Investor Bisnis Untuk Kelancaran Usaha Anda

Investor Bisnis Untuk Kelancaran Usaha Anda | Mengawali usaha atau meningkatkan yang telah jalan adalah hal krusial.

Anda tidak bisa berdiri dengan sendiri dalam soal ini. Salah satu yang butuh untuk Anda yaitu hadirnya investor. Tetapi, butuh kiat mumpuni untuk memperoleh perhatian mereka. Seperti apa?

Menjalankan usaha memanglah bukan sekedar memerlukan ketrampilan serta ketekunan tetapi juga ketersediaan modal yang cukup.

Aspek inilah sebagai pemicu paling utama jalan atau tidaknya satu usaha. Seseorang pengusaha/netpreneur pasti bakal jeli memperhitungkan satu hal semacam ini terlebih dalam soal pengalokasian modal itu.

Investor Bisnis Untuk Kelancaran Usaha Anda , Kerapkali netpreneur/pengusaha ‘mati’ di dalam jalan lantaran kekurangan modal. Bila kesusahan mencari investor umum, mengapa tak coba mencari alternatif dengan merangkul angel investor?

Angel investor

yaitu mereka yang mempunyai dana fresh dan ingin menolong enterpreneur/netpreneur meningkatkan usaha. Angel investor dapat berbentuk perusahaanperusahaan atau individu. Memperoleh dana dari angel investor dinilai lebih gampang dibanding perbankan atau layanan keuangan yang lain.

Timbulnya beberapa angel investor ke permukaan serta pada akhirnya jadi fenomenal berlangsung seputar tujuh th. paling akhir ketika krisis finansial di negeri Paman Sam pada 2008. Waktu itu, usaha bank investasi serta private equity meredup serta kehilangan pamor.

Banyak miliarder disana ogah membiakkan uang di instansi keuangan yang sedang terpuruk. Keduanya sama berisiko, mereka pilih jadi angel investor serta membiayai start-up.

Tiap-tiap angel investor mempunyai spesialisasi usaha yang tidak sama. Umumnya angel investor ingin berinvestasi untuk keperluan modal dari mulai US$ 50. 000 sampai US$ 200. 000. Untuk mempermudah sistem seleksi, banyak investor berkumpul dalam satu komunitas atau grup asosiasi.

Investor Bisnis
Investor Bisnis

Terkecuali menyasar start-up didalam negeri, ada investor yang berniat mencari start-up di negara lain.


Beberapa pengusaha/netpreneur sesungguhnya bisa dengan gampang mengambil hati angel investor baik dalam ataupun luar negeri, seandainya mempunyai business plan yang baik seperti bagaimanakah berencana, bangun, serta melindungi suatu perusahaan agar selalu tumbuh serta berkembang.

Tanpa ada business plan yang baik, susah untuk suatu start-up untuk memperoleh keyakinan angel investor.

Kesuksesan menggaet angel investor sudah dicontohkan oleh Bridestory, suatu online wedding , vendor yang sukses menggaet 4 investor sekalian. Etienne Emile, Technical Advisor sekalian Co-founder Bridestory memberi anjuran bahwa seseorang pengusaha bukan sekedar memiliki business plan yang baik tetapi mesti mempunyai kekuatan tim serta founder yang bagus juga, hingga investor dapat meyakini bahwa uangnya akan tidak hilang sia-sia.

Startup itu perihal founder” Oleh karena itu, tunjukkan bahwa Anda dapat lakukan eksekusi dengan baik. ”

Emile juga merekomendasikan untuk Anda yang belum banyak mempunyai pengalaman di usaha agar Anda mencari co-founder yang telah mempunyai reputasi baik.

“Disarankan juga agar Anda mencari partner dari background yang tidak sama, umpamanya bila Anda orang usaha, jadi carilah rekanan orang tehnis, begitupun demikian sebaliknya, agar sama-sama melengkapi, ” imbuhnya.

Hal sama juga dikerjakan oleh Soegianto Widjaya, CEO serta Founder DapurMasak, menurut dia dalam memberikan keyakinan seseorang investor Anda mesti dapat memberi data serta hasil eksekusinya hingga tak berkesancuma bicara. “Intinya sih saya bukan sekedar mempunyai inspirasi, namun saja juga menunjukkan data serta eksekusinya.

Hingga, investor memikirkan bahwa saya bukanlah orang yang sekedar hanya bicara, serta selanjutnya mereka berani lakukan investasi ke DapurMasak. ”

Beragam jenis langkah untuk memperoleh perhatian dari beberapa angel investor, langkah yang umum dikerjakan serta telah umum yaitu dengan ikuti perlombaan yang sekarang ini kerap diselenggarakan oleh beberapa pihak ketiga.

Langkah tersebut terbilang efisien lantaran terkecuali Anda bisa mempresentasikan usaha, Anda juga bisa dengan gampang menjalin jalinan dengan beberapa investor yang datang ke acara itu.

Untuk Joseph Aditya, CEO Ralali hal paling sulit yang sampai kini dihadapi beberapa pengusaha yaitu bersua dengan investor.

Karena itu, Joseph merekomendasikan agar beberapa pengusaha aktif untuk turut moment atau kontes. “Waktu itu saya aktif bergaul – seperti turut gathering pada investor serta pencari investor. Bila networking tak sangat mungkin, Anda dapat mendekati media, turut moment, atau kontes. Bukanlah masalah menangnya namun masalah publikasinya. ”

Anjuran Adrian Suherman, Co-CEO of aCommerce, bila mencari investor baiknya yang memanglah telah banyak invest di bagian usaha yang tengah kita garap. ” Umpamanya ingin build di bidang ecommerce, ya carilah investor yang memang telah banyak invest di bidang itu. Mengapa? Pertama, ya agar kita juga memperoleh skill bisnisnya.

Ke-2, dari situ kita dapat juga memperoleh akses networking-nya. ”

Ada yang berhasil pasti ada pula yang tidak berhasil dalam memperoleh angel investor. Banyak aspek yang dapat memengaruhinya, satu diantaranya yaitu plan usaha yang kurang terang. Tetapi, aspek-faktor lain dapat juga memengaruhinya seperti ada garansi kelangsungan usaha tersebut di masa yang akan datang.

Terdapat banyak kekeliruan yang tak diakui oleh pengusaha dalam memperoleh angel investor. Kekeliruan- kekeliruan itu sebaiknya di perhatikan serta tak diulangi lagi hingga di masa datang perjalanan memperoleh angel investor bakal jalan mulus.

Diantara kekeliruan-kesalahan itu yaitu

1.  Tak ada solving masalah.

Pengusaha cuma mengemukakan targettarget dari bisnisnya namun lupa memberi jalan keluar untuk tiap-tiap permasalahan yang bakal dihadapi nantinya. Umpamanya, saat ada permasalahan dalam soal delivery, product cacat, dan sebagainya. Ingat, investor beli jalan keluar bukanlah permasalahan.

Butuh di sampaikan juga ke angel investor perihal beberapa hal yang bikin customer beli product Anda, keunggulan product Anda di banding kompetitor, siapa customer paling baik Anda, serta benefit untuk customer dengan beli product itu. Aspek-faktor tersebutlah yang bisa memberikan keyakinan investor untuk mengambil keputusan memberi uangnya pada Anda.

2. Janganlah over promise.

Bisa saja Anda memberi data untuk mendukung presentasi usaha Anda.Tetapi, penyampaian data itu mesti betul-betul valid serta tak berkesan umbar janji. Katakanlah pada investor apa yang ada perihal usaha Anda, awalilah dengan suatu narasi perihal bisnis
itu dan berikanlah tujuan yang masuk akal.

Ingat, investor yaitu mereka yang telah memiliki pengalaman dalam soal usaha. Umumnya mereka lebih selektif serta insting bisnisnya sangatlah pas, hingga berhati- hatilah dengan suatu data serta tujuan.

3.  mengemukakan perkiraan penjualan yg tidak masuk akal.

Dalam soal penyampaian tujuan penjualan mesti diimbangi dengan kekuatan usaha serta tim Anda. Dianjurkan untuk mengemukakan ke investor berupa benefit product untuk customer dan juga diferensiasi usaha Anda dibanding kompetitor. Sebenarnya, beberapa angel investor lebih tertarik pada keunggulan dari suatu product serta positioning dari product itu.

4. Terlampau awal mengulas pembagian kepemilikan usaha.

Sebagian investor tidak terlampau sukai dengan perbincangan awal perihal pembagian kepemilikan dari usaha Anda. Sebaiknya, taruh dahulu perbincangan ini, Anda dapat mengemukakan di pertemuan kedua atau ketiga atau ketika telah berlangsung kecocokan keduanya.

Baca Juga

Angel investor memerlukan keyakinan Anda, lantaran sejatinya yang Anda menawarkan yaitu suatu keyakinan.

Kepercayaan Anda terhadap usaha serta product yang bakal Anda jual juga adalah aspek yang bisa mengakibatkan seseorang investor ingin memberi uangnya pada Anda. Hal yang utama lagi yaitu melindungi jalinan baik dengan beberapa angel investor, Investor Bisnis Untuk Kelancaran Usaha Anda.

  

Siapkah Usaha Anda Didatangi Para Investor ?

Bermimpi untuk mengembangkan usaha anda ? tapi tidak tahu harus bagimana? simak yang satu ini. Tidak seluruhnya #startup dapat meningkatkan aktivitas usahanya dengan pendanaan sendiri. Banyak diantara startup yang jadi cobalah menarik investor dari luar untuk dapat bekerjasama meningkatkan serta menumbuhkan usaha yang tengah dirintisnya. Investor pada industri digital memanglah pada intinya yaitu pihak yang bakal menolong menyuntikkan dana pada startup.

Tetapi nyatanya tidak cuma modal yang didapatkan beberapa investor ini, lebih jauh mereka juga menolong pengembangan usaha lewat transfer pengetahuan, skill, sampai jaringan yang dipunyainya. Tersebut sebagian investor yang terhitung pernah ikut serta dalam pendanaan startup di Indonesia.

Berbagai  Investor Luar Negri untuk Investor Anda

1. East Ventures

Investor pertama yang kerapkali ikut serta dalam pendanaan sebagian startup di Indonesia yaitu East Ventures. Perusahaan VC (Venture Capitals) yang didirikan oleh Batara Eto, Willson Cuaca, serta Chandra Tjan ini terdaftar sudah berinvestasi pada sebagian type startup yang bermacam dari mulai #e-commerce, game, media, sampai startup pendidikan.

Sebagian startup yang pernah disuntik dana oleh East Ventures yaitu Tokopedia, AppsFoundry, PriceArea, Nightspade, Talenta, BerryKitchen, Berrybenka, Bilna, Traveloka, Livaza, Kudo dan Otten Coffee.

2. Ideosource

Dengan fokusnya pada bidang media serta e-commerce, Idesource terdaftar sudah lakukan investasi pada sebagian startup seperti eEvent, Female Daily Network, Orori, TouchTen, Saqina serta Kark.

Instansi pendanaan yang didirikan Andi S Boediman serta Edward Ismawan Chamdani ini memanglah cukup kompeten lantaran di dalamnya ada beberapa orang yang punya pengaruh didunia #teknologi, media serta industri telekomunikasi di Indonesia. Hingga selama ini Idesource masih tetap fokus diri pada pendanaan startup step awal sampai series A.

3. Cyber Agent Ventures (CAV)

Perusahaan investor startup selanjutnya datang dari Jepang bernama Cyber Agent Ventures (CAV) . Mulai sejak th. 2011, CAV memanglah di ketahui sudah menggelontorkan dananya pada sebagian starup seperti Touchten, Tokopedia, Kurio, HarukaEdu, Bilna serta VIP Plaza.

Perusahaan yang dikelola oleh Steven Vanada serta Takahiro Suzuki juga sebagai General Manager dan Oswin Liandow juga sebagai Investsment Manager ini kerapkali tertarik berinvestasi pada startup di bagian e-commerce, termasuk juga startup dengan potensi pasar yang besar serta memprioritaskan growth perusahaan.

4. Gree Ventures

Perusahaan investasi asal Jepang selanjutnya yang tertarik pada startup yaitu Gree Ventures. Perusahaan yang dikelola oleh Managing Partner Naoki Aoyag ini umumnya berinvestasi pada perusahaan industri #internet, serta mobile berbentuk e-commerce fashion serta advertisements.

Siapkah Usaha Anda Didatangi Para Investor ? Terkecuali e-commerce, mereka biasanya juga tertarik berinvestasi pada startup yang beroperasi di sektor payment gateway. Pada pola investasinya, mereka bakal mengucurkan dana Pre-Series A sampai putaran pendanaan Seri A. Dengan dana rata-rata US$ 50 juta, Green Ventures terdaftar sudah berinvestasi pada sebagian startup di Jepang serta Indonesia seperti PriceArea, Urbanindo, Luxola, Bukalapak, Berrybenka serta Kudo.
5. Transcosmos

Juga sebagai investor serta mitra usaha lokal, perusahaan Transcosmos terhitung aktif lakukan ekspansi ke pasar Jepang serta Asia dengan tawarkan joint venture, pembangunan infrastruktur, jalinan strategis serta lokalisasi untuk perusahaan di bidang tehnologi AS. Transcosmos konsentrasi serta mengutamakan diri dalam investasi digital, e-commerce serta media digital pada putaran seri A serta B. Sebagian startup yang pernah dibantu Transcosmos yaitu Luxola serta BerryBenka.

6. Rebright Partners

Dibawah pimpinan Takeshi Ebihara, Rebright Partners fokus diri pada pendanaan awal startup di bagian e-commerce, social commerce, restoran serta beberapa waktu terakhir di #media on-line. Perusahaan Venture Capital yang didirikan di Tokyo dengan basis di Singapura serta Jepang terdaftar sudah lakukan investasi pada Qraved, Indotrading serta MalesBanget (MBDC Media) .

Siapkah Usaha Anda Didatangi Para Investor

7. Golden Gate Ventures

Perusahaan investasi yang didirikan th. 2011 oleh Vinnie Lauria, Jeffrey Paine, serta Paul Bragiel ini terdaftar sudah berivestasi pada startup Bilna, Alodokter serta IndoTrading. Dengan basis di Singapura, Golden Gate Ventures memberi dana untuk seed funding sampai Seri A.

8. ANGIN

Angel Investment Network Indonesia (ANGIN) adalah program dari Global Entrepreneurship Program Indonesia (GEPI) dengan konsentrasi bertumpu pada mensupport perkembangan startup step awal berbentuk pemberian pendanaan serta mentoring.

Dengan dana yang dapat meraih Rp 1, 5 miliar, organisasi nirlaba yang didirikan th. 2012 ini jadi jaringan angel investment resmi pertama di Indonesia. Sebagian startup yang pernah dibantu ANGIN yaitu Berrry Kitchen, Margarite Nougat dan Kakoa Chocolate.


9. Aucfan

Walau terdaftar juga sebagai perusahaan yang sediakan seluruhnya data harga e-commerce di Amerika Serikat, Tiongkok, serta Jepang, Aucfan juga turut berperan serta aktif dalam lanskap e-commerce di Indonesia, baik segmen B2B ataupun C2C. Sebagian startup yang pernah diberikan investasi oleh perusahaan asal Jepang ini yaitu Bukalapak serta Indotrading.


10. Convergence Ventures

Convergence Ventures yaitu VC yang dikelola oleh Manging Partner Adrian Li serta Partner Donald Widhardja dengan konsentrasi pada pendanaan step awal spesial startup di Indonesia. Perusahaan ini terdaftar sudah berinvestasi pada startup Indotrading, Qraved, MalesBanget, serta Female Daily Network.


11. EMTEK Grups

Paling akhir, perusahaan investasi startup yaitu EMTEK Grups. EMTEK adalah group konglomerasi media Indonesia yang juga adalah holding company dari Lakupon, NexMedia, SCTV, Indosiar, serta O Channel.

Dengan konsentrasi pada pendanaan seri A, EMTEK Grups terdaftar sudah berinvestasi pada Bobobobo, Rumah, Karier, Artoncode serta Bukalapak, Siapkah Usaha Anda Didatangi Para Investor ?

Inilah Faktor Kenapa Pebisnis UKM Gagal Melakukan Promosi

Berpromosi di sosial media akhir-akhir ini jadi suatu tren baru yang digemari pelaku usaha, Perannya yang dapat menghubungkan beragam jenis kelompok orang-orang lewat cara yang terbilang gampang serta murah, jadikan sosial media juga sebagai salah satu lapak on-line yang banyak digunakan entrepreneur untuk mempromosikan product ataupun layanan mereka ke beragam penjuru nusantara.

Walau saat ini banyak entrepreneur yang pasarkan produknya lewat sosial media, tetapi untuk dapat berhasil berpromosi di sosial media tidaklah semudah apa yang kita bicarakan.

Sesuai sama manfaat awal sosial media yang harusnya jadikan juga sebagai arena untuk menjaring rekan serta bersosialisasi, beberapa user jejaring sosial cukup alergi dengan kegiatan-kegiatan yang berbau promosi.

Tidaklah heran apabila saat ini tidak sedikit pelaku usaha yang pada akhirnya alami kegagalan saat lakukan promosi di sosial media.

Hindari Kegagalan UKM Saat Berpromosi di Sosial Media.

1. Sebatas ikutan tanpa ada mempunyai maksud


Banyak pelaku UKM yang tertarik terjun mempromosikan product unggulannya di sosial media cuma lantaran mau ikutan tren usaha yang ada di sekelilingnya.

Walau sebenarnya, sesungguhnya mereka belum mempunyai maksud serta arah promosi yang pasti. Hingga sering banyak pelaku UKM yang mempunyai account dengan mengangkat brand bisnisnya, tetapi kesibukan promosi yang dikerjakan belum optimal.

Misalnya saja belum melengkapi profil perihal data diri perusahaan, tidak sering up-date product di media sosial, serta lain sebagainya.

2. Memakai account usaha untuk masalah pribadi


Terkecuali belum mempunyai maksud yang pasti, tidak tidak sering beberapa pelaku UKM memakai account bisnisnya untuk masalah pribadi mereka.

Umpamanya saja bikin status di jejaring sosial yang diisi curahan hati mereka, atau memposting beberapa informasi lain yg tidak terkait dengan promosi perusahaan.

3. Punya kebiasaan dengan kiat promosi offline sosial media


Walau sudah memakai system pemasaran on-line, tetapi banyak pelaku UKM yang masih tetap punya kebiasaan dengan pola pikir off line di mana beberapa entrepreneur kerap membagikan brosur gratis pada beberapa calon konsumennya.

Kiat seperti ini tentu tak pas jika digerakkan lewat sosial media, hingga tak heran apabila banyak account perusahaan yang pada akhirnya di-unfriend atau di-unfollow beberapa pengikutnya lantaran mereka terasa terganggu dengan banner brosur, foto, atau link promosi yang disebarkan pelaku UKM.

4. Belum mempunyai alamat website


Dapat dimisalkan sosial media adalah jembatan untuk pelaku UKM untuk dapat terkait segera dengan calon konsumennya. Karenanya, utama untuk Anda untuk bikin suatu situs juga sebagai landing page (halaman rujukan) yang dapat menginformasikan kredibilitas toko on-line Anda pada calon customer.

5. Tidak pernah mengukur hasil promosi


Seperti kiat promosi yang lain, tentu Anda butuh mengukur seberapa besar tingkat efektivitas yang Anda peroleh dari aktivitas promosi di sosial media on-line. Walau Anda mempunyai jumlah rekan ataupun follower (pengikut) yang selalu bertambah, tetapi Anda juga mesti selalu memonitor seberapa besar transaksi yang Anda buat dari aktivitas promosi itu.

Inilah Faktor Kenapa Pebisnis UKM Gagal Melakukan Promosi  , Hadirnya social media, seperti aneka jenis website jejaring sosial, situs (blog), ataupun forum-forum on-line, nyatanya cukup mempermudah orang-orang untuk pasarkan product didunia maya. L

ewat kiat itu, beberapa pelaku usaha saat ini dapat lebih gampang memberi info product pada calon konsumennya, baik di tingkat lokal ataupun menjangkau pasar internasional.

Ditambah lagi, saat ini nyaris seluruhnya gadget mobile sudah dilengkapi dengan aplikasi situs-situs jejarwing sosial, sebut saja seperti Facebook, Twitter, Instagram, serta lain sebagainya.

Hingga tak heran apabila akhir-akhir ini banyak pelaku usaha yang mulai mempromosikan produknya lewat fasilitas itu. Karena, makin hari makin gampang juga langkah beberapa entrepreneur untuk mengaplikasikan kiat pemasaran lewat sosial media.

Nah, saat sebelum mengulas lebih jauh tentang kiat pemasaran lewat media sosial. Minggu ini berniat bakal kami infokan sebagian panduan usaha on-line yang mengulas perihal langkah bikin content mungkin di media sosial. Aspek apa sajakah yang butuh di perhatikan? Di bawah ini info sedetailnya.

1. Mengerti isi pesan yang bakal Anda berikan.
2. Pakai inspirasi kreatif untuk mengemukakan pesan Anda. media sosial
3. Pilih media sosial yang sesuai sama tujuan pasar.

Ketiga, pastikan media sosial yang kerap dipakai customer Anda. Penentuan website on-line sangat utama dalam mempromosikan suatu product, karena tiap-tiap media sosial mempunyai manfaat serta kelompok pemakai (user) yang berlainan.

Umpamanya saja Anda membidik kelompok anak muda juga sebagai customer mungkin Anda, jadi website jejaring sosial seperti facebook serta twitter jadi dua media utama yang dapat Anda tentukan.

Sesudah mengerti tiga aspek terpenting dalam bikin content di sosial media, saat ini giliran Anda untuk mempraktekannya segera manfaat mendulang untung besar dari pemasaran product didunia maya, Inilah Faktor Kenapa Pebisnis UKM Gagal Melakukan Promosi

210 Comments

  1. Rudi
    • admin
      • Darma
    • gede wahyu
    • Nehemia R. Tambunan
  2. ade
  3. saiful
  4. DINO SAID
  5. chandra
  6. Lestari
  7. yuda
  8. herlina p.w
  9. Xaver P
  10. prasetio bayu aji
    • admin
    • gede wahyu
      • widianto
      • hendriyanto
      • Farida
  11. thust tunastho
    • admin
  12. junaedi
  13. Yusuf ramadhan
  14. ade wahyu
    • admin
  15. setiawan
  16. Munadi
  17. aderiswan
  18. Yulius Cahyo p
  19. Anda Suganda
  20. bayu yudha
  21. andri
  22. ferdian
  23. ujang hudori
  24. Dewanto L K
  25. agus sutisna
  26. Hamzah
  27. hardi setyawan
  28. Stefanus
  29. agung
  30. Muhammad ibrahim
  31. Plastik
  32. QQanie
  33. chumaidy yusuf
  34. chumaidy yusuf
  35. Muhammad Yamin Massinay
  36. risma
  37. bagus indra
  38. rudiman
  39. Virgandita Pratiwi
  40. meilisa senjaya
  41. dimas
  42. ichsan
  43. Priyono
  44. jodi
  45. ipan a
  46. Jefry Boyke Siahaya
  47. Benny S
  48. Ari Winarno
  49. biliqgamer
  50. meilisa senjaya
  51. zakky
  52. Narto
  53. selfi
  54. habit murti gunsa a.
  55. habit murti gunsa a.
  56. teddy runtukahu
  57. Rizka
  58. Ahmad Mujahid
  59. jacob
  60. Aditya dharma patria
  61. cici
  62. rini kusrini nurmala
  63. Ade
  64. Hardy Budhiansyah
  65. wandi minang
  66. suadi abadi
  67. Muhammad imam tantowi
  68. JKUM.KUMIS
  69. muhammad suhery
  70. Anang Sudarto
  71. Reza
  72. Yudha PT Niaga Palapa
  73. Kevin
  74. Robi
  75. Arnold permana
  76. yuliani
  77. asmar
  78. Yuswin
  79. baryadi /081394252877
  80. risdianto
  81. sanwani
  82. Muhammad Fitrah
  83. Kafi Nurti rozab
  84. angga arizal
  85. Ridwan Maulana
    • Rahmad Syah Putra
  86. luthfy sofyan
  87. proza
  88. M.Miftakh
  89. Hendhi Nurchahyo
  90. Rian
  91. Febe maria magdalena
  92. Febe maria magdalena
  93. arief
  94. Aditya
  95. andi
  96. Maulidya
  97. Ust. Firman AL Farisi
  98. ludhi eko norwahyudi
  99. herryjo
  100. Chandra
  101. Dimas
  102. DONA
  103. Pak Yani
  104. Guruh.s
  105. Niken
  106. riduan
  107. Gema
  108. haris
  109. Deddy pevry lim
  110. Galih Setia Prakasa
  111. Mhd Arif Setiawan
  112. utomo
  113. Ilham
  114. ricki
  115. RIZE INK TATTOO
  116. ilix
  117. Sugeng Priyandokohadi
  118. Roinaldo
  119. Evina
  120. Wawan
  121. agus
  122. Kja Tomarokai
  123. Lia
  124. Ali
  125. ernes
  126. Bibin
  127. Arisal
  128. Jp
  129. Aldho Aldjunaedhy
  130. Hajeng Yuliana
  131. Indah M Zuhdi
  132. Christ
  133. Adi
  134. Misar
  135. Riadhi Nur Fajrina
  136. Hendra mahargian
  137. Dwi J
  138. usman
  139. yuyun
  140. edy widodo
  141. sunariadi
  142. andi
  143. Agus Hartono, SE
  144. Yuyun Sunaryati Panen Raya
  145. Fandhy Iffrad Makhmuda
  146. Hikmat Hermawan
  147. Muhammad Guntara Sudirman
  148. Pathi
  149. bunda ety
  150. Rustam Amirullah
  151. revi christian paut
  152. Stella jeremia
  153. yanto yusuf
  154. C putra
  155. ritzky
  156. Tanto
  157. david
  158. asep
  159. Rudy
  160. Dian rahadian
  161. Dian rahadian
  162. yayan
  163. Retnita
  164. Machfud Rizal Rifai
  165. tono
  166. Mahmudi
  167. a.a.septiantogo
  168. Nurhidayati Mif Tahul.Z
  169. darmawanto
  170. Ida Bagus Wisnu Suputra
  171. taufikhardani.th@gmail.com
  172. delan
  173. Dwi
  174. Ananta
  175. Lisa P
  176. Efri Wahyudi
  177. BUDIONO
  178. Deasy
  179. SAEP S
  180. Rahman
  181. Dewi
  182. Finlandiansyah
  183. Androny G
  184. muhammad ilham
  185. Kamal haikal
  186. khanisah ismaniar
  187. Sumaat
  188. Hendra
  189. hendri
  190. hendri
  191. anto
  192. aris
  193. Amrin
  194. Lim
  195. Deny iskandar

Leave a Reply

15 − 3 =

Ad Blocker Detected

Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker.

Refresh
error: Content is protected !!