Jasa

undercover.co.id – Cara memanfaatkan infografis untuk backlink, Backlink merupakan link yang tertuju kepada suatu website dari website yang lain. Backlink juga biasa dikenal sebagai incoming link, inbound link, inlink dan internal link.

Saat ini infografis merupakan konten yang paling banyak di share disosial media dan menghasilkan banyak backlink hanya dari satu konten infografis. Dengan infografis , Anda bisa meningkatkan traffic website dengan mudah tanpa harus mengeluarkan banyak biaya.

4 TIPE  Informasi Grafis Menurut Harvard Business Review

ini dia menurut study harvard

Deklaratif

Tipe data yang disajikan berupa presentasi. Tipe visualisasi yang digunakan bisa berupa statistik, grafik atau chart. Digunakan untuk keadaan formal atau presentase. Tujuannya untuk menyampaikan suatu pernyataan yang ringkas dan jelas.

Eksploratif

Tipe data yang disajikan sangat komples. Tipe visualisasi yang digunakan bisa berupa metafora dan kreatif. Digunakan untuk keadaan sesi pengerjaan atau brainstorming. Tujuannya untuk menyampaikan sedikit definisi atau penjelasan mengenai suatu konsep atau data.

Konseptual

Tipe data yang disajikan berupa proses atau framework. Tipe visualisasi yang digunakan bisa simpel dan metafora. Digunakan untuk keadaan presentase atau mengajarkan suatu hal. Tujuannya untuk memberikan suatu gambaran mental yang dinyatakan dalam simbol.

Mendorong kepada sebuah data

Tipe data yang disajikan berupa data besar (keseluruhan informasi), kompleks dan dinamis. Tipe visualisasi yang digunakan bisainteraktif. Digunakan untuk keadaan analisa suatu data. Tujuannya untuk memberikan data mengenai tren dan hasil analisa data.

Bagaimana agar infografis menjadi viral?

Abaikan Konsep ‘Latar Belakang Putih’

Buatlah infografis menjadi lebih berwarna agar informasi visual tersebut lebih mudah tersampaikan kepada audiens. Jangan menambahkan terlalu banyak teks. Sekali lagi, ini adalah infografis, fokus kepada informasi visual bukan kepada teks. Jika ingin menambahkan teks, mungkin cukup hanya dengan satu paragraf utama.

Topik dan Headline yang Mudah Diingat

Tentukan sebuah topik yang unik dan menarik, dan juga headline yang mudah diingat. Topik adalah tujuan utama audiens membaca, dan headline adalah hal pertama yang akan menarik perhatian.

Promosi Sosial Media

Promosikan infografis melalui sosial media . Buatlah agar konten tersebut menjadi menarik untuk dibagikan oleh lebih banyak audiens.

Menarik Pelanggan

Buat audiens tertarik dengan bisnis Anda. Jadikan pembaca menjadi pelanggan Anda.

Perhatikan Ranking

Berikan perhatian terhadap ranking pencarian. Lebih dari 75 persen audiens tidak akan pernah melewatkan konten dengan hasil teratas. Karena audiens percaya bahwa konten dengan hasil pencarian teratas adalah konten terbaik.

Menurut data yang dihasilkan, ada sekitar 36.4% orang yang akan memilih konten dengan ranking teratas, 12.5% orang yang memilih konten dengan ranking kedua, dan 9.55% orang yang memilih konten dengan ranking ketiga.

Infografis Adalah pilihan Terbaik Untuk Mendapatkan Banyak Backlink dari Sosial Media

Dari 1 konten infografis saja bisa dengan cepat dibagikan lebih dari 5000 kali share disosial media. Konten infografis merupakan jenis informasi yang disampaikan secara visual ini membuat konten infografis memudahkan pengguna sosial media mendapatkan informasi lengkap tanpa perlu membaca sekumpulan teks yang sangat panjang. Dengan menggunakan infografis juga akan meningkatkan ketertarikan pembaca untuk membaca konten Anda dan membagikannya disosial media pribadi mereka

Jasa

Backlink yang dihasilkan dari konten infografis pun akan meningkatkan peringkat website dan mendorong otoritas domain. Dari 1 infografis, rata-rata dapat menghasilkan 875 backlink dari jumlah pengunjung sekitar 53.459 orang. Infografis.

Seperti Neil Patel, yang merupakan seorang penggagas dari KISSmetrics , Quick Sprout dan Crazy Egg menghasilkan rata-rata 371 backlink dan 21.582 pengunjung darisatu1 infografis.

Jenis Jenis Media Social Untuk Share Infografis

Ada sekitar 7 jenis sosial media yang paling banyak melakukan share infografis, yaitu LinkedIn, Facebook, Google+, Twitter, Stumble Upon, Pinterest dan tentunya Instagram.

Dari Instagram sendiri, infografis dibagikan oleh hampir 40 juta pengguna aktif perbulan.

Pemasaran lebih efektif dengan backlink dari infografis

Anda dapat meningkatkan penjualan secara online dengan memanfaatkan infografis untuk konten sosial media bisnis Anda. Dengan infografis, akan meningkatkan jumlah kustomer 54% lebih banyak dibandingkan dengan pemasaran tradisional.

Ini dapat membuat pelaku bisnis lebih ekonomis dalam mengeluarkan modal untuk melakukan pemasaran dan promosi produknya. Para pelaku bisnis tidak perlu memasang iklan dimana-mana jika mereka mampu membuat konten infografis yang dapat menarik perhatian kustomer. Jumlah konversi website juga akan meningkat sebanyak dua kali lipat.

Visual menarik yang ditampilkan oleh infografis menjadi daya tarik utama bagi para pembaca. Karena sejatinya, otak kita memang dirancang untuk lebih mudah menyerap informasi yang berupa visual.

baca juga

TRIK MEMBUAT INFOGRAFIS YANG ‘MENJUAL’

  • Topik Segar

Pilih topik baru untuk diangkat dan menjadi tren baru dalam bisnis yang dijalankan. Pastikan topik tersebut relevan dengan link URL, keyword, dan gambar yang digunakan untuk konten tersebut. Usahakan Anda membuat topik yang akan menjadi sesuatu yang viral secara positif di internet.

  • Mudah Diingat

Buatlah konten infografis Anda menjadi konten yang mudah diingat dan menarik untuk dibagikan. Lakukan pembagian topik dan visualisasikan informasi dengan tepat, ini akan sangat membantu untuk memudahkan pembaca dalam menyerap informasi yang disajikan.

  • Informasi Lengkap

Cantumkan informasi yang lengkap dan relevan. Namun jangan terlalu banyak menambahkan teks, karena konten dengan format infografis hanya berfokus pada penyampaian informasi secara visual. Jika Anda ingin menambahkan teks, mungkin Anda bisa menambahkan paragraf pertama sebelum infografis. Informasi yang disampaikan secara visual pun harus menggambarkan seluruh informasi dengan lengkap.

  • Cantumkan Sumber Asli

Hindari plagiarisme. Jangan hanya melakukan copy-paste karya orang lain. Anda juga harus mencantumkan sumber referensi dan menunjukkan hasil kerja Anda. Ini akan menambahkan kepercayaan yang didapat baik dari pembaca maupun dari Google.

  • Desain Menarik

Anda dapat memanfaatkan tools yang banyak menyediakan template menarik untuk infografis atau bisa juga memanfaatkan jasa desainer grafis. Infografis dengan desain yang menarik dan informatif akan lebih mudah mendapat share dari para pembaca. Tentu saja konsep desain yang digunakan harus relevan dengan konten tersebut.

  • Perbanyak Promosi

Perbanyaklah melakukan promosi disosial media pribadi maupun sosial media bisnis Anda. Jangan hanya berharap akan ada banyak orang yang share konten Anda tanpa melakukan promosi setelah mengunggah konten tersebut. Namun Anda tetap harus menggunakan strategi yang baik yang tidak akan membuat orang lain merasa terganggu dan menganggap Anda sebagai spammer.

  • Konten Gratis

Infografis yang Anda bagikan harus berupa konten yang dapat dinikmati secara gratis agar pembaca dapat dengan mudah melakukan share dan akan menarik lebih banyak audien.

infografis

baca juga

infografis sendiri merupakan konten yang termasuk kategori ‘White Hat’ atau yang dilegalkan oleh Google.

Bahkan para ahli dibidang bisnis pun sangat suka menggunakan infografis untuk melakukan promosi merek mereka.

Anda juga dapat membuat satu konten kedalam beberapa format, tidak hanya infografis. Namun bisa juga berupa video yang berisi sejarah merek atau keterangan lengkap produk, atau mengadakan webinar dengan kustomer pilihan mengenai produk terbaru yang Anda miliki. Dengan membuat konten kedalam beberapa format, akan menarik konsumen dari pasar yang lebih luas lagi.

INFOGRAFIS, Strategi Tepat Untuk Content Marketing

Dikutip dari Wikipedia , Infografis atau informasi grafis adalah informasi yang disampaikan secara visual.

Infografis merupakan data visual dari sebuah cerita  atau sebuah tesis. Infografis juga bisa menjadi alat untuk mengedukasi dan memberikan informasi.

Pda dasarnya, otak manusia akan lebih mudah menangkap informasi secara visual. Ketika audiens membaca suatu konten panjang yang penuh dengan teks, bisa saja audiens tersebut lebih mudah jenuh dan akibatnya akan ada banyak informasi yang terlewat.

Berbeda jika audiens membaca konten yang disajikan dengan format infografis, tentunya audiens akan lebih fokus untuk mendapatkan informasi yang tersedia karena mudah diingat dan dipahami.

Namun tentu saja, konten infografis yang disajikan harus berkualitas. Dari mulai kualitas gambar dan kualitas penyampaian informasi secara visual.

Konten dengan format infografis dapat meningkatkan traffic situs hingga 12% bahkan lebih. Setiap bisnis yang menggunakan concept marketing akan mendapatkan keuntungan besar dari infografis.

Dalam sebuah koran, infografis biasanya digunakan untuk menunjukkan prakiraan cuaca, menampilkan peta daerah, ilustrasi sebuah kejadian, atau grafik dari sebuah data.

Lalu, kenapa Content Marketing Sangat Efektif?

Pemasaran melalui konten (content marketing ) terbukti sangat efektif dalam meningkatkan ranking situs bahkan meningkatkan penjualan produk. Karena dengan melakukan content marketing, situs atau brand anda akan lebih cepat terkenal. Kenapa? Begini, misalnya ada satu orang yang yang menyukai konten dan produk suatu brand, maka sudah pasti dia akan dengan senang hati memberitahukannya kepada orang lain dengan cara membagikan link situs brand tersebut dilaman sosial pribadinya.

Bahkan mungkin bisa jadi dia tidak hanya membagikannya hanya di satu sosial media saja. Dengan asumsi begini, sudah pasti akan ada banyak orang yang melakukan hal yang sama. Dari sinilah keuntungan besar didapat para pemilik usaha. Ranking situs meningkat, penjualan produk pun meningkat.

Content marketing tentu jauh lebih baik dibandingkan sistem pemasaran PPC (Pay-Per-Click). Para pemilik usaha tidak perlu lagi mengeluarkan banyak uang untuk mencari keuntungan dari sistem PPC ini.

Apakah konten sudah sukses?

  • Untuk mencapai kesuksesan dalam SEO, gunakan Google Webmaster tool untuk membantu meningkatkan link konten.
  • Ketika pembaca menghabiskan waktu yang lama untuk menunggu loading gambar infografis, maka ini merupakan masalah besar. Sebagian pembaca bahkan mungkin akan memutuskan untuk memilih konten lain yang lebih ringan untuk dibuka. Pastikan situs dan konten menjadi ringan saat diakses, ini akan meningkatkan kenyamanan pengunjung situs.
  • Terus lakukan pemantauan terhadap peningkatan jumlah pengunjung. Susun strategi tepat untuk agar pembaca membagikan konten di sosial media, dan tarik lebih banyak lagi pengunjung baru.

Jika setiap harinya ada jutaan konten yang terbit di google, pasti akan ada banyak diantaranya yang menggunakan format infografis untuk konten. Dengan persaingan yang sangat ketat seperti ini, kita tidak boleh berhenti belajar dan melahirkan sebuah inovasi. Karena setiap hari akan muncul topik baru, tren baru dan juga minat yang baru.

LANGKAH MEMBUAT KONTEN YANG SEMPURNA

Sekarang ini SEO sudah sangat berkembang. Ada ribuan bahkan jutaan orang yang berminat mencoba SEO. Saling berlomba-lomba menjadi yang teratas di mesin pencari Google. Memaksa pelaku SEO untuk terus menciptakan konten-konten sempurna yang dapat meningkatkan ranking web mereka.

Lalu, adakah langkah mudah untuk membuat konten sempurna? Tentu saja ada!

Berikut ada langkah yang dapat membantu Anda membuat konten yang sempurna:

Fokus Terhadap Topik

Sebelum memutuskan untuk membuat sebuah konten, Anda harus melakukan riset terlebih dahulu. Bukan hanya sekedar riset, namun Anda juga harus mendapatkan banyak data mengenai topik apa yang menarik dan kata kunci yang tepat untuk menentukan konten seperti apa yang akan Anda hasilkan. Lakukan banyak riset dari sumber-sumber terpercaya tentunya akan sangat membantu Anda.

Buat konten berdasarkan topik dan kata kunci yang sudah Anda dapatkan melalui riset panjang. Fokuskan konten tersebut terhadap topik yang akan dibahas, bukan kepada kata kunci. Anda bisa menambahkan beberapa variasi dalam kalimat dan menambahkan kata-kata sinonim yang memiliki relevansi dengan topik konten dan kata kunci.

Optimasi Kata Kunci

Meskipun Anda harus memfokuskan konten kepada topik yang akan Anda bahas, namun Anda juga tidak boleh mengesampingkan peran penting kata kunci. Anda bisa menerapkan kata kunci dibeberapa tempat penting. Agar membuat konten Anda semakin relevan.

  • Link URL, Anda bisa menempatkan kata kunci Anda di link URL.
  • Paragraf pertama, Anda juga bisa menyelipkan kata kunci di paragraf pertama konten Anda.
  • Teks Alternatif, Anda bisa memanfaatkan kata kunci untuk menjadikannya sebagai teks alternatif gambar yang Anda gunakan untuk konten.

Gunakan Kata Kunci Yang Tepat

Lakukan riset mengenai kata-kata sinonim yang bisa membuat keyword Anda semakin relevan. Dengan kombinasi kalimat yang tepat, menunjukkan bahwa Anda menulis sebuah konten dengan topik yang jelas. Jangan mengubah paragraf-paragraf di konten Anda secara berlebihan. Gunakan bahasa yang natural agar konten Anda tetap nyaman dibaca.

Formasikan Bentuk Konten

Buat konten Anda menjadi sangat informatif, supaya pembaca mengerti mengapa mereka harus menjadi pembaca Anda. Formasikan konten Anda agar dapat menyampaikan informasi kepada pembaca dengan tepat.

  • Bagi konten menjadi beberapa sub-judul dan beberapa paragraf,
  • Tambahkan bullet untuk memisahkan daftar,
  • Anda juga bisa menambahkan gambar pada setiap sub-judul,
  • Sisipkan quote atau kata mutiara agar pembaca semakin mengingat konten Anda,
  • Bisa juga gunakan video sebagai alternatif pengganti gambar sebagai pendukung konten.

Buat Headline yang Super!

Dalam menentukan headline untuk konten yang akan Anda buat, Anda bisa memanfaatkan tools untuk membantu mendapatkan headline yang baik. Selain itu, gunakan formula yang sudah terbukti ampuh dalam membuat headline.

Gunakan 50 – 70 karakter untuk headline yang akan Anda buat. Sisipkan kalimat emosional atau kalimat yang memiliki power untuk menarik perhatian pembaca. Karena sebelum pembaca memutuskan untuk membaca konten Anda, mereka akan terlebih dahulu menilai konten tersebut dari headline.

Headline yang baik akan meningkatkan pula ranking web Anda di mesin pencarian.

Konten yang Panjang

Tulis sebuah konten yang sempurna, yang telah melewati riset panjang dan perencanaan yang matang. Jangan hanya asal menulis konten untuk mendapatkan traffic yang tinggi atau mendapat ranking teratas di Google. Ketika Anda membuat sebuah konten yang panjang, Anda harus tahu bahwa isi konten tersebut memang layak untuk dibaca, bukan menjadi sebuah konten yang “tong kosong nyaring bunyinya”.

Pastikan Anda memiliki alasan yang kuat untuk membuat konten yang panjang. Misalnya, memang ada banyak informasi atau ilmu yang ingin Anda bagikan dalam satu konten tersebut.

Manfaatkan Link

Anda bisa mempertimbangkan untuk menggunakan keyword untuk menyisipkan link internal. Link tersebut bisa berupa link dari konten lama Anda atau konten yang baru. Ini juga bisa membantu konten Anda yang ‘lemah’ menjadi konten yang lebih kuat. Dengan menggunakan internal link, atau menyisipkan link dibagian konten, bisa membuat konten-konten Anda saling mnguatkan.

Menulis Untuk Pengguna Mesin Pencari

Apa sebenarnya tujuan Anda menulis sebuah konten?

Apakah hanya untuk mendapatkan ranking teratas di mesin pencari?

Jika iya, maka Anda menulis untuk mesin pencari, bukan untuk pengguna

Menulislah untuk pembaca Anda. Menulislah untuk orang-orang yang memang membutuhkan informasi atau ilmu yang Anda miliki.

Ketika Anda menulis untuk orang lain, maka akan ada lebih banyak orang yang ingin mendapatkan informasi yang lainnya dari situs Anda. Meningkatkan minat pembaca, sama dengan meningkatkan traffic pengunjung situs Anda. Menulis untuk orang lain bukan berarti Anda harus mengabaikan fakta bahwa Anda juga harus mengoptimalkan keyword untuk mendapatkan traffic.

Saat Anda menciptakan sebuah konten yang sempurna, maka Anda juga akan mendapatkan hasil yang sempurna. Traffic pengunjung Anda meningkat, jumlah pembaca Anda juga akan semakin meningkat. Membuat konten sama seperti membuat sebuah karya. Konten apapun yang kita tulis harus memberikan manfaat kepada para pembaca, bukan malah untuk membuang waktu mereka. Semakin baik konten yang Anda tulis, semakin baik hasil yang akan Anda dapatkan.