menyandang gelar sarjana ekonomi, beliau mulai bekerja di berbagai perusahaan.
Setelah sempat bekerja di berbagai perusahaan tersebut, beliau dipercaya untuk mengelola PT Panggung oleh PT HM Sampoerna. Namun karena jenuh, pada tahun 1990 beliau keluar dari perusahaan besar tersebut. Lalu beliau mulai berfikir untuk membuat usaha sendiri, yaitu dengan mendirikan perusahaan konsultan dengan nama MarkPlus di kota kelahiran beliau, Surabaya. MarkPlus merupakan lembaga yang melakukan riset di bidang marketing serta memberikan nasehat yang strategis bagi perusahaan bisnis.
Semenjak membuka konsultan tersebut, beliau sering mengikuti kegiatan kuliah singkat maupun kursus bertama marketing di luar negeri. Tak puas dengan itu, beliau kemudian mengambil pendidikan master di University of Strahclyde, Glasgow dan mendapatkan gelar Msc di tahun 1995. Selain itu beliau juga mengikuti program pendidikan eksekutif di sekolah bisnis terkemuka di Amerika, mulai dari Wharton, Harvard, Kellog hingga University of Michigan.
Perusahannyapun mulai memperlihatkan hasil yang menabjukkan. Nama Hermawan Ketajaya mulai terkenal di media massa di Surabaya. Namun dilain sisi, cibiran demi cibiran juga diterima. Perusahaannya dianggap hanya omong doang. Tapi hal tersebut tidak menjadikan Hermawan mundur dan patah semangat. Beliau terus menerus membuktikan bahwa beliau bisa. Sampai beliau sukses seperti hari ini.
Prestasi yang cukup membanggakan, karena MarkPlus Inc telah merambah ke berbagai negara di Asia hingga Amerika. Selain itu Hermawan Kertajaya juga dinobatkan sebagai salah satu 50 Gurus Who Have Shaped The Future of Marketing oleh CIM Inggris.

 

Presiden World Marketing Association

pada tahun 2002, Saat ini, aktivitas Hermawan Kertajaya yang memiliki dua orang anak tersebut, selain memberikan konsultasi pada perusahaan yang menjadi klien beliau, beliau juga aktif menulis buku. Buku-buku beliau banyak ditemukan di toko-toko buku ternama. Buku beliau antara lain Rethinking Marketing: Sustainable Marketing Enterprise in Asia dan Hermawan Kertajaya on Market-ing, dan beberapa buku terkenal lainnya. Beliau juga menjadi kolumnis di beberapa majalah seperti GATRA dan Harian Bisnis Indonesia.

 

hermawan kertajaya

hermawan kertajaya

Sepuluh Jurus Marketing ala Hermawan Kertajaya

Sebagai pakar pemasaran di Indonesia, Hermawan Kertajaya memiliki berbagai macam konsep marketing. Dan berikut ini kami berikan sumary konsep beliau untuk anda.

Love your customer, respect your competitor

Sebagai pengusaha, ilmu yang bisa kita ambil dari konsep Hermawan Kertajaya salah satunya adalah menyayangi pelanggan dan menghormati pesaing kita. Menyayangi dalam artian, kita sebagai pengusaha harus memberikan kepuasan kepada pelanggan dengan memberikan produk yang bagus. Sedangkan menghormati pesaing artinya kita harus bersaing secara sehat dan tidak boleh menjatuhkan karena sama-sama membangun industri.

Be sensitive to change, be ready to transform

Sebagai pengusaha kita harus selalu siap sedia untuk bertransformasi dan berubah mengikuti perkembangan jaman. Dengan begitu, usaha kita tidak out of the date dan selalu up to date.

Guard your name, be clear who you are

Sebagai pengusaha kita harus menjaga nama baik kita. Dan kita harus clear dengan siapa kita sebenarnya. Sebagai pengusaha hal ini sangat penting. Karena dengan sendirinya ini akan membantu membuat brand terhadap produk kita.

Customers are divers, go first to who really need you

Konsumen sangat beragam jenisnya, dan kita sebagai pengusaha harus benar-benar tahu siapa yang membutuhkan kita, siapa yang membutuhkan produk kita. Dengan begitu kita bisa ‘jemput bola’

Always offer a good product at a fair price

Sebagai pengusaha kita harus selalu menawaran produk yang bagus dengan harga yang seimbang. Jangan terlalu murah jangan begitu mahal. Ini juga akan membranding produk kita.

Be always available and spread the good news

Sebagai pengusaha kita harus selalu ada jika ada yang membutuhkan kita dan selalu menyebarkan berita bagus.

Get your customers and keep grow the business with them

Sebagai pengusaha kita wajib mencari dan meraih pelanggan kita, serta menumbuhkan bisnis kita bersama mereka.

What ever your business is a service business

Apapun bisnis kita, bisnis merupakan pelayanan. Kita harus camkan itu baik – baik di benak kita.

Always refine your process in term of quality, cost and delivery

Sebagai pengusaha kita harus senantiasa meningkatkan kualitas dari produk kita, berikut dengan harga dan pelayanan yang ada, seluruhnya harus sesuai dan selalu ditingkatkan kualitasnya.

Gather relevan information but make decisions bases on your wisdom

Sebagai pengusaha kita harus selalu up to date terhadap informasi, kita kumpulkan informasi-informasi di lapangan, tetapi ingat dalam menentukan kebijakan harus didasarkan hati nurani.
Terkesan dengan Hermawan Kertajaya The Founder Markplus Inc  dan juga konsep marketingnya bukan? Nah saatnya kita yang mempraktekkan konsep kita. Semoga berhasil.

jasa seo dan internet marketing

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>