undercover.co.id – INVESTASI RUMAH BANDAR & RUMAH KLASTER

A. INVESTASI RUMAH BANDAR (TOWN HOUSE)

Town house atau rumah kota (Town house) adalah sejenis rumah mewah yang dapat dijadikan pilihan investasi yang menarik terutama bagi golongan masyarakat kelas atas yang menginginkan rumah tapak di dalam kota besar yang lingkungannya sangat eksklusif dan memiliki fasilitas super lengkap.

Jasa

Karena tergolong barang mewah, maka rumah jenis ini akan terkena Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM) di samping Pajak Pertambahan Nilai (PPN).

Meskipun harganya relatif mahal tetapi Town house tetap jadi incaran para pembeli properti kelas atas karena jumlahnya semakin terbatas akibat kelangkaan tanah di kota besar seperti Jakarta.

rumah mewah yang dibangun secara berderet di dalam kompleks perumahan yang tertutup eksklusif di mana jumlah rumahnya sangat terbatas (maksimal 30 unit)

atau tidak sebanyak komplekss perumahan Rumah jenis ini juga memiliki fasilitas bersama, seperti renang, club house, serta ruang sehingga sering mendapat sebutan “separuh apartemen, separuh Town house juga menawarkan konsep pintu gerbang petugas keamanan yang menjaga jam seperti halnya konsep yang diusung perumahan model tertutup (cluster).

Saat ini pengertian penggunaan istilah yang tidak dengan konsep dasar rumah jenis Belakangan makin

Trend Town house

Di Indonesia, trend Town house mulai berkembang sejak pertengahan 1990-an. Waktu itu, komplekss kecil tersebut lebih membidik pasar orang asing (ekspatriat). Karenanya, sebagian rumah di Town house kemudian disewakan kepada para pekerja asing tersebut.

Istilah Town house sebetulnya diadopsi dari Amerika Serikat (AS). Di sana, Town house dikenal pula dengan sebutan row house (rumah deret). Tetapi, akhirnya diganti menjadi Town house untuk kepentingan promosi.

-Namun proyek Town house di Indonesia belum meniru seutuhnya konsep dari AS, di mana penghuni memiliki ruang parkir di bawah hunian.

image size-full">
INVESTASI RUMAH BANDAR & RUMAH KLASTER

Kawasan selatan Jakarta menjadi salah satu tempat favorit developer untuk membangun Town house. Soalnya, daerah tersebut mempunyai nilai jual tinggi. Bahkan, sebagian kalangan menilai tinggal di selatan Jakarta memiliki prestise yang lebih dibandingkan wilayah lain sehingga tidak heran jika Town house banyak bermunculan di selatan Jakarta.

Tu Tetapi, bukan berarti Town house tidak punya kekurangan. Sosialisasi me dengan tetangga di satu komplekss Town house sangat terbatas m sebab jumlah penghuninya relatif sedikit (maksimal 30 unit rumah).

Di samping itu, para pemilik Town house juga tidak boleh mengubah desain rumah sembarangan, sebab aturan main tinggal di Town house tidak boleh mengganti desain asli rumah.

Fakta Fakta Town House

Dari survei Tabloid Rumah didapatkan fakta bahwa kebanyakan Town house yang ditawarkan di Jakarta dan sekitarnya memiliki ciri-ciri sebagai berikut:

1. Lokasinya di dalam kota,

2. Dalam satu kompleks jumlah total unitnya hanya 10-30 rumah, dengan luas area umumnya di bawah 5000 m²,

3. Bentuk rumah bertingkat (biasanya 2 atau 3 lantai), 4. Struktur rumah biasanya berdiri sendiri, bukan kopel,

5. Tersedia fasilitas sosial dan fasilitas umum untuk digunakan bersama.

Jasa

60 Diedit dari artikel berjudul “Apa Sih Town house Itu?”, Tabloid Kontan, Jumat, 22 Mei 2009, www.kontan.co.id

Sebagian besar dipasarkan sistem penjualan, bukan sev yang membangun definisi house di Definisi ini berbeda dengan pengertian Town di negeri. Di Eropa Amerika, Town house didefinisikan sebag rumah tinggal dibangun berderet mana dindingnya menempel antar-unit rumah (kopel).

Lokasi Town house umumn di tengah dan pemilik memiliki tanah mana Town house-nya berdiri. Jika status hunian dari bangunan adalah sewa, maka namanya bukan Town house melaink kondominium.

Masih luar negeri, Town house adalah alterna rumah tinggal murah tengah kota, jauh dari citra ekslus kecuali di beberapa tempat seperti York dan Boston yar harga di perkotaannya memang sangat tinggi. Jadi disimpulkan istilah Town house yang sudah mengalami pergeseran dari makna aslinya.

image size-large">
INVESTASI RUMAH BANDAR & RUMAH KLASTER

Sejarah Town house

Town House Indonesia dimulai sejak e tahun 1980-an. Menurut Wijoyo Hendromartono (seorang arsite Town house pertama dibangun daerah Prapanca, Jakarta Selata Town house ditujukan bagi kalangan ekspatriat kebetula memang banyak bermukim wilayah Jakarta Selatan. Sementar menurut Santoso (Ketua DKI) istilah Town house diperkenalkan kepada masyarakat Jakarta sekitar 1980-an lewat tipe rumah

Menurut Hatta Wirya, Town house adalah definisi sebuah komple perumahan,

perumahan dengan kepadatan sedang (Medium-dens housing).

2. kompleks perumahan dikelilingi dinding (Surrounding akses

Jasa

4. Berdempetan (terraced), sehingga area hijau (green area) hanya ada di halaman depan (front yard) dan halaman belakang (back yard),

5. . Berlokasi di dalam kota, sehingga disebut Town house, Perumahannya bersifat eksklusif dan tertutup.

Di setiap negara yang padat penduduknya, seperti Hong Kong, Town house adalah hunian eksklusif yang hanya bisa dimiliki orang berpeng hasilan tinggi. Karena padatnya penduduk, serta makin banyak orang yang membeli apartemen dengan harga murah dan gampang di cicil,

Town house bermunculan sebagai hunian eksklusif yang dibedakan de ngan hunian lainnya. Tidak dapat dihindarkan bahwa nantinya Indone sia akan seperti itu.

Pada saat ini, apartemen masih dianggap sebagai hunian dengan prestise yang tinggi. Pada kenyataannya di negara lain, apartemen adalah unit sederhana yang hanya mempunyai 2 bedroom dan 1 living room sehingga sangat sesuai untuk lajang yang mulai men jajaki karier di sebuah perusahaan.64

Apartemen awalnya adalah solusi bagi orang yang mempunyai peng hasilan rendah. Namun bagi orang yang berpenghasilan tinggi, maka ia dapat mempunyai “tanah” dan “rumah” sendiri.

Di Hong Kong, Town house dapat ditemukan di dalam kompleks perumahan yang besar. Bayangkan, betapa elitnya jika di dalam komplekss perumahan yang besar, terdapat satu kompleks kecil yaitu Town house yang dibatasi dinding, mempunyai akses satu pintu gerbang (one gate access) yang di dalamnya terdapat unit rumah berukuran sangat besar dengan fasili tas mewah dan teknologi canggih.

Tidak dapat dibantah, orang kaya pasti akan mendapatkan kepuasan tersendiri jika memiliki hunian eksklusif seperti Town house karena dapat berbeda dengan orang lain. Contohnya, Severn 8 di Hong Kong.

Town house tersebut mempunyai unit rumah dengan luas 470 m² dan terjual dengan harga HK$285 juta setara dengan USD 37 juta di tahun 2008, dan penjualan ini mencetak rekor harga tertinggi di Asia. Hal ini terjadi karena Hong Kong adalah kota dengan populasi yang padat.

image size-full">
INVESTASI RUMAH BANDAR & RUMAH KLASTER

Town house dengan mudah bisa ditemukan di kota-kota besar seperti Jakarta, Bandung, Surabaya, Yogyakarta, dan utamanya di kawasan Jabodetabek. Pertimbangan developer membangun Town house, adalah karena luas lahan yang diperlukan tidak terlalu besar.

Jasa

Mengapa Pilih Town House

Dengan demikian, biaya yang dikeluarkan untuk pembelian dan pengembangan lahan serta perencanaan konsep desain tidak terlalu besar jika dibandingkan membangun komplekss perumahan.

Selain itu, semakin terbatasnya lahan kosong di kota Jakarta membuat konsep Town house yang efisien dalam penggunaan tanah lebih mudah dikembangkan dibandingkan dengan komplekss perumahan yang umumnya memerlukan luas lahan lebih besar.66

Sejatinya, Town house adalah komplekss perumahan yang terletak di dekat pusat kota dengan unit terbatas yang memiliki fasilitas cukup lengkap, seperti kolam renang, club house, jogging track, ruang terbuka hijau, memiliki sistem keamanan yang baik, dan umumnya memakai sistem tertutup dengan satu akses (cluster).

Keberadaan Town house di Jakarta, awalnya untuk memenuhi permintaan dari ekspatriat. Saat ini, Town house berkembang menjadi proyek perumahan bergengsi dan eksklusif. Inilah yang membuat rumah di lingkungan Town house harga jualnya lebih tinggi dibandingkan dengan perumahan pada umumnya. 67

Town house seringkali disamakan dengan Perumahan Klaster (cluster) padahal keduanya memiliki sejumlah perbedaan. Town house berdiri sendiri dan bukan bagian dari pengembangan suatu kawasan, sementara Perumahan Klaster adalah bagian dari pengembangan suatu kawasan.

Tinggal di Town house juga lebih nyaman karena fasilitasnya lebih mewah dan lebih lengkap. Town house dibuat dalam jumlah terbatas (10-30 unit) dan semuanya berukuran besar.

Sementara jumlah unit rumah di Perumahan Klaster lebih banyak (bisa ratusan unit) dan terdir dari berbagai tipe dan ukuran.

Sayang pengertian Town house saat ini sudah bergeser menjadi sekedar nama dagang. Banyak pengembang mengklaim membangun Town house meski tidak didukung fasilitas yang mencirikan sebuah Town house. Bahkan ada pengembang yang mengatakan membangun Town house di bawah apartemen

image size-full">
INVESTASI RUMAH BANDAR & RUMAH KLASTER

Ada beberapa hal yang membedakan Town house dengan perumahan berkonsep klaster (cluster), seperti lokasi, konsep, sistem keamanan, jumlah unit, fasilitas, harga, target pasar, dan desain rumah.

Yang menarik dari hunian berkonsep Town house adalah desain arsitekur yang umumnya selalu mengacu pada tren desain terkini dan modern. Sebagai contoh, tren konsep desain modern-minimalis banyak menjadi dasar pengembangan Town house di wilayah Jakarta Selatan

Faktor yang mesti dipertimbangkan dalam berinvestasi Town house

Town house sebenarnya adalah hunian yang sangat potensial, dan juga investasi yang sangat menggiurkan. Menurut Hatta Wirya, faktor yang mesti dipertimbangkan dalam berinvestasi Town house, meliputi:

1. Lokasi;

2. Target Pasar;

3. Konsep; dan

4. Pengelola.

Lokasi menentukan seperti apa Town house yang ingin didirikan, dan atas alasan apa. Contohnya, bila kita ingin membuat hunian Town house yang eksklusif, tentu tidak bisa berdampingan dengan pemukiman kumuh.

Town house yang efektif berlokasi di antara hunian perumahan lain, namun “stand out” dalam artian ketika orang melewati Town house tersebut, dengan kasat mata ia langsung dapat melihat perbedaannya dengan kompleks perumahan lain.

Town house juga harus terlihat lebih eksklusif, menawarkan konsep yang berbeda, namun harganya sebaiknya tidak berbeda jauh dengan perumahan lain. Tawarkan sesuatu yang berbeda, unik, khas, dan kompetitif sehingga bisa dipastikan Town house kita pasti akan laku.69

Lokasi Town house menentukan target pasar (target konsumen). Di dalam hunian eksklusif, bila kita mempersembahkan sesuatu yang lebih tertutup, mempunyai privasi, unik, eksklusif, bukankah harganya akan lebih mahal?

Karena harga perumahan di sekitarnya sudah mahal, maka bila kita mampu mempersembahkan Town house yang lebih mewah dan eksklusif, pasti harganya akan jauh lebih mahal.

Konsep tentunya tidak bisa diremehkan. Mengapa kita tidak membuat Town house bukan hanya sebuah perumahan, namun juga sebuah

“karya”? Desain arsitek bagus, berkonsep berorientasi “green menjadi selling Namun jangan “green concept” bukan hanya semata-mata memperbanyak resapan. Green concept sebetulnya adalah energi sangat drastis.

Bila mempersembahkan sebuah rumah konsep arsitek yang cantik dengan konsep efisiensi yang bagus, tentu akan memberikan akan gampang mendapatkan imbal hasil (return) terhadap house.70

Town adalah hunian tertutup yang dikelilingi suatu dinding sekitar hanya mempunyai akses pintu gerbang. dalamnya terdapat fasilitas umum fasilitas penunjang sehingga dibutuhkan Pihak pengelola akan mengelola kebutuhan bersih, tempat ibadah, keamanan, umum, perawatan jalan, dan lain-lain. awal, investor dapat menentukan siapa yang akan mengelola tersebut.

baca juga

    Town house investasi sangat menguntungkan, namun kita hanya asal-asalan, kita pasti akan merugi. Beberapa faktor dipertimbangkan. kita ingat, adalah investasi illiquid karena pengembalian keuntungannya berjangka lama.

    Town house perlu dipertimbangkan, menggunakan open house ataupun real estate agent. Bagaimanapun, bila konsep Town pasar, pengelola telah tentukan pertimbangkan, pastinya dengan kesabaran dan resolus yang kuat, Town house menjadi yang sangat

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.

    3 × 1 =

    You May Also Like