jasa seo dan internet marketing
jasa seo dan internet marketing

Jangan Gegabah! Inilah Kekurangan dan Kelebihan Bisnis Waralaba, Sebelum Anda Memulainya.

Undercover.co.id – Bagi sebagian orang, bisnis waralaba jelas sangat menguntungkan. Namun sebagian lagi masih berpikir bahwa waralaba adalah bisnis yang masih memiliki beberapa kekurangan.

Pro-Kontra tentang Waralaba memang sudah menjadi hal biasa di kalangan masyarakat Indonesia. Terlebih hal ini memang memberikan dua sisi positif dan negatif.

Oleh karena itu, kami pun sudah merangkum dari berbagai sumber tentang

Kekurangan dan kelebihan bisnis waralaba.

Berikut artikel nya;

Kelebihan Bisnis Waralaba

  1. Manajemen yang sudah dibangun dengan baik

Untuk mengatakan hal yang pertama ini memang sudah jelas sekali, bahwa bisnis waralaba tidak memerlukan pemikiran lain untuk membangun manajemen yang sesuai. Pasalnya mereka sudah mengatur ini dari jauh-jauh hari.

Artinya, apa yang mereka lakukan dalam manajemen nya sekarang telah melalui beragam pengujian. Dengan demikian, reputasi mereka pun pasti sudah terbangun dengan sangat baik.

Sehingga, bila anda ingin memulai bisnis waralaba anda tidak perlus susah lagi memikirkan manajamen ini dan itu.

  1. Mereka Sudah Dikenal oleh Konsumen

Kelebihan kedua dari sebuah bisnis waralaba ialah anda tidak perlus susah payah lagi untuk membangun kesadaran merek. Sebab hal tersebut sudah mereka lakukan, sehingga nama mereka pun sudah mudah dikenal oleh konsumennya. Baca Juga: Bisnis WARALABA Indonesia Yang Menerobos Dunia International

Nampak nya hal ini pun merupakan kelebihan yang sangat menguntungkan apabila dibandingkan dengan membangun bisnis dari awal.

Karena bila anda memulai bisnis dari bawah, anda pasti harus melakukan promosi, branding, dan lain sebagainya. Belum lagi, harus menentukan target konsumen, serta segmentasi pasar.

Sedangkan soal bisnis waralaba? Anda hanya tinggal menjalankannya. Perihal di atas, mereka sudah bangun sendiri. Anda pun akan hemat waktu, dan juga hemat tenaga bukan?

  1. Manajemen Keuangan Lebih Mudah Mengaturnya

Selanjutnya, bila dalam bisnis yang anda mulai sendiri, pastinya anda akan disibukkan dengan yang namanya pengaturan keuangan. Anda pun harus menentukan siklus, pengeluaran, pemasukan, saldo, dan lain sebagainya.

Hal tersebut jelas akan membuat anda pusing, dan membuat anda harus bekerja ekstra keras lagi.

Nah bedanya dengan waralaba, perihal keuangan tadi sudah ada yang mengaturnya, karena manajemen finansial dari bisnis itu sendiri telah diatur oleh pemilik waralaba utama. Dengan demikian, anda tidak perlu pusing lagi mengurusi soal keuangan tadi.

  1. Jaringan Kerja Sama yang Luas

Satu lagi, dalam sebuah bisnis, memiliki jaringan yang luas merupakan sebuah keuntungan yang jelas. Bila bisnis yang anda bangun dari awal, tentu hal itu membutuhkan proses yang sangat panjang.

Beda cerita bila anda memulai bisnis waralaba, sebab soal jaringan apapun mereka pasti sudah punya. Mulai dari produsen, pengiklan, pemasok, dan pemasaran.

Dengan demikian, dalam hal ini jelas waralaba memberikan kelebihan dalam hal relasi bisnis.

  1. Pelatihan dan Dukungan dalam Pekerjaan

Hal yang selanjutnya, pasti para pemilik usaha waralaba ingin investor yang bekerja sama dengan mereka mampu untuk berkembang dalam usahanya.

Alhasil, guna mencapai hal itu, mereka pun selalu memberikan pelatihan dalam hal manajemen pemasaran, keuangan, dan periklanan. Hal tersebut dibuat untuk mampu membangun keseragaman dalam tujuan, dan memberikan wawasan.

Sehingga dari situlah usaha bersama dapat terbangun guna memajukan bisnis yang digeluti oleh mereka.

Nah, beberapa hal di atas merupakan salah satu kelebihan dari sebuah bisnis waralaba.

Ada kelebihan, pastinya juga ada kekurang. Di bawah ini kami sampaikan beberapa kekurangan itu.

Kekurang dari Bisnis Waralaba

  1. Kurangnya Pengendalian

Sebuah bisnis waralaba memang sangat mudah, kita hanya perlu menjalankan semua sistem yang telah diaturnya. Namun di samping keenakan itu, ternyata justru hal tersebut menjadi boomerang.

Dalam artian, kreativitas dan ide kita tidak akan berguna dalam bisnis ini. Sebab pengendalian bisnis tetaplah dipegang oleh pemilik waralaba utama.

Hal itu jelas akan membuat gerak anda menjadi terbatas, dan pengendalian bisnis pun berkurang.

  1. Terikat dengan Supplier

Bila kita memilih melakukan bisnis sendiri dari awal, kita menjadi seorang raja yang berhak menentukan dengan siapa kita akan bekerja sama.

Begitupun dalam bisnis ini, bila kita ingin untung, maka kita harus mengeluarkan modal kecil. Alhasil, kita pun dapat mencari supplier yang memiliki harga produk murah.

Namun dalam bisnis waralaba, hal itu tak akan pernah menjadi nyata. Sebab keterikatan dengan para supplier, membuat kita tidak bisa bergerak mencari supplier lain.

Dengan demikian, keuntungan kita pun akan stagnan karena modal yang dikeluarkan cukup merepotkan.

  1. Efek Domino dari Waralaba Lain

Dalam kasus ini, salah satu kekurangan vital dari bisnis waralaba yang sangat merugikan adalah efek domino dari brand mereka.

Salah satu contohnya, bila anda mempunyai bisnis waralaba dengan merek A, kemudian teman anda pun memiliki juga bisnis waralaba dengan merek yang sama.

Kemudian, karena satu hal, teman anda itu melakukan sebuah kesalahan, yang membuat konsumen kecewa pada pelayanan yang dilakukan oleh teman anda.

Nah, secara tidak langsung anda pun akan mendapatkan efek domino dari kekecewaan konsumen itu. Sebab konsumen akan segera menggeneralisir bahwa merek A memiliki pelayanan yang membuatnya kecewa.

Itulah beberapa hal yang bisa kami sampaikan tentang kekurangan dan kelebihan dari bisnis waralaba.

Jangan Lupa: Haruskan Mewaralabakan Bisnis? Ini 4 Pertanyaan Penting yang Harus Kamu Tanyakan

jasa seo dan internet marketing

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

jasa seo dan internet marketing
Protected by Copyscape
Pin It