Ingin Link? Inilah Cara Membuat Konten Link yang Berkualitas

Membuat konten yang berkualitas membutuhkan banyak waktu, tenaga, strategi serta perencanaan yang matang. Jenis link yang alami ini biasanya adalah jenis yang paling sulit didapatkan. Link alami (link editorial) adalah link yang sebenarnya di sukai oleh Google.

Anda pasti ingin melakukan yang terbaik untuk website Anda bukan? Oleh karena itu mari kita tengok bagaimana cara untuk menciptakan link konten yang berkualitas.

Apa Itu Link Konten yang Berkualitas

Konten yang berkualitas tidak lain dan tidak bukan adalah konten yang bermanfaat untuk pengunjung. Faktor yang mempengaruhi apakah konten Anda layak adalah:

  • Informasional, biasanya berita terbaru.
  • Inspirasional, adalah konten yang dapat memotivasi orang lain untuk mengambil suatu tindakan atau mendukung suatu tujuan.
  • Pendidikan, adalah konten yang mengajarkan sesuatu kepada orang lain.
  • Menghibur, konten ini biasanya memberikan hiburan dan bermain pada emosi pengunjung seperti kebahagiaan, kesedihan, kengerian, kejutan dan lain-lain.

Namun selama konten Anda merupakan jawaban dari pertanyaan yang orang-orang cari itu sudah cukup. Namun, tidak sedikit konten di website yang terkesan biasa-biasa saja. Akibatnya, konten tersebut minim interaksi seperti halnya komentar, share, dan like bahkan link.

Konten, Konten dan Konten

Faktanya, membuat konten yang mennarik itu tidaklah mudah. Apalagi content creator sekarang sudah banyak sekali sehingga persaingannya pun juga meningkat. Bayangkan saja, konten Anda bersaing dengan postingan blog, infografis, video, dan masih banyak lagi. Belum lagi jika Anda mempunyai kasus seperti ini, konten Anda bagus namun kalah dengan konten yang lebih rendah kualitasnya dari milik Anda. Mengapa? Karena strategi publishing Anda tidak benar.

Sekarang, pikirkanlah bahwa konten sama dengan aset seperti halnya properti atau saham. Konten yang Anda miliki akan sangat berpengaruh pada ranking SEO website Anda. Namun sesungguhnya membuat konten yang menarik merupakan setengah dari perjuangan.

Menjalin Hubungan dengan Influencer

Sudah membuat konten yang bagus dan menarik, namun tidak ada yang meliriknya, bukankah itu menjadi sia-sia? Sayangnya, konten yang bagus saja tidak menjamin Anda mendapatkan link. Itulah sebabnya Anda perlu membangun hubungan dengan influencer.

Dengan menjalin hubungan dengan influencer, Anda tidak hanya menambah satu jaringan, tapi juga menambahkan seluruh jaringan influencer itu ke jaringan Anda. Tapi Anda harus hati-hati memilih influencer. Pilihlah influencer yang berkaitan dengan konten Anda seolah-olah itu alami. Cocok satu sama lain dan masuk akal untuk audiens Anda dan audiens influencer itu  sendiri.

Pikirkan bahwa influencer pasti memiliki pengikut setia di Twitter, Instagram, Facebook atau bahkan Youtube. Di antara pengikut tersebut pasti ada yang memiliki blog, website, atau bahkan seorang jurnalis. Oleh karena itu, wajib bagi Anda untuk mengidentifkasi influencer yang Anda pilih. Utamakan kualitas bukan kuantitas, sama seperti membuat konten.

10 Cara Membuat Link Konten yang Menarik

Seperti yang telah kita ketahui bahwa menciptakan konten yang menarik, layak mendapatkan link membutuhkan banyak waktu, tenaga, serta biaya. Berikut ini beberapa taktik yang dapat membuat konten Anda lebih layak mendapatkan link.

  1. Buatlah Konten yang Tidak Ada Matinya

Konten berita akan cepat tenggelam seiring berjalannya waktu. Oleh karena itu, ciptakanlah konten yang tidak habis masanya. Konten inilah yang selalu relevan dengan perubahan zaman. Misalnya:

  • Panduan
  • Ebook
  • Cara memposting sesuatu
  • List
  • Penjelasan
  • Ceklist, dan lain-lain

Dan jangan lupa untuk memberikan judul yang bisa mengundang klik dari audiens.

  • Memulai Podcast

Podcast bisa menarik link secara alami. Hal ini karena ketika Anda mengundang tamu untuk wawancara, mereka cenderung akan menautkan ke web Anda. Selain itu, jika podcast Anda sukses menjangkau banyak orang, bayangkan berapa bloger lain yang menautkan link Anda ke website mereka.

  • Ciptakan Pusat Sumber Daya

Selain menerbitkan dan mempromosikan konten, Anda juga harus mengorganisasi konten Anda menjadi satu sumber daya untuk pengunjung. Membuat panduan, studi kasus, whitepaper, webinar dan lain-lain membutuhkan pekerjaan yang ekstra. Oleh karena itu ada beberapa orang yang lebih suka menautkannya ke pusat sumber daya Anda daripada menginvestasikan banyak waktu dan tenaga untuk menciptakan sumber daya sendiri.

  • Miliki Jiwa Kepemimpinan

Jadilah pemimpin untuk topik konten Anda. Mulailah menciptakan konten yang membuat Anda menonjol dan buatlah orang-orang berpikir bahwa Anda lah pemimpin dari konten tersebut. Bisa jadi Anda akan dianggap ahli dalam bidang tersebut. Oleh karena itu, Anda harus:

  • Yakin dan tahu dengan apa yang Anda buat.
  • Jadilah diri sendiri, jangan mengikuti gagasan lama yang sudah pernah dibuat.
  • Jadilah menarik dengan ide dan wawasan Anda.
  • Jangan jadi membosankan.
  • Ahli Dalam Mengumpulkan

Penulis harus memiliki strategi untuk ini. Alih-alih penulis mengumpulkan semua konten sendiri,  mereka menggunakan kutipan pemikiran-pemikiran ahli untuk menciptakan konten baru dengan nama baru. Secara para pemasar juga akan menautkan kembali linknya ke konten Anda.

  • Bermitra dengan Brand Lain

Di tengah-tengah kegundahan, Anda pasti pernah berpikir apakah Anda harus bekerja sama dengan orang lain? Jawabannya iya. Bermitra dengan brand lain, itu artinya Anda menyajikan konten ke audiens baru.  

  • Bertarget dan Optimalkan Untuk Kata Kunci yang Relevan

Istilahnya, jangan membuat konten yang sembarangan dan tidak bertarget. Selain itu, fokuskan juga dalam kata kunci yang ingin Anda gunakan. Hal ini untuk membantu audiens bisa menemukan konten Anda.

  • Tambahkan Konten Visual

Tambahkan visual ke dalam konten Anda seperti infografis, visualisasi data, atau Gif dapat membantu konten Anda semakin menjadi lebih menarik. Standar dalam sebuah postingan blog pasti memiliki:

  • Subjudul (H2 dan H3 untuk memecah konten).
  • List berpoin.
  • Quotes bercetak tebal dan miring.
  • Kalimat pendek dan sederhana.
  • Sertakan Sudut Pandang Anda

Sertakan alasan Anda mengenai apa uniknya konten Anda dengan milik orang lain. Biasanya penulis kesulitan membuat konten yang berbeda dengan orang lain karena mereka terlalu ‘meniru’. Oleh karena itu, Anda perlu menulis menurut sudut pandang Anda sendiri agar lebih unik.

  1. Apakah Anda Mau Menautkan ke Konten Anda?

Inilah pertanyaan yang harus Anda jawab jujur. Pasti Anda sudah tahu niche apa yang Anda tulis dan audiens yang Anda targetkan. Sekarang dengan jujur saat melihat konten Anda, apakah Anda mau untuk menautkan link ke konten Anda sendiri? Jika tidak, Anda  saja tidak mau menautkan link ke konten Anda sendiri, apalagi mereka?

baca juga


Undercover.co.id Services

Panduan Bisnis Affiliasi

Website Cuma 50 Ribu

Pembuatan Website Profesional

Jasa Seo Profesional dan Terpercaya 

Jasa Sosial Media Maintenance



Ringkasan

Jangka waktu: setiap 3 bulan.

Hasil terdeteksi: 2-6 bulan.

Link rata-rata yang dikirim per bulan: 40

Alat:

  • Google Trend
  • Survei Konsumen Google
  • Buzz Sumo
  • Brand Partner

Manfaat:

  • Konten yang menarik akan menarik link jangka pendek dan panjang.
  • Konten yang berkualitas akan membangun hubungan yang positif di dalam komunitas mauapun di luar komunitas Anda.

1 thought on “Ingin Link? Inilah Cara Membuat Konten Link yang Berkualitas”

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!
× How can we help you?