Hetzner

hetzner
Jasa

Undercover.co.id – Hetzner adalah perusahaan hosting Jerman, yang didirikan di Gunzenhausen, Bavaria. Perusaaan ini mulai beroperasi pada tahun 1997dengan kantor pusat berada di tempat pertama kali didirikan.

Layanan yang disediakan Hetzner adalah dedicated hosting, shared web hosting, virtual private servers, dan layanan lainnya

Hetzner awalnya adalah merupakan bisnis keluarga. Dan saat ini telah berkembang menjadi perusahaan yang memiliki lebih dari 200 karyawan.

Saati ini Hetzner masih dipimpin oleh pendirinya, yaitu Martin Hetzner. Saat ini memiliki pusat data di Falkenstein, Vogtland, dan Nuremberg.

Pada pertengahan 2015, pangsa pasar global Hetzner berada di belakang Amazon Web Services, namun berada di depan pesaingnya yaitu SoftLayer.

baca juga

Sejarah Singkat

Hetzner ketika didirikan menyandang nama Hetzner Online Services atau dikenal juga dengan Hetzner Online GmbH (Gesellschaft mit beschränkter Haftung). Hetzner sendiri berasal dari nama pendirinya, yaitu Martin Hetzner

Selama kurun waktu tahun 2000 sampai 2015, Hetzner Online di Jerman beroperasi di bawah status hukum AG (Aktiengesellschaft). Baru pada 2015, ini mengubah status hukumnya menjadi GmbH.

Kemudian pada tahun 2019, tim eksekutif Hetzner Online dengan masuknya Stephan Konvickova dan Günther Müller.

Selain itu, Hetzner Online adalah merupakan co-investor dari proyek Cinia C-Lion1. Proyek yang bertujuan untuk menghubungkan Helsinki dan Rostock, Jerman dengan kabel fiberglass.

Kabel fiberglass tersebut melintasi bawah laut dan memiliki panjang sekitar 1.100 km. Kabel ini berperan dalam menyediakan koneksi berkecepatan tinggi antara pusat data Hetzner di Jerman dan Finlandia. 

Hetzner Online memiliki perusahaan mitra di Afrika Selatan bernama xneelo yang sebelumnya bernama Hetzner (Pty.) Ltd.

Perusahaan cabang ini mengoperasikan pusat data Hetzner di Midrand dan Cape Town (Afrika Selatan).

Hetzner
Hetzner

Produk dan Layanan Hetzner

Hetzner memiliki banyak sekali produk dan layanan yang bisa dinikmati oleh para pengguna. Tentunya layanan yang diberikan oleh Hetzner memiliki kualita yang tidak dapat lagi diragukan.

Produk yang disediakan oleh Hetzner antara lain adalah:

  • dedicated hosting
  • shared web hosting
  • virtual private servers
  • managed servers
  • domain names
  • SSL certificates
  • storage boxes
  • cloud solutions

Selain itu, Hetzner juga memberikan layanan yang memungkinkan pengguna dapat menghubungkan perangkat keras mereka ke infrastruktur dan jaringan Hetzner Online.

Hal tersebut dapat dilakukan melalui layanan colocation perusahaan. Kemudian, salah satu yang unik dari layanan Hetzner adalah lelang server online.

Melalui lelang ini para pengguna berpeluang untuk menyewa server khusus yang lebih lama (bukan membeli atau menyatukan)

Paket Hosting Bersama

Hetzner memiliki beberapa paket yang memiliki harga yang variatif untuk layanan Dedicated Hosting mereka.

Terdapat empat paket dedicated hosting yang ditawarkan yaitu paket level 1, level 4, level 9 dan level 19.

Semua paket yang disediakan oleh Hetzner memiliki traffic yang unlimited dan semuanya sudah tersedia DNS administration-nya.

Selain itu juga semuanya sudah include password protection, akses FTP dan FTPS, Backup function, kompilasi harian dan log file yang rinci, Analisis statistik grafis dari log file, dan masih banyak lagi.

Bedanya untuk semua paket tersebut hanya dari kapasitas disk yang disediakan dan juga jumlah subdomains yang bisa dibuat dari beberapa paket dedicated hosting tersebut

Paket Layanan Server

Selain dedicated hosting, salah satu spesialisasi dari Hetzner adalah layanan server khusus,yang juga memiliki banyak sekali paket yang bisa dipilih.

Paket-paket tersebut antara lain paket Vserver MC40, Vserver MC50, MX93-HDD, MX93, MA120 dan MA140.

Masing-masing server tentunya memiliki spesifikasi berbeda. Untuk Vserver MC40 dilengkapi dengan 2 vCores, RAM  8 GB, dan SSD 200 GB dengan harga 34.51 €.

Kemudian untuk paket Vserver MC50 dilengkapi dengan 4 vCores, RAM  16 GB, dan SSD 400 GB dengan harga 58.31 €. Paket ini juga sudah support untuk prosesor Intel  Xeon E5-1650 v2 Hexa-Core

Paket MX93-HDD didukung dengan Prosesor hexa-core Intel Xeon E5-1650 v2 dan 64 GB DDR3 ECC RAM, hal ini membuat pekerjaan menjadi lebih  efisien dan mudah.

Paket ini juga menawarkan penyimpanan yang memadai dengan didukung HDD 2 x 4 TB. Paket ini juga cukup terjangkau yaitu bisa didapatkan dengan harga harga 105.91 €.

Selanjutnya paket MX93 yang didukung dengan dua SSD 500 GB sehingga memiliki kecepatan membaca yang maksimal.

MX93 menggunakan prosesor hexa-core Intel Xeon E5-1650 dengan RAM ECC DDR3 64 GB. Dengan harga yang disediakan yaitu sebesar 105.91 €.

Paket lainnya adalah MA120 dan MA140. Managed Server MA120 didasarkan pada generasi EPYC-CPU dari AMD yang terkenal dengan kinerja multi-taskingnya yang luar biasa.

24 core dan multi-threading simultan dari AMD EPYC 7401P ideal untuk proses yang sangat dapat diparalelkan. Selain itu, ada RAM DDR4 ECC 128 GB dan dua SSD NVMe 960 GB super cepat.

Kemudian sama dengan MA120, managed Server MA140 juga didasarkan pada generasi EPYC-CPU dari AMD dengan 24 core dan multi-threading simultan dari AMD EPYC 7401P.

Bedanya MA140 didukung dengan 256 GB DDR4 ECC RAM dan dua SSD NVMe 1,92 TB. Tentunya harga paket ini lebih mahal dari paket lainnya yaitu  177.31 € perbulan.

Layanan Colocatian Hetzner

Pusat Colocation adalah bagian dari layanan Hetzner untuk menyediakan Pusat Data Online yang bersertifikat ISO 27001 yang terletak di Nuremberg.

Karena kedekatannya dengan garis singgung barat daya dan A73, Pusat Colocation mudah diakses. Hanya sekitar 15 dari Bandara Nuremberg jika ditempuh dengan  mobil.

Pusat dat ini dibangun di atas lahan seluas 3.000 meter persegi. Data center Nuremberg ini  menampung titik pertukaran Internet N-IX.

Hal ini dapat memastikan pengguna dapat memanfaatkan transfer data lokal melalui interkoneksi pribadi dengan latensi sangat rendah.

Layanan collocation atau data center dari Hetzner ini memiliki banyak keunggulan, diantaranya:

Harga

Biaya yang harus dikularkan perbulan sangatlah murah dan juga tentunya sangat transparan. Biaya perbulan ini dihitung berdasarkan konsumsi perbulan dan juga dihitung permeter pergesi

Jaringan

Haetzner menawarkan koneksi ke sentral Internet exchange, seperti DE-CIX dan AMS-IX serta konektivitas yang berlebihan ke operator nasional dan internasional.

Semua upstream dan peer diintegrasikan ke dalam backbone melalui router canggih dari Juniper Networks. Ketersediaan jaringan terjamin minimal 99,9%.

  • Kontrol Iklim

Hetzner juga memberikan fasilitas pendinginan secara langsung untuk hardware yangd disediakan dengan pendinginan yang ramah lingkungan.

  • Keamanan

Hetzner menjamin keamanan selama 24 jam dalam 7 hari melalui keamanan yang dikontrol dengan kunci transponder.

Pencatatan akses dan pengaturan izin dalam administrasi antarmuka. Standar keamanan yang tinggi dan deteksi kebakaran dini di seluruh pusat data. Jaringan terlindungi melalui perlindungan DDoS.

baca juga

    5 Sumber Daya Listrik

    Pusat data ini didukung dengan sumber daya listrik berkapasitas 1200 kVA. Uninterruptible power supply (UPS) dijamin oleh kapasitas baterai 15 menit dan generator diesel darurat. Semua sistem UPS dirancang secara maksimal.

    Jasa

    Leave a Reply

    error: Content is protected !!