Infografis

SEO UNDERCOVER CO ID 31

undercover.co.id – Cara memanfaatkan infografis untuk backlink, Backlink merupakan link yang tertuju kepada suatu website dari website yang lain. Backlink juga biasa dikenal sebagai incoming link, inbound link, inlink dan internal link.

Saat ini infografis merupakan konten yang paling banyak di share disosial media dan menghasilkan banyak backlink hanya dari satu konten infografis. Dengan infografis , Anda bisa meningkatkan traffic website dengan mudah tanpa harus mengeluarkan banyak biaya.

4 TIPE  Informasi Grafis Menurut Harvard Business Review

ini dia menurut study harvard

Deklaratif

Tipe data yang disajikan berupa presentasi. Tipe visualisasi yang digunakan bisa berupa statistik, grafik atau chart. Digunakan untuk keadaan formal atau presentase. Tujuannya untuk menyampaikan suatu pernyataan yang ringkas dan jelas.

Eksploratif

Tipe data yang disajikan sangat komples. Tipe visualisasi yang digunakan bisa berupa metafora dan kreatif. Digunakan untuk keadaan sesi pengerjaan atau brainstorming. Tujuannya untuk menyampaikan sedikit definisi atau penjelasan mengenai suatu konsep atau data.

Konseptual

Tipe data yang disajikan berupa proses atau framework. Tipe visualisasi yang digunakan bisa simpel dan metafora. Digunakan untuk keadaan presentase atau mengajarkan suatu hal. Tujuannya untuk memberikan suatu gambaran mental yang dinyatakan dalam simbol.

Mendorong kepada sebuah data

Tipe data yang disajikan berupa data besar (keseluruhan informasi), kompleks dan dinamis. Tipe visualisasi yang digunakan bisainteraktif. Digunakan untuk keadaan analisa suatu data. Tujuannya untuk memberikan data mengenai tren dan hasil analisa data.

Bagaimana agar infografis menjadi viral?

Abaikan Konsep ‘Latar Belakang Putih’

Buatlah infografis menjadi lebih berwarna agar informasi visual tersebut lebih mudah tersampaikan kepada audiens. Jangan menambahkan terlalu banyak teks. Sekali lagi, ini adalah infografis, fokus kepada informasi visual bukan kepada teks. Jika ingin menambahkan teks, mungkin cukup hanya dengan satu paragraf utama.

Topik dan Headline yang Mudah Diingat

Tentukan sebuah topik yang unik dan menarik, dan juga headline yang mudah diingat. Topik adalah tujuan utama audiens membaca, dan headline adalah hal pertama yang akan menarik perhatian.

Promosi Sosial Media

Promosikan infografis melalui sosial media . Buatlah agar konten tersebut menjadi menarik untuk dibagikan oleh lebih banyak audiens.

Menarik Pelanggan

Buat audiens tertarik dengan bisnis Anda. Jadikan pembaca menjadi pelanggan Anda.

Perhatikan Ranking

Berikan perhatian terhadap ranking pencarian. Lebih dari 75 persen audiens tidak akan pernah melewatkan konten dengan hasil teratas. Karena audiens percaya bahwa konten dengan hasil pencarian teratas adalah konten terbaik.

Menurut data yang dihasilkan, ada sekitar 36.4% orang yang akan memilih konten dengan ranking teratas, 12.5% orang yang memilih konten dengan ranking kedua, dan 9.55% orang yang memilih konten dengan ranking ketiga.

Infografis Adalah pilihan Terbaik Untuk Mendapatkan Banyak Backlink dari Sosial Media

Dari 1 konten infografis saja bisa dengan cepat dibagikan lebih dari 5000 kali share disosial media. Konten infografis merupakan jenis informasi yang disampaikan secara visual ini membuat konten infografis memudahkan pengguna sosial media mendapatkan informasi lengkap tanpa perlu membaca sekumpulan teks yang sangat panjang. Dengan menggunakan infografis juga akan meningkatkan ketertarikan pembaca untuk membaca konten Anda dan membagikannya disosial media pribadi mereka

Backlink yang dihasilkan dari konten infografis pun akan meningkatkan peringkat website dan mendorong otoritas domain. Dari 1 infografis, rata-rata dapat menghasilkan 875 backlink dari jumlah pengunjung sekitar 53.459 orang. Infografis.

Seperti Neil Patel, yang merupakan seorang penggagas dari KISSmetrics , Quick Sprout dan Crazy Egg menghasilkan rata-rata 371 backlink dan 21.582 pengunjung darisatu1 infografis.

Jenis Jenis Media Social Untuk Share Infografis

Ada sekitar 7 jenis sosial media yang paling banyak melakukan share infografis, yaitu LinkedIn, Facebook, Google+, Twitter, Stumble Upon, Pinterest dan tentunya Instagram.

Dari Instagram sendiri, infografis dibagikan oleh hampir 40 juta pengguna aktif perbulan.

Pemasaran lebih efektif dengan backlink dari infografis

Anda dapat meningkatkan penjualan secara online dengan memanfaatkan infografis untuk konten sosial media bisnis Anda. Dengan infografis, akan meningkatkan jumlah kustomer 54% lebih banyak dibandingkan dengan pemasaran tradisional.

Ini dapat membuat pelaku bisnis lebih ekonomis dalam mengeluarkan modal untuk melakukan pemasaran dan promosi produknya. Para pelaku bisnis tidak perlu memasang iklan dimana-mana jika mereka mampu membuat konten infografis yang dapat menarik perhatian kustomer. Jumlah konversi website juga akan meningkat sebanyak dua kali lipat.

Visual menarik yang ditampilkan oleh infografis menjadi daya tarik utama bagi para pembaca. Karena sejatinya, otak kita memang dirancang untuk lebih mudah menyerap informasi yang berupa visual.

baca juga

TRIK MEMBUAT INFOGRAFIS YANG ‘MENJUAL’

  • Topik Segar

Pilih topik baru untuk diangkat dan menjadi tren baru dalam bisnis yang dijalankan. Pastikan topik tersebut relevan dengan link URL, keyword, dan gambar yang digunakan untuk konten tersebut. Usahakan Anda membuat topik yang akan menjadi sesuatu yang viral secara positif di internet.

  • Mudah Diingat

Buatlah konten infografis Anda menjadi konten yang mudah diingat dan menarik untuk dibagikan. Lakukan pembagian topik dan visualisasikan informasi dengan tepat, ini akan sangat membantu untuk memudahkan pembaca dalam menyerap informasi yang disajikan.

  • Informasi Lengkap

Cantumkan informasi yang lengkap dan relevan. Namun jangan terlalu banyak menambahkan teks, karena konten dengan format infografis hanya berfokus pada penyampaian informasi secara visual. Jika Anda ingin menambahkan teks, mungkin Anda bisa menambahkan paragraf pertama sebelum infografis. Informasi yang disampaikan secara visual pun harus menggambarkan seluruh informasi dengan lengkap.

  • Cantumkan Sumber Asli

Hindari plagiarisme. Jangan hanya melakukan copy-paste karya orang lain. Anda juga harus mencantumkan sumber referensi dan menunjukkan hasil kerja Anda. Ini akan menambahkan kepercayaan yang didapat baik dari pembaca maupun dari Google.

  • Desain Menarik

Anda dapat memanfaatkan tools yang banyak menyediakan template menarik untuk infografis atau bisa juga memanfaatkan jasa desainer grafis. Infografis dengan desain yang menarik dan informatif akan lebih mudah mendapat share dari para pembaca. Tentu saja konsep desain yang digunakan harus relevan dengan konten tersebut.

  • Perbanyak Promosi

Perbanyaklah melakukan promosi disosial media pribadi maupun sosial media bisnis Anda. Jangan hanya berharap akan ada banyak orang yang share konten Anda tanpa melakukan promosi setelah mengunggah konten tersebut. Namun Anda tetap harus menggunakan strategi yang baik yang tidak akan membuat orang lain merasa terganggu dan menganggap Anda sebagai spammer.

  • Konten Gratis

Infografis yang Anda bagikan harus berupa konten yang dapat dinikmati secara gratis agar pembaca dapat dengan mudah melakukan share dan akan menarik lebih banyak audien.

infografis

baca juga

infografis sendiri merupakan konten yang termasuk kategori ‘White Hat’ atau yang dilegalkan oleh Google.

Bahkan para ahli dibidang bisnis pun sangat suka menggunakan infografis untuk melakukan promosi merek mereka.

Anda juga dapat membuat satu konten kedalam beberapa format, tidak hanya infografis. Namun bisa juga berupa video yang berisi sejarah merek atau keterangan lengkap produk, atau mengadakan webinar dengan kustomer pilihan mengenai produk terbaru yang Anda miliki. Dengan membuat konten kedalam beberapa format, akan menarik konsumen dari pasar yang lebih luas lagi.

INFOGRAFIS, Strategi Tepat Untuk Content Marketing

Dikutip dari Wikipedia , Infografis atau informasi grafis adalah informasi yang disampaikan secara visual.

Infografis merupakan data visual dari sebuah cerita  atau sebuah tesis. Infografis juga bisa menjadi alat untuk mengedukasi dan memberikan informasi.

Pda dasarnya, otak manusia akan lebih mudah menangkap informasi secara visual. Ketika audiens membaca suatu konten panjang yang penuh dengan teks, bisa saja audiens tersebut lebih mudah jenuh dan akibatnya akan ada banyak informasi yang terlewat.

Berbeda jika audiens membaca konten yang disajikan dengan format infografis, tentunya audiens akan lebih fokus untuk mendapatkan informasi yang tersedia karena mudah diingat dan dipahami.

Namun tentu saja, konten infografis yang disajikan harus berkualitas. Dari mulai kualitas gambar dan kualitas penyampaian informasi secara visual.

Konten dengan format infografis dapat meningkatkan traffic situs hingga 12% bahkan lebih. Setiap bisnis yang menggunakan concept marketing akan mendapatkan keuntungan besar dari infografis.

Dalam sebuah koran, infografis biasanya digunakan untuk menunjukkan prakiraan cuaca, menampilkan peta daerah, ilustrasi sebuah kejadian, atau grafik dari sebuah data.

Ad Blocker Detected

Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker.

Refresh