Istilah Dalam Website

Jasa

Moorah – Istilah Dalam Website Sebagai seorang pengguna internet yang aktif, terdapat banyak jenis istilah baik itu berupa kata, kalimat atau bahkan singkatan yang kita temukan bahkan kita juga sering mengucapkan kalimat tersebut, akan tetapi kita tidak paham makna dari istilah-istilah yang diucapkan tadi.

Istilah-istilah tersebut baik berupa istilah yang berada di internet tersebut atau bahkan sebagai penunjang atau alat pendukung menjalankan internet itu sendiri.  Untuk itu di  bawah ini terdapat beberapa istilah-istilah yang biasa kamu temukan di internet beserta maknanya.

Download dan Upload

Istilah pertama yang paling sering kita dengar adalah download dan upload. Kira-kira apa yang pertama kali ada di pikiranmu ketika mendengar nama istilah yang satu ini. download dan upload berasal dari bahasa inggris.

Download sendiri berarti kegiatan mengunduh suatu file dari internet baik itu gambar, dokumen atau video sekalipun. Sedangkan upload adalah kebalikan dari download, upload berarti kegiatan mengunggah file ke dalam internet, baik itu file gambar, dokumen atau bahkan video sekalipun. Jadi jangan sampai terbalik dalam mengucapkan kedua istilah ini.

ISP (Internet Service Provider)

Pernah mendengar istilah Internet Service Provider atau yang disingkat dengan ISP? ISP merupakan lembaga lembaga atau instansi yang menyediakan layanan penyedia jaringan internet.

Contoh ISP yang ada di Indonesia adalah indihome sebagai salah satu penyedia layanan internet yang paling banyak diminati oleh masyarakat. Indihome ini juga merupakan perusahaan milik negara yang masih berada di bawah Telkom.

Koneksi lokal dan koneksi internasional

Istilah selanjutnya adalah koneksi lokal dan koneksi internasional. Koneksi lokal merupakan koneksi lokal indonesia ke server yang terletak di Indonesia. Sedangkan koneksi internasional merupakan koneksi yang berada di luar negeri.

Contoh server lokal adalah website berita indonesia sedangkan contoh website internasional adalah seperti facebook, instagram dan media lainnya.

Internet

Sebagai pengguna internet, harusnya kita sudah tau apa yang kita ucapkan selama ini. internet merupakan jaringan global yang terbuka dan saling berhubungan satu dengan yang lainnya.

jaringan tersebut akan menghubungkan berbagai jaringan komputer ke berbagai tipe atau jenis. Oleh sebab itu tidak mengherankan jika internet merupakan bagian terpenting dalam menghubungkan dan memudahkan komunikasi manusia di seluruh dunia.

IP address

Internet Protocol Address adalah label numerik yang ditetapkan untuk setiap perangkat yang terhubung ke jaringan komputer yang menggunakan Protokol Internet untuk komunikasi. Alamat IP memiliki dua fungsi utama: host atau identifikasi antarmuka jaringan dan pengalamatan lokasi

Bit dan Byte

Istilah selanjutnya yang sering kita gunakan dan kita dengar adalah bit dan byte. Bagi kalian yang belum tau apa itu bit, Bit adalah kependekan dari “Binary Digit“, yang berarti digit biner. Binary digit adalah unit satuan terkecil dalam komputasi digital. Sedangkan byte adalah ukuran terkecil dalam penyimpanan informasi digital. Satu byte setidaknya dapat menyimpan satu huruf atau simbol.

Browser

Browser juga merupakan salah satu istilah yang sudah tidak asing lagi bagi kita, bagi yang belum tau browser adalah singkatan dari web browser. Browser merupakan sebuah program yang digunakan untuk mengakses world wide web atau internet. Beberapa browser yang populer saat ini adalah seperti mozilla dan juga opera.

baca juga

Domain

Domain merupakan istilah yang digunakan untuk mengidentifikasi sebuah alamat komputer. Jadi setiap negara mempunyai kode domain yang berbeda.

Jasa

Leave a Reply

error: Content is protected !!