Igloo Ice Cream: Diferensiasi, Amunisi Ampuh Di Pasar Padat Pesaing

Categories: Bisnis Kuliner
jasa seo

Terjun ke pasar padat pesaing bukan hal yang mudah. Namun, tak ada yang tak mungkin selama sebuah bisnis punya diferensiasi pada produk dan layanannya.

Siapa sih yang tak suka es krim? Es krim jenis kuliner yang banyak digemari oleh yang tua, muda, pria, dan wanita. Dari pertimbangan risiko secara ekonomi, es krim hampir tidak memiliki risiko busuk. Es krim selalu baik dikonsumsi selama tersimpan dengan baik di dalam freezer. Pertimbangan-pertimbangan itulah yang melatarbelakangi Muhammad Giebriel untuk berbisnis kuliner es krim.

kedai kopi

Usaha kuliner kedai es krim dengan brand Igloo Ice Cream ini sudah dijalaninya sejak Maret 2013 dan kini telah memiliki satu cabang. Kedai yang salah satunya berlokasi di Jalan Flamboyan, Jatimakmur, Pondok Gede, Bekasi ini dari luar memang tampak mungil dengan skema warna dominan putih.

Baca juga: Di Tengah Menjamurnya Bisnis Kafe, Kafe IniTawarkan Sajian Camilan Lokal

Menurut Giebriel, nama Igloo sendiri diambil dari bahasa inuit – bahasa suku Eskimo – yang dalam bahasa Indonesia artinya “Rumah”.

Bisnis kedai es krim bisa dikatakan termasuk dalam kategori bleeding market yaitu bisnis yang banyak kompetitornya. Hampir di semua kota-kota besar selalu kedai es krim, dari merek lokal hingga internasional. Namun keadaan pasar yang ‘padat’ pesaing itu tak membuat Giebriel gentar. Ia meyakini bahwa dengan adanya diferensiasi, produk es krimnya bisa bersaing.

“ Memang pada dasarnya es krim di dunia sama saja, sama-sama  dingin, sama-sama manis, tapi banyak cara  untuk membuat diferensiasi pada produk kita,” ujar pria yang akrab disapa Bibing.

Diakui Bibing, Igloo Ice Cream memiliki beberapa cara untuk menampilkan diferensisasi. Pertama, dengan mengusung konsep ‘high Presentation’. “Kuliner bukan hanya enak yang dicari tetapi juga dari segi bentuk dan tampilan. Maka dari itu Igloo mengusung konsep ini”, ujarnya.

Memang dari segi tampilan, Igloo Ice Cream berbeda dari es krim pada umumnya. Estetika penataan dan perpaduan warna yang ditampilkan memang memikat dan berbeda dari es krim pada umumnya. Soal rasa boleh diadu.

Kedua, Igloo Ice Cream mengusung konsep ‘what you see is what you get’. Diakui Bibing dari awal produknya dirilis, Igloo tidak asal-asalan. “Igloo memiliki standar sendiri untuk merilis produk, dari proses pembuatan S.O.P sampai dari segi fotografinya. Jadi apa yang diihat itu adalah produk yang akan diterima atau diberikan kepada pelanggan. No tipu-tipu,” paparnya.

Konsep yang terakhir adalah konsep Café dan Indoor. “Konsep seperti ini menambah value bagi pecinta ice cream. Lantunan musik yang slow dan fresh, tempat yang bersih dan nyaman. Intinya Igloo menyediakan space untuk menikmati es krim itu sendiri bukan hanya menjual es krim”, terang Bibing.

Meskipun sukses dengan dua kedai Igloo Ice Cream, usaha ini bukan tanpa tantangan. Diakui Bibing, penurunan sales biasa terjadi pada saat musim hujan. Namun ia tak  terlalu merisaukannya.

Menurutnya bagi para penggemar es krim tak ada kata musim untuk menikmati es krim. “Jangan khawatir, maniac es krim tetep datang kok walaupun hujan gede. Bela-belain naik motor pakai jas hujan dan tetep makan es krim. Itu sering kejadian,” katanya.

Namun begitu, untuk melayani para pelanggan yang ingin menikmati minuman dan makanan selain es krim, Igloo menyediakan aneka minuman hangat dan dingin serta camilan. Jadi, buat yang ingin manyeimbangkan rasa di lidah setelah makan es krim yang manis, di kedai Igloo tersedia juga kok makanan dengan cita rasa gurih.

Ke depannya Igloo Ice Cream akan terus berinovasi dari segi produknya mengingat kompetitor kian ramai dan pintar. “Membuat Produk atau bentuk dan penyajian es krim yang tidak biasanya ada di Indonesia.Kalo sekedar es krim goreng, Pancake ice cream dan segala mix-nya, itu sudah biasa. Igloo bakal bikin yang lebih inovatif! Ditunggu aja… hehehe,” tutupnya dengan semangat.

Baca juga: Ingin Menjalankan Bisnis Waralaba? Ini 4 Pertanyaan Sebelum Memilih Bisnis Waralaba

jasa seo
Tags: , , ,

Your Thoughts