jasa seo dan internet marketing
jasa seo dan internet marketing
Published On: Tue, Feb 28th, 2017

Ingin Menjalankan Bisnis Waralaba? Ini 4 Pertanyaan Sebelum Memilih Bisnis Waralaba

Bisnis waralaba bisa menjadi alternatif bagi pebisnis yang ingin mengurangi risiko bisnis dengan layanan atu produk yang sudah terbukti. Bahkan bisnis bisa mendapatkan dukungan dari perusahaan pemilik waralaba atau sesama pembeli waralaba untuk memastikan kesuksesannya. Bagian tersulit adalah memutuskan waralaba mana yang kita akan pilih.

Meskipun kamu punya gambaran umum industri yang ingin kamu geluti, tapi ada banyak pilihan terkait rentang harga di setiap industri yang membuatmu harus banyak membuka situs dan paket informasi untuk menemukan yang tepat. Kalau kamu enggak punya ide mau memulai dari mana, mungkin kamu harus memulai dengan menanyakan pada dirimu pertanyaan yang menjadi parameter untuk memilih waralaba.

bisnis baru

Apa target pribadimu?

Setiap orang punya motivasi yang berbeda ketika memutuskan menjadi pengusaha. Pertama, tanyakan pada diri sendiri apa targetmu. Apakah punya bisnis untuk menghasilkan uang, bisa meluangkan waktu lebih banyak di rumah atau mengambil langkah menjadi pengusaha dalam karirmu? Dengan mengetahui targetmu, kamu bisa memilih waralaba mana yang cocok untuk mencapai targetmu.

Baca juga: Pingin Punya Bisnis Online? Ini 6 Ide Bisnis Online yang Bisa Kamu Jalankan Mulai Besok

Peran apa yang ingin kamu lakukan dalam bisnis?

Ada dua tipe pembeli waralaba yaitu pemilik pasif yang merekrut staf untuk mengelola bisnis sehari-hari dan pemilik/operator yang secara langsung terlibat dalam menjalankan bisnis sehari-hari. Pertanyaan kunci bagi para pembeli waralaba adalah apa yang ingin mereka lakukan sehari-hari. Apakah kamu ingin melakukan pekerjaan spesifik setiap hari? Ingin memimpin perusahaan? Atau ingin mengelola para manajer? Dengan mengetahui peran apa yang mau kamu ambil, kamu bisa memilih waralaba mana yang kira-kira memungkinkanmu untuk memainkan peran tersebut.

Berapa dana investasimu?

Bisnis waralaba mengenakan biaya yang bervariasi tergantung dari industrinya dan model bisnisnya. Contohnya, membuka waralaba makanan akan memakan lebih banyak biaya daripada bisnis dengan model B2B berbasis rumahan lainnya lantaran kamu akan membutuhkan banyak peralatan masak dan iventori yang diperlukan untuk memulai bisnis. Nah, berapa dana yang ingin kamu investasikan untuk bisnis waralabamu? Sangat penting untuk membuat perhitungan terlebih dahulu.

Apakah kamu memiliki keterampilan berbisnis?

Meskipun sebagian waralaba menginginkan pembeli waralaba memiliki pengalaman di industrinya, tapi yang terpenting adalah pembeli waralaba memiliki dasar menjalankan bisnis dan keinginan berwirausaha untuk sukses. Apa saja dasar tersebut? memahami seni pemasaran, fokus pada pelanggan, dan tahu cara untuk meningkatkan transaksi. Kalau ini pertama kalinya kamu berbisnis, ada banyak konten yang bisa memberikan teori secara umum terkait pemasaran dan bisnis. Atau kamu bisa langsung belajar dari mereka yang berpenglaman dalam bisnis.

Setelah kamu mempersempit pilihan bidang dan model bisnis yang kamu inginkan, saatnya memilih waralaba yang spesifik. Beberapa kriteria mungkin perlu kamu ulas untuk menjatuhkan pilihan, di antaranya support system yang kuat, staf perusahaan yang luar biasa – kamu perlu tahu dengan berinteraksi langsung dengan mereka, dan mau berinvestasi untuk mengembangkan potensi wirausaha kita – mempertimbangkan dan memfasilitasi potensi pribadi kita sebagai wirausahawan. Bagian terpenting adalah support system. Membeli waralaba artinya kamu membeli merek bisnis yang sudah teruji sehingga sudah seharusnya ada support system yang bisa mendukungmu di setiap tahap bisnis waralabamu dan seharusnya pula mereka mempunyai SOP untuk mendukung bisnismu.

Nah, bagaimana? Bisnis waralaba tak selalu menjamin keberhasilan. Tapi, peluang keberhasilan bisa kamu raih dengan langkah awal yang benar.

Baca juga: Cari Inspirasi Yuk! 5 Perusahaan Ini Dibangun Oleh Pengusaha Muda yang Fenomenal

 

jasa seo dan internet marketing

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

jasa seo dan internet marketing
Protected by Copyscape
Pin It