IKEA , Perusahaan Furniture Papan Atas

Anda pasti pernah mendengar label IKEA bukan?

IKEA merupakan grup pabrik pembuatan furniture rumah tangga yang memiliki level multinasional dan didirikan di Swedia. Merek ini merancang dan menjual furnitur siap pakai, peralatan dapur, dan aksesori rumah, di antara barang-barang bermanfaat lainnya.

IKEA telah menjadi pengecer furnitur terbesar di dunia sejak tahun 2008.

Perusahaan ini didirikan di Swedia pada tahun 1943 oleh tukang kayu berusia 17 tahun, Ingvar Kamprad.

Pada 2015, Ingvar dinobatkan sebagai salah satu dari sepuluh orang terkaya di dunia oleh Forbes, dengan nilai kekayaan lebih dari $ 40 miliar.

Nama perusahaan adalah akronim yang terdiri dari inisial Ingvar Kamprad (nama pendiri), Elmtaryd (kawasan pertanian tempat ia dibesarkan), dan Agunnaryd (kota kelahirannya di Småland, Swedia selatan).

IKEA , Terkenal dengan Desain Modern

Perusahaan IKEA terkenal dengan desain modern untuk berbagai jenis peralatan dan furnitur. Di samping itu desain interiornya juga amat disukai karean desainya yang sederhana dan untuk lingkungan rumah.

Selain itu, perusahaan ini dikenal karena perhatiannya pada pengendalian biaya, perincian operasional, dan pengembangan produk berkelanjutan.

Di tambah dengan atribut perusahaan yang memungkinkan IKEA menurunkan harga dengan rata-rata dua hingga tiga persen selama dekade hingga 2010 selama periode ekspansi global .

Grup IKEA memiliki struktur perusahaan yang kompleks, yang sempat dituduh oleh anggota Parlemen Eropa dirancang untuk menghindari lebih dari € 1 miliar pembayaran pajak.

Tuduhan itu terjadi selama periode tahun 2009-2014.

Pada saat itu, perusahaan dikendalikan oleh beberapa yayasan yang berpusat di Belanda dan Liechtenstein.

Ekspansi IKEA

Pada November 2018, IKEA sudah memiliki 424 toko beroperasi di 52 negara.
Sementara pada tahun fiskal 2018, barang-barang IKEA memiliki nilai aset sebesar € 38,8 miliar (US $ 44,6 miliar).
Tak hanya itu, Situs web IKEA menyantumkan sekitar 12.000 produk dan merupakan representasi dari eluruh jajaran aset IKEA.

Kurang lebih ada 2,1 miliar pengunjung ke situs web IKEA pada kurun waktu September 2015 hingga Agustus 2016.

Perusahaan ini bertanggung jawab atas sekitar 1% dari konsumsi kayu produk komersial dunia, menjadikannya salah satu pengguna kayu terbesar di sektor ritel.

Pabrik IKEA

Sebagian besar toko dan pabrik IKEA sebelumnya dimiliki oleh INGKA, perusahaan induk yang dikendalikan oleh Yayasan INGKA Stichting, salah satu dari 40 yayasan terkaya di dunia.

Ingvar Kamprad mendirikan IKEA pada tahun 1943 sebagai bisnis penjualan yang sebagian besar dipesan melalui pos.

Bisnisnya memulai penjualan furnitur lima tahun kemudian.

Toko Möbel-IKÉA pertama dibuka di Älmhult, Småland, pada tahun 1958.

Toko pertama di luar Swedia dibuka di Norwegia pada tahun 1963 dan Denmark pada tahun 1969.

Toko-toko menyebar ke bagian lain Eropa pada tahun 1970-an, dengan toko pertama di luar Skandinavia dibuka di Swiss pada tahun 1973.

Kemudian diikuti pembukaannya di Jerman Barat pada tahun 1974.

Belakangan toko dibuka juga di kawasan Asia, seperti Jepang (1974), Australia, Kanada, Hong Kong (1975), dan Singapura (1978).

IKEA selanjutnya membuka toko di negara-negara seperti Prancis dan Spanyol (1981).

Sampai pada November 2018, ada 424 toko IKEA yang beroperasi di 52 negara.

Penghargaan dan Kesukesan IKEA

IKEA dianugerahi Penghargaan Bahasa Nordic 2017 karena telah memperkenalkan bahasa dan budaya Skandinavia kepada khalayak global melalui produknya.

IKEA memiliki dan mengoperasikan rantai Pusat Perbelanjaan Keluarga MEGA di Rusia.

Pada 8 Agustus 2008, IKEA UK meluncurkan jaringan telepon seluler virtual bernama IKEA Family Mobile, yang beroperasi pada T-Mobile.

Pada 2012, IKEA bekerja sama dengan TCL untuk menyediakan produk HDTV dan sistem hiburan terintegrasi Uppleva.

Pada pertengahan Agustus 2012, perusahaan mengumumkan bahwa mereka akan membangun rantai 100 hotel ekonomi di Eropa.

Pada 30 April 2018, perusahaan memiliki satu hotel, IKEA Hotell di Älmhult, Swedia, dan juga berencana untuk membuka hotel lain, di New Haven, Connecticut.

IKEA bahkan mengkonversi Gedung Pirelli yang bersejarah.

Pada bulan September 2017, IKEA mengumumkan mereka akan mengakuisisi TaskRabbit yang berbasis di San Francisco.

IKEA dan Label Nova SCotia

Baru-baru ini label IKEA muncul dengan produk baru yakni IKEA label Nova Scotia. Nova Scotia berinvestasi di perusahaan IKEA untuk membuat produk berkualitas. Seperti yang dilaporkan oleh acara berita lokal, Halifax bahwa sebuah perusahaan Eropa telah membuat kesepakatan selama dua tahun dengan IKEA.

Kesepakatan tersebut membuat perusahaan yang baru dibentuk bernama Parrsboro Woodworking ni membangun pabrik furnitur di Debert, N.S.

Kesepakatan itu merupakan bagian dari komitmen IKEA kepada Badan Peninjau Investasi Asing untuk membeli barang-barang $ 30 – $ 40 juta dari bisnis Kanada.

Di samping itu juga untuk melihat perkembangan perusahaan dan berkontribusi dalam bidang teknologi dan keahlian manajemen.

Pabrik akan menggunakan robot untuk menghasilkan produk berkualitas.

image">

Meski demikian pabrik juga tetap mempekerjakan sekitar 150 orang karyawan dalam setahun untuk mempertahankan kualitas di lini tertneut.

Reporter Lena Sadiwskyj, yang juga menyebut nama toko I-KAY-A, menjadi pihak yang mendukung IKEA di Dartmouth.

Pemerintah provinsi mendukung proyek tersebut dengan dana hingga $ 5 juta.

Pabrik Swedwood terus membuat furnitur untuk IKEA sebelum mengalami perubahan dalam kepemilikan dan namanya menjadi Scanwood pada tahun 2004.

Perkembangan IKEA di Norfolk

Toko IKEA di Norfolk dibuka 10 April di 1500 Ikea Way, di Northampton Boulevard dan Interstate 64.

Waralaba furniture ini didirikan pada tahun 1943 di Swedia dikenal dengan desain modernnya yang ramping dengan harga yang terjangkau.

Toko Norfolk yang baru adalah toko Ikea ke-50 di AS dan yang kedua di Virginia.

Toko Ikea berada di dekat mal Potomac Mills di Virginia Utara.

Toko Norfolk memiliki dua lantai dengan luas mencapai 331.000 kaki persegi dan terletak di atas lahan seluas 19 hektar di sudut barat laut I-64 dan Northampton Boulevard.

Lokasi itu dekat dengan Outlet Premium Norfolk.

Toko ini menawarkan hampir 10.000 barang, memiliki restoran dengan kapasitas 450 kursi, dan area bermain anak-anak.

Band IKEA juga sudah sampai di Indonesia.

baca juga

    IKEA di Indonesia

    Khusus untuk pelanggan IKEA di Indonesia dapat memantau perkembangan produk melalui situs resminya, ike.co.id.

    Melalui lama itu, pelanggan IKEA dapat melihat katalog dan pembaharuan harga.

    Mereka juga bisa memesan produk furniture yang sesuai dengan kriteria yang mereka cari.

    Melalui lama resmi IKEA Indonesia, pelanggan dapat melakukan konsultasi dalam hal merancang interior rumah dan sekaligus memilih barang.

    Tim dari IKEA selalu melayani dan memberikan tawaran serta solusi terbaik untuk Anda mengatur interior rumah anda, mulai dari dapur sampai kamar mandi.

    Furniture adalah produk yang penting dan menjadi kebangaan setiap pemilik rumah.

    Kalau anda membutuhkan furniture berkualitas, anda hanya perlu melihat website IKEA Indonesia dan menemukan produk yang sesuai.


    Terobosan Bisnis Kuliner dari IKEA: Burger Serangga

    Dewasa ini, sekitar 30% pelanggan yang datang ke IKEA datang untuk makan-makan. Informasi tersebut membuat raksasa perusahaan furnitur ini mulai menimbang-nimbang untuk memperluas jangkauan bisnis kuliner, seiring dengan laju komersial lini asli mereka. Bahkan wacananya, dalam sepuluh tahun mereka akan membuka lini kafe sendiri.

    Apakah kesuksesan lini makanan IKEA adalah hasil kesuksesan yang tidak diduga-duga? Mungkin juga. Namun yang jelas, keputusan untuk membuka tempat makan di sebelah toko furnitur dan peralatan adalah taktik yang benar-benar cerdas.

    Logikanya, kegiatan belanja furnitur adalah kegiatan yang dilakukan bersama keluarga dan membutuhkan kerja berat karena harus ‘angkat-angkat’, yang berujung capek—juga lapar.

    Tempat makan yang berdiri cuma sepelemparan batu dari tempat parkir dan tempat belanja jelas menjadi pilihan cepat. Apalagi jika kemudian menu yang disajikan enak tidak tanggung-tanggung dengan pilihan yang memukau. Tengok saja menu IKEA Indonesia: paduan nasi kuning, samosa, hotdog, dan macam-macam jus buah serta kopi.

    Rahasia Sukses IKEA adalah Keterbukaan

    Berkaca dari pilihan menu mereka, sebenarnya kita sudah bisa langsung meraba bahwa IKEA memiliki prinsip keterbukaan dan keberagaman yang tinggi.

    Nasi kuningg adalah makanan asli Indonesia-Asia Tenggara, tetapi mereka juga menjual hotdog dan gulab jamun yang merupakan penganan internasional. Mereka membaca pasar dan percaya bahwa kultur baru, gagasan baru, adalah vitamin bagi kelanjutan sebuah perusahaan; sesuatu yang sudah sepantasnya semua orang tiru.

    (Artikel terkait: Melihat Peluang Usaha Kuliner Jajanan Khas Pasar Rakyat)

    Dari lini asli mereka pun, inovasinya sudah kentara. Mebel atau furnitur selalu identik dengan barang-barang yang sudah berupa satu paket dan berat dibawa-bawa. Namun, tidak begitu dengan IKEA. Produk dari perusahaan ini biasa dijual dalam bentuk lempeng dan parts yang belum dirakit beserta sebuah buku manual agar para pembeli bisa memasangnya sendiri di rumah. Karena itulah, mebel-mebel di IKEA biasanya memiliki desain yang tidak biasa.

    IKEA sendiri merupakan anagram dari nama pemiliknya; Ingvar Kamvrad, dipadukan dengan tempat tinggalnya, Elmtaryd, dan desanya, Agunnayd. Perusahaan Norwegia ini didirikan ketika Ingvar masih berusia 17 tahun, pada tahun 1943, dan kini menjadikannya salah satu orang terkaya di dunia.

    Katalog IKEA tersebar di seluruh dunia; salah satu buku yang pendistribusiannya hanya kalah luas oleh Alkitab. Katalog-katalog itu diperbaharui setiap bulan Agustus, dan menjadi salah satu rujukan dunia mebel.

    Raksasa furnitur ini bekerja sama dengan banyak pihak, termasuk UKM-UKM dengan kearifan lokal di Solo dan Jogja karena tertarik pada sifat kayu kita yang tidak ada duanya di dunia.

    Keterbukaan pada Sains

    Namun tak hanya puas mendulang keberagamaan dari segi kultur negara-negara lain, IKEA juga terbuka untuk mengeksplorasi kemungkinan. Setidaknya, dimulai dari sisi kuliner mereka.

    Space10, laboratorium inovasi IKEA, memberi kabar bahwa mereka sedang merancang sebuah chain store makanan cepat saji yang hanya menyajikan hidangan vegan dan vegetarian (kedua istilah ini berbeda; dengan vegan lebih menitikberatkan pada pandangan hidup serta sepenuhnya menghindari produk dairy seperti telur dan susu, sementara vegetarian cenderung lebih toleran).

    Gerakan ini seperti memberikan lampu hijau bagi kampanye yang sedang banter beberapa tahun ini: penyelamatan bumi dari Pemanasan Global. Ditengarai, produksi dan konsumsi daging yang tinggi oleh masyarakat membuat bumi semakin panas karena lahan yang semestinya dipergunakan untuk hutan dan sawah jadi hilang demi peternakan. Selain itu, ada pula alasan humanisme seperti memedulikan perasaan hewan-hewan ternak yang jadi harus mati demi menjawab kemauan perut manusia.

    Maka seolah solusi, IKEA mendengar masalah-masalah itu, dan datang dengan terobosan yang mungkin akan diikuti oleh perusahaan-perusahaan lain. Laboratorium mereka, Space10 (dengan mottonya: “Laboratorium untuk kehidupan masa depan yang bertujuan untuk merancang kehidupan yang lebih baik dan sustainable”) bahkan sudah mengembangkan daging buatan yang bisa tumbuh dalam tabung, tanpa harus menggorok makhluk hidup lain. Keren, bukan?

    Burger Serangga, Roti Ganggang, Es Krim Herbal

    Tak tanggung-tanggung, bakal menu ini sama sekali tidak menyinggung penggunaan hewan ternak dalam produk mereka. Semuanya terdengar enak, padahal hanya terbuat dari sayur dan serangga. Tengok saja beberapa di antaranya:

    The Dogless Hotdog – Hotdog tanpa daging

    Terbuat dari baby carrots (semacam wortel seukuran jari) yang dikeringkan dan dimasak manis, saus dari buah beri dan bit, krim mustard serta ketumbar, bawang panggang, salad mentimun, dan campuran salad dari berbagai rempah dedaunan. Yang paling mengejutkan adalah bahan roti hotdog ini yang konon bukan roti; warnanya hijau, sebab terbuat dari spirulina, micro-algae (ganggang) yang mengandung lebih banyak beta-karotin daripada wortel, lebih banyak klorofil daripada rumput gandum, dan 56x lipat jumlah zat besi daripada bayam.

    Bug Burger – Burger Serangga:

    Makanan dari masa depan ini menyediakan alternatif daging lain sebagai bahan dagingnya: umbi bit, parsnip, dan mealworms—semacam larva yang baru menetas dari telur kumbang hitam (Tenebrio molitor). Daging burger ini dijepit roti, lalu toppingnya bit dan saus blackcurrant, rajangan bawang daun, ditambah salad hidroponik. Space10 menyeloroh: “Coba gigit satu kali saja, pasti ketagihan.”

    The Neatball—Baso:

    Yang ini terdiri dari dua versi; satu dari mealworms, satu lagi total vegan alias dari umbi-umbian seperti bit, wortel, dan parsnip.

    LOKAL Salad:

    Salad ini terasa spesial karena dipanen dari kebun IKEA sendiri. Bahannya dari microgreens (alias kecambah-kecambahan hidroponik) berupa red veined sorrel, brokoli dan taragon, kecambah kacang polong, radish dan daun thyme, lalu borage, red frill mustard, dan lemon balm. Semuanya disajikan dengan saus buatan sendiri dan roti yang baru dipanggang.

    Microgreen Ice Cream — Es Krim Herbal:

    Dan sebagai penutup bagi hidangan-hidangan di atas, microgreen Ice cream pun hadir. Terbuat dari biji adas, daun basil, dan cilantro, es krim ini dijamin memiliki cita rasa unik. Space10 berkata kita boleh mengombinasikan rasa-rasa tersebut sesuka hati untuk memperoleh rasa yang diinginkan.

    Kesimpulan: Jadilah Visioner

    Perubahan adalah sesuatu yang bersifat mutlak, dan itu harus kita kenali benar. Cara makan kita sekarang pun jelas berbeda dengan berpuluh tahun lalu; orang zaman Majapahit, misalnya, jelas akan terkagum-kagum melihat segelas es krim. Dan, kemampuan untuk melihat jauh ke masa depan itulah yang saat ini sedang IKEA kembangkan.

    Membaca arus pasar dan melihat kemungkinan, dan juga tidak menutup mata terhadap perkembangan masyarakat. Ketika orang-orang lain masih memikirkan cara agar tetap survive dengan model bisnis yang sudah dimiliki, IKEA sudah mengambil langkah terdepan agar ketika nanti kehidupan berubah, mereka sudah lebih dari siap. Singkat kata, mereka tidak menunggu tren—merekalah yang menciptakan tren.

    Masih belum ada informasi resmi kapan kita akan melihat produk makanan baru ini muncul di IKEA dekat rumah kita masing-masing, namun tidak akan lama. Nah, berminat mencoba?

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.

    You May Also Like