jasa seo dan internet marketing
jasa seo dan internet marketing
Published On: Tue, Feb 21st, 2017

Ide Usaha UMKM, Rajutan Pakaian dan Kerajinan Tangan

Undercover.co.id – Ide Usaha UMKM, Rajutan Pakaian dan Kerajinan Tangan. Merupakan salah satu jenis bahan yang dibuat untuk membuat pakaian hangat yang banyak digunakan masyarakat jaman dahulu. Tentunya sampai sekarangpun, masyarakat masih merasa nyaman menggunakan jenis pakaian ini. Rajutan bisa dikatakan tidak ada matinya. Lalu bagaimana untuk usaha ? apakah masih “worth it”alias bermanfaat ? ini dia ulasannya.

Sejarah Pakaian Rajut

Hasil gambar untuk knitwear in 1920

 

Kamu tentu belum lengkap berbisnis atau ide usaha UMKM ini ?  jika tidak tahu apa itu rajut dan dari mana asalnya. Tentu ketika pembeli bertanya dan kamu tidak bisa menjawab, mereka tidak akan yakin membeli pakaian di toko atau usaha kamu. Rajutan sudah ada sejak jaman dahulu dan biasa disebut “knitwear”, dimana asal negara yang pertama memproduksi yakni Mesir. Sudah bukan rahasia lagi bahwa negara ini menjadi kota tua awal peradaban dunia ada. Baik busana maupun kecantikan semua dimulai dari Mesir. Sejak dulu rajutan atau rajut dibuat sesuai namanya yakni dirajut menggunakan tangan karena keterbatasan teknologi. Namun justru kelebihan inilah yang menyebabkan rajut populer.

Setelah tahun 1920an rajutan mulai berkembang lebih besar lagi dan diseluruh dunia. Utamanya rajutan dibuat untuk negara yang membutuhkan karena dilanda musim dingin lebih panjang atau negara yang memiliki intensitas angin lebih tinggi.

Buatan Tangan

Hasil gambar untuk rajutan dibuat dengan tangan

Rajut sejak dulu dibuat menggunakan tangan. Karena bahan utama atau benang yang sangat lembut menyebabkan rajut dibuat dengan menggunakan tangan bukan dengan teknologi, yang menyebabkan rajutan menjadi lebih rapat dan lebih detail. Selain itu, beberapa pengusaha masih membuat rajutan sampai sekarang dengan menggunakan tangan. Karena mereka menganggap hasil yang lebih sempurna ketika menggunakan tangan dibanding menggunakan mesin.

Usaha Rajut Bagaimana Peluangnya ?

Hasil gambar untuk rajutan dibuat dengan tangan

 

Sekarang beralih ke usaha rajut ? bagaimana peluangnya ? tentu sangatlah tinggi. Dimana rajut memang biasanya dijadikan hobi sesaat atau sementara saja. Untuk kamu yang memiliki hobi jangan sekedar menghabiskan waktu namun, ubah rajutan menjadi yang lebih bermanfaat dengan memanfaatkannya untuk ide usaha, khusunya kamu yang memulai usaha dari bawah.

Merajut bisa dijadikan peluang usaha yang menguntungkan. Hasil rajutan yang polanya rumit memang memakan waktu yang lebih lama, namun kamu bisa menghasilkan barang yang bagus dengan harga jual yang sangat tinggi. Bentuk umum yang dijual dengan bahan rajut antara lain, tas wanita, tas laptop, sendal, pakaian hangat, bando, bros, aksesoris dan baju hangat tentunya. Silahkan kamu berinovasi untuk membuat barang lain dari rajutan. Selama kamu sabar dan banyak mencari informasi tentu kamu akan mendapatkan ide dan inovasi terbaru.

Baca Juga : Jenis Usaha Kecil dan Usaha Rumahan Batik Indonesia 

Bagaimana Memulainya ?

Hasil gambar untuk rajutan dibuat dengan tangan

Untuk memulainya kamu harus mempersiapkan sebagai berikut :

  • Gali dan lihat potensi merajut kamu seberapa besar ? jika dalam tahapan ini kamu merasa kurang, ajak orang lain yang mungkin memiliki peluang dan potensi yang sama dalam membuat rajutan.
  • Siapkan dana atau modal usaha setelah dihitung. Tentukan juga seberapa besar pasar atau usaha yang ingin ada buka.
  • Perhatikan potensi pasar atau pasar yang aan anda tuju, seperti apa selera yang sedang banyak dicari. Update atau teruslah mencari berita pakaian apa saja yang sedang update untuk jenis rajutan.
  • Alokasikan waktu anda untuk produksi rajutan. Tentunya karena rajutan memakan waktu lebih banyak dibanding menjahit pakaian biasa.

Naikan Jenis dan Sistem Promosi

Hasil gambar untuk rajutan dibuat dengan tangan

Meningkatkan promosi dan penjualan merupakan satu dari sekian banyak cara setelah usaha berhasil berdiri. Dimana dan bisa memanfaatkan media seperti media sosial, gerai-gerai kerajinan tangan bahkan butik atau toko pakaian jika kamu membuat rajut dalam bentuk pakaian.

Selain itu kamu bisa memasarkannya langsung dengan cara membuka toko atau tempat usaha. Carilah tempat strategis seperti pasar, pertokoan besar sampai mall atau plaza. Semakin banyak kamu menyebar barang untuk usaha maka kemungkinan terjual akan semakin tinggi. Terutama di musim penghujan atau musim dingin.

Keuntungan Usaha Rajutan

Hasil gambar untuk rajutan

Untuk keuntungan, rajutan memang cukup meyakinkan dibanding pakaian lainnya. Kamu membuat dengan harga yang lumayan tinggi maka tak jarang rajutan dijual dengan harga yang lumayan. Tergantung kerumitan dan seberapa lama kamu menghabiskan waktu untuk membuat barang rajutan tersebut. Beberapa perajut besar mengaku bahwa mereka bisa meraih jutaan rupiah dalam satu bulan tanpa harus mengeluarkan lagi modal. Tentu dengan patokan ini bisa dibulatkan bahwa rajutan memang usaha yang berpeluang tinggi. Mereka yang memiliki omset tinggi, bisa membaca pasar seperti menjualnya di kota-kota dingin di Indonesia dan memasarkannya via online.

Baca Juga : Keuntungan Lain dari Bisnis di Sektor Properti

Resiko Usaha Rajutan

Hasil gambar untuk rajutan

Resiko yang dihadapi dalam berjualan pakaian rajutan adalah pasar yang cukup sulit ditembus. Dimana rajutan sendiri tidak hanya menjadi satu-satunya pakaian yang dibutuhkan dan tidak seperti jaman dahulu. Jika dulu mungkin rajutan menjadi pakaian andalan untuk menghangatkan tubuh, sekarang ini rajutan hanya menjadi pelengkap dan sisanya mereka menggunakan sweater atau jaket tebal untuk menghangatkan tubuh ketika musim hujan atau musim dingin.

Selain itu rajutan juga memiliki modal yang lumayan tinggi. Sehingga harga jualnya pun tinggi. Untuk pasaran seperti Indonesia pasti agak sulit menembus harga tinggi jika, kamu membuka toko atau menjualnya di pasaran. Berbeda jika kamu memilih Mall.

dan resiko terakhir yakni masalah persaingan yang tinggi. Dimana sudah ada beberapa pabrikan besar yang juga kut memproduksi “knitwear” atau rajutan yang berkualitas lebih bagus dan tentu saja harga yang bersaing dengan homemade seperti kamu.

Baca Juga : Berminat Bisnis Franchise ? Minialisir Resiko dengan 5 Cara Ini

jasa seo dan internet marketing

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

jasa seo dan internet marketing
Protected by Copyscape
Pin It