Hias Atelier, Memanfaatkan Piring Menjadi Media Lukis

https://www.undercover.co.id– Anda penggemar lukisan? Atau sedang mencari hiasan media potret yang unik untuk hiasan rumah Anda? Coba tengok Hias Atelier.
Bisnis yang digagas oleh sepasang sahabat, Ragil Surya Mega dan Citra Hariyanti tersebut berfokus pada pembuatan lukisan.
Namun, lukisan yang dibuat Hias Atelier bukanlah lukisan biasa yang dibuat dengan media kanvas, kain, atau sejenisnya.

Hias Atelier Berawal Dari Permintaan Sahabat

Ragil, seorang lulusan Institus Seni Indonesia, memang seorang pelukis.
Ia baru membuat lukisan unik karena permintaan sahabatnya yang akan menikah, yaitu membuat lukisan dengan media piring.
Bagi seorang seniman, tentu ini adalah sebuah tantangan yang menarik. Ketika Ragil berhasil membuat sesuai permintaan sahabatnya, ia memposting lukisan tersebut di media sosial pada 2014.
Tidak disangka banyak yang berminat dengan lukisan tersebut.
Teman-temannya yang lain pun ingin memesan lukisan yang sama.
Karena tidak berniat untuk menjadikan lukisannya sebagai bisnis, ia hanya menerima pesanan satu hingga empat pesanan dalam setahun, tanpa promosi.
 

Mulai Berbisnis Hias Atelier

Ragil baru menyadari potensi bisnis lukisan piring miliknya karena saran dari sahabatnya, salah satunya Citra. Keduanya pun berkolaborasi untuk membangun bisnis lukisan piring dengan media pemasaran online.
Dari akun instagram khusus yang diberi nama Hias Atelier, pesanan demi pesanan datang silih berganti. Perkembangan yang tidak diduga ini cukup menyulitkan karena Ragil hanya mengerjakan lukisan tersebut sendiri.
 
 

Strategi Produksi Hias Atelier

Ketika sebuah produk bisnis diminati banyak orang sedangkan tenaga kerja terbatas, maka diperlukan strategi agar tidak ada pelanggan atau calon pelanggan yang kecewa.
Berdasarkan permasalahan yang sama, Ragil menerapkan sistem Pre Order satu bulan. Dengan sistem tersebut, ia hanya menerima tiga hingga lima buah pesanan  full body dalam sebulan.
Dalam setiap pesanan yang kebanyakan datang dari surel itu, ia selalu meminta pemesan untuk menyertakan foto berukuran 4 – 5 mb, yang memiliki resolusi besar agar lebih mudah untuk dilukis.
 
 
Kini, semakin banyak yang berminat pada lukisan Hias Atelier yang dijual dengan harga 2,5 – 13,5 juta rupiah. Harga tersebut ditentukan oleh tingkat kerumitan proses melukis dan bahan baku piring berkualitas dan cukup mahal.
baca juga
Elders Garage, Di Balik Kesuksesan Bisnis Motor Custom
100 Daftar Waralaba Dan Franchise Mulai Dari 1 Juta sd 1 Milyar
 
Meski begitu, lukisan milik laki-laki yang tinggal di Yogyakarta tersebut pernah terpilih menjadi Vendor of The Week pada situs Bridestory pada April 2017 lalu.
Hal ini menyiratkan bahwa bisnis yang terbatas karena faktor tenaga kerja pun bisa sukses asal dijalankan dengan sungguh-sungguh.

Ad Blocker Detected

Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker.

Refresh
error: Content is protected !!