Jasa Proofreading Lister.co.id

Jasa Proofreading Lister.co.id
Jasa

Lister.co.id – Apa itu proofreading? Bagi yang bergelut di dunia tulis menulis, mengoreksi bacaan tentunya bukan hal yang aneh. Proofreading adalah salah satu tahapan penulisan sebelum publikasi akhir. Penyedia jasa proofreading, atau yang disebut sebagai proofreader, memainkan peran penting dalam menulis karya mereka. Untuk mempelajari lebih lanjut tentang proofreading, simak penjelasan di bawah ini:

Apa itu proofreading?

Proofreading atau terkadang bisa disebut tes reading mengacu pada membaca ulang teks, yang tujuannya adalah untuk memeriksa kesalahan pada teks tersebut. Kesalahan yang disebutkan di sini termasuk penyalahgunaan tanda baca, ejaan, penggunaan nama atau istilah yang konsisten, dan tanda hubung.

Proofreading bertugas memeriksa teks untuk dapat diperiksanya tata bahasa, penggunaan bahasa, dan formatnya. Ini adalah tahap terakhir dari proses penulisan yang tepat, yang menentukan bahwa sebuah artikel (seperti esai) adalah sempurna dan logis.

Belajar Bahasa Inggris

Proofreading selalu penting karena dapat meningkatkan level dan koherensi teks. Jika kamu seorang siswa yang ingin melanjutkan ke universitas terbaik di luar negeri, maka kamu pasti siap untuk mengirimkan lamaran. Untuk meningkatkan peluang kamu berhasil mengirimkan permintaan masuk universitas, kamu perlu mengirimkan esai yang diverifikasi sepenuhnya.

Kamu mungkin berpikir bahwa fase membaca ini setara dengan mengedit oleh editor. Namun, keduanya jelas berbeda. Editor lebih fokus pada bahasa, dan sedangkan proofreading selain fokus bahasa, proofreading juga harus memperhatikan isi artikel.

Oleh karena itu, proofreading tidak hanya menyoroti tanda baca atau kesalahan ejaan, tetapi juga menyoroti logika penulisan, apakah masuk akal atau tidak.

Si Korektor Tulisan

Dari poin sebelumnya, kamu sudah tahu bahwa proofreading lebih dari sekadar mengoreksi ejaan atau tanda baca. Proofreader juga harus dapat memastikan bahwa tulisan yang dia uji dan baca diterima dan dipahami secara logis. Ia harus dapat mengenali apakah suatu kalimat itu valid dan apakah urutannya benar untuk memastikan bahwa pembaca dapat memahami esensi tulisan tersebut.

Asumsikan bahwa korektor ditugaskan untuk melakukan tes membaca pada teks yang diterjemahkan. Karya yang dihasilkan adalah teks yang mudah dipahami bahkan bagi orang yang belum mengetahui bahasa dari teks terjemahan tersebut. Singkatnya, tugas proofreader adalah membuat teks mudah dipahami oleh pembaca tanpa kehilangan konten aslinya.

Mengapa mengoreksi?

Proofreading adalah tahap menulis yang tidak boleh kamu lewatkan. Terutama jika kamu berencana untuk menerbitkan karya tertulis kamu ke khalayak luas. Proofreader akan membantu kamu memperbaiki kesalahan dalam tulisan kamu.

Kamu mungkin kesulitan menemukan kesalahan ini karena pada dasarnya sulit untuk memisahkan penulis dari karya. Kemungkinan besar kamu akan merasa bahwa tulisan itu benar dan layak diterbitkan.

Namun, korektor adalah netral, dan mereka harus memiliki pengalaman dan pengetahuan yang berbeda dari kamu. Proofreader akan mengevaluasi pekerjaan kamu secara objektif.

Dia akan bertindak sebagai “pembaca” dan menilai apakah tulisan kamu bisa dimengerti atau tidak bisa dijelaskan. Semoga setelah melewati tahap proofreading, karya kamu akan memudahkan pembaca untuk memahaminya.

Hubungi penyedia jasa proofreading

Ingin mengoreksi pekerjaan kamu? Jangan khawatir, ada banyak penyedia jasa proofreading sekarang. Beberapa adalah korektor internal perusahaan penerbitan, sementara yang lain memilih untuk menjadi korektor gratis. Bagi yang tidak mau putus asa, proofreader gratis adalah pilihan yang paling cocok. Korektor gratis akan membantu kamu mengoreksi tanpa harus berurusan dengan perusahaan penerbitan. Yuk sembari belajar menjadi proofreading yang handal.

Teknik dasar untuk mengoreksi dokumen

Dengan dasar-dasar proofreading, tugas ini akan menjadi mudah. Berikut adalah teknik – teknik dasar untuk mengoreksi teks seperti seorang profesional. Dengan menerapkannya, proses tinjauan teks kamu dapat ditingkatkan secara signifikan.

  1. Tahan tulisan kamu

Maksudnya, jika waktu mengizinkan, hal pertama yang perlu kamu lakukan adalah menjauh dari teks. Beristirahatlah, sebaiknya satu hari, dan kemudian lanjutkan pekerjaan. Dengan begini, kamu bisa menjernihkan pikiran agar bisa lebih objektif saat mengulas tulisan.

  • Cetak teks kamu

Banyak korektor profesional percaya bahwa jika dokumen dicetak dalam bentuk nyata, akan lebih mudah untuk memeriksa. Memiliki kertas cetak memungkinkan kamu mengoreksi dari mana saja, dan dapat dengan mudah mengidentifikasi dan melacak masalah.

  • Bacalah dengan lantang

Membaca teks kamu dengan lantang adalah cara yang bagus untuk mencatat kesalahan penulisan. Saat kamu membaca konten dengan cermat, sering kali akan ada kekosongan dan memperbaiki kesalahan. Pada gilirannya, kamu mungkin akan melewatkan banyak kesalahan dalam pekerjaan kamu. Saat membaca dengan lantang, kamu akan memverifikasi setiap kata dan tanda baca. Selain itu, kalimat yang salah mudah ditemukan. Dalam hal ini, fungsi text-to-speech pada PC sangat mungkin untuk digunakan. Ini akan menentukan teks kamu dan memudahkan kamu untuk melihat kesalahan ketik.

  • Memenuhi spesifikasinya

Menulis sesuai dengan panduan yang diberikan untuk esai kamu, surat resmi, dll. Sangatlah penting. Untuk membuat semuanya benar, berikan spesifikasi sekitar saat mengoreksi. kamu dapat mempelajari sesuatu dari deskripsi, termasuk font, spasi, dll.

  • Singkirkan kata-kata yang berlebihan

Kalimat-kalimat dalam artikel yang bagus bersifat langsung. Kata-kata yang tidak berguna (seperti kata keterangan dan kata sifat) dapat membanjiri informasi. kamu perlu memeriksa apakah teks kamu mengandung kata-kata tambahan seperti itu, selama kata-kata itu tidak menambah arti pada konten kamu. Tanpa proofreading, sangat mudah melewatkan konten tambahan dan konten duplikat yang tidak terduga.

  • Tinjau kalimat

Teknik koreksi dasar lainnya adalah evaluasi kalimat. Kalimat kamu harus berisi subjek, kata kerja, dan harus memberikan pemikiran yang lengkap. Beberapa hal yang perlu dihilangkan adalah:

  • Run-in
  • Struktur tanda baca yang buruk
  • Kalimat yang salah
  • Periksa kembali secara konsisten

Proofreading juga perlu memeriksa kontinuitas artikel dengan cermat. Ini termasuk memeriksa apakah ada nomor foto, tabel, dll. Sudah tersedia dalam pekerjaan kamu.

baca juga

https://lister.co.id/kursus-ielts/
https://lister.co.id/
https://lister.co.id/mentoring-beasiswa-online/
https://lister.co.id/kursus-speaking/
https://lister.co.id/business-english/
https://lister.co.id/academic-writing/
https://lister.co.id/kursus-toefl/
https://lister.co.id/kursus-general-english/
https://lister.co.id/english-for-kids/
https://lister.co.id/english-for-job-interview/
https://lister.co.id/f-a-q/
https://lister.co.id/blog/
https://lister.co.id/university-preparation/
https://lister.co.id/kursus-toeic/
https://lister.co.id/kursus-grammar/
https://lister.co.id/business-communication/
https://lister.co.id/business-presentation/
https://lister.co.id/public-speaking/
https://lister.co.id/business-writing/
https://lister.co.id/bahasa-inggris-remaja/
https://lister.co.id/kursus-gre/
https://lister.co.id/kursus-pronunciation/

Keterampilan proofreading profesional

Korektor profesional sangat tertarik untuk menulis karya yang lebih bagus. Jika kamu ingin membawa proofreading ke tingkat yang lebih professional, kamu perlu melakukan hal – hal berikut ini:

  1. Perhatikan jenis masalah tertentu

Carilah masalah khusus dalam tulisan kamu alih-alih mencoba mengidentifikasi semua jenis masalah. Misalnya, selama putaran pertama proofreading, kamu dapat memeriksa kesalahan tanda baca. Setelah itu, kamu bisa mengoreksi masalah lain, seperti tulisan yang terlalu panjang.

  • Mulailah dengan masalah utama, lalu masalah kedua

Untuk memastikan proses proofreading efektif, pertama-tama kita harus memeriksa masalah utama, seperti plot, proposisi, dan fitur untuk membantu mengoreksi. Setelah itu, kamu dapat melihat masalah yang lebih kecil:

  • Kesalahan pengejaan
  • Kalimat salah
  • Kelalaian

Ini penting karena kamu tidak perlu mengubah ejaan saat kamu mungkin menghapus seluruh paragraf.

  • Perhatikan suku kata

Dengan menuliskan suku kata dengan kata-kata yang lebih panjang, kamu akan melihat apakah semua bagian sudah benar. Jika kamu membaca istilah tersebut dengan cepat dan menyeluruh, sangat mudah untuk mengabaikan suku kata tertentu.

  • Pikiran terakhir

Mengoreksi tulisan kamu adalah satu-satunya cara untuk memastikan bahwa terdapat kesalahan yang ditemukan dan segera diperbaiki. Selanjutnya, kamu dapat menghasilkan teks berkualitas tinggi dan bebas kesalahan untuk menyampaikan pesan apapun.

Jika kamu tidak mungkin dapat mengoreksi artikel kamu, maka yang kamu perlukan adalah dapat bekerja sama dengan para korektor profesional yang tersebar di internet.

Jasa

Leave a Reply

error: Content is protected !!