Ide Bisnis Sampingan Mahasiswa Cerdas Dengan Modal Terbatas

Pengorbanan dan tanggung jawab adalah dua hal pokok , yang membuat kita bekerja dengan giat dan mengerahkan seluruh apapun yang kita miliki, untuk melakukan yang terbaik demi mencapai hasil yang memuaskan.

Jika suatu bisnis dijalankan tanpa pengorbanan dan tanggung jawab , sudah pasti suatu saat bisnis itu akan tutup. Modal yang dimiliki dari pemberian orang tua, warisan, dan lomba kompetisi bisnis bisa jadi adalah faktor utama mengapa seseorang menjalankan bisnis asal-asalan . Berikut adalah dua kategori bisnis ditinjau dari sisi modal yang didapatkan.

Bisnis dengan Modal Orang Tua

Perhitungan biaya yang tidak pernah detail dan terperinci, selalu ada yang luput dari perhitungan setiap hari, tidak pernah melakukan efisiensi untuk memaksimalkan sumber daya yang ada, dan jarang sekali melakukan evaluasi rutin, kecuali jika orang tua mulai menegur dan menanyakan masalah perkembangan bisnis, itulah yang kian sangat melekat dari ciri-ciri Bisnis dengan modal Orang Tua . Bisnis kebanyakan telah berdiri beberapa generasi dan dipercayakan pada anak keturunannya, menjadi history keluarga dan kebanggaan tersendiri.

Setelah anak kesayangan lulus dari Universitas terfavorit , seluruh sanak keluarga berdatangan dan menyambut generasi penerus bisnis keluarga, satu kantor cabang telah disiapkan, beserta kursi direktur dan perlengkapan kantor yang lengkap dengan pegawai yang siap kerja. Seperti layaknya direktur yang berpengalaman, anak yang baru diangkat menjadi pimpinan ini, memimpin rapat setiap hari, menyiapkan strategi marketing dan keuangan layaknya orang yang berpengalaman.

Selang waktu berjalan selama 6 bulan, Orang tua datang dan mengevaluasi segala aktivitas perusahaan mulai dari marketing, keuangan, purchasing, pajak, dan manajemen perusahaan. Orang tua merasa puas karena selama 6 bulan perusahaaan yang dipimpin anaknya ini mengalami kemajuan pesat menurut laporan perusahaan yang ditulis rapi, tdak ada kecurigaaan sedikitpun tentang dugaan adanya manipulasi .

Sumber Modal Bisnis GRATIS Sumber Kekuatan Bisnis , Rahasia perusahaan yang sebenarnya, ditutup rapi oleh Pimpinan cabang kemarin sore ini kerugian berlipat dan pemborosan keuangan sama sekali tidak terlihat di Laporan Perusahaan, perusahaan kembali berjalan normal seperti biasa, kepala cabang baru mendapat pujian dari kedua orang tuanya dalam kesuksesannya memimpin perusahaan, perayaan kecil diadakan dan cerita sukses diperdengarkan. Tidak lama kemudian asset perusahaan disita oleh Bank pemberi kredit pinjaman usaha, karena tidak membayar sama sekali angsuran, belum lagi surat peringatan dari Dinas Perijinan, dan teguran keras dari Direktorat Jenderal Pajak.

Kedua orang tua mengalami shock yang sangat berat, yang pernah dialami seumur hidupnya. Kejatuhan cabang bisnis yang menelan modal ratusan juta hancur dalam 3 tahun ditangan anak kesayangannya sendiri, dengan menerima kenyatan bahwa selama 3 tahun terakhir, sejak perusahaan berdiri, ternyata telah memberi laporan palsu setiap bulannya. Inilah yang terjadi jika kita tidak pernah mempunyai keinginan sendiri dari hati untuk melakukan bisnis, jika kita hanya mengikuti tradisi yang telah berlangsung, jika kita tidak berani berbicara langsung kepada orang tua tentang ketidaksanggupan kita untuk memimpin suatu perusahaan karena minimnya pengalaman.

Sumber Modal Bisnis GRATIS Sumber Kekuatan Bisnis

Bisnis dengan Modal Hadiah dari Kompetisi Bisnis Plan

Jika ditinjau dari segi keseriusan menjalankan bisnis dibandingkan dengan kategori pertama, kategori Bisnis dengan Modal Hadiah dari Kompetisi Bisnis ini lebih buruk, karena tujuan utamanya untuk memenangkan hadiah uang tunai bukan benar-benar menginginkan modal, untuk mendanai suatu bisnis yang ingin dijalankan. Pelakunya berasal dari masyarakat umum dan mahasiswa. Sifat terburu-buru, emosional, tiru-meniru, dan asal jalan sangat melekat pada pebisnis yang modalnya berasal dari memenangkan kompetisi bisnis, yang kebanyakan pelakunya adalah mahasiswa pemenang kompetisi bisnis plan tingkat Universitas dan mendapatkan modal cuma-cuma (dana hibah) dari Universitas mereka.

Kepentingan pihak Universitas adalah mendapatkan penilaian dari Dikti, bahwa program kewirausahaan di Universitas mereka berjalan dengan sukses dan telah melahirkan beberapa pebisnis pemula yang siap tempur di pasaran. Kepentingan mahasiswa yang berpartisipasi dalam kompetisi bisnis plan tersebut adalah memenangkan kompetisi, ya akhirnya terciptalah dua kepentingan yang sangat berbeda. Mengetahui bahwa uang hibah yang diberikan pemenang bisnis plan telah berputar menjadi sebuah bisnis yang terlihat jalan (asset berwujud dan ada aktivitas jual beli) , hal itu sudah lebih dari cukup bagi Universitas untuk menilai bahwa pemenang kompetisi dinyatakan sukses dan Dikti menyatakan bahwa Universitas berhasil dengan baik menjalankan program kewirausahaannya dengan menciptakan pebisnis pemula.

Bentuk bisnis, cara menjalankannya, dan bagaimana para pebisnis pemula ini merintis bisnisnya bukan menjadi tanggung jawab lagi pihak Universitas dan Dikti, disinilah problem sebenarnya mulai muncul. Mahasiswa tidak memiliki kewajiban untuk menjadikan usahanya sukses dan karena dana hibah, maka tidak ada kewajiban pula untuk mengembalikannya, selang beberapa bulan, bisnis ditutup dan tarrrraa tahun depan ikut kompetisi bisnis plan lagi, karena partisipasi mahasiswa sangat sedikit, maka panitia membolehkan peserta untuk berpartisipasi lagi , bahkan menurut jurnalis kami ada peserta yang memenangkan kompetisi Bisnis Plan tingkat Mahasiswa selama tiga tahun berturut-turut, tetapi bisnisnya tidak pernah jalan, Sumber Modal Bisnis GRATIS Sumber Kekuatan Bisnis

Contoh Bisnis Sampingan Untuk Mahasiswa

 

1. Bisnis Air Minum Refill

Sebenarnya modal awal yang diperlukan untuk bisnis ini lumayan besar yaitu mencapai Rp 75.000.000 kepercayaan konsumen yang dibangun untuk menjadi pelanggan dari Bisnis Air minum refill ini juga cukup berat pasalnya, harga sekali refill untuk gallon kemasan 15 liter hanya Rp 4500 setengah kali lebih murah dari harga air minum bermerek.

Kecurigaan konsumen akan air minum yang tidak higienis juga besar, karena pernah ada air minum refill yang tidak higienis bahkan menggunakan soda api agar air terasa nikmat seperti air beroksigen, tapi lambat laun konsumen meyakini bahwa banyak pebisnis air minum refill yang jujur yang menjaga kualitas airnya untuk layak minum.

Tidak memerlukan waktu yang lama bagi Bisnis Air minum refill tersebar di kampung, kampung dan perumahan di sudut kota sekitar tahun 2002-2013, namun sejak tahun 2013 kemarin, ketika suatu perusahaan raksasa mengeluarkan produk mesin refill untuk konsumen langsung (mesin dipakai sendiri untuk kebutuhan air rumah tangga) secara otomatis konsumen dari bisnis Air minum refill ini berkkurang secara drastis karena harga mensin refill untuk konsumen langsung ini hanya berharga Rp 500,000 itu artinya seluruh segmen menengah bawah sampai mengah atas mampu membeli produk ini.

2. Bisnis Cuci Pakaian

Pekerja kantoran dan mahasiswa yang mempunyai aktifitas yang sangat padat tidak mempunyai waktu yang cukup untuk mencuci pakaiannya sendiri, peluang ini secara langsung dimannfaatkan oleh masyarakat yang berada dikawasan padat penduduk, seperti kawasan perkantoran, dan kawasan kampus.

Seiring dengan perkembangannya bisnis ini tumbuh dengan sangat subur dan menciptakan pebisnis laundry baru yang jumlahnya tidak terhitung kalau biasanya disuatu kawasan hanya ada satu tempat bisnis cuci pakaian, saat itu ada 3 sampai 5 tempat bisnis cuci pakaian, keadaan ini berlangsung selama 8 tahun dari tahun 2004-2012 setelah itu serentak tutup, hanya beberapa gelintir saja bisnis cuci pakaian yang masih bertahan karena pemiliknya memiliki modal yang sangat kuat dan masih mempunyai bisnis yang lain.

Harga jasa cuci pakaian ini mulai dari Rp 2500 perpotong sampai Rp 25.000 perpotong tergantung jenis kain pakaian dan tambahan layanannya seperti setrika dan antar jemput pakaian. Turunnya konsumen secara drastis yang membuat pelaku bisnis semakin berkurang, disebakan oleh banyaknya bisnis itu sendiri, sehingga daripada konsumen melayani banyak rayuan dari pegawai pelaku bisnis ini dan menghindari rasa tidak enak dengan pebisnis yang lain konsumen memilih untuk membeli mesin cuci sendiri yang kini harganya juga semakin murah.

Bisnis Latah Bisnisnya Para Pemula

3. Bisnis Warung Internet, Pengetikan, Mesin Printer dan Mesin Fotokopi

Ini adalah bisnis yang sangat terkenal sebagai bisnis latah terpopuler dan yang paling lama bertahan hingga saat ini, karena konsumennya kebanyakan adalah mahasiswa. Walaupun kemajuan teknologi kian pesat dan semua orang memiliki computer personal dan modem sendiri-sendiri, bisnis warung internet tidak pernah mati begitu juga dengan mesin fotokopi , pengetikan dan printer keempat bisnis ini menjadi pilar pendukung utama dari suluruh kegiatan aktfitas mahasiswa. Rata-rata harga jasa warung internet sekitar Rp 2500 perjam, untuk pengetikan seharga 10.000 untuk 2000 kata , jasa mesin fotokopi Rp 150 perlembar sampai Rp 500 perlembar tergantung kulitas kertas dan tinta, begitu juga dengan printer tergantung kualitas kertas dan tinta untuk printer satu lembernya Rp 500-Rp 2000, Bisnis Latah Bisnisnya Para Pemula

Baca Juga

 

4. Bisnis Di Industri Busana Muslim Wanita Indonesia

Garlina memulai usahanya ketika masih duduk di bangku kuliah. Ia memulai usahanya dengan modal Rp 500.000. Usahanya berawal ketika ia memberikan busana muslim rancangannya sendiri sebagai hadiah ulang tahun untuk temannya. Esok harinya teman garlina yang kemarin berulang tahun, menelepon dan menanyakan pada garlina, tentang alamat toko busana muslim, yang menjual busana muslim dengan model seperti hadiah yang diberikan oleh Garlina.

Tanpa basa-basi Garlina langsung mengatakan bahwa baju muslim itu adalah rancangan design dari Garlina sendiri. Esoknya mereka sepakat bertemu untuk membicarakan design busana muslim. Singkat kata pertemuan itu berujung pada kesepakatan bersama untuk membangun bisnis konveksi busana muslim . Garlina memiliki kemampuan yang sangat tinggi dalam mendesain baju busana muslim, sedangkan temannya Alif memiliki keahlian dibidang Internet Marketing.

Kemampuan Internet Marketing dan Fashion design yang dimiliki keduanya, telah membuat Garlina Collection memiliki omset harian sebesar Rp 8.000.000. Dalam sehari Garlina dapat menjual lebih dari 80 potong pakaian busana muslim. Harga busana muslim yang dijual Garlina berkisar antara Rp 35.000 sampai Rp 200.000 tergantung kerumitan design dan size baju.

Garlina Collection memiliki rumah produksi sendiri yang memperkerjakan 5 penjahit. Saat ini Garlina collection masih belum mempunyai outlet resmi. Garlina dan Alif hanya mengoptimalkan akun social media Garlina Collection sebagai saluran penjualan satu-satunya. Garlina mengatakan bahwa hal yang paling penting dalam menjalankan suatu usaha adalah keyakinan dan tekad bulat. Garlina juga menambahkan ketika dua faktor tersebut telah dimiliki oleh pengusaha, omset besar pasti akan mengikuti.

Baca Juga

  1. 100 Daftar Waralaba Dan Franchise Mulai Dari 1 Juta sd 1 Milyar
  2. 7 Daftar Bisnis UKM yang Perlu Anda Coba

Toko Arlisah. Mukena Trendy

Pak Aziz telah sepuluh tahun berkecimpung di bisnis mukena trendy. Pak Aziz menggunakan satu-satunya toko yang berada di DTC Surabaya sebagai saluran penjualan utama. Selain itu Pak Aziz juga memasarkan barangnya melalui agenagen kecil dan social media pribadinya.

Sebelum mendirikan Toko Arlisah, Pak Aziz berprofesi sebagai pegawai restoran di Amerika. Setelah tabungannya cukup untuk membangun sebuah usaha, barulah Pak Aziz pulang ke Indonesia. Pak Aziz mengakui bahwa alasan memilih berbisnis mukena trendy daripada bisnis yang lain adalah omset yang dihasilkan cukup besar, barang tidak mempunyai tanggal kedaluarsa, termasuk salah satu bisnis yang over demand, memiliki frekuensi perubahan trend yang sangat rendah.

Dalam satu hari Pak Aziz memperoleh omset yang mencapai Rp 3.000.000. Jika pada musim lebaran dan puasa, omset pak Aziz bisa menembus hingga Rp 20.000.000 perhari. Pak Aziz tidak memiliki penjahit sendiri. Pak aziz memiih menggunakan jasa outsourcing untuk mengerjakan seluruh aktivitas produksi mukena trendy. Harga mukena Pak Aziz bervariasi mulai dari Rp 90.000 hingga Rp 3.00.000. Saat ini Pak Aziz telah memiliki banyak pelanggan tetap, yang membeli mukenanya dalam jumlah cukup besar untuk dijual lag. Toko Arlisa buka dari Jam !0 Pagi sampai jam 6 Sore, Alternatif Bisnis Mahasiswa , Bisnis Hijab dan Mukena

Leave a Reply

twenty + 18 =

Ad Blocker Detected

Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker.

Refresh
error: Content is protected !!