jasa seo dan internet marketing
jasa seo dan internet marketing
Published On: Wed, Apr 5th, 2017

JANGAN GEGABAH, KETAHUI DULU 10 KIAT SUKSES MEMULAI BISNIS KULINER INI!

undercover.co.id –  Banyak orang berpendapat bahwa makanan merupakan salah satu kebutuhan pokok yang tidak bisa tidak, akan selalu dibutuhkan oleh manusia untuk bertahan hidup. Selain dari fungsi fundamental seperti hal di atas, ternyata makanan pun menjadi salah satu hal yang sangat tepat untuk menjadi sebuah komoditi.

Muncullah beberapa pengusaha yang bergerak di bidang makanan. Mereka menghadirkan persepsi lain dari sebuah makanan. Tidak hanya soal rasa, melainkan tampilan pun mereka prioritaskan dalam sajiannya.

Mereka pun ada yang keluar sebagai pemenang, namun ada juga yang keluar sebagai pecundang. Melihat kondisi itu, ada baiknya bila anda yang berencana memulai sebuah bisnis di bidang kuliner membaca baik-baik artikel di bawah ini.

10 Kiat Sukses Dalam Memulai Bisnis di Bidang Kuliner

JANGAN GEGABAH, KETAHUI DULU 10 KIAT SUKSES MEMULAI BISNIS KULINER INI

Berikut daftarnya;

  1. Modal awal usaha

Tentu anda sudah tahu bahwa ketika akan memulai sebuah bisnis, pastilah modal menjadi senjata awal untuk fondasinya. Maka dalam hal mencari modal ini, sudah barang tentu anda harus sebisa mungkin menemukan cara dan jalannya.

Bila dirasa modal yang diperlukan cukup banyak, tidak salah bila anda lari ke bank untuk meminjam dana. Jangan pernah takut bila pinjaman anda kelak tidak terbayar, justru hal inilah yang akan menjadi motivasi bagi anda guna giat dalam melaksanakan bisnis.

Tetapi jangan sampai over budget pula, sebab selain bahaya hal itu justru akan membuat anda kesusahan nantinya.

  1. Lokasi yang strategis dalam membuka tempat usaha anda

Memilih lokasi usaha memang susah-susah gampang. Apalagi untuk sebuah bisnis, pasalnya tempat memang akan menjadi sebuah penentu yang sangat krusial.

Jadi jika anda berencana memulai sebuah bisnis, mulailah dengan memilih tempat yang banyak dikunjungi dan dilalui oleh banyak orang. Anda bisa memilih tempat yang berdekatan dengan tempat wisata, karena memang pasti hampir setiap hari orang akan berkunjung ke sana.

Namun anda pun bisa juga memilih tempat yang berdekatan dengan tempat kuliah/sekolah. Sebab dua tempat itu tidak akan pernah sepi di hari biasanya.

Baca Juga Pentingnya Review Untuk Profit Dan Kelancaran Bisnis Anda

  1. Menu khas anda

Dalam menciptakan sebuah menu makanan, dikenal dengan yang namanya signature. Maksud dari kata itu bukan diartikan sebagai tanda tangan ya, akan tetapi sebuah ciri khas.

Artinya, bila restoran anda bergerak di bidang makan ringan, maka makanan ringan apa yang menjadi ciri khas dari restoran anda itu.

Kenapa harus ada signature menu?

Sederhananya, menu andalan itu akan menjadi gambaran dan persepsi tentang restoran anda di mata orang lain. Jadi ketika mereka ingin memakan makanan khas anda, maka mereka pasti harus datang ke tempat anda, bukan? Itulah penjelasan dari menu khas dalam sebuah industri kuliner.

  1. Supplier Bahan Baku untuk Menu Restoran Anda

Selanjutnya, apabila anda akan memulai sebuah perjalanan bisnis di bidang kuliner, sebaiknya anda juga perlu mencari penyuplai bahan baku untuk bisnis anda itu. Sebab dengan anda memiliki supplier, anda pun akan merasa tenang, dan tidak perlu susah-susah mencari bahan makanan atau berbelanja.

Dengan anda memiliki orang yang tepat di bidang penyuplai, secara tidak langsung bahan baku dari makanan anda pun akan tetap sama, karena berasal dari sumber yang tetap.

JANGAN GEGABAH, KETAHUI DULU 10 KIAT SUKSES MEMULAI BISNIS KULINER INI! Tetapi anda pun perlu mencari pemasok cadangan untuk berjaga-jaga bila memang salah satu pemasok sedang ada kendala dalam mengirimkan bahan makanan untuk anda.

  1. Sumber Daya Manusia

Secara ideal, dalam industri kuliner, pemilihan karyawan menjadi sebuah kunci yang akan mempermudah perjalanan bisnis seseorang. Posisi mereka dibutuhkan untuk mempermudah, bukan sebaliknya menyulitkan.

Umumnya, bila diperhatikan dalam restoran, akan ada beberapa orang yang dibagi ke dalam beberapa divisi. Diantaranya ada juru masak, para pelayan, dan juga kasir. Masing-masing dari mereka pun harus kompeten, yang artinya dibekali dengan kemampuan di bidangnya.

Namun bila anda masih merintis di bawah, sebaiknya anda hanya memerlukan satu atau dua orang yang berguna sebagai seorang asisten dan perbantuan. Terpenting mereka loyal dan siap membantu mempermudah pekerjaan anda.

  1. Target untuk Memasarkan Restoran

Seperti bisnis pada umumnya, dalam bidang kuliner pun kesesuaian antara produk dengan target pemasaran merupakan kunci untuk menggapai kemudahan dalam kesuksesan. Jangan sampai menu anda memiliki harga yang mahal, akan tetapi pasar anda adalah pelajar, tentu keduanya tidak sesuai.

Berbeda lagi, bila memang target pasar anda adalah pelajar, dan menu yang anda sajikan sangat banyak dengan harga yang terjangkau. Tentu keduanya sangat cocok dan sangat sesuai untuk memudahkan anda menguasai pasar.

Jadi, berhati-hati dalam mencocokkan dua hal ini ya! Jangan sampai salah satu di antaranya salah atau tidak sesuai dengan bisnis yang dilakukan.

JANGAN GEGABAH, KETAHUI DULU 10 KIAT SUKSES MEMULAI BISNIS KULINER INI

  1. Promosi yang sesuai

Teknik promosi yang lazim dilakukan dengan budget yang pas-pasan adalah mulut ke mulut. Di sini, anda hanya perlu menciptakan sebuah kesetiaan antara penjual dan pembeli. Anda dituntut untuk sebisa dan sebaik mungkin memanjakan konsumen.

Sebab dengan cara itu, anda tidak perlu repot-repot promosi. Biarkan orang-orang yang terpuaskan menyebarluaskan tentang kebaikan anda dalam memanjakan konsumennya.

Namun bila kemudian anda memiliki sebuah budget yang lebih, ada baiknya anda juga mencoba melakukan promosi yang berbayar. Anda bisa gunakan saluran di media sosial, sebab memang di hari ini saluran tersebut sangat banyak memberikan dampak baik dalam segi bisnis ataupun segi sosialnya.

Baca Juga Pasarkan Tas Tote, TOTES Tonjolkan Produk Tematik Buatan Tangan

  1. Perizinan dalam mengelola usaha

Untuk lebih memudahkan anda dalam rangka menjalankan usaha, sebaiknya jangan lupa pula untuk mengurusi kebutuhan dalam hal perizinan. Dengan cara ini, selain bisnis anda lebih dipercaya oleh orang lain, anda pun menjadi lebih tenang dalam menjalankan usaha.

Beberapa perizinan yang perlu diurus, adalah semisal NPWP Nomor Pokok Wajib Pajak, Surat Izin Usaha, Lisensi dari Badan Pengawas Obat dan Makanan BPOM, dan juga sertifikat halal dari MUI.

Memang tergolong banyak lagi yang perlu diurus, namun pikirlah bahwa hal itu akan membuat bisnis anda menjadi legal, dan kepercayaan konsumen pada usaha anda pun akan meningkat dengan cepat.

  1. Sikap dan Perilaku

Hal berikutnya yang perlu anda tunjukkan selain daripada menyangkut usaha, adalah diri anda. Tunjukkanlah bahwa anda memang orang yang memiliki sikap dan perilaku yang baik, entah dari cara berpakaian dan juga tampilan anda.

  1. Berdoa dan juga Berusaha

Setelah keseluruhan dirasa maksimal, sudah saatnya bagi anda untuk melakukan kiat terakhir dalam 10 kiat sukses berbisnis di bidang kuliner. Adalah berdoa dan berusaha, yang menjadi penuntun bagi anda dalam melakukan bisnis di bidang apapun.

Tanpa doa, usaha akan menjadi sia-sia. Begitu pun sebaliknya.

Dengan demikian, berakhirlah tulisan tentang 10 kiat sukses memulai bisnis kuliner. Tertarik untuk memulainya? Silakan lakukan segera! JANGAN GEGABAH, KETAHUI DULU 10 KIAT SUKSES MEMULAI BISNIS KULINER INI!

jasa seo dan internet marketing

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

jasa seo dan internet marketing
Protected by Copyscape
Pin It