PT iGrow Resources Indonesia, Fintech Petani

CoverKit

Undercover.co.id – Perubahan zaman dari waktu ke waktu senantiasa membawa pengaruh ke dalam segala aspek. Perubahan tersebut tidak terjadi tanpa sebab, melainkan karena pemikiran manusia yang semakin berkembang sehingga teknologi dan informasi pun semakin maju.


Pengaruh dari kemajuan teknologi dan informasi tersebut membuat hal-hal yang dulunya hanya berupa angan, satu per satu mulai menjadi kenyataan.  Hal tersebut tidak terjadi pada satu aspek kehidupan saja, tetapi mulai dari pendidikan, kesenian, komunikasi, transportasi, hingga finansial pun turut mengalami kemajuan.


Salah satu perkembangan bidang teknologi yang akhir-akhir ini digemari banyak orang adalah Teknologi Finansial atau Financial Technology (Fintech).

Sejak pertengahan tahun 2017 dan diprediksi akan berlanjut hingga tahun-tahun selanjutnya, layanan perbankan berbasis Fintech akan semakin populer dan jumlah penggunanya pun akan semakin bertambah.


Popularitas Fintech bukan tanpa sebab. Banyak perusahaan yang mulai menyadari bahwa ada banyak orang yang merasa terbatas dan kesulitan ketika melakukan transaksi melalui lembaga perbankan konvensional seperti bank.

Dari permasalahan tersebut muncullah peluang untuk layanan perbankan berbasis Fintech yang mampu membantu masyarakat dengan permasalahan keuangan terutama untuk para pelaku usaha kecil menengah.


Bahkan, beberapa layanan berbasis Fintech dibuat khusus untuk kalangan pengusaha atau profesi tertentu yang memang membutuhkan bantuan untuk permodalan. Salah satunya para petani Indonesia, yang masih mengalami kesulitan untuk mengembangkan usahanya karena tidak mudah mendapatkan permodalan.


Perusahaan yang membuat layanan perbankan khusus untuk para petani adalah PT iGrow Resources Indonesia. Melalui layanan yang diberi nama iGrow, PT iGrow Resources Indonesia mempertemukan investor dengan petani menggunakan sistem Peer to Peer (P2P) Lending.
Penasaran dengan iGrow? Simak ulasannya berikut ini.

PT iGrow Resources Indonesia

 
Dari situs resminya, PT iGrow Resources Indonesia adalah perusahaan penyelenggara layanan berbasis Fintech  dengan sistem P2P Lending. Perusahaan ini telah mendapat izin dan pengawasan resmi dari lembaga regulator keuangan Indonesia yaitu Otoritas Jasa Keuangan (OJK) pada 18 September 2017 lalu.


PT iGrow Resources Indonesia tidak memberikan saran atau rekomendasi pendanaan terkait pilihan-pilihan yang ada di situs resminya. Pendanaan dan pinjaman yang ada di rekening PT PT iGrow Resources Indonesia tidak dianggap sebagai simpanan yang diselenggarakan oleh perusahaan sesuai dengan Peraturan Perundang-undangan tentang Perbankan Indonesia.

iGrow

 
Sesuai namanya, PT PT iGrow Resources Indonesia membuat layanan perbankan dengan nama iGrow. Layanan iGrow diperuntukkan bagi petani, yang ahli bertani namun tidak memiliki lahan dan modal, dan bagi investor, yang memiliki modal dan atau lahan namun tidak memiliki keahlian bertani.


Dilansir dari situs resminya, iGrow telah berhasil memperkerjakan 2200 lebih petani dengan luas lahan 1197 lahan dan memperoleh lebih dari 500 ton panen kacang tanah dengan kualitas yang baik. Bahkan, berdasarkan pengakuan beberapa konsumen, iGrow telah menjadi sumber penghasilan bagi para petani, pemilik lahan, dan investor.


Ada banyak proyek yang bisa Anda danai sesuai dengan ketertarikan Anda, seperti revitalisasi cengkeh, sukun, hijauan pakan ternak, lada putih muntok, tebu, lahan garam, Precision Farming, mangga super, super grain, ketelah, aplukat, hingga durian.


Pendanaan yang dilakukan dengan cara beli proyek tersebut juga beragam, mulai dari Rp 1.500.000,- hingga Rp 5.000.000,- sesuai dengan jenis tanaman yang akan ditanam, atau dengan kata lain, semakin jarang atau memiliki nilai komersial yang tinggi, maka semakin mahal proyek tersebut.


Untuk menjadi peminjam melalui iGrow, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan di antaranya yaitu:

  1. Membeli bibit. Anda harus melihat semua pilihan bibit yang ada. Pilih bibit yang tepat dan sesuai dengan budget dan expected return yang paling menarik minat Anda.
  2. Pantau perkembangaanya. Anda akan mendapatkan kabar perkembangan terbaru seeprti foto, tinggi, dan komentar terbaru dari para surveyor yang kredibel di lapangan secara real time pada fitur Monitoring Tanaman iGrow. Anda bahkan bisa memantau tanaman Anda secara langsung.
  3. Jual hasil panen. Jika sudah sampai proses panen, hasil panen tersebut bisa dijual ke partner yang telah bekerjasama dengan iGrow.
  4. Mendapatkan Bagi Hasil. Dari hasil penjualan, akan diproses laporan penjualan dengan cara merangkum laporan keuangan secara lengkap.

Selain itu, ada beberapa keunggulan iGrow yang bisa menjadi pertimbangan Anda untuk memilih iGrow sebagai layanan perbankan berbasis Fintech. Beberapa keunggulan tersebut di antaranya adalah

  1. Investasi yang menguntungkan. Jika Anda tertarik menjadi peminjam, Anda akan memperoleh keuntungan dari bagi hasil panen, yang mencapai 13 – 24% per tahun.
  2. Memberdayakan petani. Jika Anda menjadi pemodal atau pendana, Anda akan memiliki pekerjaan dan mengoptimalkan lahan sehingga bisa menambah penghasilan.
  3. Ramah lingkungan. Tidak hanya Anda dan petani, masyarakat sekitar juga akan merasakan dampak penghijuan dan dan peningkatan produksi pangan.
  4. Ketahanan pangan. Secara tidak langsung, investor akan meningkatkan produksi pangan dalam negeri, hasil dari partisipasi penanaman yang telah didanai.

Tertarik menjadi peminjam atau investor melalui iGrow?

Anda bisa mencari informasi lebih lanjut dan detail tentang iGrow dengan mengunjungi situs resmi iGrow yaitu di www.igrow.asia. Anda juga bisa meghubungi Customer Service PT iGrow Resources Indonesia yaitu di +6221-7784-0082 atau menyampaikan pertanyaan melalui email ke info@igrow.asia.


Bila Anda berdomisili di Jakarta dan atau Jabodetabek, Anda bisa datang secara langsung ke kantor pusat PT PT iGrow Resources Indonesia yang beralamat di Jalan Ir. H. Juanda No. 43, Depok.


Dari berbagai jalur untuk mendapatkan informasi PT iGrow Resources Indonesia, Anda harus memastikan bahwa informasi yang Anda miliki akan mampu membantu Anda untuk mengajukan pinjaman melalui iGrow, juga untuk media investasi.


Informasi penting yang Anda perlu ketahui di antaranya adalah syarat dan ketentuan, cara kerja sistem P2P Lending iGrow, solusi bila terjadi permasalahan seperti kredit macet, hingga jangka waktu kerja sama yang disarankan. Anda juga bisa meminta saran atau berkonsultasi dengan Customer Service jika mengalami kebingungan untuk menentukan investasi yang tepat.


Informasi-informasi tersebut bisa menjadi bahan pertimbangan Anda untuk menjadi peminjam atau investor dan pembanding dengan perusahaan sejenis lainnya. Untuk para petani, mungkin iGrow adalah layanan yang tepat untuk mendapatkan modal usaha. Namun, belum tentu dengan investor.


Untuk itu, para investor harus lebih jeli melihat peluang. Pertimbangkan kemungkinan untung rugi yang berpotensi terjadi dan sesuaikan dengan budget dan kesanggupan Anda. Jika Anda merasa mampu, Anda bisa langsung melakukan registrasi secara online melalui platform layanan iGrow.

baca juga


    Untuk proses selanjutnya, baik bagi peminjam atau investor, bisa Anda lakukan melalui aplikasi layanan iGrow berbasis mobile yang bisa Anda unduh secara gratis di Google Play Store atau Apps Store.
    Sisanya, komunikasi antara kedua belah pihak dan penyelesaian masalah secara cepat dan tepat dengan bantuan tim manajemen iGrow akan sangat membantu Anda untuk mencapai keberhasilan proyek pertanian bersama.

    Leave a Reply

    4 × five =

    Ad Blocker Detected

    Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker.

    Refresh
    error: Content is protected !!