PT Investree Radhika Jaya: Produsen Teknologi Finansial Online Marketplace Masa Kini

undercovercoid 68

Undercover.co.id – Financial Technology  (Fintech) atau yang disebut juga Teknologi Finansial menjadi trend transaksi keuangan saat ini. Fintech merupakan hasil dari kreativitas pemikiran manusia sekaligus bukti bahwa kemajuan teknologi bisa menyentuh segala aspek kehidupan, tidak terkecuali dalam aktivitas keuangan.


Akhir-akhir ini, banyak perusahaan yang mengkhususkan diri di bidang Fintech, baik yang memudahkan transaksi keuangan hingga sebagai perantara antara satu pihak dengan pihak lain yang saling membutuhkan. Sejak tahun 2016, perusahaan yang menjadi spesialisasi di bidang permodalan, pinjam meminjam, dan investasi, menjadi trend yang menarik minat banyak orang.


Salah satu perusahaan yang terkenal di bidang tersebut adalah PT Investree Radhika Jaya. Jika Anda sudah berkecimpung atau mengenal fintech dalam kurun waktu beberapa tahun terakhir, Anda pasti tidak asing dengan produk layanan mereka yang disebut Investree.

Mengenal PT Investree Radhika Jaya

“Indonesia memiliki pasar yang besar, namun akses terhadap pembiayaannya terbatas. Kenapa tidak menawarkan sesuatu yang berbeda?”
Anda akan membaca kalimat tersebut jika Anda mengunjungi situs resmi Investree. Berdasarkan situs tersebut, PT Investree Radhika Jaya adalah suatu badan hukum yang didirikan berdasarkan hukum di Republik Indonesia.


Dengan legalitas dan pengawasan dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK), PT Investree Radhika Jaya menyediakan layanan interfacing sebagai penghubung pihak yang memberikan pinjaman dan pihak yang membutuhkan pinjaman, baik atas nama individu, organisasi, maupun badan hukum kepada individu atau badan hukum tertentu.


PT Investree Radhika Jaya didirikan oleh Adrian Gunadi. Adrian Gunadi adalah alumni Universitas Indonesia dan Rotterdam School of Management Erasmus University. Ia pernah menjabat sebagai Kepala Permata Bank Syariah dan Managing Director PT Bank Muamalat Indonesia.


Sebagai perusahaan rintisan (start up) di bidang produk jasa yang berdiri sejak 2015, PT Investree Radhika Jaya memiliki kredibilitas yang tidak kalah dengan perusahaan besar lainnya. Pengelola PT Investree Radhika Jaya adalah orang-orang profesional yang berpengalaman di bidang finansial, manajemen, dan teknologi informasi.

Investree

Dari situs resmi yang sama, Investree didefinisikan sebagai perusahaan teknologi finansial di Indonesia dengan misi: sebagai online marketplace yang mempertemukan orang yang memiliki kebutuhan pendanaan dan orang yang bersedia meminjamkan dananya.


Peciptaan Investree didasari oleh banyaknya individu dan pelaku usaha yang sulit memperoleh akses keuangan, baik dari segi informasi hingga regulasi. Hal ini menjadi salah satu penyebab inklusi finansial di Indonesia kurang efektif.


Dengan menggunakan Investree, Anda sebagai lender bisa meningkatkan penghasilan. Jika Anda menjadi borrower, Anda akan mendapat pinjaman yang lebih terjangkau dan mudah diakses. Melalui investree, aktivitas pinjam meminjam lebih mudah dan cepat sehingga kedua pihak akan mendapatkan keuntungan yang sama menariknya.


Selain itu, Investree juga terbuka terkait informasi keuntungan perusahaan. Berbeda dengan perusahaan fintech lain yang mungkin merahasiakan hal tersebut, Investree secara transparan menjelaskan bahwa borrower akan dikenai beban biaya pinjaman yang rendah dan trasnparan yang menghasilkan nilai bunga yang kompetitif. Sednagkan lender tidak dikenai beban biaya.


Beban biaya borrower didapatkan dari perhitungan tingkat perbedaan yang rendah antara jumlah yang dibayarkan borrower dan jumlah keuntungan lender atau yang disebut origination fee. Biaya ini termasuk dalam tingkat bunga yang didapat oleh borrower, tanpa adanya pungutan tersembunyi.

baca juga

    Bagaimana memulai menjadi Borrower di Investree?

    Ada dua jenis pinjaman yang ditawarkan oleh Investree, yaitu pinjaman personal dan pinjaman bisnis. Pinjaman personal terdiri atas beberapa subjenis pinjaman lainnya yakni renovasi rumah, pendidikan, berlibur, pernikahan, biaya kesehatan, kendaraan bermotor, dan lainnya yang bisa Anda spesifikasi secara mandiri.


    Untuk bisa mengajukan pinjaman personal, Anda harus memenuhi beberapa ketentuan yakni minimal berusia 21 tahun, terdaftar sebagai karyawan di perusahaan yang bekerjasama dengan Investree, berpenghasilan tetap minimal 3,1 juta rupiah, dan memiliki kelengkapan administrasi seperti KTP, NPWP, Surat Keterangan Kerja, dan Slip Gaji.
    Berbeda dengan pinjaman personal, pinjaman bisnis terdiri atas tiga subjenis pinjaman yakni  Invoice Financing, Online Seller Financing, dan Pembiayaan Usaha Syariah.


    Untuk mengajukan pinjaman ini Anda harus memenuhi beberapa ketentuan yakni bisnis Anda adalah jenis Perseroan Terbatas (PT), berdomisili di wilayah Jabodetabek, waktu operasional bisnis minimal 2 tahun, memiliki hubungan dengan institusi besar, dan memiliki kelengkapan dokumen berupa surta legal pendirian perusahaan, NPWP, laporan keuangan, rekening koran, company profile, dan dokumen lain terkait tagihan.

    Cara Mengajukan Pinjaman Melalui Investree

    Setelah Anda memnuhi ketentuan sebagai peminjam yang telah disebutkan sebelumnya, Anda bisa mengajukan pinjaman dengan langkah-langkah berikut:

    1. Melakukan registrasi. Anda harus mendaftarkan diri Anda sebagai borrower secara online di platform online marketplace Investree.
    2. Mengajukan pinjaman. Lengkapi data-data yang dibutuhkan sesuai keterangan pada kolom registrasi dan ajukan aplikasi pinjaman tersebut.
    3. Persetujuan Pinjaman. Jika aplikasi pinjaman Anda dinilai layak, Anda akan menerima term sheet yang wajib Anda setujui untuk bisa melewati proses selanjutnya.
    4. Penawaran Pinjaman. Aplikasi pinjaman Anda akan ditawarkan melalui marketplace Investree untuk direview dan dianalisis, kemudian dipilih oleh pendana (lender).
    5. Pendanaan Pinjaman. Jika aplikasi pinjaman Anda sudah dipilih oleh lender, Investree akan menyalurkan dana pinjaman kepada Anda (borrower).
    6. Repayment. Pembayaran dari Anda akan dipotong secara otomatis unutk membayar lender di akhir periode pinjaman.

    Bagaimana menjadi Lender di Investree?

    Menjadi lender di Investree bisa berarti banyak untuk Anda. Selain bisa berbuat lebih banyak dengan uang, Anda juga bisa mengubah kehidupan banyak orang sekaligus mendapat keuntungan berupa return atas uang Anda.


    Yang perlu Anda ingat adalah, pendapatan yang Anda peroleh dari hasil return, belum dikenai pajak. Juga, suku bunga yang Anda peroleh adalah 14% – 20% per annum untuk jangka waktu pendanaan 30 – 180 hari. Dana yang bisa Anda pinjamkan dimulai dari nominal 5 juta rupiah hingga 100 juta rupiah.


    Ada beberapa langkah untuk menjadi lender melalui Investree yakni:

    1. Menelusuri marketplace Investree. Anda bisa mencari peminjam dengan menelusuri platform online marketplace Investree dan menganalisis pinjaman berdasarkan informasi yang tercantum di fact sheet.
    2. Mendanai tawaran pinjaman. Anda bisa menentukan jumlah pendanaan Anda dengan memilih tawaran pinjaman.
    3. Menerima pengembalian pinjaman. Anda akan menerima pengembalian pinjaman beserta bunga yang bisa Anda danai kembali pada tawaran pinjaman lainnya.

    Tertarik untuk menjadi borrower atau lender di Investree?
    Anda bisa mempelajari lebih lanjut terkait tata cara peminjaman, pendanaan, hingga risiko pendanaan dengan mengunjungi situs resmi Investree di www.investree.id atau terhubung dengan Investree melalui akun media sosial di linkedin, googleplus, twitter, dan facebook.


    Bila Anda berdomisili di Jakarta dan sekitarnya, Anda bisa mengunjungi langsung kantor pusat Investree yang berlokasi di Wisma Barito Pacific, 9th Floor, Tower B, Jalan Letjen S. Parman Kav. 62-63, Jakarta Barat

    Leave a Reply

    3 + two =

    Ad Blocker Detected

    Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker.

    Refresh
    error: Content is protected !!